Tips Mendapatkan Berat & Bentuk Badan Ideal

Topik kali ini adalah salah satu topik yang gua liat sangat-sangat up to date belakangan ini.

Liat aja sekarang semua orang berlomba-lomba pengen punya badan ideal makanya gym menjamur dimana-mana, belum lagi gua sering banget denger (atau baca blog) orang-orang yang pengen banget diet untuk nurunin berat badan… Dan lagi, hari Jumat kemaren adalah Hari Kesehatan Nasional (hayoooo pada tau gak kalo tanggal 12 November itu diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional di Indonesia?), jadilah gua memantapkan diri untuk menulis topik ini.

Tapi siapa juga gua ini kok berani-beraninya ngasih tips untuk dapetin badan ideal? Emangnya gua gak ngaca apa? Pasti banyak dah yang mikir gitu… Ya kan?? Hayoo ngaku… :P Sirik aja ah kalian…:D

Gak lah, gua nyadar diri kok. Lha lemak gua dimana-mana gini, dan sampe sekarang gua masih terdaftar jadi anggota pasukan suku pipi tembem dan suku perut buncit, ya tentu gua nyadar lah kalo bentuk badan gua pun belum ideal.

Jadilah gua kali ini mendatangkan penulis tamu. Ceileee gaya banget gak sih. :P Tapi baru kali ini lho gua ngasih space di blog ini buat ditulis ama orang lain. Hehehe.

Dan si penulis yang bakal gua hadirkan kali ini, tak lain dan tak bukan adalah koko gua sendiri. Iya lah, gua berani naruh tulisan orang lain disini tentu gua harus berani bertanggung jawab atas isinya dong. Dan karena gua selama ini ngeliat dengan mata kepala gua sendiri perjuangan dia sampe sekarang keliatan banget hasilnya, ya tentu gua berani jamin kalo tips yang dia kasih ini bukan sekedar tips teoritis tapi tips yang udah terbukti keberhasilannya.

Nih nih kalo masih gak percaya, gua pejeng potonya ya… :D

Gimana? Percaya dong sekarang ya…. :D Walaupun kecil fotonya tapi keliatan dong ya six pacs nya… Hehehe.

Sekilas lagi tentang koko gua ini (eh iya namanya Alvin by the way), dia juga personal trainer, juga pernah jadi penulis kolom di majalah Muscle Indonesia, pernah jadi model fitness di majalah Matra, pernah jadi peserta Fear Factor Indonesia, dia juga jadi juri pertandingan-pertandingan binaraga, dan juga pembicara seminar tentang gizi (eh ko, bener toh ya kamu pernah jadi pembicara seminar? ).

Ok deh, silakan disimak aja ya…

INCREASE YOUR METABOLIC RATE
13 Keys to a Leaner Body

13 ternyata bukan angka sial asalkan 13 nya anda pilih secara bijak untuk tujuan yang baik, apalagi bila ternyata malah dapat membantu anda mencapai bentuk tubuh proporsional dan tingkat lemak tubuh yang tak berlebih.

Sebagian orang kadang berpikir bahwa proses pembentukan otot adalah entitas yang terpisah dari proses pembakaran lemak, padahal sebetulnya keduanya merupakan komponen yang saling terkait. Makin baik komposisi otot tubuh anda, maka akan makin efisien tubuh anda dalam membakar lemak. Sederhana dalam teori, tetapi dalam kenyataannya ini merupakan salah satu pekerjaan yang paling sulit untuk diselesaikan dengan sempurna. Suatu proses yang mengkombinasikan disiplin dan pengetahuan.

Untuk hasil yang baik, seseorang wajib berusaha untuk meningkatkan tingkat metabolisme tubuhnya untuk dapat secara efisien menggunakan lemak sebagai sumber energi sembari mempertahankan tingkat optimal daripada massa otot.

Peningkatan metabolisme dapat dicapai melalui kombinasi beberapa protocol yang dapat anda jalankan secara rutin dalam kehidupan sehari-hari sebagai gaya hidup anda, gaya hidup yang sehat dan dijamin dapat membantu meningkatkan tingkat metabolisme tubuh anda.

Berikut adalah 13 tips yang dapat anda ikuti untuk hasil optimal peningkatan metabolimse tubuh.

1. Hindari konsumsi karbohidrat berlebihan. Karbohidrat yang dikonsumsi melebihi kebutuhan energi yang dibakar untuk aktifitas fisik dan mental akan disimpan dalam tubuh sebagai cadangan gula dan lemak. Akumulasi kelebihan karbohidrat hari demi hari akan membuat tubuh anda memiliki kecenderungan menyimpan lemak dan memperlamban tingkat metabolisme tubuh.

2. Lakukan latihan beban 3-4 kali seminggu secara rutin dengan intensitas yang baik, untuk optimasi pembentukan dan kekencangan otot. Jumlah otot yang proporsional akan membantu meningkatkan tingkat metabolisme tubuh. Ingatlah bahwa makin baik komposisi otot tubuh anda, maka akan makin efisien tubuh anda dalam membakar lemak!

