Buried

 

 

Tenang… gua gak akan ngasih spoiler kok… Jadi aman untuk terus membaca (yah kalo mau ngebaca… hehe) 🙂

Paul Conroy (Ryan Reynolds) adalah seorang supir truk berkebangsaaan Amerika yang sedang bertugas di Irak. Dalam perjalanan nganter barang ke sebuah community center, tiba-tiba rombongan mereka diserang dan Paul diculik. Setelah siuman, Paul nyadar kalo dia ada di dalam peti kayu yang dikubur di bawah tanah. Dia dikubur hidup-hidup!

Tapi dia diculik dan dikubur hidup-hidup itu ada maksudnya. Karena itu oleh si penculik, si Paul dibekali sama handphone (yang batere nya udah tinggal setengah), zippo, dan sedikit perlengkapan lain. Nah… kenapa si Paul diculik? Kenapa dia masih dibiarin hidup, gak langsung dibunuh aja? Trus akhirnya gimana cara dia bisa bertahan di bawah tanah… apa dia bisa selamat?

Sumpe deh, kalo ntar film ini udah main di Indo (di US sekarang cuma main di beberapa bioskop aja (kalo gak salah cuma 11 bioskop), nanti bulan depan baru wide release), gua saranin untuk pada nonton! Bukan karena film ini keluaran kantor gua trus gua ngomong gitu… Bukan… Tapi emang film ini patut banget ditonton!

Bayangin aja, film yang berdurasi 94 menit ini bener-bener cuma berlokasi di satu tempat, yaitu di dalam peti kayu itu! Dan aktor yang keliatan sepanjang film ya cuma Ryan Reynolds doang. Satu orang doang! Aktor-aktor yang lain cuma kedengeran suaranya pas mereka lagi telpon-telponan.

Kebayang gak sih… Film yang lokasinya berpindah-pindah tempat dengan begitu banyak aktor berseliweran aja kadang bisa bikin kita kebosenan sangat. Nah gimana dengan film yang cuma di peti kayu yang sempit (cuma seukuran badan manusia) dan dengan cuma 1 aktor sepanjang film?

Tapi ternyata film ini jauuuuhhh dari membosankan. Gak ada boring-boring nya sama sekali. 94 menit gak berasa lewatnya.

Gua bilang film ini walaupun gak bisa dibilang luar biasa kalo dibandingin film-film lain misalnya sama Titanic atau Avatar, tapi mengingat ini cuma tentang 1 orang di dalam peti, gua bilang film ini ruaaarrrr biasa. Hehehe. One of a kind banget. Emang jaman dulu pernah sih ada film yang mirip begini, judulnya Phone Booth, pada inget gak? Gua juga suka banget tuh ama Phone Booth. Tapi Buried ini lebih hebat lagi menurut gua, karena ya itu tadi… lokasinya itu lho… cuma di dalem peti! 😀 Maap kalo gua ngomongnya ngulang-ngulang, abis gua masih amazed ama film ini.

Gua bilang seluruh penunjang film ini perlu diacungi jempol. Acting nya Ryan Reynolds bukan main…. Bagus banget. Dia jadi tumpuan utama film ini. Dia harus bisa ngebangun berbagai emosi yang membuat film ini jadi seru (dan tidak membosankan). Penulis skenario nya juga, hebat banget. Kameraman dan bagian editing nya juga mantap abis. Dan penata musiknya juga keren banget, sangat-sangat bisa menunjang naik turun nya cerita. Semuanya itu bikin film ini jadi lengkap banget!

Walaupun (sekali lagi) cuma dimainkan oleh 1 aktor dan cuma di dalam 1 lokasi yang sangat sangat sempit, tapi film ini ada seru nya, ada lucunya, ada yang bisa bikin kita ikutan kesel, ada sedihnya, ada terharunya…. Coba tuh… Gak kebayang kan?

Yang gua herankan cuma satu. Di bagian depan pas main title, ditulis ada costume desginer. Heh? Gua gak ngerti di film ini costume designer nya kerjanya ngapain ya? Secara baju dan celana yang dipake Ryan Reynolds aja gak sampe keliatan jelas-jelas banget. Lagian gak penting banget gak sih dia mau pake baju apaan? Namanya juga supir truk gitu lho… Huahaha. Aneh sekali menurut gua kok film ini sampe ada costume designer nya… 😛

Well, anyway, gua kasih nilai 9 untuk film ini. Soalnya film ini bener-bener an amazing one of kind movie banget (menurut gua ya)! 🙂