Somay

Selain soto Madura dan nasi goreng, makanan favorit gua sejak jaman dahulu kala itu adalah… somay! Sebenernya tadinya gua gak pernah terpikir lho kalo somay itu termasuk dalam daftar makanan favorit gua (iya… makanan favorit gua emang banyak! :P), tapi setelah dipikir-pikir sebenernya gua lumayan sering ngidam makan somay! Yah kayak beberapa minggu belakangan ini… rasanya kok gua ngidam makan somay mulu ya! :P

Somay Dimsum

somay dimsum<somay dimsum nya New Capital Seafood>

Rasanya asal mula gua jadi fans nya somay itu ya karena makan dimsum. Dulu ya gua pas masih kecil, kalo pergi dimsum ya makannya somay ama hakaw doang. Tapi gua sebenernya lebih suka somay dibanding hakaw karena hakaw kan gak se-tasty somay ya.

Semakin gede baru kalo nge-dimsum gua lebih bisa makan yang lain-lain selain somay, tapi tetep harus makan somay juga dong. Pergi dimsum tanpa makan somay tuh bagaikan sop tanpa garam. Hambar. Hampa. Gak afdol. :D

Dan buat gua, sebuah restoran dimsum itu ok atau gak, ya dinilai dari rasa somaynya. Kayak kapan ini kita ada nyobain satu resto dimsum baru disini yang mana sebenernya makanannya pada lumayan, tapi sayangnya somaynya kurang enak… Jadi yah langsung dicoret deh dari resto yang patut dikunjungi lagi. :P

Jaman dulu pas masih di Surabaya, andalan somay dimsum nya ya di Garden Palace. Jaman dulu belum banyak sih tempat dimsum. Trus pas di Jakarta, tentu gak ada yang ngalahin somay nya Samudra dan Ah Yat.

Pas baru pindah kemari, sempet rada putus asa kok somay dimsum disini gak seenak di Jakarta ya. Tapi akhirnya kita nemu beberapa tempat dimsum yang somay nya juga enak… Salah satunya di restoran New Capital Seafood. Restoran ini tuh gedeeee banget, tapi kalo weekend, jangan ditanya dah ngantrinya bisa 45 menit sampe 1 jam! Tapi emang enak banget sih dimsumnya, terutama somaynya! Bahkan gua merasa somay nya New Capital ini lebih enak dari Samudra atau Ah Yat lho (tapi apa mungkin karena gua udah berubah ya seleranya? Hehe)! Sllrrrppp… nulis begini aja langsung ngiler ngebayanginnya… Hehehe. :D

Eh iya, dulu gua juga suka sama somay dimsum frozen nya Fiesta lho! Dulu gua selalu nyetok di rumah. Kalo lagi ngidam somay jadi tinggal masukin microwave. Nah disini somay dimsum yang frozen gak ada yang seenak Fiesta nih… :(

Somay Babi

somay babi<somay babi nya si tante-yang-rumahnya-jauh-banget-jadi-kita-gak-bisa-sering-sering-mesen-somaynya>

Nah kalo yang ini gua gak tau sebenernya sebutannya apa. Walaupun bentuknya mirip-mirip ama somay dimsum, dan somay dimsum juga mengandung babi, tapi yang gua sebut somay babi ini rada beda tekstur dan rasanya ama somay dimsum. Ukurannya pun biasanya lebih besar.

Di Jakarta, somay model gini biasanya dijual di kedai-kedai rumahan yang jual mie/kwetiaw gitu. Biasanya mereka jual baso goreng dan somay babi ini sebagai makanan pelengkap. Selain itu, somay model begini juga biasanya bisa dibeli di pasar-pasar tradisional. Oh ya, Bakmi GM juga punya somay model gini, tapi somay nya dari ayam. Jadi rasanya kurang maknyus… :D

Dulu pas di Indo sih gua gak sampe gimana-gimana amat ama somay babi ini. Bukan yang sampe ngidam-ngidam gitu. Mungkin karena emang gampang ditemui dimana-mana kali ya jadi gua take it for granted… Nah tapi sekarang, wuii jangan ditanya, gua ama Esther sering ngidam somay babi ini!

Gara-garanya setaun lalu, ada temen yang ngasih tau kalo ada orang Indo yang jualan somay babi yang enak. Dan pas kita nyobain ternyata… enaaaaakk banget! Lengkap ada saos sambel cair nya juga pula! Wuiii kalo makan somay ini gak bisa brenti dah. :P

Masalahnya si tante yang jualan itu rumahnya jauh banget dari kita, jadi kita gak bisa sering-sering beli. Mesti nunggu temen kita itu pas lagi ke daerah sana atau pas dia lagi ketemuan ama anak si tante itu baru kita bisa nitip beli. :D Terakhir mesen, 2 minggu yang lalu, kita nitip beli 5 porsi (seporsi isi 8 somay).  Dan yang kalo dulu kita tuh sekali makan cukup ngeluarin 1 porsi buat dimakan berdua, sekarang dong sekali makan masing-masing 1 porsi sendiri-sendiri! Itupun gua makannya pake nasi juga lho! Puassss…. :D

Somay Bandung

somay bandung<somay Bandung nya Esther>

Nah kalo yang ini sih gua baru kenalnya sejak pindah ke Jakarta. Di Surabaya sih dulu gak ada ya tukang somay Bandung. Gua gak tau ya kalo sekarang ada apa gak. :D Kalo di Jakarta kan sangat common ya yang namanya tukang somay ngider-ngider di perumahan.

Sebenernya awal-awal makan somay Bandung sih ya suka tapi bukan yang sampe gimana banget. Kesukaan gua ama somay Bandung itu dimulai pas kuliah. Jadi waktu itu gua suka main ke rumah temen, di Sunter juga tapi beda blok, dan di perumahan dia itu ada tukang somay yang terkenal. Namanya Markum. Wah kalo si Markum dateng, langsung semua pada ngerubung kayak laler dah. :D Tapi emang enak sih somaynya, beda ama somay-somay abang-abang yang lain. Bahkan sampe setelah married, gua ama Esther masih pernah lho kesana buat nyari si Markum. Gak tau sekarang si Markum masih jualan gak ya… Hehehe.

