Recipe For Dummies: Nasi Kerupuk Putih

Bahan-bahan:

1. Kerupuk Putih (Tau kan kerupuk putih? Itu lho, kerupuk yang bolong-bolong yang dijual di warung-warung, yang biasanya dijual nya 1 plastik isi 10, atau bisa beli satuan yang biasa kerupuknya ditaroh di toples dari seng yang depannya ada kacanya… Pasti tau kan ya??). Sebenernya kerupuk jenis ini ada juga yang gak putih, melainkan merah, orange, atau kuning. Tapi takutnya ada pewarna kan.. jadi mendingan pake yang putih aja (walaupun sebenernya gua gak tau juga ya apa yang putih itu juga pake pewarna ya biar putih?).

2. Nasi Putih

3. Kecap Manis

Cara membuat:

1. Kerupuk putihnya dipotek kecil-kecil. Buat yang gak ngerti apa itu ‘dipotek’, dipotek tuh artinya dipotong tapi pake tangan. Mau motong kerupuknya pake sendok juga boleh sih, tapi kayaknya lebih gampang pake tangan. Cuma kalo abis motek kerupuk, tangan lu bakal penuh dengan remah-remah kerupuk bikin tangan berasa gak enak, jadi kudu cuci tangan dulu sebelum mulai makan, padahal sebelum motek kerupuk kan udah cuci tangan tuh, jadinya mesti cuci tangan 2 kali. Duh gak penting banget ya komennya… (Kenapa ya sejak gua nulis New In Town kok gua jadi suka nulis komen-komen gak penting kayak begini… :P)

2. Trus ambil sepiring nasi putih yang masih anget. Taroh potekan kerupuk putihnya di atas nasi putih itu. Boleh juga (bahkan disarankan) untuk nuker urutan point 1 dan point 2 ini. Jadi lebih efisien kalo ngambil sepiring nasi dulu, trus motek kerupuknya langsung di atas nasi. Kalo motek kerupuk dulu kan berarti kerupuknya lu harus taruh di piring kosong dulu. Abis itu baru kerupuknya lu pindahin ke piring yang ada nasinya. Jadinya lu mesti nyuci 2 piring. Yah kalo ada pembantu sih gak apa ya, tapi kalo nyuci sendiri lumayan signifikan tuh antara nyuci 1 piring atau 2 piring… (tuh kan komennya gak penting lagi…)

3. Lanjut… tuang (gile deh gua mikir 1 menit lho baru nemu kata ‘tuang’ ini, entah kenapa tadinya kok kepikirnya mau nulis ‘kecrutin’ tapi rasanya kok kata-katanya kurang pas gitu ya… :P) kecap manis ke seluruh nasi dan kerupuk sampe nasi dan kerupuk yang tadinya putih itu jadi coklat semua.

4. Aduk-aduk nasi, kerupuk, dan kecap pake sendok hingga merata.

5. Makanan siap disantap.

Muantap lho makanan ini… Semalem gua makan sampe 2 piring! Sekalian bernostalgia pas kecil dulu, gua kalo lagi laper di saat-saat yang tidak tepat (bukan pas jam makan maksudnya), suka banget makan makanan ini. Gampang dan praktis! Tapi tidak bergizi tentunya… Gak apa lah sekali-sekali ya… Hahaha.

Selamat menikmati!