3. Tingkatkan frekuensi makan hingga 4-5 kali sehari dalam porsi kecil atau moderat. Kegiatan mencerna makanan merupakan kegiatan fisik yang membakar kalori. Pada saat makan, tingkat suhu tubuh dan tingkat metabolisme anda akan meningkat secara kontemporer.

4. Cermati dan pahami adanya bentuk gula atau karbohidrat sederhana lainnya yang juga dapat memperlamban tingkat metabolisme tubuh anda. Bahan pangan dengan indeks glikemik tinggi seperti nasi putih, kentang, jus buah, roti putih, makanan berbasis tepung terigu, bahkan produk serealia sedikit banyak mengandung sumber karbohidrat sederhana dengan indeks glikemik tinggi (setara gula) dan dapat berpengaruh negative pada tingkat metabolisme layaknya pengaruh konsumsi gula.

5. Jangan pernah terlambat makan atau merasa terlalu kelaparan. Kondisi tersebut dapat memperlamban tingkat metabolisme anda dan meningkatkan nafsu makan anda.

6. Kegiatan latihan cardiovascular seperti berjalan pagi dan berlari pagi dengan pola interval merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk meningkatkan tingkat metabolisme tubuh secara kontemporer. Lakukan aktivitas cardiovascular tersebut di pagi hari setelah bangun tidur dalam kondisi perut kosong selama 30-45 menit untuk dapat secara optimal membantu membakar lemak tubuh.

7. Pastikan anda mencukupi kebutuhan akan asam lemak tak jenuh seperti Omega 3 di dalam pola makan yang anda jalani. Tubuh manusia membutuhkan lemak untuk proses pembakaran lemak yang efisien, tapi tentunya anda perlu memilih sumber lemak yang baik bagi tubuh seperti Olive oil, konsumsilah dengan menjadikannya sebagai dressing pada salad, bukan dengan menggoreng. Hindarkan konsumsi lemak jenuh dan gorengan.

8. Minum banyak air putih. Kondisi tubuh yang kekurangan air atau dehidrasi adalah kondisi yang sangat katabolic dan dapat memperlamban tingkat metabolisme tubuh anda.

9. Usahakan untuk selalu aktif secara fisik, lawanlah rasa malas, pilihlah kegiatan yang membuat anda melakukan kegiatan fisik, seperti: ketimbang menggunakan lift untuk naik ke lantai dua, pilihlah menggunakan tangga.

10. Cukupi kebutuhan tubuh akan bahan pangan yang kaya kandungan serat (sangatlah penting khususnya pada saat anda mengurangi asupan karbohidrat!).

11. Lengkapi profil gizi nutrisi anda dengan suplementasi multivitamin dan mineral yang seimbang untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan bugar.

12. Beberapa bentuk suplementasi dapat pula membantu meningkatkan tingkat metabolisme tubuh karena sifatnya yang termogenik (meningkatkan suhu tubuh dan detak jantung serta system pusat syaraf), seperti konsumsi caffeine, yohimbe, dan asam amino tyrosine. Bijaksanalah dalam dosis penggunaannya dan ikutilah petunjuk pada kemasan, serta konsultasikan dahulu kepada dokter anda sebelum mempergunakannya.

13. Cukupi kebutuhan tidur anda untuk memastikan produksi alami akan GH (growth hormone). GH diproduksi secara optimal pada saat anda berlatih beban dengan intensitas tinggi serta pada saat anda tidur_karena tingkat GH yang optimal akan menjadikan tingkat metabolisme tubuh anda makin efisien.

Dengan menjalankan 13 tips di atas, anda telah berada pada jalur yang benar menuju tingkat metabolisme yang optimal. Kombinasikan seluruh aspek di atas, baik dalam pola makan, pola latihan dan suplementasi secara disiplin dan konsisten. KONSISTENSI adalah kunci sukses daripada langkah anda menuju tingkat metabolisme yang optimal.

Bersabarlah dan disiplin menjalankan program ini, saat anda menuai hasilnya, anda akan sangat mengagumi apa yang anda lihat di cermin. :)Dan tiba saatnya nanti anda dapat berucap pada diri sendiri “Enjoy! You have earned it through your hard works.”

**********

Nah, gimana… Sekarang setelah udah ngebaca tips nya, tinggal diamalkan aja… Jadi intinya untuk bisa dapetin badan ideal, yang penting adalah gimana kita bisa mengoptimalkan metabolisme kita. Ya dengan menjalankan 13 tips di atas. Mudah-mudahan dengan mengoptimalkan metabolisme tubuh, berat dan bentuk badan ideal bisa segera didapatkan. :D

Sekedar tambahan dari gua. Kalo dari yang gua liat-liat ya, sebenernya ada lagi faktor penunjang yang sangat penting disini. Yaitu niat! Niat yang bulat sebulat-bulatnya dan dari hati yang paling dalam. Bukan niat yang cuma sesaat karena ada iming-iming atau karena ikut-ikutan.

