San Diego Trip

Hehehe (belum apa-apa kok udah ketawa duluan ya :P) ternyata banyak yang tebakannya bener ya. Iya, kita emang ke San Diego. Untung gua gak janjiin hadiah apa-apa ya. Hahaha. Setelah pilihan ke Las Vegas dengan terpaksa dicoret, pilihan kita adalah ke San Diego atau ke Santa Barbara. Dan akhirnya San Diego yang menang karena di sana terkenal dengan zoo nya.

Pas liburan Natal tahun 2006 ke Singapur, kita udah rencana mau bawa Andrew ke zoo tapi akhirnya batal dengan pertimbangan si Andrew terlalu kecil, takutnya dia gak suka liat binatang (mana waktu itu dia tuh geli banget ama segala sesuatu yang berbulu), dan juga karena terkalahkan oleh hasrat shopping yang menggebu-gebu, jadilah waktu itu gak jadi.

Nah karena alasan itu jadi kita langsung susun rencana untuk pergi ke San Diego pagi-pagi dan langsung ke zoo dulu.

Kita jalan jam 8.20 (yang mana rencananya adalah jalan jam 7 hihihihi) dan nyampe San Diego zoo jam 10.30. Parkiran udah penuuuuhhhh banget! Gile dah gak kebayang kalo lagi holiday season gimana penuhnya tempat ini, orang yang lagi gak ada liburan apa-apa aja penuh bener. Akhirnya setelah muter-muter lumayan lama, dapet parkir tapi rada jauh dari pintu masuk. Ya gak apa lah, daripada gak masuk-masuk.

Pas masuk, udah ada antrian lumayan panjang di loket untuk beli tiket. Untung kita gak perlu ngantri karena udah beli online. Lagi ada best deal kalo beli online. Jangan kaget ya, kebun binatang ini mahal bener (apalagi kalo dibandingin Ragunan. Hihihihi). Harganya $34 per orang. Ini tiket yang udah termasuk unlimited use of guided tour bus, express bus, ama skyfari. Untung Andrew nya gak perlu bayar tiket karena di bawah umur 3 tahun.

Biar gak rugi, kita langsung ke arah stasiun guided tour bus nya (eh sebelumnya ke WC dulu sih…. gile udah 2 jam lebih kagak kencing, jadi harus nyetor dulu… :P). Bus nya 2 tingkat. Yang atas gak ada atap. Seru sih keliatannya duduk di atas. Tapi hari itu matahari lagi terik banget, plus lagi yang ngantri untuk yang di atas itu panjang bener. Jadi kita ngambil yang di bawah aja. Tour nya sekitar 45 menit. Keliling kebun binatang, walaupun gak bisa semuanya dikelilingi.

Selama tour ini gua jadi ngeliat, gile bener kebun binatang ini. Pantes aja harganya mahal begitu. Gedeeeeeee nya setengah mati. Dan landscape nya bagus banget. Naik turun, naik turun. Banyak pohon-pohon kayak hutan. Bagus dah…

Si Andrew sendiri seneng banget bisa naik bus. Ini pengalaman pertama dia naik bus soalnya. Hahaha. Tapi karena binatang-binatangnya banyak yang ngumpet, dia kayaknya gak keliatan kalo dari bus. Jadi dia malah asik makan biskuit di bus, gak ngeliat binatang. πŸ˜› Kayaknya selama di bus, cuma gajah doang yang diliat. Hahaha.

Enak juga sih ikut tour bus ini karena kita jadi bisa langsung ngeliat banyak lokasi di kebun binatang tanpa cape-cape jalan. Tapi yang payahnya, kita juga dikasih liat daerah-daerah maintenance dan warehouse. Halah… ngapain juga ngeliat beginian toh? Buang-buang waktu aja…

Akhirnya jam 12.30-an kita balik ke stasiun awal dan kita langsung jalan menuju ke tempat makan! Udah laper nih. Coba gak usah dikasih liat gudang-gudang nya itu…. kan gua gak kelaperan gini! Masih dendam ceritanya. Hehehe.

Ada beberapa restoran di kebun binatang ini. Kita milih restoran yang katanya paling bagus walaupun itu berarti juga paling mahal. Tapi gak apa lah… kan lagi celebration. πŸ™‚ Resto nya namanya Albert’s. Letaknya di tree house. Bagus tempatnya, kita dapet outdoor pula. Jadi dikelilingi pohon-pohon dan air terjun. Review dan fotonya klik disini aja ya.