Trus setelah gua udah kerja, gua jadi ngefans berat sama abang somay yang mangkal di depan gereja Theresia. Dan ini juga nular ke Esther. Kita kalo ke gereja ya, begitu parkir kudu cepet-cepet beli somay dulu, soalnya kalo kelamaan bisa keabisan yang kita mau! Ini sebenernya ke gereja niatnya mau berdoa apa makan somay ya? Hahaha. :P

Dan somay Bandung yang terenak di Jakarta waktu itu adalah somay Bandung di Red Pepper (dulu Spice Garden) di Sogo. Emang mahal sih, seinget gua jaman dulu tuh awalnya sebijinya 3000 trus naik-naik terus sampe terakhir pas kita pulang ke Indo tahun 2010 harganya 6500 per biji!!! Gak tau sekarang berapa duit ya (kalo ada yang tau, tolon gua di-update dong)… :D Tapi ukurannya emang gede dan enak banget!

Oh ya, sebenernya ada lagi somay Bandung yang gua suka, yaitu abang somay yang mangkal di depan Keris Gallery, Menteng. Tapi berhubung gua jarang nongkrong di Menteng jadi rasanya cuma pernah 2 atau 3 kali doang makan disini. :D

Nah gimana pas kita udah pindah kemari? Gak pernah khawatir sih gua kalo masalah ngidam somay Bandung, karena sejak kita disini, Esther suka bikin somay Bandung! Dan tentunya enak banget dong!!! :D

Somay Bakwan

Maksudnya somay yang dijual sama tukang bakwan di Surabaya. Huahaha.

Btw, jangan salah ya, bakwan di Surabaya itu maksudnya baso. Bukan bakwan gorengan kayak di Jakarta. Gua inget pernah pas lagi business travel ke Surabaya, ama temen-temen kantor (yang adalah orang-orang Jakarta) kita ke Bakwan Kapasari untuk makan baso. Setelah mesen, salah satu temen gua nanya ke gua “mana bakwannya?”. Huahahaha. :P

Nah di Surabaya tuh kalo di perumahan suka ada tukang jualan bakwan yang keliling-keliling. Naik sepeda. Sama kayak tukang somay kalo di Jakarta lah. :D Jualannya ya baso polos, baso urat, trus ada pangsit gorengnya, dan ada somay nya juga! Emang somay nya biasanya sih lebih banyak sagu nya dibanding dagingnya. Tapi tetep aja gua kalo beli baso, mesti pake somay juga.

Nah somay model gini yang paling enak luar biasa tuh ya di Bakwan Kapasari itu. Bakwan Kapasari itu adalah restoran baso yang terkenal di Surabaya. Harganya mahal, tapi enak bukan main. :D

Duh kalo ngomongin Bakwan Kapasari jadi ngidam deh… Yang kayak begini ini nih gak bisa ditemuin di tempat lain selain di Surabaya. Dipikir-pikir, udah 10 tahun-an lho gua gak ke Surabaya. Lama banget ya…

Belakangan ini gua jadi suka berangan-angan, kalo someday kita liburan ke Indo lagi, gua pengen deh bisa ke Surabaya untuk makan-makan doang (jadi pulang hari aja gitu, gak usah nginep :D). Bakwan Kapasari, soto Madura Gubeng Pojok, kupang lontong, rujak cingur Delta Plaza, es krim Zangrandi, sama steak Boncafe! Rasanya sih bisa lah semua itu gua makan dalam 1 hari. Huahaha.

Moga-moga someday bisa keturutan dah ya… :D

PS. Ada yang tau jenis somay yang lain yang belum gua sebutin disini? Kasih tau dong kalo ada… Sebagai fans nya somay, gua pengen tau segala macem jenis somay yang ada di dunia ini…. Huahaha. :D

PS lagi. Ada yang mau ikutan ngebahas serba-serbi salah satu makanan favorit kalian? Terutama buat yang lagi kena writer’s block, ini bisa jadi tema tulisan nih… Ayo mari pada mengupas tuntas makanan favorit di blog kalian… Mari kita saling membuat ngiler satu sama lain!! :D

Tentang iklan-iklan ini

284 thoughts on “Somay

  1. Gw juga penggemar somay.. dari somay abang2 ampe somay dimsum semua doyan.. pengen belajar bikin somay bandung tapi bbrp kali nyoba gagal huhuuuu.. mendingan beli deh soalnya disini kan banyak bgt yg jualan somay..

  2. Padahal gue udah tau bakalan ngeces mampir sini, kenapa gue masih mampir juga, ya? Secara penampakan, bedanya siomay babi dengan yang laen cuma di ukurannya ya, Man? *mendadak parno*

    • iya bener. di sby, bakwan = baso.

      gua pernah makan di nelayan… :) emang di medan terkenal ya restoran nelayan. di mal2 suka ada restoran nelayan. gua sih lebih suka ahyat atau samudra.. :D

  3. jadi ya man, gw tuh dulu dengan polosnya mikir semua siomay itu cuma dimsum atau ayam. since gw hidup di indo yang jarang jual siomay babi. jadi pas gw ke hk pas liat dimsum gw maen hajar aja.
    wkwkwk

    nah belakangan gw baru itu kalo itu dimsum isinya babi *hadeuuuh* untung gw ga tau
    tapi iya man enak ahahahaha

  4. Aku suka makan somay Mang Ujang, di Jogja.. Karena belum pernah mencoba di tempat lain, maka aku bisa katakan kalau somay ini enak tanpa pembanding, hehe..

    Sepertinya ide membuat tulisan tentang makanan kesukaan boleh juga dicoba nih.. Kapan-kapan tak cobain ah, haha… Tenkyu idenya, Arman.. :)

    salam,
    http://www.hardivizon.com

  5. gue juga doyan siomaaaaaay. dulu gue suka makan siomay yang dibeli nyokap didaerah petak sembilan atau pasar pagi. tentunya setelah ngibulin gue dengan bilang itu siomay ikan.

    Tapi disini malah gue susah cari siomay yang enak. rata-rata bau babinya kerasa banget. keburu eneg sebelom masuk mulut, hahahahahahahah.