Gua asli salut ama koko gua (ko, kamu wis tak puji-puji gini ojo lali ngasih upeti ya! :P) karena emang niat dia itu bukan main. Koko gua itu pas kecil gendut banget lho. Gendut dalam artian bener-bener gendut bulet gitu. Tapi trus karena niat dia yang besar, dia bisa ngerubah gaya hidupnya sampe jadi kayak sekarang itu. Seinget gua dia mulai berubah tuh pas SMP. Dan pas kuliah apalagi, makannya bener-bener dijaga banget. Waktu itu kemana-mana bawa makanan, makanannya cuma dada ayam rebus (tanpa bumbu!), dan gak pernah makan di restoran. Mampus gak. :P Tapi ya balik lagi karena dia udah niat sih ya (gak kayak gua yang gak pernah niat… hehe).

Kadang gua ngeliat ada temen yang diet ini diet itu, sampe pake ke dokter segala, atau catering makanan dari pusat diet tertentu, ya trus emang jadi kurus, tapi karena emang dasarnya niatnya cuma sesaat, setelah berapa lama ya gemuk lagi. Karena gak di-maintain.

Nah ini yang jadi PR buat kita semua (termasuk gua tentunya), untuk bisa ngerubah gaya hidup kita (pelan-pelan tentunya, biasanya kalo apa-apa yang drastis malah gak long lasting ya) untuk bisa mengarah ke hidup yang lebih sehat. Soalnya toh akhirnya yang menikmati hasilnya juta kita sendiri… Betul gak? :D

PS. Btw ada 1 lagi kalo pengen berat badannya turun cepet. Tingkatkan stress! Hahaha. Kalo pada masih inget, bulan Juli lalu gua ngeluh berat badan gua yang naik terus sampe 68 kg. Bahkan gua takut bakal jadi 69 kg kan, padahal gua merasa ideal nya tuh di sekitaran 66 kg. Waktu itu emang gua mulai ngurangi porsi nasi gua, tapi ya timbangan masih berkisar di 67,5-an kg. Sampe 2 mingguan ini dimana banyak masalah di kantor… Eh berat gua langsung turun lho… 65.4 kg kalo malem dan 64.9 kg kalo pagi. Gile gak. Hahaha. Padahal porsi makan gua gak berkurang, malah kalo malem-malem masih suka ngemil Cheetos dan temen-temennya sambil nonton TV. Gile ya… :P Tapi ya cara ini tentu bukan cara yang baik. Karena walaupun berat badan turun, tapi bawaannya jadi berasa cape, letih, lesu. :D So… jelas tips yang ini jangan ditiru dah! :P

PS lagi. Kalo ada yang mau tanya-tanya seputar diet atau fitness silakan tanya di komentar, ntar biar koko gua jawabin, dia suka ngebaca blog ini kok. Atau kalo gak, boleh klik disini. Koko gua ada thread di kaskus untuk tanya jawab seputar masalah fitness lifestyle juga. Udah banyak banget tuh diskusinya disono. Boleh juga buat dibaca-baca. Banyak banget tips-tips yang bermanfaat.

About these ads

178 thoughts on “Tips Mendapatkan Berat & Bentuk Badan Ideal

  1. mendapatkan berat badan ideal, bukan cm dr gendut ke kurus kan om? dr kurus ke gendut juga donk? :DD gue butuh tips nya juga hehehehe abis kadang makan banyak, ga ada yg jadi daging, ga tau ilang kemana semua tu makanan.

  2. waaah aku tadi udah ragu-ragu loh untuk baca postingan ini hihihi.

    Benar kata kamu Arman…. yang penting NIAT (pake huruf besar). Cuma saran yang stress itu ngga berlaku utkku. Aku kalau stress malah ngemil banyak, jadi langsung naik deh.hehehe

    EM

    • huahaha kalo saya yang ngasih tips diragukan ya mbak… :P

      iya bener. niat itu yang nomor 1. nah itu… kalo saya ya mbak, kalo stres, mau makan banyak seberapa juga tetep aja turun bb nya… entah kemana tuh makanan2… :D

  3. Wuahhhhh promo koko sendiri ya Man ? Hehehehe…. Adeknya ayo follow duluan…ayo ayo ayo… Btw, tadinya gue juga pengen nulis gimana tips gue pas dulu nurunin berat badan 23 kg secara alami loh. Tapi kalo dibandingin sama body koko elu sih…gue jadi jiper…

  4. Niat besar, tapi rasa malas lebih berkuasa:)
    Plus nggak konsisten juga sih, yg bikin proyek nurunin berat badanku gagal maning, gagal maning.
    Sama seperti kak Imelda, kl stress malah banyak makan, doh.
    Mas Arman, yg nomor 6, kl latihan dlm perut kosong, bikin makan makin banyak setelah latihan, hehe.
    Thanks sudah berbagi.