Abis kenyang makan, lanjut lagi kita jalan di kebun binatang. Selain luas dan bagus, kebun binatang ini juga bersih banget lho. Gak bau sama sekali, kecuali pas di bagian gajah doang. Sasaran pertama adalah liat panda! Gile mau ngeliat panda aja kudu ngantri bo! πŸ˜› Trus abis itu ya muter-muter liat binatang yang lain.

Rute selanjutnya adalah naik kereta gantung! Karena lokasi kereta gantungnya di atas (ya iya lah, kalo di bawah namanya kereta nyungsep :P), jadi disediain eskalator. Eskalatornya panjaaaannngggg banget. Jadi selama naik, kita ngeliat pemandangan yang bagus banget! Eh… ternyata kita salah naik eskalator! Arahnya salah. Hihihihi. Tapi gak apa, gak sia-sia kita salah naik eskalator… karena kita nemu photobox! Huahaha jadi ketagihan. πŸ˜› Jadi poto-poto dulu kita sebelum turun lagi dan naik eskalator yang lain. Hehehe.

Trus ngantri lah kita di kereta gantung. Selama di kereta gantung si Andrew gak mau liat-liat luar. Gak tau takut apa gimana ya… Soalnya begitu udahan, kok dia malah minta naik lagi. Hihihihihi. Tapi males lah kalo mau naik lagi kan ngantri lagi, lagian ini kita turun udah deket ke pintu keluar, soalnya udah mulai sore.

Eh turun malah ketemu children zoo, gak jadi pulang deh, masuk lagi. Disini binatang nya pada bisa dipegang-pegang. Ada landak, wombat, dan ada 1 kandang yang ada kambing dilepas berkeliaran dan boleh dipegang-pegang. Kambingnya bagus lho… gak kayak kambing di Jakarta. Hahaha. Bersih gitu keliatannya. Tapi sebersih-bersihnya binatang, gua sih tetep jijik. Dan keliatannya ini nurun ke Andrew. Gua suruh dia pegang-pegang kambingnya, dia gak mau. Akhirnya gua contohin dengan pura-pura megang. Hihihihi. Mau juga tuh anak megang akhirnya walaupun cuma bentar.

Eh ama kambing dia kagak mau, malah pas di luar ada burung merak lagi jalan-jalan malah dikejar ama dia sambil manggil manggil: ruuunnngggg…. ruuunnnngggg… ciniiiiii… Itu burung sampe kabur tetep dikejar terus ama Andrew. Sampe jadi tontonan orang-orang proses Andrew mengejar burung merak! Hahaha.

Akhirnya gak berasa, udah jam 4.30! Gile benerrrr… pantesan ini kaki udah mau patah. Begitu di mobil, si Andrew langsung tidur dah. Ya gimana kagak, nih anak selama di kebun binatang jalan kaki lho. Emang kita gak bawa stroller sih tapi kalo dibawa juga gua yakin dia gak mau naik. Gile ya kuat juga dia jalan! Kayaknya terlatih jalan di Mal. πŸ˜›

Trus kita langsung ke hotel deh. Kali ini kita milih nginep di Hyatt Regency Mission Bay. Gaya ya nginep di Hyatt… hehehe, gak apa lah sekali-sekali ya… lagian lagi ada promosi karena dia baru grand opening setelah renovasi (walaupun tetep mahal sih buat gua).

Tapi emang harga gak nipu kok ya. Hotelnya walaupun cuma bintang 4 tapi bagussss lho!!! Lobby nya bergaya minimalis dan ada perapiannya. Meja resepsionis nya juga keren. Trus dari lobby, kita langsung keluar ke kebun nya. Di kebun nya ini ada tenda-tenda yang isinya ada bale-bale nya. Keren deh buat nongkrong-nongkrong. Kalo malem juga ada perapiannya di sini. Plus ya…. ada speaker yang selalu mengumandangkan lounge music gitu. Asik dah!

Di belakang kebun ini ada kolam renang. Ada 3 kolam renang dan 1 whirlpool. Salah satu kolam renangnya ada prosotan yang panjang gitu. Bagus kolam nya.