    Gue pernah beberapa kali man, bikin siomay bandung sendiri. sekali waktu bikinnya kebanyakan sagu…mampus lah kita ngunyah tu siomay, hahahahahahah. abis itu kapok, nggak bikin2 lagi. masih trauma ngunyah siomay bikinan gue sendiri :lol:

  6. Top dah!!! di Makassar itu, yang namanya somai babi sangat mudah ditemukan…jadi kalo soal somai babi sih aku sering2 makan tuh… (sengaja bikin iri… :D ) Kalo somai dim sum emang enak sih ya… aku juga kalo ke dimsum cuma taunya mesen somai sama hakkaw doang deh…yang lain sih ya makan sih makan, tapi pasti yang nambah somainya… hehehehe…. kalo somai bandung terus terang aku kurang suka…apa mungkin karena rasanya manis2 gitu ya? ato karena ga biasa kali ya?
    Gara2 baca postingannya koko…. tar pulang beli somai ah~

    • hahahaha…
      iya somay ama hakaw emang wajib banget kalo makan dimsum ya… :)

      iya mungkin karena gak biasa atau karena belum nemu somay bandung yang mantap… :)

    • gua sempet bilang suruh dia nyoba bikin somay babi. dia bilang kayaknya gak bisa bikin saosnya. kalo somaynya mungkin bisa. jadi mendingan beli sama si tante-yang-rumahnya-jauh itu aja… hahaha

  7. akibat baca postingan soal siomay ini berdampak baik nih bagi para penjual siomay, pastinya karena abis baca2 tentang siomay, pasti banyak yg pengen makan siomay juga….

    “ikutan mau beli siomay ahhh…” ^_^

  8. “Bakwan Kapasari, soto Madura Gubeng Pojok, kupang lontong, rujak cingur Delta Plaza, es krim Zangrandi, sama steak Boncafe”
    jadi ngiler pas disebutin makanan2 itu, mas arman….hehehe.
    favorit saia dari semuanya Soto Madura Gubeng Pojok dan es krim zangrandi. habis gmn ya? rasanya makanan itu dr dulu mulai dr jaman papa saia smpe saia segede skrg gak prnh berubah. Tetap maknyus! :D
    Kalo bakwan kapasari gak prnh coba coz mmg baru msk ksna (kbtulan saia pake jilbab) pgn nyobain ud disuruh keluar duluan. mgkin krn gak halal ya..hehehe
    kl rujak cingur delta ud prnh nyoba ( skrg hrganya kira2 20rb), tp msh lbh prefer rujak cingur genteng. balik lg soal selera kali ya…hihihi.
    btw, mau nanya mas armas, memangnya semua siomay dimsum itu mengandung babi ya mskipun nmanya bkn siomay babi?

    • yah gua juga ngiler kok pas nulisnya. hauhahaha…

      iya ya ternyata bakwan kapasari gak halal ya… gua terus terang juga gak tau lho…

      gua malah belum pernah nyoba rujak cingur genteng… gua pengen rujak cingur manapun di surabaya… huahahaha….

      kayaknya tergantung restorannya kali ya… soalnya seinget gua kalo pas makan dimsum di samudra gitu, banyak juga kok yang pake jilbab makan disana. tapi gua gak tau ya apa mereka makan somaynya atau gak ya. hehehe. mungkin buat lebih pastinya, mesti tanya ke pelayannya kali ya untuk mastiin kalo mereka gak pake babi/minyak babi….

  9. Pas lagi ngidam mau makan somay, eh Ko Arman posting juga ttg somay..hahaha..emang pas banget dah…apalagi ada foto somay-nya, bikin tambah ngiler…
    Btw, boleh minta resep somay Ci Esther ga? Enak kayaknya.. mau dongggg resepnya.. :-p

    • enaknya jangan dibandingin ama somay dimsum restoran ya ngel… :)

      enaknya maksudnya dibandingin somay2 frozen merek lain. hehehe. gua sih suka ama somay nya fiesta. mana gampang pula kan tinggal di micro. :)

  10. duh… lapar bacanya plus liat gambarnya apalagi siomay babi… slurppp ngiler.com
    somay teresia yang mana sih? perasaan makan di sana biasa2 aja… hehehehe.
    somay babi tetep paling enak.

    Makanan paling favorit adalah: drum roll pleaseeeee
    Bakso Babi Goreng buatan nyokap… hehehehe. biasanya bikin kalau Imlek tapi kemarin bikinnya bakso ayam… :(
    Sama Bacang Babi/Ayam buatan nyokap juga… (tetep nyokap punya). Kenapa buatan nyokap? bukan ngelebih2in ya.. tapi kalau nyokap masak tuh gak pernah pelit bumbu. Daging isian bacang aja pas buat jualan bisa menuhin 3/4 bacang itu sendiri (sering saya marahin…).

  11. skrg udah banyak yang jual somay bandung man disini, tapi ya ga semantep di bandung hahahaha…
    gw sjuga penggemar somay lohh.. dan setuju, somay bakwan kapasari is the best, from price and taste.. hahaha.. gw lagi cari2 somay yang mantep disini.

    kalo di semarang gw suka somay cap kau king, mantep dan plus sambal cuka cair dan acar timun.. ya ampun… ngecessss ini sore2 jam 4 jatahnya snack sore nih…

    Eh iya man, garden palace sekarang buka gerai2 dimsum di foodcourt2 besar loh, jadi ga usah ke garden palacenya untuk beli dimsumnya.

    Rujak cingur delta emang enak man, tapi favorit kita yang di deket galaxy mall, namanya RUjak cingur bu ari *buset namanya kok sama wkwkwkw*
    Rujaknya banyak dan muantaappss… cingurnya apalagi empuk dan harganya dong rp. 10rb.. kalo rujak cingur delta mungkin udah 20 – 25rb-an ya.. :D

    hayhay.. kau mengingatkan diriku steak bon cafe… hahahah kayanya batal lagi dinner di sana b’day entar… kalo jadi dinner kesana, kupersembahkan liputan bon cafe khusus untukmu man.. huahahahah..

    sumpah laper!

