Job Hunting

Wuiii hari ini bener-bener hari yang panjangggggg… dan lamaaaaaaa… kayak coki-coki!

Ada berita sedih, tapi ternyata ada berita gembira.

Hari ini pas 3 minggu gua di sini. Dan di hari ini gua dapet 2 tawaran kerjaan! Huaaaaa… gak pernah kebayang ama gua kalo gua bakal di posisi seperti ini. Di posisi dimana gua harus milih kerjaan! Hahaha… Asik… tapi melelahkan… Bener dah, sumpeh… bener-bener melelahkan!

Proses gua nyari kerja di sini ini emang panjang. Sebenernya sejak masih di Indo, gua udah naruh resume gua di internet kayak di Monster, Hotjobs, Careerbuilder, dan kawan-kawannya. Tapi yang nelpon jarang. Cuma 2-3 agent deh. Itu pun follow up nya lama banget.

Tapi begitu gua udah punya nomor telpon sini, dan gua ubah alamat dan nomor telpon gua di resume gua, eng ing eng… inbox gua banjir dan dalam sehari bisa 3-4 agent telpon gua! Jadilah tiap hari kerjaan gua sibuk telpon dan ngirim email. Gile deh. Plan telpon gua yang tadinya 700 menit per bulan, dalam 3 minggu udah 1000 menit lebih jadi gua mesti upgrade ke plan yang 2000 menit! Ampun kan…

Disini ternyata rata-rata perusahaan pake agent untuk nyari orang. Tapi kita gak dipotong lho… perusahaan yang akan bayar jasa agent nya.

Jadilah prosesnya panjang.

1. Agent nya telpon kita bilang kalo ada lowongan. Tertarik gak… Trus kita ditanya-tanya tentang dokumen kita untuk kerja.

2. Ada juga yang dari agent nya ada 2nd interview. Ini bisa lewat telpon, ada yang pake webcam (biar bisa liat orangnya langsung), ada juga yang langsung nyuruh kita datang (kalo lokasinya dekat).

3. Setelah agent nya berasa kita ok, baru resume kita di submit ke klien nya.

4. Recruiting manager dari perusahaan akan telpon kita untuk initial interview. Kita disuruh jelasin pengalaman kerja kita gitu lah kira-kira.

5. Kalo lolos, trus lanjut hiring manager dari perusahaan yang akan telpon kita. Nah tahap ini menentukan sekali. Biasanya yang telpon kita adalah calon bos kita. Biasanya pula telpon nya berupa conference call, karena yang meng-interview kita biasanya lebih dari 1 orang. Disini kita bakal dibabat abis tentang detail teknikal kita.

6. Kalo lolos lagi, kita akan disuruh dateng untuk in-person interview. Nah dari begitu banyak lowongan yang gua apply, ada 2 yang cepet nih follow up nya.

Jadilah hari Minggu kemaren gua diterbangkan ke San Diego. Dijemput sedan beserta supir (yang mana adalah hal mewah disini), dinginepin di hotel, paginya dijemput lagi ke kantor, trus mulailah interview… dengan 8 orang! HR, team yang gua akan kerja, user, VP, Director, manager… semuanya meng-interview gua. Dari behavioral interview sampe technical interview sampe yang ngobrol-ngobrol doang juga ada. Lengkap deh. Trus siangnya diajak area tour untuk liat-liat daerah sekitar. Trus sorenya pulang deh.

Hari Rabu (kemaren) ada perusahaan lain yang juga ngundang gua dateng. Kali ini gak nginep. Jadi pulang hari. Sama banyaknya yang meng-interview gua. Tapi yang ini lebih santai, banyakan ngobrolnya.

Nah setelah interview yang kemaren ini, sorenya perusahaan yang pertama mulai menteror gua. Hahaha. Teror yang menyenangkan, karena kita nego gaji dong…

Sampe hari ini berlanjut. Tapi emang kayak teror karena ngasih waktu mikirnya mepet banget. Padahal si perusahaan kedua kan belum ngasih gua feedback. Alhasil gua jadi menteror perusahaan kedua. Hahaha. Jadi saling teror-menteror.

Pusing banget karena 2 2 nya gua suka. Masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya.

Tapi akhirnya teror-menteror itu berakhir juga jam 7 tadi. Diakhiri dengan.. gua milih perusahaan yang kedua. Walaupun package yang ditawarkan lebih ok di perusahaan pertama, tapi kayaknya gua akan lebih bisa dapet banyak pengalaman baru di perusahaan yang kedua ini.

Puji syukur yang luar biasa buat Tuhan yang udah ngasih berkat yang luar biasa ini buat kita… Thank you, God!!

So… dalam waktu dekat gua akan pindah ke Santa Monica, Los Angeles. Doain ya… moga-moga kita betah disana…

Deket banget ama daerah impian gua sejak dahulu kala… Beverly Hills!! Huahahaha.

Mau tau perusahaan apa?? Check this out: http://www.lionsgate.com

~ Hmmm siapa tau ntar ditawarin jadi figuran ya… huahahaha ~