The Last Exorcism

Note: Tenang… gua gak akan ngasih spoiler kok kali ini… Jadi silakan dibaca aja… :)

Pernah nonton film The Exorcist? Film kuno yang katanya serem banget itu… Film tentang pengusiran setan yang masuk ke badan anak cewek itu? Dulu gua sempet penasaran banget ama film ini, pengen tau seserem apa sih film nya. Akhirnya gua nonton di DVD, dan… gua gak merasa serem lho. Malah film nya cenderung lamban dan membosankan awalnya.

Trus… pernah nonton film Paranormal Activity? Film yang juga katanya serem banget itu… Film yang dibikin seolah-olah itu kejadian nyata? Gua juga asli sempet penasaran banget ama film ini, soalnya sampe heboh banget kan. Tapi ternyata sekali lagi gua kecewa… soalnya film nya asli bosen abis!

Nah gimana kalo The Exorcist digabung ama Paranormal Activity?

Ya jadi film The Last Exorcism ini! Dari judulnya udah jelas kalo film ini ceritanya mirip-mirip ama The Exorcist, yaitu tentang pengusiran setan yang masuk ke badan cewek (kenapa ya kok selalu cewek yang dimasukin setan? Hayo kenapa hayo… :P), dan film ini dibuat dengan gaya dokumenter model kayak Paranormal Activity, biar kesannya kayak kejadian nyata gitu…

Seperti 2 film di atas, gua juga penasaran ama The Last Exorcism ini. Selain karena udah lama gua gak nonton film horor, juga karena review film ini pada rata-rata lumayan bagus. Jadi tambah penasaran kan…

Dan… ternyata beda banget ama The Exorcist dan Paranormal Activity yang membosankan… The Last Exorcism ini seru banget!!!

Sedikit cerita tentang film nya ya… Ceritanya ada 1 pendeta (Cotton Marcus) yang emang dari kecil udah melakukan exorcism. Tapi sebenernya dia itu gak percaya lho kalo orang-orang itu beneran kemasukan setan. Menurut dia, orang-orang itu hanya mikir kalo mereka kemasukan setan. Jadi itu cuma pikiran mereka aja. Nah si pendeta ini membantu untuk ‘menyembuhkan’ mereka dari pikiran mereka sendiri.

Sampai waktu anaknya lahir… Tadinya dia ama istrinya udah mikir kalo anaknya gak bakal selamat karena banyak komplikasi, tapi ternyata anaknya bisa selamat! Dan yang pertama kali diucapkan sama si pendeta adalah: “Thank you Doctor!”… bukan “Thank you God!”.

Disini dia mulai mempertanyakan keyakinannya dia sendiri terhadap Tuhan. Dia juga sebenernya melakukan excorcism itu demi dapet uangnya aja. Jadi akhirnya dia sampe pada point dimana dia pengen brenti melakukan semua ini. Dan dia mau melakukan 1 kali lagi exorcism yang terakhir kalinya sambil didokumentasikan, supaya orang-orang tau kalo sebenernya semua itu bohongan, itu cuma masalah pikiran aja.

Untuk exorcism yang terakhir ini, dia randomly ngambil surat yang masuk yang ada di tumpukan teratas. Dan pergilah dia ke sono. Dan disitulah ceritanya dimulai…

Yup, gua harus berhenti sampe sini aja. Padahal asli gua pengen banget lho ceritain. Hehehe. Mana kemaren malem abis pulang nonton, gua mau ceritain ke Esther tapi dia gak mau. :P Tapi ya emang gua gak boleh cerita lah disini, soalnya ntar malah jadi gak seru kalo udah tau ceritanya walaupun cuma dikit. Film ini HARUS ditonton! Dan sebaiknya jangan nyoba-nyoba nyari spoiler nya dulu sebelum nonton karena akan mengurangi kadar keseruannya.

Menurut gua, film ini semuanya serba pas. Dengan cerita yang beda dari yang lain (jadi gak basi), seremnya pas, sadisnya pas, tegangnya pas… Yang pasti seru banget! Gua rasa kudu nonton di bioskop ya biar lebih asik…

Dan ending nya…. Hmmm… (Duh gua tempted banget pengen cerita.. Hehe)… Gua ceritain kondisi bioskop setelah film nya abis aja ya.. Jadi pas film nya kelar kan sunyi tuh soalnya kan film ini minim lagu banget, trus layarnya cuma item dengan ada tulisan end credits nya… Dan semua orang yang nonton pada diem, kayak terpaku gitu. Biasanya setiap kali gua nonton bioskop, belum bener2 kelar banget aja suka udah ada orang-orang yang udah bangun siap-siap mau keluar. Nah kemaren ini bener-bener semua masih duduk gitu. Gua juga setengah nahan napas rasanya. Sampe trus ada 1 penonton yang ngomong “Oh my God!”… Saking tegangnya kali ya… Trus baru kita pada ketawa (kayak baru nyadar gitu kalo film nya udah abis) dan bubar jalan! Hehehe.

Puas banget gua nonton film ini. Gua kasih nilai 8.5 deh! :)

PS. Gua sebenernya kalo nge-review film itu rada-rada beban. Jadi selalu inget-inget ya, review ini berdasarkan pemikiran dan selera gua aja lho ya. Dan selera orang kan bisa beda-beda… :D

PS lagi. Film ini diperkirakan akan jadi nomor 1 di Box Office minggu ini, menggeser posisi The Expendables yang udah jadi nomor 1 selama 2 minggu berturut-turut. Kalo bener kejadian, berarti kantor gua merajai Box Office selama 3 minggu berturut-turut… Heibaaattt!!! :)

Tentang iklan-iklan ini