    • somay di bakwan kapasari sekarang berapa duit ry? dulu kan mahal banget rasanya….

      wah gua gak tau tuh somay cap kau king. kok dulu pas gua sering ke semarang, gak pernah ada yang ngajak makan somay itu ya? hahaha…

      garden palace hebat juga ya ry.. masih bertahan ya… tetep enak ya?

      wah jadi pengen rujak cingur bu ari… :D *ngeces*

      • gw dah lama ga beli sih man.. terakhir beli aja bakwan sebiji kecil gitu harga 4rb, somaynya bisa 10rb lebih sebiji kali.. kalo gw suka beliin yong tofu buat marv… tapi udah lama sih setaunan ga beli disana soalnya makin mahal dan agak pelit kasi kuahnya :D

        emang elu dulu sering ke semarang man? hihih.. dulu terkenal ituh.. pokoknya mau cari siomay enak ke pasar gang baru di semarang deh…

        iya sekarang garden palace gerainya dimana2 mana di food court, yang pasti ada di CITO deket rmh gw, dan di Pakuwon supermall, kayanya di galaxy malah satu area rumah makan gt. Enak kok man.. gak berubah deh.. pokoknya kalo kangen dimsum ya makan di kios garden palace hihih…

        iyaa kalo ke sby lu cobain deh, rujak cingur bu ari murah dan enak!

        *sumpah bukan gw yang bikin, cuma awalan namanya aja yang sama wkwkwkwk…*

        • iya bisa jadi tuh 10rb ya.. mahal banget emang bakwan kapasari. tapi enak.. hahaha.

          dulu pernah berapa kali project ke semarang ry. jadi bolak balik kesana…

          hebat ya garden palace… berpuluh2 taun masih bertahan juga dimsumnya… :)

  12. nulis beginian serasa dirimu di Indonesia nih….untung tuh tempat dimsumnya dari alumunium kalau dari bamboo pasti disangka Indo.

    Gw juga suka banget yang namanya siomay… tapi terus terang akhir akhir ini sedikit males makannya.. mungkin skrg sudah banyak banget yang jualan siomay model dim sum gitu.

    Gua sukanya siomay di depan sekolah yang murah murah dulu gitu loh….

    • eh iya ya bener ya… kalo disini entah kenapa tempat dimsumnya aluminiun bukan bamboo kayak di indo ya… :D

      kalo di depan sekolah gua dulu adanya jual otak2, bukan somay…

  13. Gw jg sk bqt sm siomay, br2 ini belajar bikin somay tp msh ga PD nyuruh tmn gw nyobain hahahha

    makanan fav yah?hmmmm… buanyak man :p
    tp ide bagus tuh klo bikin postingan itu :D

  14. Ngilerrrrr…bakwan kapasari itu deket banget dari kos/kantorku Ko, dan aku udah sejak lama pengen nyoba, tp setelah nanya2 temen ternyata mengandung babi jadi tiap lewat cuma bisa nahan biar ga ngiler :(

    Kalo somay dimsum, sumpah sampe sekarang ga tau mana yang enak mana yang ga, lha menurutku sama semua rasanya hahaha…
    Ceritanya bosku yang orang perancis kan sukaaaa banget sama dimsum, jadi tiap dateng ke Indo pasti makan siang ngajaknya makan dimsum. Pas dapet kabar kalo dimsum Ah yat di Java Paragon enak, kita juga nyoba ke sana dong, eh menurutku sama aja ma yang lain…sama enaknya maksutnya :D

    • oooo bakwan kapasari gak halal ya…. ya udah lah jangan diliatin kalo lewat ya… hehehe.

      huahahaha masa sih somay sama semua… :D
      dan baru tau kalo ah yat ada buka di surabaya… :)

  15. Kalo siomay babi… Kudu beli di Makasar deh.. Hahaha, lebih jauh lg..
    Tp beneran d, enak banget2..
    Namanya siomay Lompobatang.. Disitu juga ada Bapau Babinya jg..
    Huhu.. Ngmgin ini jg jd ngiler…

  16. laki gue juga DOYAN BANGET sama siomay.
    klo makan bakmi dan tukang bakminya jual somay pasti dia beli buat sidedish.
    siomay abang2 juga doyan..
    siomay babi apalagi.
    klo makan dimsum, itu baki siomay bisa berapa biji tau..hahahahaha

    dan gue pun pelan2 tertular…

  17. samaaa kooo… saya juga sukaaa siomaay… hehehhe.. tapi disini ga ada tuh, kalopun ada, rasanya beda jauh ama rasa somay bandung emang emang… hahahha pokoknya tidak memenuhi hasrat makan somay deh, paling nanti bikin yaa.. pake resep cici esther… pasti uenaaakk…

  18. wahh somay2nya bikin ngiler nihh Man…bagi guayang paling enak tuhh somay dimsum sama somay abang2…duhhhh jadi ngiler kepengen. Esther hebat yah, rajin banget sih bebikinan. Kan cari bahan2nya susah disitu ? ( alesan gua aja itu mah…alias males bikin…hehehe)

  19. dulu gue kalo dimsum juga selalu pesen somay tp sekarang gak lagi karena mau cobain yg lainnya

    di rumah oma gue daerah otista ada tukang somay enak namanya Jaim, mungkin abangnya suka jaim *kriuk* :D

    gue juga salah satu penggemar somay dimsum dan somay abang2 *jadi laper*

  20. Aku pas kecil malah nggak suka sama siomay lho (kita nyebutnya sih siomay bukan somay, entah kenapa, hahaha :lol: ). Trus agak gedean ya mulai bisa makan sih, walaupun bukan jadi makanan favorit gitu, hmmm…

  21. Salah banget gw buka posting ini.. huaaaaah. Eh tapi mertua gw kalo bikin somay enak banget loh Man.. Apa gw rayu2 minta bikinin yaaaaa.. Sok2 ngidam gitu.. :P *dikutuk jadi kodok*

