Santa Barbara & Solvang Getaway

Mau cerita getaway kita ke Santa Barbara dan Solvang tanggal 2-3 Januari yang lalu nih…

#ya_elah_udah_lama_banget #basi_atuh #yah_daripada_gak_ditulis_sama_sekali_hayoooo #abis_kemaren_ini_ngalah_ama_pesan_sponsor_yang_mau_lewat #demi_tiket_disneyland #alesan_doang_padahal_yang_lama_tuh_download_fotonya πŸ˜›

Anyway… mari kita ceritakan ada apa disana… πŸ˜€

Santa Barbara

Dari LA, kita cukup nyetir sekitar 1.5 jam menyusuri Pacific Coast untuk nyampe ke Santa Barbara ini.

The Palace Grill

Begitu nyampe berhubung udah jam setengah 12-an, kita pergi makan dulu. Pilihan jatuh ke restoran yang bertema New Orleans ini.

sb grill palace-vert

Kita mesen crawfish popcorn buat appetizer, jambalaya pasta buat Esther, soft shell crab BLT sandwich buat gua, dan fried chicken strips buat anak-anak. Overall, lumayan enak-enak makanan disini. Buat anak-anak juga slain dikasih kertas buat mewarnai, juga pada dikasih kalung warna-warni.

sb grill palace 2-tile

Yang gua kurang suka cuma karena susah banget manggil pegawainya buat motretin kita! Giliran udah dipotretin, eh burem pula! Trus mesti nunggu lama lagi baru bisa manggil lagi buat motretin kedua kalinya… Haiyaaa… πŸ˜›

State Street

State Street ini jalanan utama di Santa Barbara. Jalanannya panjang dan isinya toko-toko dan restoran-restoran (termasuk The Palace Grill itu juga di State Street ini). Jadi abis makan, kita jalan-jalan dimari. Tapi gak sempet nyusurin jauh jalanan ini karena begitu ngeliat Urban Outfitters ada tulisan Sale gede-gede, kita langsung masuk dan yang ada jadi lama karena nyoba-nyobain baju. Huahaha.

Enaknya kalo pergi rame-rame tuh kalo para ortu lagi nyoba-nyobain baju, anak-anak gak pada rewel. Ini malah yang ada mereka berdisko-disko-ria disana! Hahaha. πŸ˜€

Abis shopping di Urban Outfitters (padahal sebenernya toko ini di LA juga ada… :P), kita cuma sempet makan frozen yogurt trus ya cabut.

Santa Barbara Courthouse

Gedung pengadilan yang dibangun dari tahun 1850 ini adalah salah satu landmark nya kota Santa Barbara. Gedungnya gede banget dan walaupun udah tua, tapi very very well maintained.

Ini tampak depannya…

sb courthouse 5

Dan ini tampak belakangnya…

sb courthouse 3-vert

Di belakang gedung ini ada lapangan rumput yang luas banget, jadi anak-anak pada demen lari-larian disini. *dan gua si-ortu-parno pun jadi sibuk dikit-dikit ngelapin keringet Andrew karena takut masuk angin ntar secara anginnya rada-rada dingin kan… :P*

Dari bentuknya aja udah keliatan kalo gedung pengadilan ini bergaya Spanyol. Detil-detil di dalem gedung nya lebih keren lagi. Sayangnya karena rada gelap dan banyak orang, gua jadi susah motretnya… πŸ˜›

sb courthouse 7-horz-vert

Trus kita juga bisa naik ke menaranya (observation tower) buat ngeliat kota Santa Barbara dari atas. Lumayan juga ya naik tangganya, mungkin sekitar 5-6 lantai, cukup bikin ngos-ngosan. Dan pas udah sampe atas, baru liat kalo ternyata ada lift nya! Cape deh! πŸ˜›

Anyway, view nya emang bagus. Di satu sisi bisa ngeliat pegunungan, di sisi lain bisa ngeliat laut…

sb courthouse 2-vert

santa barbara courthouse

Dari Courthouse, kita sempet ke Old Santa Barbara Mission yang adalah gereja tua gitu, tapi kita gak masuk ke museumnya karena 4 tahun yang lalu udah pernah masuk (kudu bayar soalnya kalo mau masuk), dan ternyata gerejanya lagi direnovasi jadi kita gak bisa masuk ke gerejanya juga. Payah deh. Jadi ya udah, dari situ kita langsung cabut ke Solvang dah…

Solvang

Solvang adalah sebuah kota kecil (jumlah penduduknya cuma sekitar 5 ribu orang), sekitar 45 menit nyetir dari Santa Barbara. Walaupun kotanya cuma seemprit dan gua sebenernya udah pernah kesana 4 tahun yang lalu, tapi gua tetep demen kemari… karena kotanya lucu! πŸ˜€

solvang

Jadi di Solvang ini semua bangunan-bangunannya bergaya arsitektur Denmark, termasuk ada windmill nya segala. Lucu dan unik dah, berasa kayak di negeri dongeng. πŸ˜€

Kronborg Inn

Ini hotel tempat kita nginep di Solvang. Rasanya di Solvang gak ada hotel, adanya ya model Inn begini. Dan bangunannya ya begitu… unik-unik. Tua-tua tapi lucu aja ngeliatnya. Gak berasa kayak lagi di Amerika… Hahaha.

solvang kronborg inn

Lumayan sih Kronborg Inn ini. Walaupun tua banget gedungnya, tapi kayaknya kamar-kamar nya baru direnovasi, jadi gak keliatan usang. Kamar mandi nya pun pake marble dan cukup bersih. Buat harga nya yang affordable, no complain deh. πŸ˜€

solvang kronborg inn2

Solvang Brewing Company

Abis check in hotel, kita langsung nyari makan. Tinggal jalan kaki aja karena emang di Solvang ini kemana-mana ya deket. Cuma di situ-situ doang. πŸ˜› Tadinya kita mau makan di salah satu restoran yang gua lupa namanya, tapi ternyata udah penuh! Padahal belum jam 6 sore lho waktu itu. Kayaknya karena emang kota kecil dan toko-toko udah pada tutup kalo sore, jadi ya orang-orang pada early semua pergi makannya. πŸ˜› Untung restoran sebelahnya masih ada tempat. Karena ternyata Solvang Brewing Company ini lumayan gede restorannya.

