Dari Hotel Ke Hotel

Gua nih paling gak suka kalo harus keluar kota untuk urusan kerjaan. Tapi herannya gua selalu aja dapet kerjaan yang mengharuskan gua untuk pergi-pergi keluar kota. Jadinya kalo dipikir-pikir, lumayan banyak juga hotel-hotel di Indonesia yang pernah gua cobain.

Kali ini gua pengen share disini, siapa tau bisa bantu kalo ada yang lagi pengen nyari hotel untuk nginep di kota-kota yang pernah gua kunjungi. Tapi hotel-hotelnya bukan bintang 5 ya… πŸ™‚ Namanya juga perjalanan dinas, mana mungkin diinepin di hotel bintang 5! Hehehe. Tapi gak semua ini karena urusan kerjaan sih, tapi most of them adalah karena urusan kerjaan.

OK, here we go…

BATAM

1. Melia Panorama

Alamat: Komplek Panorama Nagoya

Bintang: 4

Tahun Kunjungan: 1999/2000

Harga: sekitar 400-an.

Plus: Walaupun gua cuma pernah sekali tinggal di hotel ini, tapi gua masih inget kalo hotel ini tuh ok. Ya tipikal hotel bintang 4 lah. Bagus dan bersih. Trus ada cafe nya yang kalo malem ada band top 40 gitu. Waktu itu sih band nya bagus banget dah! Asik buat clubbing! Hehe.

2. Harmoni Hotel

Alamat: Jl. Imam Bonjol, Nagoya

Bintang: Gak tau pasti sih… tapi kayaknya bintang 3 deh.

Tahun Kunjungan: 1999-2000

Harga: Kalo gak salah sih 300-an.

Plus: Letaknya di kompleks pertokoan Nagoya. Jadi ya kalo mau jalan-jalan deket. Tapi ya sebenernya di Nagoya situ gak ada apa-apa sih. Hehehe. Deket banget ama Mc D, jadi kalo laper gampang. πŸ˜› Hotelnya gak sampe bagus gimana, tapi cukup bersih dan kamarnya gak kecil-kecil amat. Gua cukup nyaman tinggal disini beberapa kali.

3. Mandarin Hotel (Goodway Hotel)

Alamat: Jl. Imam Bonjol No. 1, Nagoya.

Bintang: kalo gak 3 ya 4 deh.

Tahun Kunjungan: 1999-2000

Harga: 300-an juga, sedikit di atas Harmoni Hotel.

Plus: Lebih bagus dikit dari Harmoni. Letaknya sih deket, cuma seberangan.

Rekomendasi gua: 3-3 nya lumayan sih. Tapi paling ok ya Melia Panorama lah…

MEDAN

4. Tiara Hotel

Alamat: Jl. Cut Mutia

Bintang: dulu sih 3 ya, tapi waktu itu lagi di renovasi dan denger-denger sekarang udah naik jadi bintang 4.

Tahun Kunjungan: 1999-2000

Harga: 300-an.

Plus: Hotel ini juga bersih. Gua juga merasa cukup ok untuk tinggal disini. Tapi gak deket apa-apa dalam walking distance. Paling-paling yang kita bisa dengan jalan kaki tuh ke Pizza Hut.

Minus: Seinget gua breakfast nya kurang enak.

5. Novotel Soechi

Alamat: Jl. Cirebon 76A

Bintang: 4

Tahun Kunjungan: 2002

Harga: 400-an

Plus: Gua cuma sekali nih nginep disini. Karena tempat gua kerja tuh pelit banget. Jadi kita nginep disini cuma pas scoping untuk project. Sementara pas beneran project nya jalan, kita cuma boleh tinggal di hotel yang maximum bintang 3!! Huh! Hotel ini ya standar Novotel. Jadi terjamin lah. OK dan bersih. Breakfast juga lumayan. Trus tinggal jalan kaki ke daerah makanan yaitu Jl. Semarang. Oh ya persis di belakang hotel pun ada supermarket, jadi kita kalo mau beli apa-apa juga gampang.

6. Emerald Gardenia Hotel

Alamat: Jl. Yos Sudarso 1

Bintang: 3

Tahun Kunjungan: 2002-2003

Harga: 300-an

Plus: Hotel ini sebenernya lumayan. Cuma gak bersih-bersih amat. Walaupun juga gak sampe kotor-kotor amat. Gua pernah sampe 3 minggu lebih sekali nginep disini. Dan waktu itu lumayan sering bolak balik nginep disini. Sampe kayak rumah sendiri aja. Hahaha.