  22. Gw juga udah lama ga ke sby…keknya udah 9-10th yang lalu gw tinggalin….ceilee…
    Pengen wiskul juga di sby, tapi ga kebayang perutnya kek apa kalo makan semua yang lu sebutin dalam 1 hari man…hahaha….rasanya jadi campur aduk cuma sebentar doank di lidah :D

  23. sumpah.. panjang bgt ulasannya :D
    klo aku cerita tentang mie, yakin dah bs lbh panjang dr ini :p

    yg bnr trnyata nulisnya somay ya? klo di Jogja nulisnya siomay!! haha
    she o may be mine yg blm ko Arman sebutin :D

    • hahaha mie lebih banyak lagi macemnya ya… :)

      iya emang kebanyakan nulisnya siomay. kalo di tempat dimsum malah ditulisnya siumai. tapi ngomongnya lebih enakan somay kan.. lebih gampang. huahaha. *maksa*

  24. huahhaa… aku jadi geli baca cerita somay bakwan, dan aku salah satu korbannya seperti temen ko2 itu. aku makan resto bu kris surabaya, abis itu pesen bakwan,.keluarnya bakso, aku tanya “loh mana bakwannya? pesen bakwan kok keluar bakso? gubrakk… ” wakkaka..

    Kalo tentang somay babi, wah, itu enak sekali. aku malah mikir, semua siomay dimsum itu dari babi” wew, ternyata eke salah ya “hmm… aku suka siomay babi yang di Malang ko, gak tau tantenya harya pesen dimana, asal kita mudik ke malang, pasti kita bawa pulang tuh siomay babi sampe 50biji ke jkt. *gile, mau makan apa jualan* dan tentunya bakso goreng gak kalah enak.. di Malang, kalo bakso, cuimie apapun itu banyak yg babi. puass makannya. huahaha..

    nulis bon cafe, aku kemaren ke surabaya baru makan disitu, harya juga kangen makan dibon cafe, makanya mampir, ntar kapan aku tulis di blog ku ya, buat ngilerin ko arman. huahaha :D

    btw, siomay samudra dimana? apa di Mall TA? yg lantai atas itu? Ah yat aku blom pernah makan? dimana itu ko? pengen nyoba :P

    • hahahhaa iya beda istilah ya… jadi yg bukan orang sby jadi bingung kalo bakwan itu sebenernya baso. :P

      somay dimsum juga kayaknya banyak yang terbuat dari babi juga sih, tapi beda ama somay babi yang bukan dimsum. bingung gak? hahaha.

      waaaaa… jadi tambah ngiler ngebayangin boncafe…. :P

      samudra yang di mall TA itu samudra suki jadi gak jual dimsum. dulu samudra adanya di BRI2. tapi denger2 kayaknya udah pindah ya.. gua lupa sekarang dia pindah kemana..

      kalo ahyat adanya di hotel golden, gunung sahari. sama di sudirman.. di gedung apa ya kok gua lupa. midplaza kalo gak salah ya…

  25. Wew, ini judulnya somay tapi di balik itu ada rujak cingurnya tho, gw ketularan kangen jugaa hahaa.. Yang delta suka, yang pasar genteng juga enak.

    Garden palace dulu gw suka bubur ayamnya, sama ceker, rame banget kalo weekend.

    Hiks, laper :’)

    • wah pada bilang rujak cingur pasar genteng enak ya… gua belum pernah lho… jadi pengen… :D

      garden palace dulu sih beken bener lah kalo masalah dimsum ya…. :)

  26. Man…akhirny tuh widget muncul juga hahahahaha. Now I can listen to your songs again…Bikin makin cinta ama siomay hahahaha *soalny di postingan soal siomay inilah lagumu kembali muncul ahahah:P

  27. Ping balik: Makanan Favorit? | Dunia Pagi

  28. sebenernya yah udah tau bakalan langsung kepengen somay kalo baca selengkapnya :) tapiiiii tetep baca sampe akhir dengan terngeces – ngeces…setidaknya aku tau,pulang kerja nanti mau me time apa hihihi :D

  29. ahhh baca ini jd pngen somayy *laper mata*
    esther pinter yahh masaknya, bs bikin apa ajaa… g prnah jajal bikin somay, ud ikutin step2nya tp pas jd rasanya gk seenak yg d harapkan T_T pdhal kliatanny gampang, tp trnyata susah jg.

  30. g idem kae lu , lbh suka siomay dari hakauw, trus menilai dimsum yg enak tuh dr siomay nya ha22 toss !
    jd pgn bikin siomay nih g , mnrt g siomay enak campuran biba n udang .
    trus yg lu sebut siomay Bandung g sebut “tahu baso”
    kalau bakwan surabaya g suka juga .
    bener kata lu siomay pake dari ayam “kagak enak” ha222
    ohh Fiesta pny lumayan ? ntar g cobain ya

  31. Lohh Arman dl dari surabaya jg tah? Somay bandung skrg ada sih d sby, tp di foodcourt2 gt kebanyakan hehe. Aq ga doyan dimsum, tp kalo somay nya doyan, jd kalo dimsum yg dimakan 90% somay doank hanahaha. D sby ada ahyat jg koq skarang (udah lama sih), kyknya plg nget dimsum sekarang dsana karena murah juga hehehe

  32. Ish…ajakan membuat saling bikin ngilernya oke jg tuh mas hihihihi.
    Aku keknya paling suka ya sama baso, walopun ‘bakwan’ aka baso malang ga terlalu suka coz ga ada sayurananya *halah* :P

    Kalo somay biasa aja sih mas, ga smp yg ngidam2 gimana, tapi kadang kepengen dan beli di abang2 doang he he

  33. u should try my mertua’s home made somay bandung (btw, klo di bandung sebutannya keknya bado tahu ya? pdhl bentuknya jelas2 somay! :D) ! made in heaven bangeeet…..