Di sebelah kolam renang baru ada tower hotelnya. Kita dapet kamar di lantai 12 dengan ocean view. Kamarnya cukup gede. Bisa milih mau 1 King bed atau 2 Queen bed. Tentu kita milih yang 2 ranjang dong… biar si Andrew tidur sendiri. Hehehe. Trus kamar nya juga ada teras nya, dan pemandangannya itu lhoooo gak nahan! Selain bisa ngeliat kolam renang, kita juga ngeliat laut yang bagusss banget. Apalagi pas matahari terbenam… Bagusss deh!

Interior kamar dan kamar mandinya sendiri bergaya modern. Bagus. Rasanya barang-barangnya pengen gua bawa-bawa pulang… tapi malu takut ketauan! Hahaha.

Sekitar jam 7 kurang kita baru siap untuk nyari makan. Tadinya rencana awal adalah jam 5.30 kita udah jalan ke Dumpling Inn untuk makan karena diwanti-wanti kalo resto ini tuh rame banget jadi harus dateng pagi-pagi. Tapi apa daya, si Andrew baru bangun jam 6 lewat jadi ya kita baru bisa jalan jam 7 kurang (lagian gua sempet-sempetin berendem air anget dulu.. mumpung air gratis! Haha gak mau rugi ya… :P). Karena mengingat pesan itu, kita gak jadi ke Dumpling Inn tapi kita akan nyobain Phil’s BBQ yang katanya juga enak banget (bahkan lebih enak dari Tony Romas tapi harganya jauh lebih murah!).

Phil’s BBQ ini deket banget ama hotel. Tinggal lurus doang. Dan ternyataaaaaa…. orang yang ngantri barisnya udah sampe jadi huruf L!! Gile benerrrrrrrrrrr….

Akhirnya banting setir ke Dumpling Inn dah! Ternyata Dumpling Inn ini tempatnya kecil banget, tapi ya udah lah kita ngantri aja. Singkat cerita, setelah 40 menit baru kita bisa masuk. Tapi gak sia-sia nunggu 40 menit lho… karena xiao lung bao nya juaraaaaaaaaa!!! Enak banget!!!! Review dan fotonya bisa diliat disini nih.

Akhirnya udah mau jam 10 baru kita nyampe hotel lagi. Sempet duduk-duduk dan foto-foto di bale-bale nya bentar trus naik kamar deh. Cape banget rasanya tapi puasssss…. Hehehe. Pules deh tidurnya.

Pagi-pagi bangun, hawanya adeeeemmm… enak deh. Kita duduk-duduk di teras kamar sambil menghirup udara segar sambil ngeliat pemandangan. Nikmat benerrrr…

Trus abis itu turun untuk sarapan. Restonya juga bagus dan pelayannya sopan-sopan banget. Pas kita ditawarin kopi, kita minta teh. Eh gak lama dia balik lagi bawa satu kotak kayu, isinya macem-macem teh, kita disuruh milih sambil dia jelasin apa-apa aja teh nya itu. Gile niat banget. Setelah milih, gua sampe bisik-bisik ke Esther, jangan-jangan teh nya disuruh bayar nih… dan pasti mahal keliatannya!! Abis kok sampe segitunya. πŸ˜› Ternyata gak bayar kok… Hehehe. Menu sarapannya sendiri sih kurang banyak ya. Gitu-gitu aja. Enakan sarapan di hotel-hotel di Indo.

Abis sarapan, kita jalan-jalan ke pinggir laut ama ke kolam renang. Trus beres-beres deh soalnya jam 12 kita janjian untuk makan siang bareng temen SMA gua yang udah lama banget gak pernah ketemu.

Kita janjian di Emerald untuk makan dimsum. Dimsumnya lumayan lho, gua bilang sih lebih enak daripada yang di LA. Seru ketemu temen lama, ngobrol ngobrol gak berasa udah mau jam 3! Tadinya kita masih kepikir mau mampir ke outlet di Carlsbad, tapi karena begitu mobil jalan si Andrew langsung tidur ya jadi bablas langsung pulang deh!

Dan berakhir lah liburan kita. Hiks hiks. Kenapa ya kalo liburan kok selalu rasanya cepet banget! πŸ˜›

Tapi puas… Baik kebun binatangnya, resto Albert’s, Hyatt hotel, Dumpling Inn, dan Emerald… semuanya very recommended dah!! πŸ™‚