Minus: Breakfast nya banyak macemnya tapi kurang enak. Kalo buat long stay bisa sampe eneg-eneg dah. Seinget gua dulu gua cuma bisa makan bubur ayam nya aja tiap hari. Dan sangat menyambut baik ajakan temen untuk pergi sarapan keluar. Masalahnya pergi sarapan keluar ini gak bisa sering-sering kecuali kalo bos yang ngajak, soalnya kita perginya kan rombongan, jadi susah ngatur mobilnya.

7. Hotel Polonia

Alamat: Jl. Jend. Sudirman No. 14

Bintang: gua masih inget jelas kalo di hotelnya dipasang bintang 5!

Tahun Kunjungan: 2003

Minus: Hotel ini udah tua dan sangat gak layak dikasih bintang 5! Kamarnya tua walaupun emang sih keliatan lumayan bersih, tapiiiii… ada kecoa kecil-kecil berseliweran di headboard ranjang! Hiiiyyyyy. Udah gitu waktu itu kan gua berdua ama temen gua di kamar, trus ada yang ngetok-ngetok. Cewek. Trus dia bilang nyari Pak C (yang kebetulan sama dengan nama boss gua, tapi dia gak nyebut nama belakangnya sih), kita bilang Pak C gak ikut. Eh dia trus bilang mau pinjem toilet. Trus ya udah kita kasih aja abis kirain dia kenal ama Pak C kan, tapi temen gua pinter, pintu kamar gak ditutup ama dia (gua masih inget banget waktu itu gua lagi nulis email buat Esther di ranjang, jadi temen gua yang buka pintu). Eh tuh cewek keluar dari toilet udah kemejanya kancingnya dibuka 2, trus bilang kalo dia perlu uang. 200 ribu aja deh, trus dia bilang dia rela mau diapain juga terserah. Sinting gak!!! Amit-amit dah!! Langsung kita usir aja deh. Gile nih hotel, bener-bener hotel mesum.

8. Hotel Antares

Alamat: Jl. Sisingamangaraja No. 84

Bintang: 3

Tahun Kunjungan: 2003-2004

Harga: di bawah 300

Plus: Hotel ini juga termasuk hotel yang cukup bersih. Lumayan lah, dan bisa jalan kaki ke Mal deket situ, gua lupa namanya.

Minus: Gak pantes sih dikasih bintang 3 kalo menurut gua karena hotel nya kecil banget. Lebih cocok bintang 2 kali ya. Jadi kamarnya pun kecil. Trus lantai kamarnya keramik bukan karpet. Tapi ya kadang ada hotel pake karpet tapi jorok ya malah gak enak juga sih ya.

9. Sahid Hotel

Alamat: Jl. Sisingamangaraja No. 11 Km 7.5

Bintang: 3

Tahun Kunjungan: 2006

Harga: 300-an

Minus: ALERT!! ALERT!! Gila dah hotel ini ampun-ampun! Gak pantes banget kalo dikasih bintang 3. Gak pantes dikasih bintang berapapun bahkan! Ini mah kelas melati 1 kali ya. Asli hotelnya tua banget dan bobrok banget. Creepy gitu. Trus kamarnya ampun dah… joroknya setengah mati! Joooooorrrrrroooooookkkkkkkkk!!!! Gua asli gak bisa tidur, geli dan jijik! Untungnya boss gua juga berasa geli jadi kita cukup tinggal semalem dan besok nya kita pindah hotel dah! Gua gak kebayang kalo harus berhari-hari tinggal di hotel ini! Amit-amit! Inget-inget dah, jangan pernah ada yang mau nginep disini ya, duh jangan sampe deh!!!

10. Best Western Asean International

Alamat: Jl. H. Adam Malik No. 5

Bintang: 4

Tahun Kunjungan: 2006

Plus: Nah dari Sahid, kita pindah ke Best Western ini. Sebenernya dulu pas kita nginep di Novotel itu, orang-orang yang udah dateng ke Medan semalem sebelum gua pada nginep di Best Western, tapi mereka pada ngeluh karena hotelnya jorok, banyak kecoa dan airnya kotor. Tapi ternyata mereka udah renovasi dan sekarang udah bagus. Kamarnya bagus dan bersih banget. OK banget dah.

Rekomendasi gua: Tentu mendingan di Novotel dong! Tapi Tiara dan Best Western juga boleh lah, tinggal mana yang masuk budget aja. Dan yang penting jangan pernah mau nginep di Sahid ya!!

