The Smurfs 2 & Planes

The Smurfs 2

smurfs2

The Story

The Smurfs 2 ini dibuka dengan cerita ulang asal-muasalnya si Smurfette (Katy Perry). Buat yang dulu suka baca komiknya pasti udah tau ya kalo Smurfette ini adalah bikinan Gargamel (Hank Azria). Tapi karena Papa Smurf ngeliat kalo Smurfette ini pada dasarnya baik, akhirnya dengan bantuan ramuan Papa Smurf (Jonathan Winters), Smurfette bisa jadi Smurf sejati (yang tadinya warnanya abu-abu jadi biru).

Nah sekarang ini si Gargamel nyoba untuk bikin Smurfs lagi, Vexy (Christina Ricci) dan Hackus (J.B. Smoove), yang mana lagi-lagi hasilnya gak bisa jadi biru. Padahal justru dia perlu essence biru nya itu supaya bisa bikin dia jadi powerful. Buat ngebaik-baikin si Gargamel, Vexy nawarin diri untuk ngebantu nyulik Smurfette yang rencananya nantinya bakalan mau dipaksa Gargamel untuk ngebocorin rahasia ramuannya Papa Smurf untuk bisa bikin Smurf jadi biru.

Sementara itu, di desa Smurfs, Smurfette yang hari itu lagi ulang tahun, jadi sedih karena ngirain gak ada yang inget ama ulang tahun dia. Padahal Smurfs lain tuh pura-pura gak inget aja karena mereka semua lagi nyiapin surprise party buat Smurfette. Dan pas Smurfette lagi menyendiri di hutan, pas si Vexy dateng buat nyulik Smurfette.

Smurfette yang tadinya gak suka ama Vexy dan Hackus, lama-lama jadi akrab. Plus lagi karena dia merasa kok Papa Smurf dan temen-temen Smurf lainnya gak ada yang nyari dia karena Smurfette sebenernya bukan Smurf beneran, akhirnya dia mulai berubah jadi Smurf nakal. Nah ini emang tujuannya Gargamelโ€ฆ Gargamel pengen supaya Smurfette inget kalo dia dulunya juga Smurf nakal dan berharap Smurfette mau ngebocorin rahasia ramuannya Papa Smurf.

Seperti film The Smurfs yang pertama, di film yang kedua ini juga para Smurfs harus bekerja sama ama Patrick (Neil Patrick Harris). Patrick sendiri juga sebenernya lagi punya masalah pribadi sama papa tirinya, Victor (Brendan Gleeson).

Jadi apakah Smurfette bakal ngebocorin ramuan rahasia nya Papa Smurf ke Gargamel? Apakah Papa Smurf sama Patrick berhasil nyelametin Smurfette dari Gargamel? Apakah Smurfette bakal jadi Smurf baik lagi atau bakal balik jadi Smurf nakal?

The Review

Walaupun film ini di-review jelek banget di IMDB dan RottenTomatoes, tapi menurut gua The Smurfs 2 ini lumayan bagus juga lho. Seperti The Smurfs yang pertama, efek nya bagus banget. Bikin Smurfs ama desa Smurfs nya mantap abis (rasanya pengen dah gua kalo bisa ke desa nya Smurfs :D). Trus bikin Azrael (kucing nya Gargamel) dan bebek siluman nya si Victor juga bagus.

Ceritanya sendiri emang sederhana banget, tapi lumayan mengena. Tentang hubungan anak dan orang tua. Dan walaupun emang gak ada twist nya sama sekali, yang berarti ending-nya amat sangat ketebak, tapi tetep lumayan menyentuh sih kalo buat gua.

Lucu-lucunya juga walaupun gak sepanjang film bisa bikin ketawa, tapi lumayan dapet kok. Gua kasih nilai 7.5 deh buat The Smurfs 2 ini. Buat yang punya anak atau yang emang penggemar Smurfs atau yang dua-duanya kayak gua, film ini jelas mesti banget buat ditonton. ๐Ÿ™‚

The Toys

Dan seperti biasa, McDonaldโ€™s tentu langsung ngeluarin mainan Smurf dong ya. Dan tentu saja si Andrew minta dibeliin. ๐Ÿ˜› Berhubung 2 tahun lalu kita udah dapet beberapa Smurfs dan Smurfette, kali ini gua suruh dia ambil yang Papa Smurf aja.

smurfs2 mcd

Yang paling konyol ya si Emmaโ€ฆ Kalian pada tau kan kalo Smurf itu ada ekor nya bulet-bulet nyembul dari pantatnya? Nah si Emma ini setiap kali ngeliat ekor nya Smurf, pasti dia bakal bilang โ€œpupupโ€ฆ pupupโ€ฆโ€ Bulet-bulet, nempel di pantat, ya pupup yaโ€ฆ Huahahaha. ๐Ÿ˜›

Planes

planes2

The Story

Planes ini bercerita tentang sebuah pesawat crop duster yang namanya Dusty. Pesawat crop duster itu pesawat kecil yang tugasnya buat nyemprotin fertilizer di ladang gitu. Nah si Dusty ini pengen banget ikut racing Wings Around The Globe. Tapi masalahnya sebagai crop duster, dia gak dirancang untuk racing kanโ€ฆ Jadi mana bisa dia ngelawan pesawat-pesawat lain?