  34. Kalo soal siomay, yang di Maystar juga enak kok.. Duh, jadi kepingin, udah sebulan ngga makan dimsum.
    Oiyah, kalo es krim Zangrandi itu sekarang ada kok di Kelapa Gading, deket Warung Nuri’s situ deh kalo ngga salah. Sama ngga ya sama yang di Sby? :D
    Itu kesukaan alm. engkong sih tapi aku sendiri belum pernah coba hahaha

    btw, salam kenal yah. selama ini jadi silent readernya aja, ngga gitu aktif ngeblog tapi aktif banget blogwalking hehe

    • gua belum pernah makan dimsumnya maystar. makan di maystar pernah sekali doang tapi mesen masakannya bukan dimsum…

      oh zangrandi ada di gading ya… jaman dulu banget pernah ada juga, tapi trus tutup karena gak laku. :)

      salam kenal juga ya…

  35. aaaaahhhh ngiler bgtttt!!!!!
    jadi pengen ke bamboo dimsum, tapi kayaknya kok tampilannya ga ke juicy tu gambar yak?
    somay paporit gw jg maan, bahkan sebelumm melahirkan pun gw mintanya makan somay, nyaammmm…

  36. Duh jd pengen ke sby juga nih berwiskul ria, kayaknya enak2 ya makanannya, aku belom pernah ke sby kecuali mampir bentar wkt kuliah lapangan ke pelindo dulu, sebelom ke bali.

    Naahh aku juga penggemar siomay. Di freezer juga selalu nyetok fiesta. Klo di bdg emang sih Kingsley juaranya, tp aku malah sukanya yg dijual abang2, Ada tuh di jkt, Belakang kantor bidakara, namanya siomay gondrong, itu enaakkk bgt siomaynya, pernah pesen jg buat arisan, bumbunya jg enak. Dulu wkt suami kantornya masi di bidakara, sering nitip, yg jual pake gerobak gt. Sayang nih kantor suamiku pindah ke scbd, jd dah lamaaa bgt ga makan siomay gondrong. Klo di Bekasi yg enak, siomay mang dade, tp ya mnrtku masi enakan si gondrong itu sih. Ibu2 arisan dulu jg pd nanyain, kepengen pesen hihihi

  37. Tau ngga man, kemarin aku udah baca nih tulisan kamu… malamnya ke resto Indonesia abis ngajar…langsung deh beli siomay karena nular!!! Hahaha… tapi ngga enak. Ntar mau belajar ama esther ah buat siomay yg enak gimana :D

  38. Uuuh kata mamiku kayae abang somay langganan ku wes pensiun.. dia jualan naik sepeda ko, dr aku kecil sampe merid belinya sama si bapak.. jadi skrg ga punya somay favorit lagi :( kayanya kudu berguru sama ci esther trus bikin somay sendiri ya..hahahaha salah banget deh baca blog ini semalem lgsg mendadak lapeeeer

  39. Ping balik: D for Dorayaki | sunshine in my window

  40. Ping balik: Makanan Kesukaan | Kesukaannya Maya

  41. Hahahaha… somay Fiesta, somay paling kecil sedunia alias bite size. Sekali makan sepaket isi 12, ga brasa kenyang.

    Samudra udah tutup loh Man. Sedih banget dah gueeee…. Gak ada lagi somay enak! (gue soalnya paling demen Samudra).

    • hahaha tapi enak.. kangen gua ama somay fiesta… :D

      waktu itu gua pernah baca di salah satu blog (tapi gua lupa sekarang blog siapa) katanya samudra pindah… tapi gua gak inget juga sekarang pindah kemana ya.. hahaha.

  42. owwww…..postingan yang sangat tidak sopan ini mah, dibacanya pula pas malam-malam hujan begini…..perutnya langsung gaduh minta siomay…..:D
    Siomay favorit saya mah siomay bandung…. slurp…. :D
    Andrew juga doyan siomay kah?

  43. Gw bs bw tuh malem2, tengah malem… Ini salah bw kyknya gue hahaha.. Liat foto somay gede2 serasa pengen ambil dan langsung di makan hihihihi… Btw kyknya yg tinggal di LN lama2 pinter masak ya? Soalny klo pengen atau kangen masakan kampung halaman ga bebas ditemuin ya man? Jd ya masak sendiri klo mau hehe… Esther bs masak somay, ayam kodok, trus apa lagi man? Wah.. Pulang ke indo lo buka resto nih jangan2 hihihi…

  44. -> tapi somay nya dari ayam. Jadi rasanya kurang maknyus…
    Emang ya Man, kalo makanan yang harusnya pake babi trus diganti dengan daging laen, otomatis rasanya jadi gak nendang…rasa lemaknya beda, euy…wkwkwkwk…

    Aku juga suka somay, tapi sekedar suka doang, gak sampe ngidam. Kalo makanan favoritku sih tetep aneka masakan babi ala minahasa…wkwkwkwk

    • hahaha iya lis… :)

      gua dulu pas di indo juga paling ngidamnya dimsum aja. kalo yang lain gak ngidam. yah abis gak sempet ngidam jgua kali ya karena sering beli. huahaha.

      nah sejak disini karena gak bisa gampang2 nemu somay, jadi sampe ngidam2 deh… :P

  45. hi arman,
    bakwan kapasari mank enak banget, mank harga juga mahal untuk makan bakwan doank…. gw jg gag inget bayar brp terakhir makan yg gw inget mahal tapi enak…. apalagi ususnya…… gw jg dah hampir 2 taon gag makan tuw bakwan kapasari garq2 lu gw jd inget & kepengen……. hixxxx……..

  46. Tapi tapi tapi….. dari semua somay itu, bukankah paling enak somay sepeda abang2 yaaaa?? Yang kring2 lewat rumah trus tereak “Syoooo mayyy…” dengan suara khas nya. Sluurrrpp! :9
    Jadi kangen abang syomay. =)

  47. eh gw mah kl dimsum paling gak suka siomay lho.. gak afdol kl gak ada chasiu pau.. titip pesen donk sm esther, suruh ngeblog lagiiii… aku pengen bacain resep esther *bacadoank-kagadibikin*

  48. Ih ih ih ini bikin sore sore perut gue kekeruyukaaaaan! :(

    Somay dimsum paling juaraaaa ko kalo kondangan gue paling demen ngendon di depan abang abang dimsumnya ahahahha *murahan*. Paling juara so far yang jualan di belakang Plaza Mandiri murmer tapi lezaaaat ahahhaha.

