#AEAEFranceTrip21 – Day 1&2: Cannes

Day 1 – Senin, 5 Juli 2021

Setelah perjalanan lumayan panjang dari LA ke Paris sekitar 11 jam, transit di Paris sekitar 1,5 jam-an trus nyambung dari Paris ke Nice sekitar 1 jam, trus perjalanan darat dari Nice ke Cannes sekitar 50 menit, akhirnya nyampe juga kita ke Cannes, kota tepi pantai di Perancis Selatan.

Begitu nyampe langsung disambut dengan sengatan matahari. Suhu nya sekitar 31 derajat Celcius, mirip-mirip Jakarta. Dan walaupun di tepi pantai tapi tetep panas dan lembab (gak kayak kalo di LA kalo deket pantai biasanya anginnya adem). Jadi bener-bener persis kayak Jakarta lah udaranya.

Berhubung A24 cuma mau ngasih kita hotel 3 malam (dari tanggal 6-9 Juli) dan kita datengnya sehari lebih awal (karena tadinya mau nyoba kalo bisa masukin Emma ke red carpet opening ceremony Cannes festival tanggal 6-nya, yang mana akhirnya gak bisa karena opening film nya adalah R rated sodara sodara! :P) jadi buat hari pertama ini kita kudu nyari hotel sendiri.

Hotel Renoir

Masalahnya berhubung lagi ada Cannes Film Festival, harga-harga hotel di Cannes melonjak dua kali lipat dari harga biasa. Plus hotel di sana (di Perancis sih pada umumnya) pada kamarnya kecil-kecil, kebanyakan cuma bisa buat 2 orang (2 twin beds atau 1 king bed gitu). Susah nyari hotel yang bisa muat 4 orang yang affordable dan bener-bener berlokasi di Cannes, untungnya trus gua nemu hotel Renoir ini, hotelnya bintang 4, lokasi nya bener-bener di tengah-tengah kota dan harganya masih masuk kantong lah, semalam $280-an.

Kamarnya gede, terdiri dari 2 ruangan. Ruangan pertama itu kayak living room dengan sofa bed trus ada kamar tidur terpisah dengan 1 king bed. Kamar mandi nya juga gede banget. Lobby hotel nya sih kecil banget, gak kayak hotel bintang 4, trus yang lucu abis kita check in di lobby kan trus staff nya mau nganterin kita ke kamar, dia buka pintu di sebelah lobby, gua kirain itu buat ke lift gitu ya, ternyata kamarnya ya disitu itu. Hahaha.

Trus jalanan depan hotel itu kecil banget, cuma bisa dilewatin sama 1 mobil tapi 2 arah! Jadi mesti gantian lewat, gak kebayang kalo ada 2 mobil yang udah masuk di tengah-tengah, mungkin 1 mesti mundur kali ya. ๐Ÿ˜›

Kita nyampe sana kan udah sore ya, biar gak jetlag, kita langsung jalan. Nyebrang dikit dari hotel ada toko jual es krim gelato, jadi kita mampir situ dulu.

L’ile De La Glace

Gua udah lupa mesen rasanya apa tapi enak! Pas juga cuaca lagi panas gitu ya. ๐Ÿ˜€

Trus dari situ kita jalan ke arah Palais Des Festivals (tempat Cannes Festival) yang mana jaraknya cuma setengah km doang. Di antara hotel dan Palais itu adalah daerah toko-toko dan restoran-restoran gitu. Mirip-mirip Pasar Baru tapi lebih gede. Hehehe.

Lucu sih tempatnya, foto-foto kita gak do the justice at all ya. Cuma emang gak sebagus Paris ya. Gua bilang kalo di Cannes (di Nice juga) ini kuno nya nanggung. Bangunan-bangunannya kayak di tahun 60-an aja gitu bukan yang kayak di abad-abad lalu kayak di Paris. Hehehe. Intinya lucu tapi kurang cakep. ๐Ÿ˜›

Palais Des Festivals

Palais ini letaknya persis di pinggir laut, di ujung jalan Croisette (jalanan yang menyusuri pantai di Cannes). Palais ini gedung konferensi yang gede banget gitu dan di dalamnya ada beberapa gedung bioskop. Udah mulai rame disitu walaupun mereka masih siap-siap, red carpet nya aja belum digelar. Kita cuma pengen liat aja, surreal gitu ya bisa ke Cannes Film Festival! Hahaha.