BANDAR LAMPUNG

11. Sheraton

Alamat: Jl. Wolter Monginsidi No. 175

Bintang: 4

Tahun Kunjungan: 2002/2003

Harga: rasanya sih gak nyampe 400 deh kalo corporate rate

Plus: Gua yakin ini hotel terbagus di Bandar Lampung. Walaupun untuk ukuran Sheraton ya dia termasuk gak bagus. Tapi ya bersih dan ranjangnya juga enak. Kamar mandi nya gede tapi gak ada bath tub. Breakfast nya juga enak-enak. Tapi ya kasian deh gua, cuma pas scoping project aja nginep disini, sisanya?? Ya liat di bawah ya…

12. Hotel Indra Puri

Alamat: Jl. Wolter Monginsidi No. 70

Bintang: 3

Tahun Kunjungan: 2003-2004

Harga: di bawah 300. Sekitar 280-an gitu deh kalo gak salah.

Plus: Hmmm menurut temen-temen gua sih hotel ini lumayan bersih. Tapi kalo menurut gua sih enggak ya. Gua emang orangnya gampang gelian sih. Paling yang gua bisa tulis di sini cuma makanan restorannya lumayan. Gua saking seringnya kesini jadi kadang gua males keluar kalo pas jam makan malem, jadi gua suka mesen room service. Dan makanannya selalu lumayan ok rasanya.

Minus: Hotel ini rada tua. Kamar mandi nya terutama bath tub dan shower curtain nya rada menjijikkan. Ada noda-noda gitu. Hiiiyyy… gua ngebayanginnya aja geli! πŸ˜› Trus AC nya payah, suka gak dingin. Ini yang membuat para bos-bos gua gak betah dan akhirnya tiap ke Lampung mereka milih untuk tinggal di Sheraton. Sementara kita?? Teteeeeeppp di Indra Puri! Gak adil banget ya!! Padahal gua dulu sering banget lho bolak-balik ke Lampung, dan mana gua tuh sangat sangat gak suka ama kota Lampung (sori ya buat yang orang Lampung.. hehe). Tambah sebel aja ama hotel ini. πŸ˜› Gara-gara saking seringnya, gua pernah ngetek kamar karena gua tau kamar itu AC nya paling mendingan. Jadi gua mesen ama orang hotel, ntar tanggal berapa gua balik lagi dan gua minta dikasih kamar itu, jangan kasih orang lain. Dan karena orangnya emang udah sampe kenal ama gua ya jadi dikasih dah! Hehehe.

13. Hotel Nusantara

Alamat: gua gak inget dan nyari di Google pun gak nemu, yang pasti dia 1 kompleks ama restoran Padang gitu deh.

Bintang: Melati!

Tahun Kunjungan: 2006/2007

Harga: 100-200an.

Minus: Ampun deh kantor gua itu… tambah lama tambah pelitnya gak ketolongan. Masa pas terakhir kita ke Lampung diinepin di hotel kelas melati! Tempatnya tuh di tempat truk-truk mangkal. Hotel nya kecil. Walaupun katanya baru tapi jijik banget. Keliatannya kok kayak hotel jam-jaman. Trus kamar mandinya kecil banget dan gelap banget. Geli dah!

Rekomendasi gua: Kalo ke Lampung ya Sheraton aja dah… gak ada hotel lain yang lebih mendingan!

SEMARANG

14. Horison

Alamat: gak tau nama jalannya tapi pas di Simpang Lima, di sebrang Mal Ciputra.

Bintang: 3 tapi katanya mau naik jadi 4, gak tau bener gak.

Tahun Kunjungan: 2003-2004

Harga: 300-an

Plus: Oh I love Semarang!!! Makanannya enak-enak, user gua baik-baik. Cuma kalo lagi mesti ke Semarang aja nih gua akan berangkat dengan hati senang. Hahaha. Hotel Horison ini bagussss!!! OK banget dah! Breakfast nya? Mantap!!! Apalagi buat penggemar sosis kayak gua. Sosisnya enak soalnya. Sampe temen-temen gua pada heran, kok gua gak bosen tiap hari sarapannya makan sosis mulu. Hahaha. Trus tinggal nyebrang udah Mal. Asik kan…. Hehehe. Di belakang hotel juga nyambung ke Mal tapi kurang ok. Trus ada lounge yang walaupun kecil tapi lumayan cozy. Kita kalo check in dikasih kupon minuman gratis. Jadi gua ama beberapa temen selalu malem pertama akan nongkrong disitu sambil dengerin orang nyanyi diiringi piano. Asik deh. Trus kalo pas lagi dateng berombongan sampe puluhan orang, kan banyak yang gak pake kuponnya tuh, suka kita mintain buat kita pergi nongkrong lagi. Soalnya kalo mesti beli minum sih males juga ya… πŸ˜› Trus ada gym juga yang walaupun kecil tapi ya lumayan lah. Dulu sih kolam renang masih dalam tahap dibangun, mestinya sekarang udah ada ya. Oh ya denger-denger belakangan ada yang mesti ke Semarang lagi, sekarang udah gak boleh nginep di Horison lagi. Hihihi kasian dehhh… πŸ˜›