  49. Siomay bakwan kapasari memang mantep bgt! Kalo kesana hajar siomat, usus isi, bakwan kasar ( urat) yg bentuknya kotak wekekekeke.. Pluuusss sama saos tomat murahan itu yg bikin tambah enak!

    Gw terus terang sampe skrg kalo disuruh milih makan tipe siomay pake saos kacang or saos tomat murahan or sambel, tetep lbh doyan yg saos tomat itu. Kena lidah surabaya kali ya.

    Makanan favourite sby selain yg disebutin, yg enak lagi rawon, semur lidah resto ria, sate daging klopo ondemohen. Aaaargghhh ngiler malem2!

  50. Salah banget kali ya, jam 12 malem perut lagi kruyukkan nggak tahu jam begini, eh malah nemu postingan somay lagi. Jadi pengen somay Ah Yat! Aaaaaaaaaaaaa. BTW, gue juga doyan banget somay dimsum! Bisa kali makan 4 porsi sendiri :3

  51. Ada satu lagi siomay yang gw doyaannn banget.
    Siomay Pontianak!!! kalo di sono sebutnya siobi.
    bentuknya lebih kecil dari siomay biasa, tekstus dagingnya uda aluss, terus makannya pake saos yang agak2 asem kaya mustard. Gw sekali makan bisa 20 biji.
    haduh, jadi ngiler gila…..

  52. salam kenal mas, aku ktmu blog ini krn suka main k rmh maya nya bibi titi teliti. Aku suka baca dimari, smua postingan dah beres ku obrak abrik. hihihi… walaupun gk punya blog. murni krna suka dg tulisan mas, andrew & emma yg menggemaskan… aku jg pencinta somay tiap sore nungguin si mamang lewat… nyam… nyam…

  53. Esther pinter banget masak ya.. klo tetanggaan enak banget nih bisa ngicip n minta ajarin langsung cara membuatnya, hehe
    mau sdikit nambahin pengalaman nih om,
    cilok, aci di colok, yang pake tusukan gitu dan dicelup saos.
    jaman SD dulu di dpan skolahan ada yang jual.
    tapii saya pernah nemu cilok yang uenaaak bgt di cilacap, jadi ciloknya itu ada campuran daging ayamnya yang pas (klo biasanya kan sdikit daging, malah ada yg aci doang-doang). trus udah gitu saosnya bercampur bubuk kacang, saya rasa nilai lebih dan enaknya ada di saos ini juga. hmm sayang kmrn ga di poto waktu makan.
    yang jual ibu-ibu naik sepeda yang keluar sore jam 3an dan cepet bgt abis saking larisnya karna banyak penggemar cilok ibu itu. jadi pengen buka warung cabang kerjasama ama itu ibu-ibu..hehe (malah jadi mikir peluang bisnis, haha)

    salam cubit buat Emma yang makin unyu-unyu yaa

  54. Astaga…sepertinya lo sedikit ter obsesi ama si somay ini yah man…hihihi…

    gue sih berasanya biasa biasa aja ama somay ini mah…
    mungkin karena di Bandung banyak banget dan menurut gue mah rasanya gitu gitu aja kali yah…hihihi…

    makanan kesukaan gue, selain nasi padang…
    ada baso ceker langganan ituh enak dan nagih banget deh Man, di ALun2 Bandung…

    dulu udah pacaran rada lama baru si Abah berani gue ajak kesini lho…
    soalnyatakut sedikit berkurang aja kadar kecantikan nya kalo masukin ceker ke mulut, kemudian harus mengeluarkan tulang belulang nya…hihihi…

    tapi enak banget deh itu si baso ceker
    *sms abah, pulang kerja suruh bungkusin si baso ceker*

      • Ih Arman…baso ceker gak tau…colokan bakso gak tau juga…sepertinya lo harus gue tatar lebih lanjut tentang dunia per baso an yah…hihihi…

        baso ceker itu maksudnya baso kuah sih, tapi dikasih ceker..hihihi…

        dan kalo nge dimsum juga sebenernya suka makan ceker nya sih…
        OMG! baru nyadar kalo ternyata gue doyan ceker yah?
        *berasa kurang elegan*

  55. Soto gubeng pojok enak bagnet, krengsengannya juga enak, nasi gorengnnya juga, eeh kalau sate ondomohen udah pernah cobain belum om, enak lho itu

    Kalau somay ndak begitu suka, kalau makanan apah ajah enak dimakan, apah lagi seafood kepiting, cumi2, enaknya :D

  56. Gw sekeluarga suka banget-banget sama dimsum, Man. Tapi susah banget deh nemu dimsum yang halal dan enak :((

    Sampai sekarang andalan keluarga gw klo mau makan dimsum enak itu ke Eastern resto di Karawaci. Niat banget ya.. jauh jauh disamperin.

    Rekomendasiin dong tempat dimsum enak di Jakarta yang halal.

    • masih ada ya eastern di karawaci itu. gua pernah kesana, cuma sekali, jaman dulu banget. hehehe.

      coba ke ahyat deh la. tapi gua gak tau ya halal atau gak.
      dulu sih samudra sepertinya halal, soalnya gua sering ngeliat orang yang berjilbab makan disana. tapi sekarang samudra yang di bri2 udah tutup. kalo gak salah sih pindah lokasi tapi gua gak tau pindah kemana…

      • Samudra BRI2 masih ada kok Man. Gw baru makan disana bbrp bulan lalu dan mereka menghidangkan dimsum non-halal, jadi gw ga mau balik lagi ah kesana.

        Eastern msh the best buat dimsum halal buat gw. Dulu ada cabangnya di Permata Hijau, jadi jaraknya lebih terjangkau tapi kira2 2 tahun lalu tutup. Nangis bombay sekeluarga. #lebay. Eastern juga ada cabang di mall Istana Plaza di Bandung. Nah gw jadinya lebih senang ke Eastern Bandung karena tempatnya lebih luas, lebih bagus drpd yg di Karawaci.

        Gw kok lupa ya pernah coba Ah Yat ato belom. Mau ah coba.