Trus dari situ kita mampir ke Carrefour dulu deket hotel buat beli croissant buat breakfast besokannya sama beli air botol. Walaupun di Perancis air keran nya bisa diminum (dan bener-bener gak ada rasa lho airnya, bagus banget dah!) tapi kita tetep beli air botol buat si Emma takut kalo perutnya gak kuat minum air keran. Hahaha.

Btw berhubung Carrefour itu emang asalnya dari Perancis jadi disini tuh banyak banget Carrefour dimana-mana dan banyak macem. Ada Carrefour biasa yang lebih gede, Carrefour City yang lebih kecil dan Carrefour Express yang model kayak Alfamart gitu. Dan rata-rata Carrefour nya tua gitu. Hahaha.

Trus abis balik hotel buat naruh barang, kita jalan lagi buat makan malam. Oh ya, di Perancis ini rata-rata resto nya baru serve dinner jam 7 malam.

Mau tau restoran apa yang kita cari buat hari pertama kita di Perancis?

Shanghai Memory

Yup, kita makan di restoran Chinese! Huahaha. Tapi emang Esther udah ngecek ini resto review nya bagus dan bintang-bintang film dari China kalo pas lagi ke Cannes Film Festival di tahun-tahun sebelumnya (tahun ini China gak boleh dateng karena Covid) selalu nyempetin mampir ke restoran ini.

Restorannya kecil. Yang punya suami istri. Suami nya bule Perancis, istri nya asal Shanghai.

Dan makanannya emang enak-enak ternyata! ๐Ÿ˜€ Kita pesen pork ribs, udang goreng, mie goreng sama green beans. Enak-enak semua! Puas deh ama restoran ini. ๐Ÿ˜€

Ngobrol-ngobrol ama yang punya akhirnya dia jadi tau kalo Emma juga aktris, jadi minta foto buat dipajang di restonya. Di temboknya emang ada foto-foto bintang-bintang film China yang dateng kesana. Jadi kalo kalian ada yang kesana, coba liat ya foto Emma dipajang gak. Huahaha. *gak penting banget* ๐Ÿ˜›

Day 2 – Selasa, 6 Juli 2021

Pagi-pagi kita langsung check out trus dijemput buat pindah hotel.

Hotel Martinez by Hyatt

Di sepanjang jalan Croisette tuh ada hotel-hotel luxury bintang 5 dan juga toko-toko branded. Salah satunya Hotel Martinez ini. Para selebriti yang dateng ke Cannes Film Festival ya rata-rata tinggal nya di Hotel Martinez, Marriott atau Hotel Majestic yang semuanya ada di jalan Croisette ini.

Begitu masuk ke pelatarannya Hotel Martinez aja udah dibarikade dan orang-orang dan paparazzi pada nongkrong disana berharap bisa ngeliat seleb. Yang boleh masuk ke hotel cuma tamu yang punya kunci kamar hotel aja. Ketat security nya.

Setiap hari semakin banyak orang yang nongkrong di luar hotel gini nih sampe kalo mau jalan mau masuk aja susah. ๐Ÿ˜›

Berasa keren banget dah. Turun dari mobil pada diliatin orang. Walaupun gua yakin mereka pada kecewa ngeliat kita karena kita bukan seleb. Huahaha.

Hotelnya emang bagus banget!

Gimana gak bagus ya, buat kamar nya yang standard aja harganya $1.500 per malam! Iya Seribu lima ratus dollar sajah sodara-sodara! Gua liat kalo pas lagi gak ada Festival, harganya biasanya sekitar $500-$600-an. Itu pun kamar nya gak gede lho. Bener-bener cuma kamar mandi dan ranjang aja, gak ada living room segala. Gua gak tau deh kalo yang Suite Room harganya berapa. Hahaha.

Berhubung kita berempat, jadi kita dikasih 2 kamar dengan connecting door. 1 kamar dengan 2 full size beds dan 1 kamar dengan king bed. Enak jadi lega dengan 2 kamar dan 2 kamar mandi pula! Bener-bener dimanjain banget kita disini. Dikasih breakfast juga dan kredit buat beli makanan juga.