Rekomendasi gua: Ya pasti Horison lah.. orang berapa kali gua ke Semarang nginepnya selalu disini! Hahaha. Tapi gua puas kok nginep disini. Oh ya satu lagi, di hotel ini ada kantor Garuda. Jadi kita bisa city check in pula disini.

DENPASAR

15. Hotel Niki

Alamat: gak nemu

Bintang: gak nemu (kayaknya sih gak berbintang)

Tahun Kunjungan: 2004

Harga: 200-an atau malah gak nyampe 200 deh.

Plus: Sebenernya gua tuh malu kalo ngomongin hotel ini. Hihihi. Dulu pas mau ke Bali juga kalo ditanya orang nginep dimana dan gua jawab di hotel Niki, pasti pada nanya… sodaranya hotel Nikko ya? Iye emang… sodara jauhhhh… Hahaha. Hotel ini kecil banget tapi lumayan bersih. Ya gak sampe bersih banget ya, jadi ya gua kalo awal-awal dateng masih suka berasa geli-geli, tapi lama-lama (saking seringnya gua ke sini kali ya) jadi biasa.

Minus: Jauh dari mana-mana karena letaknya di Denpasar. Kayaknya yang nginep disini rata-rata orang kantoran. Trus banyak nyamuk, tapi disediain obat nyamuk listrik sih dan cukup ampuh, terbukti gua gak pernah digigitin nyamuk padahal biasanya nyamuk paling demen ama gua. Trus yang lebih serem nih… gua pernah malem-malem denger ada suara anak-anak kecil lagi pada berenang di kolam renang (kamar-kamar hotel nya mengelilingi kolam renang). Padahal udah malem lho, gua sampe kebangun, abis berisik. Tapi gua pikir ya mungkin turis-turis lagi baru pulang main kali ya jadi trus malem-malem berenang. Dan paginya… gua tertegun (duileee tertegun)… soalnya ternyata kolam renangnya kosong… gak ada air!!! Dan ternyata itu kolam renang emang lagi rusak jadi emang udah lama gak diisi air saking gua gak merhatiin aja pas kemaren-kemarennya. Dan ternyata lagi… temen-temen gua yang lain juga ada yang denger lho kalo malem itu kedengeran suara anak-anak lagi berenang! Hiiiyyyyy…

Rekomendasi gua: Jangan dah ya ke hotel itu. Mending hotel lain aja lah ya. Gua sih emang belum pernah ke Bali untuk jalan-jalan sendiri, perginya selalu ama kantor. Ntar dah kapan-kapan gua cobain hotel yang lain. Hehehe.

SURABAYA

16. Somerset Hotel

Alamat: Jl. Raya Kupang Indah

Bintang: 4

Tahun Kunjungan: 1999-2004

Harga: 300-an

Plus: Gua suka ama hotel ini. Harga nya gak mahal tapi hotelnya bagus. Bersih. Breakfast nya mantappp…. Macemnya banyak banget dan enak-enak. Lumayan sering gua ke hotel ini termasuk pernah sekali bukan untuk urusan kantor.

17. Narita Hotel

Alamat: Jl. Barata Jaya XVII/57-59

Bintang: 3 kalo gak salah

Tahun Kunjungan: 2000

Harga: gak tau

Plus: Rasanya sih hotel ini lumayan murah dan lumayan bersih.

Minus: Hotelnya kecil dan kamar mandinya bukan pake marmer tapi keramik biasa. Koridor hotelnya gak ber AC jadi panas. Gua cuma semalem tinggal disini gara-gara entah kesambet apa client gua nge-booking in gua di hotel ini padahal biasa di Somerset. Tapi dikasih di suite room. Hahaha. Jadi kamarnya emang gede plus ada ruang tamu segala. Tapi tetep aja… enakan di Somerset, jadi besoknya gua minta pindah. πŸ˜›

18. Graha Residen

Alamat: Jl. Darmo Harapan 1

Bintang: gak ada bintang kali ya karena ini serviced apartment bukan hotel

Tahun Kunjungan: 2003

Harga: kalo gak salah untuk apartemen yang 2 kamar tuh harganya 500-an.