  5. wahhhh…. ini nih tips mantep. aku juga lagi ngejalanin diet nih, berhenti makan malam, diselingi puasa juga. berhasil turun 4 kg. tapi buruknya BB ku cepet turun cepet naik juga.

  6. Wah postingan lu ini cocok buat gw neh, emg dari dulu gw juga mikir metabolisme tubuh gw ini payah banget, in n out ga seimbang makanya cepet banget gendutnya, gw pengen coba ah ikutin tipsnya, cara yg sekarang gw pake emg salah, cuman makan siang doang, tapi gw cari praktisnya doang sih biar ga usa ribet makan berkali2 hahaahah

    Tengs ya ko alvin buat 13 tipsnya, dan tengs buat arman bikin postingan ini..

  7. Thanks uda share Man.. :)
    Setuju klo diet itu harus NIAT, ga bisa hanya andelin olahraga tanpa diimbangi diet makanan karna pada akhirnya berat badan akan mentok..
    Klo gw biasanya diet senin-jumat n weekend bebas.. :p biar ga bosen n terkekang ama rutinitas diet. Actually mau makan apa aja bisa, asal tidak berlebihan ya.. :)

  8. Ohhh..Alvin itu koko elu toh Man..(sok kenal…), pernah denger sihh..trus namanya sama kayak Anak gua yg gede tuh..
    Gile juga yaa klo makan ayam rebus tiap hari tanpa bumbu…hik hik hik…rasanya ga enjoy banget deh hidup ini..padahal kalo demi kesehatan sih harusnya emang bener2 modal NIAT yaa? emang bukan sekarang efeknya, tapi ntar udah tua banyak penyakit. Biaya berobatnya lebih mahalllllll …

    • oh ya pernah denger tentang koko gua? :D

      iya keliatannya kalo buat kita kok kayaknya gak enjoy hidup ya, tapi buat koko gua keliatannya fine2 aja tuh. dia gak pengen juga makan ini itu (waktu itu ya)… kalo sekarang dia makannya udah lebih bebas, gak strict kayak dulu lagi… :D

  9. ohh pantes kokonya bang arman prnh gw liat di tipi :D
    btw,,untuk ukuran cwok, brat bang arman kyaknya ideal aja deh,,cm kurang lebih 66 kg
    orang gendut kan biasanya lebih dari 70 kg keatas
    ya kan bang?
    gw yg kecil gini aja 45kg, itupun dengan lemak diperut :(
    hadeeeh pgn ngurusin perut aja ah :mrgreen:

  10. fitness lifestyle should be fun and practical. dak perlu ada teori atau hitungan atau ukuran rumit. dan kunci suksesnya adalah kesinambungan dan konsistensi.

    fitness nya all about fun and practicality. lifestyle nya all about kesinambungan dan konsistensi.

    tentang niat: sederhana juga. kenapa kita niat ibadah ke masjid,gereja,pura,vihara,dll? karena kita menghormati Tuhan dan MENJAGA hati dan iman yang dikaruniahkan Nya pada kita. betul?

    nah kalo diingat2: selain diberi hati yang bersih, rasanya Tuhan juga menitipkan tubuh yang baik, liver bersih dari kolesterol, paru2 bebas dari asap rokok. Nah kenapa kita tidak NIAT MENJAGA nya. Should be good enough to motivate any of us, selama kita ingat Tuhan menitipkan pada kita bukan hanya hati dan iman, tapi juga tubuh yang sehat dan baik tampilannya. dak percaya? kamu cari fotomu pas baru lahir. (atau ada yang merasa dititipin hati dan iman doang tanpa tubuh?? iiiiiiihhh serem ah :) ).

    ps. yang mau kurus jadi gemuk: sederhananya semua semua excess calories akan terakumulasi menjadi lemak tubuh. tapi semoga kamu bukan mau naikkan berat badan sekedar dalam bentuk lemak. jadi silahkan tingkatkan kalori dalam bentuk protein dan kombinasikan dengan latihan beban yang rutin agar kenaikkan berat badanmu berubah massa otot yang kencang (bukan otot besar, tapi kencang). nah nanti kalo kamu bilang “tidak ada waktu, malas, tidak sempat, etc” ……….. dak masalah, take your time, simply enjoy your current state of development sampai di satu titik kamu bosan dengan tampilan fisikmu/dokter vonis something bad (semoga dak perlu :( )/start realizing that physique is as much as important as your “iman” in The Eyes of The Beholder; nah pada saat itulah NIAT akan datang.

    santai aja ya. inget fitness lifetstyle should be fun,practical,and consistent. sama sebagaimana kita rajin ke gereja karena kita merasa itu fun,practical, and we do it consistently. kalo yang dak merasa fun, dak merasa practical, dak akan lakukan.

    selamat hari kesehatan nasional.

    pps. arman i love you so much. andrew i miss you so much. esther i adore you so much.

