Cerita Cerita Liburan

Selamat Natal buat yang merayakan dan selamat tahun baru buat semuanya! Semoga tahun 2020 ini menjadi tahun yang penuh berkat buat kita semua ya! Amin.

Liburan 10 hari dari tanggal 21 Desember sampe 1 Januari udah kelar. Hari ini udah masuk kerja lagi. πŸ˜€

Liburan kali ini gak kemana-mana tapi tetep seru dong. Sempet belanja-belanji barang-barang sale, sempet nyobain resto-resto baru yang enak-enak, sempet juga 2 hari karena ujan seharian kita males gerak jadi nyantai-nyantai aja di rumah sambil ngajakin anak-anak nonton film-film kuno kayak Father of the Bride sama Mrs. Doubtfire, sempet juga karaoke-an berjam-jam sampe anak-anak udah pada bosen tinggal gua yang nyanyi sendirian nyanyiin lagu-lagu jadul. Hahaha. Pokoknya nikmat banget dah liburannya…

Tadinya pengen ceritain liburan per hari disini tapi ntar jadi kepanjangan, jadi cerita highlights nya aja ya! πŸ˜€

Rodeo Drive

Kita liburan kali ini emang gak ada yang direncanakan sama sekali. Pokoknya prinsipnya one day at a time aja. Kayak pas ke alpacas farm (klik disini) itu juga dadakan mumpung cuacanya lagi bagus (karena menurut perkiraan cuaca, liburan kemaren ini bakal sering banget ujan) jadi kita langsung cabut.

Nah hari Minggu nya (tanggal 22 Desember) kita juga gak ada rencana apa-apa. Eh pas liat-liat Instagram ada iklan kalo di Rodeo Drive lagi ada tempat-tempat poto lucu (dan gratis! :P) yang mana ternyata hari itu adalah hari terakhir. Ya udah deh kita kesana aja hari itu.

Kirain bakal ngantri ya secara gratisan, ternyata ngantri nya gak parah-parah amat. Jadi disana ada sekitar 6 ruangan buat poto-poto gitu. 4 di antaranya ada fotografer nya. Jadi gak ribet, ada yang ngarahin gaya kalo pas kita udah mati gaya dan ada yang motretin (pake HP kita) jadi gak usah minta tolong orang ya. Di ruangan lain yang gak ada fotografer nya disediain tripod buat naruh HP. Ok juga nih tempat poto kayak begini. πŸ˜€

Ini poto-poto kita. Lucu-lucu juga kan ya… πŸ˜€

Si Emma nih yang udah lama pengen poto yang ruangannya kebalik gitu. Ada emang tempat poto-poto disini yang ada ruangan terbalik gitu tapi mesti bayar dan tentunya gua gak rela dong kalo mesti bayar. Jadi ya seneng dia, kesampean juga poto-poto begini. πŸ˜›

Trus abis poto-poto kita jalan-jalan aja di seputaran Rodeo Drive. Banyak dekorasi Natal lucu-lucu. Trus nongkrong beli es krim sebelum pulang.

Natal

Seperti biasa pas hari Natal paginya kita buka kado trus disambung dengan makan siang di Sizzler. Buat yang gak tau ceritanya, jadi hari Natal tahun 2007 pas kita baru pindah ke LA kita kesusahan nyari tempat makan karena kita baru tau kalo disini ternyata restoran-restoran pada tutup di hari Natal dan akhirnya kita nemu ternyata Sizzler yang lokasinya deket hotel tempat kita nginep dulu tuh buka. Jadilah kita makan disana. Nah sejak itu, walaupun kita akhirnya tau kalo mau nyari restoran yang buka pas Natal tinggal ke daerah-daerah Asia, tapi kita jadiin tradisi setiap tahun pas hari Natal kita selalu makan di Sizzler yang sama. πŸ˜€

Trus abis makan kita pergi ke gereja Indo buat misa Natal jam 2 siang.

Seperti biasa, Emma nyanyi di gereja pas misa Natal. Tahun ini mepet banget persiapannya karena si Emma kan sibuk banget ya belakangan. Jadi sekitar awal Desember tuh si Emma denger lagu Ave Maria (versi Bach/Gounod) di gereja trus dia suka banget. Jadi kita pikir mau nyarnyi ini buat misa Natal. Tapia pa daya si Emma gak sempet-sempet latian. Bahkan seminggu sebelum libur tuh si Emma kudu shooting buat salah satu episode nya Raven’s Home (film seri nya Disney) selama seminggu. Jadi ya udah sempet mikir gak bisa keburu lah buat siapin nyanyi di gereja.

Tapi ternyata walaupun lagu nya baru buat Emma, pake bahasa Latin pula, tapi si Emma cepet banget belajarnya. Tiba-tiba aja hafal. Kadang gua suka berasa ini anak apa mungkin punya photographic memory ya. Soalnya sama script juga gitu lho. Misalnya hari ini kita baru baca-baca script nya, trus besok paginya dia bangun tidur bisa tiba-tiba hafal gitu. Aneh ya? Hahaha. Lagu Ave Maria ini juga gitu. Kita belajar-belajar sambil baca kan liriknya. Gua juga gak suruh dia hafalin, karena waktunya udah mepet banget gua bilang ama dia ntar nyanyinya sambil baca aja. Latian pun jarang banget. Dengerin lagu nya juga kadang-kadang aja, bisa diitung pake jari tangan. Eh tiba-tiba dia hafal sendiri. πŸ˜›

