17 Agustus

2 jam lagi 17 Agustusan nih!!!

Apa yang lu rasain kalo lagi 17 Agustusan?

Hmmm… gua pribadi sih biasanya gak pernah berasa apa-apa kalo pas 17 Agustus. Dulu pas sekolah ya tiap 17 Agustus mesti upacara. Bahkan kadang suka sebel kok tanggal merah yang harusnya bisa bangun siang malah mesti bangun pagi untuk upacara. Setelah udah gak sekolah lagi, 17 Agustus jadi gak ada bedanya dengan tanggal-tanggal merah lainnya. Gak ada perasaan lain selain senang karena libur. That’s all.

Tapi hari ini beda lho. Entah karena lagi jauh dari Indonesia justru membuat perasaan nasionalisme gua timbul, atau karena emang pas lagi kepikir aja ya. Jadi tadi ya seperti biasa kita pergi makan, trus becanda-becanda ama Andrew, trus tidur siang, nyantai-nyantai di rumah, ke Gereja, trus nyantai-nyantai lagi. Seneng banget rasanya. Nyaman. Enak. Asik banget dah!

Dan gua pun jadi kepikir. Apa yang terjadi kalo kita belum merdeka? Kalo kita masih dijajah Belanda atau Jepang? Apa iya gua bisa seseneng ini? Rasanya enggak ya… Pasti berasa tertekan. Berasa gak bebas. Berasa takut. Boro-boro bisa pindah ke Amerika. Boro-boro bisa pergi makan-makan di restoran. Boro-boro bisa jalan-jalan ke Mal. Mana bisa???

Gua jadi inget apa yang gua sering baca kalo udah menjelang 17 Agustus tiap taunnya. Pasti ada aja yang membahas soal kemerdekaan. Dan banyak yang masih mempertanyakan, apakah kita bener-bener sudah merdeka. Karena kenyataannya kita belum merdeka dari kemisikinan, belum merdeka dari kebodohan, belum merdeka dari korupsi, belum merdeka dari kriminalitas yang tinggi, belum merdeka dari polusi, dan lain-lainnya.

Duh gua jadi ngenes. Kok kesannya jadi gak mensyukuri apa yang kiat udah dapet ya. Yang kita perlu peringati pada tanggal 17 Agustus adalah kemerdekaan negara kita dari penjajahan. Itu aja. Jadi kalo masalah kemiskinan, kebodohan, korupsi dan lain-lainnya ya itu urusan lain lah. Yang kita perlu peringati adalah bagaimana para pejuang dulu membela bangsa kita dari penjajah. Dan karena jasa mereka lah kita sekarang bisa idup seperti ini. Gak usah perang lagi menghadapi penjajah. Dan itu adalah hal yang sangat-sangat perlu dan patut kita syukuri! Kita patut berterima kasih atas jasa-jasa para pahlawan itu.

Jadi kalo ada yang tanya: apa betul kita udah merdeka? Kita harus jawab tegas dong: IYA! Kita udah merdeka! Kita udah merdeka dari penjajahan! Dan itu lah yang kita peringati pada tanggal 17 Agutus ini. Tentang masih banyak kemisikinan, kebodohan, korupsi, dkk itu ya itu jadi PR buat kita semua. Tapi itu gak ada hubungannya dengan kemerdekaan yang kita peringati tiap tanggal 17 Agustus. Dan jangan hal-hal itu membuat kita jadi berkurang rasa syukurnya atas kemerdekaan ini.

Intinya jangan take it for granted. Sekali-kali boleh coba dibayangin gimana kalo kita ini masih dijajah bangsa lain. Kita gak akan bisa menikmati kehidupan seperti yang kita punya sekarang ini. Dengan begini kita bisa lebih bersyukur dan berterima kasih atas jasa para pahlawan. Dan semoga 17 Agustus jadi lebih berarti dan bukan hanya sekedar sebuah hari libur…

Iklan