Plus: Apartemennya ok dan bersih. Lantai kayu dan kamar mandi marmer. Gua betah juga disini. Apalagi dulu kita sering banget ke sini dan sekali kesini tinggalnya juga lama-lama, bisa 2 mingguan gitu. Banyak fasilitas olahraga juga. Ada squash, lapangan tenis, dan lapangan badminton. Ada jogging track juga. Yah tapi gua gak pernah nyobain fasilitas-fasilitasnya sih. Haha.

Minus: Lokasinya rada jauh dari keramaian. Mesti ada kendaraan sendiri. Untung waktu itu kita dikasih bawa mobil sendiri jadi enak mau kemana-mana gak usah arrange supir.

19. Tunjungan Hotel

Alamat: Jl. Tunjungan 102-104

Bintang: 3

Tahun Kunjungan: 2003/2004

Harga: 300-an

Plus: Persis di sebelah Tunjungan Plaza! πŸ™‚

Minus: Sebenernya hotelnya lumayan gede, kamar berkarpet dan kamar mandi ber-marmer. Lumayan bersih juga. Tapi entah gua lagi sial atau apa, tapi waktu itu kamar gua tuh bau banget! Jadi mengganggu sekali. Udah gitu kamar mandinya gelap sekali. Jadi kurang enak gitu.

Rekomendasi gua: Somerset dong!!! Hehe. Hotel andalan kalo di Surabaya. πŸ˜› Tapi kalo mau rame-rame, Graha Residen boleh juga tuh.

JAKARTA

Kali ini sih jelas bukan urusan kantor ya… Ngapain juga kantor nginepin gua di hotel di Jakarta. Haha. πŸ˜›

20. Alila Hotel

Alamat: Jl. Pecenongan

Bintang: 4 atau 5 ya… gak jelas juga

Tahun Kunjungan: 2003

Harga: 400-an.

Plus: Bagus banget hotel ini. Breakfast juga ok. No complaint.

21. Hyatt Aryaduta Hotel

Alamat: Tugu Tani

Bintang: 5

Tahun Kunjungan: 2004

Harga: 300-an saja.

Plus: Gile mana lagi ada hotel bintang 5 harganya 300-an? Hehehe. Walaupun udah tua hotelnya tapi masih sangat terawat kok. Bersih dan ok banget. Tapi jangan lupa minta non-smoking room biar gak bau. Breakfast juga ok.Β No complaint juga tentang hotel ini.

22. Redtop Hotel

Alamat: Jl. Pecenongan

Bintang: 4

Tahun Kunjungan: 2005

Harga: 300-an kalo standard room

Plus: Kita sih waktu itu nginep nya di suite room soalnya itu pas kita married! Hehehe. Tapi gua liat standard room nya juga ok kok. Walaupun hotelnya juga udah lama tapi juga terawat dan bersih. Breakfast juga ok.

23. Crowne Plaza

Alamat: Jl. Gatot Subroto Kav. 2-3 (persis sebelah Plaza Semanggi)

Bintang: 5

Tahun Kunjungan: 2007

Harga: Kalo gak salah inget sih sekitar low 600’s kalo pake special rate karena waktu itu kita lagi ada wedding adiknya Esther married disono, tapi kita juga dapet beberapa voucher seharga 450-an kalo gak salah untuk beberapa kamar.

Plus: Bagus baik hotel maupun kamarnya. No complaint. Para pegawainya juga helpful semua untuk ngatur kamar-kamar rombongan kita. Breakfast pun ok. Secara lokasi juga ok banget hotel ini karena di Semanggi, jadi deket ama pusat keramaian. Dan untuk ukuran hotel bintang 5, harganya pun termasuk ok.

Rekomendasi gua: Alila dan Crowne Plaza paling ok di antara 4 hotel di atas. Tapi kalo budget 300-an ya mendingan Aryaduta deh. Ya kecuali kalo emang mau wisata kuliner di Pecenongan ya. Hehe.

SUKABUMI

24. Lido Lake Hotel

Alamat: Jl. Raya Bogor, Sukabumi (lho jadi di Bogor atau Sukabumi sih sebenernya? Hehe… mene ketehe!)

Bintang: kayaknya sih 4 ya

Tahun Kunjungan: 2001

Harga: lupa tapi seinget gua sih mahal ya, kayaknya 500-an deh.

