Pake Kacamata, Siapa Takut?

Mungkin udah pada tau ya kalo Andrew ternyata matanya silinder (astigmatism) dan harus pake kaca mata. Sejak kita pengumuman tentang hal ini (biasa lah kita kan emang suka pengumuman :P), jadi banyak yang tanya gimana kita awalnya bisa tau secara Andrew masih kecil gitu? Dan juga jadi banyak yang khawatir takut anaknya begitu juga… Nah kalo yang terakhir ini bikin kita jadi gak enak ati, gara-gara pengumuman kita jadi bikin orang lain worry… Kita gak bermaksud nakut-nakutin lho…

Jadi, gua bagi cerita ama info nya disini ya, siapa tau bisa berguna… πŸ™‚

Gejala

1. Andrew emang udah rada lama kalo nonton TV tuh suka memicing matanya. Jadi kepalanya rada mendongak ke atas dan matanya disipitin gitu. Tapi awalnya kita kirain dia cuma iseng doang, soalnya kalo ditanya kenapa dia begitu dia gak jawab. Lagian gak selalu begitu sih, cuma kadang doang. Jadi tiap kali ngeliat dia begitu, kita tegor aja suruh kepalanya jangan begitu.

2. Taun lalu waktu physical check up di pediatrician udah mulai ada test mata. Test nya model yang sederhana gitu lho yang kita disuruh baca huruf-huruf di tembok. Huruf paling atas yang paling gede, semakin bawah semakin kecil. Nah kalo buat anak kecil, instead of huruf, pake gambar. Dan ternyata yang bagian bawah si Andrew gak gitu keliatan. Waktu itu dokternya masih bilang suruh pantau aja dulu.

3. Belakangan si Andrew selain masih suka micing-micing matanya kalo nonton TV, dia suka kedip-kedip juga. Dulu sebenernya Andrew pernah ada 1 masa tuh sering kedip-kedip. Kita kirain sih paling kelililpan ya, dan setelah beberapa hari ilang sendiri. Nah kali ini begitu lagi. Ditambah karena micing-micing matanya semakin sering, kita bawa ke dokter nya lagi. Dan setelah ditest ternyata kok semakin banyak yang bagian bawah yang Andrew gak keliatan.

Tentang kedip-kedipnya sendiri, menurut dokter, bisa disebabkan berbagai faktor:
1. Karena alergi.
2. Karena mata kering, jadi disuruh pake eye drop.
3. Karena tics. Nah ini yang kita baru pernah denger nih. Tics itu ternyata bisa terjadi pada anak-anak karena sarafnya masih dalam masa pertumbuhan. Biasanya yang kena tics itu adalah anak-anak yang sensitif. Kalo stres, dia bisa tics. Tics sendiri bisa macem-macem. Bisa kedip-kedip matanya, bisa kepalanya goyang, atau lain-lain. Kalo emang anak kena tics, yang penting hal itu jangan dibahas. Diemin dan cuekin aja. Itu obatnya. Nanti lama-lama bakal ilang sendiri. Tapi kalo gak ilang-ilang dan jadi habit baru perlu ke dokter lagi karena perlu terapi.

Awalnya sih kita udah mikir sepertinya Andrew kena tics karena emang belakangan tuh kita sering marahin si Andrew dan sering ngehukum dia. Jadi mungkin dia sebenernya stres kali ya. Hahaha.

Tapi matanya memicing itu kan bukan karena tics… Jadi akhirnya kita bawa ke dokter mata aja dah biar lebih jelas.

Dan pas di test di dokter mata pake satu alat untuk estimasi gitu, ternyata emang hasilnya adalah astigmatism alias silinder. Gak ada minus. Dan abis itu dicobain dipakein kaca silinder, dan bener si Andrew bisa liat lebih jelas pas ditest lagi!

Untungnya (masih aja untung ya :P), mata Andrew kanan kiri silinder dan ukurannya sama 1.25. Kata dokter kalo cuma salah satu yang silinder bisa mengakibatkan lazy eye.