Pas kita dateng lobby nya masih kosong banget ya. Begitu sore nya menjelang Festival opening, lobby nya penuh orang pake baju keren-keren abis dan paparazzi yang motret-motret. Spike Lee (sutradara film terkenal yang juga adalah kepala jury nya Festival tahun ini) juga tinggal di hotel ini (kamarnya satu lantai ama kita) jadi sering ketemu. Baik orangnya, sekali waktu ketemu pas lagi breakfast kita minta foto sama Emma trus ngobrol bentar. ๐Ÿ˜€

Poto ama Spike Lee

Abis check in, kita keluar nyari makan. Persis di sebelah hotel ada Cafe gitu jadi kita nyobain deh. Kan perlu dong ya makan makanan Perancis, masa makan Asia terus. Hahaha.

La Chunga

Kita pesen truffle pasta, lasagna, seafood pasta sama burger. Ini anak-anak nih masa mesennya burger coba! ๐Ÿ˜›

Rasanya semuanya lumayan sih. Enak juga. Tapi ya sama aja ama di LA. Gak ada bedanya. Hahaha. Dan harganya lumayan mahal disana.

Dan restoran-restoran di Perancis itu ya, lama banget ngeluarin makanannya. Orang-orang Perancis itu emang ternyata pada take their time banget. Hahaha.

Abis makan, kita balik hotel buat poto-poto. Gua emang udah bilang sama anak-anak, pokoknya hari pertama kudu poto-poto di Emma dulu. Soalnya kan dress nya di sponsor ya jadi kudu poto dan at that time kita gak bisa yakin bakal dapet poto-poto yang bagus pas hari H nya berhubung Emma kan belum dikenal ya jadi takutnya fotografer-fotografer nya pada fokus ke yang lebih terkenal. Apalagi si Emma anak kecil gitu. Gua udah sempet browsing ngeliat foto-foto dari Cannes Festival taun-taun sebelumnya, gua liat kalo anak-anak tuh dikit banget foto-fotonya. Jadi kita mesti foto-foto dulu sendiri deh. Plus lagi hotel nya emang cakep kan.

Ini contoh salah dua nya aja ya. Foto nya sebenernya ada ratusan. Huahaha.

Tangga nya Hotel Martinez ini cakep banget!
Railing balcony nya Hotel Martinez ini juga terkenal. ๐Ÿ˜€

Trus sorenya kita meeting sama manager nya Emma dan orang publicity nya A24 buat ngomongin plan buat hari H nya.

Le Jardin Du Martinez

Trus malemnya kita makan di hotel aja berhubung dikasih hotel credit kan. Di hotel cuma ada 3 restoran. 1 restoran Michelin yang harganya serem abis, 1 restoran di beach club yang kebanyakan isinya cuma minuman doang, dan restoran Le Jardin ini yang lumayan gede dan harganya masuk akal. Plus lagi kayak yang gua bilang, resto-resto disana baru serve dinner jam 7 malem, berhubung waktu itu belum jam 7 dan cuma Le Jardin yang bisa serve dinner pake room service menu, jadi ya kita gak ada pilihan sih selain makan disana. Hahaha.

Seru juga sih makan disini soalnya kita jadi bisa ngeliatin orang-orang yang lagi siap-siap pada mau pergi ke Festival. Keren-keren baju-bajunya. Haha.

Kita pesen pizza, salmon, grilled chicken dan chicken salad. Dan ternyata semuanya enak-enak banget! Grilled chicken nya itu asli enak banget! Salad nya walaupun keliatannya gak ada apa-apanya (daging ayam nya di bawah ada banyak banget) juga enak banget! Pizza nya juga! Puas makan disini!

Trus abis itu ya udah istirahat di kamar aja. Menikmati ranjangnya yang nyaman abis!

Sayangnya gua jetlag, selama seminggu pertama tuh gua gak bisa tidur lho. Mau ranjangnya senyaman apa juga gak bisa tidur. Hahaha. Untungnya Esther dan anak-anak pules.

Ya udah segini dulu ya cerita hari pertama dan kedua liburan kita! ๐Ÿ˜€