Nasi Goreng Spesial Gak Pake Telor

Siapa yang gak kenal atau gak pernah makan nasi goreng? Gak mungkin kan ada orang Indonesia yang gak pernah makan nasi goreng?

Nasi goreng udah jadi menu wajib yang ada di mana-mana. Dari tukang jualan pinggir jalan, sampe hotel bintang 5 pasti punya menu nasi goreng.

Makanan yang sebenernya sangat simple ini ternyata bisa jadi gak simple. Dalam artian walaupun sebenernya cara masaknya dan bumbunya itu gitu-gitu doang (sok tau ya gua.. kayak bisa masak aja… :P) tapi ternyata rasanya bisa berbeda-beda. Bisa ada yang gak enak, biasa aja, enak, sampe yang enak banget!

Yah emang variasi nasi goreng itu banyak banget sih ya. Nasi goreng di restoran Indonesia beda ama nasi goreng di restoran Chinese. Apalagi kalo di restoran Jepang atau Thailand, jelas beda lagi. Gak usah jauh-jauh, yang sesama Indonesia aja bisa beda. Ini yang gua alami pas gua pindah dari Surabaya ke Jakarta.

Di Surabaya, rata-rata nasi goreng itu warnanya merah. Kayaknya (sekali lagi sok tau) bumbu dasarnya itu pake saos tomat atau cabe merah. Sedangkan pas gua pertama makan di Jakarta, nasi gorengnya itu coklat, karena bumbu dasarnya adalah kecap manis! AWal-awal ya menurut gua aneh. Nasi goreng kok coklat. Hehehe. Tapi lama-lama ya terbiasa juga.

Cuma kadang ya jadi kangen ama nasi goreng yang merah ala Suroboyoan. Apalagi dulu gua pas masih kecil tuh pernah mengalami masa dimana gua jadi maniak ama nasi goreng. Terutama kalo lagi pergi makan ke restoran. Selalu milih mesen nasi goreng. Mau di restoran apapun mesennya nasi goreng. Sampe bokap gua pernah kesel. Lha kalo ke restoran Chinese kan enaknya mesen masakan macem-macem buat makan tengah gitu kan. Tapi gua gak mau makan tengah gitu… Gua maunya mesen nasi goreng buat dimakan sendiri! Hehehe. Egois banget ya… :P Yah itu dulu masa-masa kegelapan pas gua belum kenal makanan enak lain selain nasi goreng… :P

Tapi ada 1 nasi goreng yang paling spesial diantara semua nasi goreng di dunia ini (mulai lebay dah)… Yang pasti nasi goreng spesial yang ini bukan cuma karena ketambahan telor ceplok ya…
Sebelumnya, ini adalah suatu rahasia, tapi berhubung gua baik hati dan tidak sombong (serta gak punya topik lain buat nulis di blog… :P), jadi kali ini gua bocorkan rahasia ini kepada khalayak ramai…

Ini dia nasi goreng yang paling spesial dan yang paling enak yang pernah gua makan:

nasi goreng

Kita nyebutnya sebagai nasi goreng Oma.

Kenapa spesial?

Yang pertama tentu resepnya spesial. Resep rahasia dari Oma gua. Hehehe. Yang hanya diturunkan kepada anak-anak perempuannya (halah ngarang… mendramatisir doang… :P). Trus bumbunya ini diracik secara spesial oleh nyokap gua. Diekspor kemari secara spesial oleh mertua gua. Dan dimasak secara spesial oleh istri gua. Tuh spesialnya bukan main kan yaaaa… :)

Asli enak banget dah nasi goreng ini.

Aslinya nasi goreng ini pake sosis babi Titiles. Tapi karena disini sosis babi model gitu tuh gak jelas enak apa gak, kita jadi gak berani beli. Jadi kita pake sosis lain tapi gak membuat ke-spesial-an nasi goreng ini berkurang.

Dulu tiap kali ke rumah Oma, kita suka request untuk dimasakin nasi goreng ini. Trus yang gua inget banget, kalo kita lagi pergi rame-rame ke Bojonegoro (tempat keluarga nyokap gua berasal), Oma gua selalu bawa nasi goreng ini 1 jerigen gede. Nanti pas jam makan siang, kita makan di mobil rame-rame. Seru dah…

Yang pasti, kalo makan nasi goreng ini gak bisa brenti. Rasanya pengen makan terussss saking enaknya!!!

Pada penasaran kan pastinya rasanya kayak apa?? Hehehe… :P

Kalo kalian ada punya nasi goreng favorit gak?

PS. Nasi goreng yang enak di Surabaya seinget gua tuh di restoran Kit Wan Kie (gak inget bener namanya bener gak ya? Dan gak jelas juga ini restoran masih ada gak ya sekarang…) ama restoran Bima.

PS lagi. Kalo di Jakarta, pastinya nasi goreng Bakmi GM yang paling mantep! Apalagi kalo dimakan bareng ama pangsit gorengnya. Dan biasanya gua suka minta saos pangsitnya banyakan trus gua sirem di atas nasi gorengnya. Hehe. Aneh ya? :P Trus nasi goreng nya Baji Pamai juga enak tuh… Pake babi merah… Hmmm…

PS yang terakhir. Kalo disini, ada 1 nasi goreng andalan kita. Di restoran Thai, namanya Natalee Thai. Nasi gorengnya namanya Heavenly Combo. Dan bener-bener heavenly dah… Enak banget rasanya… :) Kalo Esther demennya ama nasi goreng sayur asin di Ramenya. Kalo menurut gua sih aneh ya, asem-asem gitu… Masa nasi goreng kok dicampur sayur asin.. Hehehe.

Tapi ya tetep juaranya ya nasi goreng Oma dong… :)

Tentang iklan-iklan ini