Plus: Hotelnya bagus. Enak tempatnya, di tengah-tengah ada danau. Breakfast dan makanan-makanannya (kita lagi conference soalnya jadi makan 3 kali sehari di hotel) enak-enak semua. Ok nih buat getaway. Dan banyak aktifitas juga tuh disitu, coba cek website nya deh. Recommended!

BOGOR

25. Novotel Coralia

Alamat: Golf Estate Bogor Raya

Bintang: 4

Tahun Kunjungan: 2006

Harga: kalo gak salah inget sih 700-800-an untuk Deluxe room

Plus: Hotel ini sangat gua rekomendasikan. Bagus banget. Cuma 45 menit dari Jakarta, tapi suasananya beda banget. Sangat hijaaaaaaauuuu… Bikin mata seger! Banyak hamparan rumput buat jalan-jalan atau buat anak lari-lari. Ada bale bengong yang letaknya di atas pohon yang asik buat nongkrong. Dan ambil kamar yang Deluxe ya… soalnya bathtub nya outdoor lho!! Keren dah. Hehehe. Tapi jangan khawatir diintip orang, karena dipagerin pohon-pohon kok. πŸ™‚

Minus: Makanan-makanannya kurang ok. Rasanya either biasa aja atau ya kurang enak. Hehe.

Tapi tetep gua rekomendasikan terutama untuk yang pengen liburan tapi gak mau jauh-jauh dari Jakarta!

ANYER

26. Mambruk Hotel

Alamat: Jl. Raya Karang Bolong, Desa Cikoneng, Anyer Kidul

Bintang: gak tau

Tahun Kunjungan: 1999

Harga: gak inget πŸ˜› maap ya…

Plus: Seinget gua gak mahal-mahal amat untuk ukuran hotel di Anyer.

Minus: Hmmm sebenernya ya bukan minus sih tapi bukan plus juga. Intinya ya tempatnya biasa aja lah. Bagus banget ya enggak, jelek banget ya enggak. Tapi gua emang bukan tipe orang yang suka ama resort-resort model begini. Buat seru-seruan rame-rame ya boleh lah…

27. Sol Elite Marbella

Alamat: Jl. Raya Karang Bolong KM 135

Bintang: 4

Tahun Kunjungan: 2003

Harga: lupa tapi seinget gua lumayan mahal tuh, mungkin 500-an kali ya?

Plus: Katanya sih ini hotel terbagus di Anyer. Kompleksnya gede, ada beberapa tower, banyak tempat buat jalan atau lari-lari, ada tempat main voli pantai segala, dan ada tempat buat main anak.

Minus: Gua sih gak suka ya model hotel begini. Gak berasa bintang 4 rasanya. Kamarnya ya biasa aja pake keramik (ya gak mungkin lah di pantai pake karpet kali ya.. takut pada kotor :P), kamar mandi juga biasa aja. Dan yang pasti gua trauma disini karena gara-gara kelilipan pasir jadi mata gua bengkak gede bener! 😦

Rekomendasi gua: Hmm rasanya sih kalo gua sih gak mau tuh ke Anyer lagi. Hihihi.

PULAU SEPA

28. Pulau Sepa Resort

Alamat: Pulau Sepa (kawasan Pulau Seribu), naik speedboat dari Marina Ancol

Bintang: gak tau

Tahun Kunjungan: 1999/2000

Harga: gak ingetΒ (silakan liat di website aja ya)

Plus: Resort nya gede karena ya segede 1 pulau itu. Pantainya bersih juga. Cottage nya juga bersih, kamar mandi juga ok. Banyak aktifitas bisa dilakukan disitu, dari banana boat, nyewa apa tuh ya istilahnya yang kayak motor tapi buat di air?, kano, BBQ-an, sampe karaoke-an. Seru juga buat outing kantor atau keluarga besar.

Minus: Liat-liat musim ya. Waktu itu pas lagi perginya sih gak kenapa-napa, tapi pas pulang… lagi ombak gede! Ampun dah maboknya bukan main. Semua orang mabok, gak ada yang enggak! Rasanya perjalanan 1 jam berasa kayak 24 jam!

BANDUNG

29. Grand Preanger

Alamat: Jl. Asia Afrika No. 81

Bintang: 4

Tahun Kunjungan: 1999

Harga: 300-an kalo gak salah

Plus: Walaupun ini hotel udah tua, tapi terawat lho. Jadi kamarnya bersih, semuanya bersih dan ok. Gua cukup nyaman tinggal di hotel ini.