  11. Gw udah mulai ga makan nasi n roti putih, ganti brown rice ama whole wheat bread. Tapi ternyata brown rice kaga ada enak2nya samsek, jadi mendingan ga makan nasi samsek…haha…rotinya sih masih jalan trus yang whole wheat. Mo coba yang whole grain tapi ktnya kaga enak juga :p
    Olrag dah cardio 2-3x seminggu juga, tapi beratnya masih susah turun :(
    Kudu diniatin lebih gede lagi kale ya man…hehe…

    • iya brown rice emang gak enak ya fel. si esther juga makan brown rice dan ngajakin gua untuk ikutan. tapi gua belum bisa. gua masih makannya nasi putih. hehe.
      kalo roti emang sejak pindah kemari kita makannya whole wheat. pernah kadang makan yang whole grain tapi emang lebih susah ditelen. hahahaha.

  12. Adoooooh, badan koko mu sexy sekaleeee..
    Tinggi pula!

    Tapi iyah man, bener..apa yang koko lu tulis itu juga pernah dibilangin sama personal trainer gw juga.

    Tapi yang paling bener yah apa yg lu bilang ” NIAT!!”

    Hadow hadow..ini penyakit gw neh!
    Naek turun melulu.:(

  13. Man, salut buat koko elo dan juga buat elo yang udah niat2 posting. Emang setuju banget lifestyle yang dianut harus fun dan practical. Dibarengi ama niat jadi sempurna deh.

    Selama ini banyak teman maupun pasien cerita perjalanan diet yang menyakitkan, ribet, sampai yang membahayakan. Untuk item no12, bener banget kalau pun mau konsumsi obat2 sebaiknya konsultasi dengan dokter terutama yang belom tahu kondisi fisiknya misalnya pernah ada pasien yang gagal ginjal akut maupun panic attack akibat konsumsi obat yang tidak pas jenisnya maupun dosisnya dengan kondisi dia.

    • haha iya gua cukup posting doang tapi niat ngejalaninnya belum cukup kuat.. kaco ya el… :P

      iya betul konsultasi dokter tentu perlu ya kalo udah mau konsumsi obat2an. tapi kalo bukan mau kayak jadi binaraga mah mendingan yang natural2 aja kali ya…. :D

  14. btw man kok loe beda ama koko loe yak? hahahahaha :)

    pas banget tipsnya buat gw yang lage ngejalanin lomba diet ahahah :) emang bener man, kudu niat neh! dan kudu dilawan semua godaan2… :) naekinnya gampang, nuruninnya yang susah hehe :)

    dan betul kata loe, stress adalah cara gampang buat turunin berat badan hahaha :) dulu gw sidang skripsi, gw langsung turun berat badan gw..sampe koko gw aja ga ngenalin gw waktu lage jalan di mall hahaha :)

  15. ha222 pertama g liat sepints g kira lo majang poto Bruce Lee hua2 taunya si KK ya ? keren six packs , gmn adeknya nih si raja makan ?
    emang betul yg penting nomer 1 “NIAT” percuma kl faktor itu gak ada , nah untuk menumbuhkan faktor “N” g lom bisa2 ampe skrg he22
    tapi g berusaha hdp sehat & gak males alias bny bergerak .

  16. Gile.
    Kok koko lu bisa begitu bodynya Man? Jangan-2 doi tidur pun di tempat gym ya :D

    Dulu jamannya masih lajang gw termasuk yang rutin fitness karena ingin membentuk body, biar lebih kencang dan keren gitu kalo misalnya pake yukensi hahahaa… tp setelah melahirkan, aduhhh…. cari waktu untuk nge-gym itu susah… asli g ada waktu krn utk pulang ke rumah saja bisa 2 jam. Gimana anak gw entar kan..

    Tp memang intinya adalah, kemauan dan tekad yang kuat. Harus bisa mengejar target, biar gak asal omdo. Salut deh buat koko lu…. mantepp….

  17. No. 3
    Bisa diperjelas lagi, maksudnya “meningkatkan frekuensi makan hingga 4-5x” dalam porsi “kecil/moderat”?
    Bukannya harusnya gak terlalu banyak makan/nyemil ya? :p
    Dan makanan apa tuh yang aman dikonsumsi 4-5x dalam jumlah kecil? Hehe

    No. 4
    Jus buah itu brarti gak bagus toh? Ato maksudnya yang udah dicampur2 [gula/pemanis buatan] yang gak bagus?

    Btw, in case kasus gw, dengan kadar trigeliserid (TG) yang amat tinggi (katanya geneticaly), bole tanya saran2 lain?
    Misal makanan yang boleh/aman dikonsumsi bebas? Ato pengganti karbohidrat? (Kl gw gak salah, penderita TG harus mengurangi karbo dan gula ya)

    Thanks before for both Alvin (nara sumber) dan Arman (yang punya blog) :D

  18. *kedip-kedip*
    kokonya keren euy… six pack begitu.. hehehe

    emang yah, kalo cowok masalah utamanya di perut.. byk tuh, anak2 muda belum 30 juga udah buncit perutnya.
    :)

    yak.. minum air putih itu kadang dianggap sepele.. padahal penting banget..
    trus.. soal karbohidrat.. byk yang nggak ngeh lho kalo mie itu juga karbohidrat.. jadinya makan nasi, lauknya mie.. hedeh hedeh..