Dan masalahnya bukan itu ajaโ€ฆ Ada masalah lain yang gak kalah besarโ€ฆ Si Dusty ini takut ketinggian! Sebagai crop duster kan si Dusty gak perlu tebang tinggi, tapi kalo mau racing kan mesti terbang tinggi.

Jadi gimana dong? Apa impian Dusty untuk ikut racing cuma tinggal angan-angan belaka?

The Review

Satu lagi film animasi yang dapet review jelek dari IMDB dan RottenTomatoes. Dan kali iniโ€ฆ gua setuju ama mereka! Sebagai film animasi keluaran Disney, Planes ini bener-bener amat sangat mengecewakan. Apalagi buat gua yang suka banget ama film Cars.

Dengan membawa-bawa slogan โ€˜From Above The World Of Carsโ€™, gua bilang Planes ini bukan spin-off lagi, tapi rip-off nyaย  Cars!

First of all, di Dusty tentu punya temen namanya Chug yang bego-bego konyol. Errrโ€ฆ just like Lightning McQueen and Mater?

Untuk ngebantu Dusty biar bisa racing, Dusty minta bantuan sama Skipper, sang pesawat legendaris yang udah pensiun karena kecelakaan. Gua langsung keinget sama ย Lightning McQueen dan Doc Hudsonโ€ฆ

Namanya juga racing, pasti ada yang jahat dong ya. Di Planes ini penjahatnya namanya Ripslinger yang warnanya ijo, sama kayak Chuck Hicks di Cars.

Dan mesti ada adegan naksir-naksiran tentunya yaโ€ฆ Dusty diajak muter-muter ama Ishani buat ngeliat Taj Mahalโ€ฆ Pasti terinspirasi sama adegan Lightning McQueen diajak ngebut-ngebutan ama Sally di Radiator Springs ke air terjunโ€ฆ

Acara racing Wings Around The Globe nya membawa para pesawat untuk balapan di beberapa negara dunia. Inget acara racing nya di film Cars 2?

Waktu racing dan si Bulldog lagi kena musibah, si Dusty bela-belain nolongin Bulldog walaupun itu berarti Dusty bakal kalah. Sama persis dong ama Lightning McQueen yang nolongin The King di film Cars?

Gile benerโ€ฆ selama gua ngeliat film ini, dari adegan ke adegan, semakin keliatan banget betapa sangat gak kreatif dan gak niatnya Disney bikin film Planes ini. Ditambah lagi karena Planes ini bukan buatan Pixar, walaupun gambarnya bagus juga sih, tapi gak sebanding ama Cars. Keliatan kurang kinclong gitu.

Emang katanya film Planes ini rencana awalnya cuma buat DVD aja, bukan buat di-released di bioskop. Tapi entah kenapa akhirnya jadi masuk bioskop. Dan menurut gua sih, kurang pantes ya buat masuk bioskop. Emang kualitasnya cuma sekedar film DVD aja.

Anyway, si Andrew tetep menikmati film ini. Kalo Emma sih separuh pertama keliatan menyimak sambil bilang โ€˜planeโ€ฆ flyโ€ฆโ€™, tapi belakangan dia nyanyi-nyanyi sendiri dengan suara kenceng di bioskop โ€˜walking walking, walking walking, hop hop hop, hop hop hop, running running running, running running running, then we stop, then we stop!โ€™ Untung kita nontonnya pagi-pagi yang isinya anak kecil semua dan pada berisik semua, jadi ya udahlah biarin aja si Emma nyanyi-nyanyi. ๐Ÿ˜›

Berhubung film ini hikmahnya tetep ada dan keliatannya cukup menghibur buat anak-anak yang gak peduli kalo sebenernya film nya hampir sama persis ama Cars, gua kasih nilai 6 deh buat Planes ini.

Btw, ini gua kutip dari diary nya Andrew tentang film Planes iniโ€ฆ โ€œIf youโ€™d be nice and help someone first, everyone will help you when you get hurtโ€ฆโ€ Good point, Andrew! ๐Ÿ˜€

The Toys

Jadi dari salah satu artikel yang gua baca, sebenernya tujuan Disney bikin film Planes ini ya buat jualan merchandise nya lahโ€ฆ Dan sepertinya tujuan mereka emang tercapai sudahโ€ฆ Liat aja siapa yang udah jadi korbanโ€ฆ ๐Ÿ˜›

planes

Iklan