30. Kedaton

Alamat: Jl. Suniarja No. 14

Bintang: 3 kalo gak salah

Tahun Kunjungan: 2001

Harga: 200-an

Plus: Ya boleh lah buat harga segitu. Kamar pake keramik biasa, kamar mandi juga biasa aja. Lumayan bersih.

Minus: Gua gak sreg aja ama hotel ini. Kurang enak menurut gua. Tapi ya what you pay is what you get ya… Hehehe.

31. Sheraton

Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No. 390 alias Dago Atas

Bintang: 4

Tahun Kunjungan: 2007

Harga: 600-an

Plus: Bagussss!! Kamarnya walaupun gak gede tapi bagus. Ranjangnya enak!! Kamar mandinya juga kecil banget tapi bagus, marmer semua. Breakfast juga ok. Dan lokasinya juga ok banget!

Minus: Kamar mandi nya kalo gedean dikit dan dikasih bath tub akan lebih sempurna. Hehe.

32. Malya

Alamat: 56-58 Jalan Rancabentang

Bintang: 4

Tahun Kunjungan: 2007

Harga: seinget gua sih 795 rb untuk weekday dan di atas 800 (atau malah 900 ya?) untuk weekend.

Plus: Waduh hotel ini sih gua suka banget! Dari mulai masuk di lobby pun udah seger! Trus pemandangannya itu lho… gak kuku. Ke arah lembah. Ijooooooooo semua. Gua suka banget ngeliat jendela yang terbuka trus menghirup napas dalem-dalem. Segerrrr!!! Trus masih ada bunyi-bunyi jangkrik. I love that! Apalagi di lorong depan kamar tuh ada air-air mancur, jadi bunyi air terus. Duh enak banget dah semua bunyi-bunyiannya. Alami sekali. Restorannya juga uhuy dah… karena semua pintu kaca dan bisa dibuka, jadi ya pemandangannya itu lembah itu. Bagus banget dah. Udah gitu fasilitas nya juga ok. Kalo sore ada jajanan tradisional gratis lho. Lumayan buat nongkrong sore-sore abis tidur siang kan. Trus kita juga bisa minjem mobil plus supir gratis. Waktu itu kita minta dianterin ke Rumah Mode (gua paling males nyetir sendiri ke tempat ini… susah parkir! :P), trus dijemput lagi, trus masih ke Kartika Sari lagi. Dan itu gratis lho!!! Tapi ya kita kasih tips lah! Supirnya ramah-ramah, semua orang hotel juga ramah-ramah. Pas kita pertama masuk kamar aja di kamar ada kartu yang bertuliskan nama kita gitu dan ditandatangani managernya. Hal kecil emang tapi so personalised.

Minus: Kamar dan kamar mandinya kurang mewah untuk harga segitu ya. Tapi bersih banget kok! Jadi gua sih ok ok aja. Karena udah ketutup ama pemandangan dan hawanya itu. πŸ™‚

33. Aston

Alamat: Jl. Braga No. 99-101

Bintang: 4

Tahun Kunjungan: 2007

Harga: Kalo gak salah nih ya 1 juta untuk unit yang 3 kamar. Kalo gak salah lho ya…. Lupa gua… Maap πŸ˜›

Plus: Bagus nih hotelnya. Full Marmer. Kamar tidur pake parket. Ada dapur dan ruang tamu. Sofa ruang tamu besar bisa buat tidur juga. Ada meja makan dan teras kecil. Cocok banget buat pergi rame-rame ama keluarga. Breakfast juga lumayan. Lokasi di tengah kota pula.

Minus: Di sekitar hotel ada banyak Masjid. Jadi pas jam-jam sembahyang akan kedengeran jelas walaupun waktu itu kamar gua di lantai atas banget (17 kalo gak salah inget). Dan herannya tiap jam-jam itu, Andrew jadi rewel sekali. Entah kenapa ya… 😦

34. Summerhill

Alamat: Jl. Setrasari Raya No. 10

Bintang: gak ada

Tahun Kunjungan: 2007

Harga: 1 juta untuk unit yang 3 kamar.

Plus: Masih baru banget jadi bersih banget!

Minus: Gak semewah Aston walaupun unit nya lebih gede sih. Tapi untuk harga yang sama, ya gua lebih suka Aston ya. Lokasi rada susah dicari (terutama buat gua yang rada-rada buta tentang Bandung), tapi lumayan deket kalo mau ke Rumah Mode atau ke Paris Van Java. Tapi kalo mau ke Dago gitu lumayan jauh.