Astigmatism

Sebenernya silinder itu apa sih? Jadi dari hasil baca-baca di internet, kira-kira penjelasannya begini. Kornea mata kita itu harusnya bentuknya bulat. Pada orang yang silinder, kornea nya bentuknya gak bulat lagi tapi mirip kayak bola American Footbal. Tau kan ya bentuknya? Jadi kayak lonjong gitu. Itu bikin mata jadi gak jelas ngeliatnya.

Dari yang gua baca-baca di internet, gejalanya adalah pandangan jadi burem, bisa bikin iritasi, dan kedip-kedip. Jadi ternyata kalo orang yang ada silinder tuh biasa jadi suka kedip-kedip karena kalo abis kedip tuh berasanya kayak lebih jelas ngeliatnya. Jadi sepertinya kedip-kedip nya Andrew tuh karena ini (bukan karena kita omelin berarti… Hahaha). Dan dia jadi suka memicing matanya tuh karena untuk nyari posisi dimana yang dia bisa liat lebih jelas.

Penyebab

Dokter (dan juga dari yang gua baca di internet) bilang kalo silinder itu bawaan dari lahir. Kemungkinan besar adalah turunan. Jadi sepertinya ya Andrew jelas nurun dari Esther karena Esther ada silinder. Tapi menurut cici gua, silinder itu bisa juga turunannya gak langsung dari orang tua, tapi bisa juga turunan dari kakek nenek. Jadi mungkin juga turunan dari gua. Karena walaupun gua gak ada silinder tapi bokap gua ada silinder. Well ya jadi emang gua dan Esther sama-sama membawa gen silinder ini.

Penyebab bentuk kornea itu gak sempurna sendiri belum diketahui sampe sekarang. Jadi ya emang itu, bawaan dari lahir.

Dan gak usah khawatir, dokter juga udah bilang kalo nonton TV atau main komputer itu bukan penyebab mata jadi silinder. Walaupun begitu ya tentu buat anak kecil sebaiknya waktu nonton TV dan main komputer tuh dibatasi supaya gak jadi kecanduan aja. Kan lebih baik si anak juga diimbangi dengan main-main yang lain termasuk lari-lari dan loncat-loncat, jangan duduuukkkk terus gitu.

Treatment

Tentunya pake kacamata atau contact lens. Kalo mau diilangin permanen ya harus lasik. Menurut dokter, kalo masih kecil gini kacamata gak perlu dipake terus-terusan. Cukup kalo pas baca atau nonton aja. Kalo lagi main atau olah raga ya gak perlu pake kacamata.

Kesimpulan

1. Jadi coba diwaspadai aja dari dini tentang behaviour anak-anak dalam melihat. Soalnya kalo ketauannya terlambat takutnya akan menghambat perkembangan anaknya sendiri apalagi kalo udah sekolah. Gak ada salahnya bawa anak periksa ke dokter mata.

2. Tapi gak perlu khawatir yang berlebihan juga. Gak selalu kalo orang tua nya ada silinder pasti anaknya akan silinder. Jadi balik lagi lebih baik bawa ke dokter biar pasti, gak perlu parno sendiri.

3. Kalo emang akhirnya anaknya mesti pake kacamata, ya gak apa juga toh… Soalnya ternyata pake kacamata itu gak mengurangi kadar kegantengan kok… Hahaha. Ini buktinya…. πŸ™‚

Terakhir, gua pengen minta tolong nih. Buat para orang tua yang anaknya pake kacamata atau yang dirinya sendiri pake kacamata sejak kecil, ada ide/saran gak ya gimana supaya Andrew bisa betah pake kacamata? Emang sih gua tau itu butuh proses dan waktu untuk bisa biasa pake kacamata, cuma ya siapa tau ada yang punya pengalaman dan punya tips yang jitu gitu… Thank you ya!! πŸ™‚

Iklan