        • oh samudra bri2 masih ada ya.. kok dari yang gua baca2 pada bilang udah tutup ya? hehehe
          oh ternyata menghidangkan dmisum non halal ya… padahal dulu sering lho ngeliat yang pake jilbab makan disana, jadi gua kirain disana halal semua… :)

          eastern emang aslinya dari bandung kan ya…

          iya cobain ahyat deh. kalo gua sih suka… :)

    • somay bandung ada dimana2 ya… :D
      kalo cilok itu kan sebenernya tepung doang kan ya? jadi gak ada ikannya… kalo somay bandung kan ada ikannya… bener gak… :)

  57. Somay si tante ini di resto dimsum deket Diamond Bar bukan man… Gw inget pernah makan di resto new catipal, kebalik gitu bukan capital… Hahah. Anywaaays gw cinta dimsum taipan di mangga dua man, itu enak abis somaynyaaaa ada shark finnya kriuk2… Gurih manis gitu…

    • bukan fab.. si tante ini gak ada resto. dia tinggal di rowland heights.
      kalo new capital itu di san gabriel.

      taipan juga ok sih ya. tapi kurang berkesan buat gua, jadi gak gitu inget gimana rasa somay nya. dulu lebih suka ke samudra/ahyat kalo mau dimsum :)

  58. samaaaaaa, I loooove somay. Di Bandung grupnya Eastern tuh macam Eastern, Kopi Scooter dan segala Kopi Tiam enak deh somaynya menurutku. Natal lalu dapet kiriman dari mamanya temen Ephraim, somay uenaaak banget. Bisa dipesen anter ternyata. Aku nanya itu somay pake babi gak, soalnya rasanya beda gitu juicy-nya. Eh ternyata kata si tante pake babi dikit. Pantesss rasanya uenak banget.

  59. Ya ampyun…pas banget seh man… eike lage kepengen somay, liat cerita ini jadi tambah mupeng deh… yup, eastern bri2 masih ada koq man… pernah dengar somay pink? katanya uenak…*belum nyicip hehe… Pastinya somay buatan esther yang terenak kan man??? xixixi…

  60. Man, dirimu makan siomay pakai tambahan saos sambal atau sambal cabe? Kalau saya lebih suka pakai sambal cabe.

    Kalau makan bakwan, terutama bakwan keliling saya lebih memilih tak pakai siomay.

    • somay apa dulu nih?
      kalo somay bandung, gua gak pake tambahan sambel apapun.
      kalo somay dimsum, dulu suka saos sambal, tapi kalo disini pake sambal cabe jadi seakarng lebih suka pake sambal cabe… :)
      kalo somay babi ya pake saos sambalnya yang cair itu…

  61. Hallo salam kenal, selama ini saya jadi silent reader tapi baca postingan somay ini jadi pengen tanya tentang tante yang rumahnya jauh itu. Saya tinggal di daerah LA juga, kalo boleh tau gimana ya cara order sama tantenya? Makasih sebelumnya :)

  62. 1.Wah somaynya macem2… aku juga suka banget somay… jadi ngiler deh >.<
    2.hahaha itu ke gereja atau nguber somay :P
    tapi emang sih, kalo ke gereja karna pagi2 banget nyokap ga masak, makanan yg ada di gereja sering jadi inceran… hueheheh :P
    3. hahaha bener, dulu aku kalo beli bakso bakwan baksonya satu somay-nya 2. karna ngerasa somay nya lebih enak walau byk sagunya :P
    4. Di Indonesia waktu itu pernah ngetrend tuh Siomay PINK. udah pernah coba belom mas Arman? :D

  63. siomay emang the best, tapi kalau di semarang sini ya, siomay yang katanya asli bandung itu kalau beli nanti dikasih pilihan, mau rebus atau goreng daaan lebih banyak yang suka digoreng dulu, aneh emang, tapi aku juga jadi kebiasaan ngikut juga hhohho

  64. Gue terketuk (halah) pengen ninggalin komen gara2 lo nyebut2 siomay Fiesta. Itu andalan gue banget, tiap minggu pasti beli 2 bungkus dan pasti aja dikukus buat sarapan.

    Trus… Di Surabaya sekarang udah banyak tempat makan dimsum tapi so far gue belum nemu yang enak dan halal. Dulu gue masih sering banget makan di hotel Mercure, kalo wknd dia juga diskon 50% (penting!) tapi setelah kesadaran gue akan makanan halal meningkat, gue say good bye sama Mercure. IMO lebih enak di Mercure daripada di Garden Palace. Gara2 nyari yang halal jadi pelarian gue cuma dimsum/siomay frozen atau terakhir gue makan enaaak banget waktu di Penang.

    Siomay yang di Spice Garden di TP sekarang (udah lama sih) udah tutup, setuju sama elo ini enak walopun rada mahal.

    Yang setipe sama siomay babi yang lo sebut (liat dari bentuknya) tuh siomay yang biasa gue pesen sama orang kantor gue. Yang dia jual sih siomay ayam karena ya ga bakal gue beli juga kalo dari babi hihi… Sama tuh pake sambel cair, mungkin yang jual improvisasi dari siomay babi kali ya.

    Ada lagi yang enak tuh siomay ikan yang dijual di supermarket Papaya, dimakannya pake bumbu kacang setipe sama siomay Bandung. Enak, ga mahal, tapi jadi cepet banget abisnya hehehe…

    Hah gile komen gue panjang banget ya ngebahas siomay :)

    • somay fiesta emang mantap ya… lu rajin juga dikukus, kalo kita dulu sih di micro aja biar cepet. hahaha.

      gua sebenernya rada lupa sih rasa dimsum garden palace kayak gimana. udah lama banget soalnya. tapi jaman dulu emang itu yang paling beken. belum ada tempat dimsum lain soalnya. hahaha.

      iya somay babi itu emang ada yang bikinnya pake ayam. biar halal ya. kalo di jakarta ada di bakmi gm juga… :)

      belum pernah nyoba di supermarket papaya… :D

  65. Ping balik: This And That | Life begins at 30...

  66. Ping balik: 10 Things About Our Labor Day Weekend | Life begins at 30...

  67. Ping balik: Yang Keenam | Life begins at 30...

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s