    • iya kayaknya masalah umum buat cowok ya, gampang banget jadi buncit. hahaha.
      tapi ya biasanya ini buat cowok yang males olahraga… contohnya gua…. :P

      makan nasi lauknya mie ya…. gile bener kalo ini sih.. hahaha.

  19. Man, gua lupa cerita.. pas gua balek okt kemaren, terus gua ke Fitness First Semanggi.
    Ada ngko2 yg jual suplemen, mukanya mirip koko lo.
    Terus gua tanya eh ko, kokonya Arman ya?
    Ternyata bukan, saltng mbo.. >.<
    Wah daku kayanya juga olahraga tp makannya juga banyak, jadai kaga ngefek..

  20. EM intinya mah jaga makanan dan juga banyak gerak. Olah raga seminggu sekali paling ngga. Kalau di Indo mah paling susah jaga makanan. abis nyaaaaaaaaaaa enak2 sih makanan di sono hohoho….

  21. kenapa ya gw dari dulu ga demen ngeliat badan yg berotot kering kaya koko elo, buat gw sih agak-agak gemuk gapapa lah yg penting sehat dari pada usaha keras bikin sixpack tp jd susah ga bisa makan enak, buat gw hidup cuma sekali jadi jangan terlalu dibikin sudah deh apalagi sampe nyiksa diri, yg penting hidup sehat dan senang

    • hahaha itu balik2 ke tiap individu. tergantung niat dan tujuan masing2.
      sesuatu yang dibilang enak atau bikin happy buat seseorang bukan berarti juga pasti enak dan bikin happy buat orang lain kan? :D

      jadi ya yang penting mari membuat diri kita sendiri happy…. :)

  22. Setuju banget- kuncinya itu niatttt. Gua juga lagi usaha turunin berat badan buat kesehatan. As gua harus jaga ginjal. Nach,, kalau guanya gemuk, kerja ginjal gua semakin berat.

    Oh yach, satu lagi buat gua biar sehat dan ramping adalah dengan mencabutin rumput liar wkkk….wkkk apalagi pas lagi summer. Wah,, program diet yang super murah itu :D

  23. Gue kebalikannya nih Man… :-(

    gue tuh pengeeeeeeeennn banget gendut… mean chubby2 maniz gt deeeh… hihihi… secara dari kecil gue mank susah tuk naik’in berat badan… mpe’ skrg… gue masih minum suplement ama vitamin loh supaya bisa selera makan… hiks… parah ya?? sbnrnya gue bukan gak berasa lapar…. tapi mulut gue yg gak pengen makan… huffth… penyajit neh keknya… apakah “Ko Alvin” jg bisa kasi tips tuk gue yg “ANEH” ini?? :-D

    • Hahaha, macem-macem ya, yang laen biasanya pada pengin langsing, ternyata aa juga yang pengin nambah gemuk, tapi pasti ada solusinya kok, mungkin harus minum jamu / ramuan untuk merangsang nafsu makan, tapi kalo mulutnya gak mau makan ya sama aja, lewatnya kan lewat mulut tuh, hehehe,,,,
      ngemil aja yang banyak kali ya? mungkin kalo ngemil doyan, :-)

  24. kok lu ama koko lu beda bener ya man? kekekekek.. :P
    emang koko lu keren ya bisa niatnya begitu, makan dada ayam rebus doank trus gak makan di resto.. panteslah badannya jadi, sixpacknya keliatan jelas, tadi gua klik potonya ceritanya mau liat lebih jelas gituuu.. eh tetep kecil juga wakakakak..

    • haha iye emang beda vi… :P

      koko gua sekarang udah gak strict lagi makannya. dia makan macem2 kok sekarang. :D

      iya itu file fotonya yang dikasih ke gua kecil.. hehe

  25. ini sekalian buat semua ya :)

    menjalankan fitness lifestyle harus dimaknai dengan kesederhanaan dalam segala hal, harus praktis dan menyenangkan.

    coba perhatikan ahli gizi yang punya teori diet dengan hitungan rumit, biasanya makin rumit juga bentuk badan beliau ;) hehehe …

    mau turunkan berat badan? buat calories deficit, caranya: bakarlah kalori lewat aktivitas fisik seperti berolahraga lebih banyak dari kalori yang anda makan.

    mau naikkan berat badan? buat calories surplus, caranya: tingkatkan asupan protein dan kombinasikan dengan latihan beban agar kenaikan berat berupa massa otot yang kencang.

    mau menjaga tingkat triglesrida? hindari makanan yang berdampak negatif bagi tingkat triglesrida anda. batasi asupan berlebih akan makanan padat karbohidrat dan lemak yang rentan sekali ditimbun sebagai lemak tubuh, apalagi bila aktivitas fisik anda relatif rendah; dominankan porsi sayur mayur.

    mau berotot? angkat beban dan dominan makan protein. mau ramping? olahraga 60 menit sebelum makan pagi (karena saat perut kosong, energi banyak diambil dari lemak tubuh) dikombinasikan dengan pola makan rendah kalori.