Kita mesen sausage platter 3 porsi (iya… kita semua adalah penggemar sosis! :D), beef stroganoff 2 porsi, Danish meatballs, dan French fries.

solvang brewing co 1-tile

Sosis nya enak!!! Suka banget gua. Di US ini rata-rata kalo beli sosis selalu keasinan buat gua. Nah sosis yang di Solvang ini gak asin. Enak banget dah. Beef stroganoff nya juga enak. Kalo Danish meatballs nya sih biasa aja, lebih suka Swedish meatballs nya Ikea. πŸ˜›

Kita juga sempet nyobain Danish beer. Lumayan enak rasanya manis-manis gitu. Puas deh ama restoran ini. Tempatnya juga enak buat hang out, jadi kita lumayan lama ngobrol-ngobrol disana. πŸ˜€

Abis makan ya balik hotel, abis gak ada apa-apa lagi disana. πŸ˜›

Copenhagen Street

Besok pagi nya kita jalan-jalan di Copenhagen Street. Sebenernya di Solvang ada restoran pancake yang terkenal. Tapi berhubung di hotel dikasih breakfast dan kita udah reserve buat early lunch jam 11 (tadinya mau reserve jam 12 tapi gak bisa karena penuh :P), jadilah kita gak jadi nyobain pancake nya dah.

Jadi ya udah kita jalan-jalan aja. Copenhagen Street ini kayak downtown nya Solvang gitu deh. Isinya ya toko-toko kecil plus bakery, coffee shop, dan restoran…

solvang 2-vert

solvang 4-vert

solvang 3

<lucu ya phone booth nya… itu isinya beneran telpon umum lho>

solvang 7-horz

<tak lupa poto dengan windmill nya yang tersohor>

Solvang Restaurant

Jam 11 teng, kita udah ke Solvang Restaurant buat makan siang. Pesenan kita adalah 2 porsi sausage sampler (Yup… sausage again! We really like sausages that much! :P), 2 porsi fried chicken, 1 porsi Danish ham, dan 2 porsi ableskiver.

solvang rest 1-tile-vert

Sosis nya ternyata enakan yang di Solvang Brewing Company. Fried chicken nya surprisingly enak! Danish ham nya biasa aja. Nah kalo ableskiver ini sih is a must kalo lagi makan di Solvang. Ableskiver adalah Danish pancake. Jadi adonannya ya mirip pancake tapi bentuknya bulet-bulet (mirip poffertjes kalo gua bilang) trus dikasih selai dan taburan gula halus. Enak. πŸ˜€

Kelar makan, ya kita balik jalan-jalan, trus sempet nongkrong di depan salah satu bakery sambil ngemil kue-kue (padahal baru makan ya! :P). Pas disono lagi ada orang yang lagi ngamen sambil nyanyi dan main gitar. Eh anak-anak malah dansa-dansi begini. Hihihi kocak… πŸ˜€

Trus juga tak lupa poto-poto lagi dong ya… πŸ˜€

solvang 10

solvang 8

<si Emma lagi demen banget digendong di bahu begini nih>

Trus ya udah kita balik. Sebelum balik mobil, kita ngelewatin shoes store dimana di depannya ada klompen merah yang katanya (gua nguping pas ada tour guide ngejelasin rombongan tour nya :P) ini dibikin terinspirasi dari cerita The Red Shoes nya Hans Christian Andersen. Pas lewat tuh tadinya sama sekali gak ada orang yang berminat poto ama si sepatu merah ini. Tapi begitu gua motretin Emma, eh trus tiba-tiba orang-orang pada ngantri trus gantian anak-anaknya dipotret di sepatu merah ini! Huahaha. πŸ˜›

solvang 11

<Liat dah rambutnya Emma… serasa lagi diterpa angin badai… Hahaha. Itu karena paginya abis dikepang, jadi pas siangnya dia minta lepas kepangannya rambutnya jadi mekar begitu! Huahaha :P>

Trus ya udah deh kita pulang… Mampir dulu ke outlet sih pas on the way ke LA… Shopping lagi dah kita! Hahaha. πŸ˜›

Anyway, ini satu-satunya foto kita berdelapan yang semuanya ngadep depan dan semuanya jelas, gak ada yang burem. Susah ternyata ya dapetin poto yang kayak begini. Huahaha.

solvang 9

Until we meet again, The Halims! Thanks for visiting us… Hope you had a great time here as we did… We miss you guys! πŸ˜€

PS. Kalo mau baca cerita liburan kita ke Santa Barbara & Solvang 4 tahun yang lalu, silakan klik dimari.

PS lagi. Buat yang masih pengen ikutan giveaway gua berhadiah uang tunai… Buruan klik disini!