Rekomendasi gua: Buat honeymoon atau yang mau semedi ya tentu Malya. Buat yang mau asik-asik dan belanja-belanji ya Sheraton. Buat yang mau rame-rame ama keluarga tapi gak ada bayi sensitif tentu Aston. Buat yang rame-rame ama keluarga dan ada bayi sensitif ya Summerhill. πŸ™‚

Hmm not bad ya ada 30-an hotel domestik yang gua kunjungi dalam kurun waktu 1999-2007. Hehe. Oh ya yang di Bogor dan Bandung juga bukan urusan kantor perginya.

Sebenernya ada 3 lagi nih yang gua inget-inget tapi gak inget namanya.

1. Hotel di Palembang, kalo gak salah sih namanya Asia atau Asian gitu deh. Letaknya di jalan gede kok. Tapi hotelnya gak bagus. Kamar nya juga rada geli. Dan gak aman. Temen gua ada yang keilangan dompet dan HP di kamar nya.

2. Hotel di Makassar. Ini salah satu international chain tapi bukan yang kelas atas. Gua lupa nih apa namanya. Lumayan baru. OK sih kamarnya walaupun gak mewah tapi bersih banget. Cuma gelo aja untuk standard room, kamarnya gak ada jendelanya! Gile gua kan paling suka berasa sesek kalo di ruangan-ruangan tertutup gitu.

3. Hotel di Surabaya. Hotel nya juga masih lumayan baru. Letaknya di belakang-belakang Tunjungan Plaza gitu. Apa ya namanya gua lupa banget. Hotelnya juga lumayan bersih walaupun gak sampe bagus-bagus amat sih. Tapi daerahnya rada serem, gelap-gelap gitu.

Kalo ada yang tau, kasih tau ya… Heran gua pikun banget! πŸ˜›

Tips & Tricks:

1. Kalo mau nyari voucher hotel murah tuh bisa coba cari di mailing list. Milis yang gua rekomendasiin tuh milis akademi sekretaris nya Tarki. Milis ini anggotanya ribuan dan sebagian besar tentunya para sekretaris. Banyak banget kan sekretaris atau bos nya yang dapet hadiah voucher hotel dan mereka gak niat mau pake, jadi mereka suka ngejualin di milis dengan harga super miring!

Dan ternyata yang ikutan milis ini bukan sekretaris doang lho (ya buktinya gua juga ikutan hahaha), tapi juga para salesman nya hotel-hotel. Nah ini yang gua dapetin pas gua nyari voucher nya Crowne Plaza pas tahun 2007 itu. Ternyata ada salesman nya Crowne yang dititipi ama client nya untuk ngejualin voucher milik client nya itu (jadi ini client dikasih beberapa complimentary voucher tapi gak mau pake malah nitip minta dijualin aja, lucu ya.. hehe). Jadilah gua bisa dapet beberapa voucher dengan harga sangat miring.

Yah walaupun gak selalu bisa berhasil cara ini, karena kadang pas kita lagi butuh eh gak ada yang jual, tapi pas ada yang jual eh pas kita gak lagi butuh, tapi ya gak ada salahnya dicoba, terutama kalo kalian punya rencana untuk nginep di hotel tersebut jauh di depan jadi punya waktu panjang untuk nyari harga murah.

2. Kalo mau nginep di hotel, yang paling pantang dilakukan adalah go show. Kalo kita langsung ke hotelnya dan beli kamar disono, harganya pasti (gua jamin) mahaaall banget! Jadi kalo emang cara nomor 1 gak berhasil, kalian harus beli voucher dari travel agent. Boleh dicoba untuk tanya ke travel agent langganan kantor lu untuk pake corporate rate, tapi ternyata corporate rate tidak menjamin lu pasti dapet yang paling murah kalo emang travel agent yang dipake kantor lu itu bukan travel agent yang murah.

Nah buat patokan harga hotel, biasa gua liat-liat dulu di http://www.bayubuanatravel.com. Di website ini lumayan lengkap daftar hotel-hotel domestik nya. Plus tentunya ada harga nya Bayu Buana. Setelah gua tau harga disini, baru biasanya gua compare ke Haryono Travel (yang di Kebon Sirih). So far sih gua gak pernah nemu ada travel lain yang bisa ngasih harga di bawah Haryono Travel. Either sama atau lebih mahal pasti.

Wah Haryono Travel, kalo dapet banyak client baru gara-gara blog ini, gua harus dikasih komisi ya! Huahahaha…

PS. Nama-nama hotel yang hurufnya hijau itu bisa diklik ya. Itu nge-link ke website tentang hotel yang bersangkutan, jadi lu bisa dapetin nomor telponnya atau bahkan foto-fotonya.

Iklan