    SEMUANYA tidak perlu teori rumit, tidak ada hitung2an, hanya nalar sederhana. :)

    kenapa dianjurkan makan 4-5 kali dalam porsi kecil, karena secara psikis orang akan sulit menjaga atau memilih makanan bila sudah terlanjur kelaparan. bila anda makan menunggu saat lapar datang, maka gorengan apapun terasa “wajib” dimakan. orang kelaparan, sulit membuat keputusan rasional. dak papa, itu manusiawi kok. hal lain mengapa dianjurkan frekuensi makan lebih sering dalam porsi kecil adalah stabilitas gula darah. perhatikan mengapa rata2 orang indonesia merasa sangat letih dan mengantuk usai lunch break??? …………………. karena makan pagi jam 5 (karena kantornya jauh), lalu makan siang jam 1: that’s 8 hours laps membuat gula darah anda drop rendah sekali. belum lagi pilihan makanan kita yang dominan karbohidrat sederhana dengan seperti nasi, roti, mi, dan aneka makanan berbasis tepung terigu yang secara drastis dapat meningkatkan gula darah dan secara drastis pula menurunkannya. saat insulin naik dengan drastis, tubuh anda menjadi mesin penimbun lemak.

    ITULAH pentingnya makan dengan frekuensi teratur (bukan menunggu saat lapar datang) sembari memilih bahan makanan berbasis sayur, protein dan karbohidrat berserat.

    jus buah, bila anda ambil air nya saja, maka ada banyak bagian fiber atau serat yang dibuang, itu menjadikan jus buah anda memiliki nilai standard sama dengan gula (table sugar) yang dapat mengganggu stabilitas insulin dan rentan menjadikan tubuh anda mengalami sugar crash (lemas) dan fat storing process. bila anda suka jus, sbaiknya bukan hanya airnya, tapi seluruh buahnya anda blender.

    ps. kalo ada yang belum dijawab, ingetin aku ya.

    danke schon man

  26. waduh, keren amat koko elo…personal trainer yaa…
    huaaa..mau donk ikut training
    walau gue kurus begini, gue jarang gerak pengen secara rutin aja sih..balik lagi, permasalahannya tuh waktu *alasan klise deh ya..bilang gak ada waktu* hahahhaa
    nah, elo gak minta dibikinin sesi training gitu ama koko lo?

  27. wah postingannya keren sekali,
    bener banget ya mas
    yang terpenting adalah niat,,
    aku udah setahun niat,,
    mau lari pagi,,
    tiap hari minggu ,,
    gak jadi,,,jadi ..
    he…he..he..
    penyakitnya cuma satu..M.A.L.E.S :d

  28. waahahaha gua juga dari kecil sampe skrg masuk anggota suku pipo tembem. Jaman body masih ideal dulu pipi tetep tembem, apalagi skrg, hiks…

    gua termasuk tipe yg ga suka body cowo six pack lho. bagi gue serem.. Hehe… bagi gw cowo sexy itu yg charming, bisa tuker pikiran plus keliatan smart. Itu jauh lebih menarik dr co six pack. Hehe itu bagi guaaaa lhoooo. Btw, tips nya ok banget. Thanks buat ko alvin :)

  29. artikelnya bagus, mas…
    saya dari dulu pengen naikan berat badan tapi gak bisa-bisa ya.. udah ikut fitness plus minum jamu juga, tapi gak berhasil… kata temen mungkin faktor keturunan coz keluarga say gak ada yang gemuk..

  30. Mempunyai berat badan ideal memang nyaman….begitu berat bertambah rasanya juga cepat lelah, dan rasanya ngapa-ngpain malas…..

    Masalahnya, mesti rajin olah raga, agar mencapai berat ideal, serta hidup sehat.

  31. ya ampun mannn……gue sambil baca postingan elo sambil malu ama diri sendiri…wahaahaha….gile aje koko lo sih hebat loh. Gue nih niat gue gampang luntur sih :(. Ini koko lo beneran dari endut bulet bisa ampe kayak gini man….huaaaa salut banget dah gue.
    Tapi emang sih NIAT emang paling penting dah, gue nih payah niatnya anget2 tai kotok :(, jadinya timbangan bb uda kayak yo-yo :(.
    Niwei, thanks postingin soal ini yah man, brasa tertampar gue…moga2 gue bisa beneran kurus dah kali ini….:)

    Pertanyaan buat ko Alvin: apa yang bikin koko niatnya tetep kenceng ampe bener2 berhasil kayak sekarang? *hahahaah maap pertanyaan orang stress soalnya diet ga pernah berhasil ampe kurus rus rus*

  32. hah??
    Serius itu koko lu man?
    Kandung?…hihihi…*Kurang ajaaaaar*…

    Maap…maap…

    Eh…tapi baca postingan ini gue jadi serasa di ingatkan kembali…

    Udah lama gak olahraga…
    bukan buat nurunin berat badan siiiih…
    Cuman supaya badan jadi sehat ajaaaa…

    Thanks infonya yaaaaa..
    lengkaaaap banget :)

  33. Ping balik: www.grosirkita.com

  34. Duh, gw pengen nanya nih jadinya. Setelah lahiran kan gw kecapean mulu nih, badan jadi cepet kurus. Sekarang malah udah lebih kurus dibanding sebelum hamil. Hanya saja perut masih tetap buncit, masih kaya orang hamil 4 bulan. Buat ngilanginnya gimana yah? Tapi gw ga mau sampe six pack lho :P , cukup rata ajah.

    • tx man udah di-forward. yen, caranya ya sama dengan yang lain. 13 steps di atas itu bila kamu jalankan dengan disiplin Insya Allah kondisi otot perut mu juga akan makin kencang. coba kamu jalankan 3 bulan ke depan.

      satu hal yang mungkin bisa dibagi buat semua perempuan yang akan melalui proses hamil: kesalahan terbesar dalam tradisi rata2 bangsa asia adalah karena tulang yang kecil dan perawakan kecil menjadi sebagian perempuan menganggap olahraga tidaklah penting. kalaupun jadi gemuk usai hamil, ya olahraga dan diet nanti saja.

      ITU 1000 persen salah :) wanita ideal nya berolahraga dan membuat semua otot nya kencang terlatih sejak muda. dengan demikian, saat usai melahirkan, bentuk tubuh akan jauh lebih muda kembali kencang. KOK BISA GITU??? karena otot itu punya memory effect (bisa di google ” muscle memory effect “), dia akan cepat kembali kencang. TIDAK demikian dengan lemak :(

      jadi adalah sangat membantu, bila semua perempuan memang rajin olahraga dan punya otot kencang sebelum hamil.

      tapi yenni2 pun tak terlambat. silahkan atur waktu bangun pagi lalu lari pagi 45 menit sebelum makan pagi, cukup 3 kali seminggu, usai lari pagi silahkan beraktivitas rutin seperti biasa. makanan diatur dominan sayur dan protein. hindarkan lemak dan tepung dan gorengan.

      lalu berlatih beban di sore hari 2-3 kali seminggu.

      sederhana kan?

      • Thx yah, Man…udah di-forward-in. Tanggapannya cepet lagi ^_^

        Buat Ko Alvin, makasih yah atas jawabannya. Pantas aja saya cepat kurus lagi, soalnya sebelum hamil memang lagi rajin2nya fitness, setiap hari lho. Ternyata alasannya karena otot punya memori toh. Musti diterusin nih latihannya. Thx yah, Ko.

  35. wiiiih … top nih man topicnya :) bagus banget tips2 koko elu!! Yang 13 tips itu, boleh gag gue copas buat taro di blog gue??? soale buka blog elu kadang2 suka lamaaa …. hehehhehe :p
    boleh ya maan??? boleh kan??

    *ck ck ck, bodi koko Alvin keren amat ya Man?? gag nyangka dia koko elu … wakakkakakakkakkakk*

    **gpp tooh, elu tinggal ngejer 5 packs lagi … elu pan udah punya 1 packs, buat jadi 6 packs tinggal dikid lagi koooq … ayooo armaannn …. semangad!!!!**

  36. bro, betul yang elo bilang, semuanya harus dilandasi dengan niat.
    saya juga dulu pernah nih, tapi karena enggak konsisten yang akhirnya enggak berhasil.
    habisnya banyak bergadang, jadinya stl dipikir-pikir ya repot deh.
    ntar aja kalo dah agak relax, dimulai ngejadwallin yang bener.
    thanks bro ….

    • lha gak heran dong kalo koko gua ganteng, kan adiknay juga ganteng… huahahaha

      ok silakan di reblog… btw gua baru tau lho kalo bisa reblog begini… hehehe

  37. Ping balik: Tips Mendapatkan Berat & Bentuk Badan Ideal (Reblog via Life begins at 30…) | the new ndutyke

  38. Mas kalo cara atau tips buat gemukin badan gimana.?
    TB: 175 BB: 58 . Minder mas . Niat nya udah ada buat nambah berat badan tapi hasil nya kok gak ada ya . Tolon di tanyakan ke KOKO nya ya mas .. Suwun :)

  39. Aku udah coba kira2 uda sebulan, tp kok udah 3 hari ini kaya hilang keseimbangan badan ya, tp kepala ga pusing tekanan darah aja yang turun 100/80-110/70……tolong dong tanyain ke koko, kurang apanya ya? thanks>….

  40. mo nanya mas, kalo saya kan bdannya dari dulu keciiiil mulu, susah banget untuk menambah berat badan, ada tips atau ramuan khusus gak untuk menambah berat badan agar ideal, gak kerempeng kayak gini, atau saya mungkin cacingan ya? hahaha, tapi beberapa bulan sekali dah minum obat cacing juga sama aja tuh, ampe bingung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s