Anyway walaupun gak sempurna (secara Emma gak pernah belajar nyanyi seriosa yang bener dan juga buat lagu ini kita bahkan gak sempet ngasih liat gurunya) tapi menurut gua si Emma nyanyinya bagus banget. Ini silakan disimak video nya… πŸ˜€

Trus kelar misa kita hang out sama temen-temen di hall gereja karena ada acara makan-makan dan lomba gambar. Abis itu masih nyambung ke restoran lagi padahal udah kenyang… πŸ˜›

Funko HQ

Kalian semua tau kalo gua suka banget sama Marvin The Martian kan ya? Klik disini kalo gak tau. πŸ˜›

Nah pas lagi shopping-shopping, eh gua nemu celana piyama bergambar Marvin yang mana lagi sale jadi cuma $5 doang! Nah tentunya gua kudu post di IG dong ya dengan hashtag #marvinthemartian. Trus pas gua iseng ngeklik hashtag nya gua jadi liat ada banyak orang posting patung Funko Marvin gede yang mana ternyata lokasi nya di Funko HQ di Hollywood. Wah kok gua gak tau ya?

Ternyata emang Funko HQ ini baru buka. Dan keliatannya tempatnya lucu. Jadi langsung kita meluncur dong ya… πŸ˜€

Kalo yang suka sama Funko POP pasti seneng banget deh kesini. Toko nya gede banget dan ada banyak patung-patung Funko gede-gede buat poto-poto! Lucu banget!

Dumpling & Associates

Another tempat poto-poto. Yang ini si Esther yang pas kebetulan nemu di IG. Tema nya dumplings yang mana adalah makanan kesukaan Emma. Jadi trus gua email orangnya tanya kalo mereka mau kolaborasi dan ngundang Emma kesana, nanti kita posting di IG. Dan ternyata orangnya mau. Ya udah deh kita kesana. Hehehe.

Disini juga ada beberapa ruangan dengan macem-macem prop yang semuanya berkaitan dengan dumplings. Ya buat poto-poto lucu-lucuan aja lah…

Rose Parade

Ada yang tau Rose Parade yang diadakan setiap taun di Pasadena? Rose Parade ini parade kendaraan hias (full dihias bunga, mostly roses) gede-gedean yang diadakan tiap tahun sejak tahun 1890. Gua pas kecil tuh setiap taun baru selalu nonton Rose Parade ini di TV (di TVRI ya jaman dulu). Jadi pas Emma ditawarin untuk nyanyi di salah satu kendaraan hias di Rose Parade kali ini, gua jadi excited deh. Hahaha.

Yang nawarin nih dari Chinese American Heritage Foundation. Kendaraan hias nya bertema American Heroes dimana mereka mau memperingati 75 tahun kemenangan Amerika di perang dunia kedua dan juga untuk menghormati para veteran. Jadi di kendaraan nya mereka ngundang beberapa veteran dari perang dunia kedua dan juga ada anggota kongres buat California yang adalah wanita Asia pertama yang dipiliha jadi anggota kongres di US. Wah, kehormatan dong ya buat Emma untuk bisa duduk di kendaraan ini sama mereka.

Mereka minta Emma untuk nyanyi lagu Holding Out For A Hero nya Bonnie Tyler. Dan karena parade nya lebih dari 2 jam, gak mungkin dong ya si Emma kudu nyanyi selama 2 jam, jadi kita kudu rekam dulu trus si Emma nya lip sync aja.

The whole process lumayan beribet. Ada hal-hal yang gak sesuai karena panitia nya kurang bagus koordinasinya. Salah satu nya tuh pas hari penjurian (tanggal 31 Desember) dimana harusnya si Emma nyanyi live karena durasi nya cuma 5 menit. Tapi apa daya, mereka gak siap sama microphone nya (padahal udah di konfirmasi lho sebelumnya!). Jadi kacau balau. Tapi gua salut sama Emma. Walaupun gak ada mic, dia tetep nyanyi dengan semangat dan dengan gaya nya semuanya. Kita yang nonton gak bisa denger dia nyanyi apa, tapi juri-juri nya bisa. Dan terbukti, kendaraan hias nya menang Extraordinaire Award di kategori Entertainment! Gua bilang sama Emma, di dunia entertainment gini pasti bisa aja kejadian kayak begini, gak ada mic lah atau mic nya mati lah atau apa lah, tapi the show must go on. Dan si Emma walaupun kita gak suruh, dia udah bisa gitu sendiri. Tetep go on! Gua bilang ama dia kalo jadi entertainer emang mesti gitu, tetep bisa menghibur orang di situasi apapun juga. Bangga dah! (walaupun tetep kesel sama panitianya :P)

Kelar penjurian, kita lewatin rute parade nya. Kayak yang tadi gua bilang, parade ini nih acara gede-gedean di LA. Terbukti sehari sebelumnya (padahal kita lewat nya tuh masih siang lho) kita ngeliat sepanjang jalan yang dilewatin parade nya (sekitar 8 km) tuh udah penuh sama orang yang ngetek tempat! Penuh sepanjang jalan. Rata-rata ngetek pake kursi tapi banyak juga yang sampe bawa kasur lho! Trus bawa meja dan alat BBQ. Gila dah orang-orang kok bisa seniat itu. Walaupun parade nya emang bagus tapi kalo gua sih gak mau deh kalo mesti nginep di jalan. Mana lagi dingin pula kan. Hahaha.

Tanggal 1 Januari nya walaupun kita udah disediain tempat parker tapi tetep mesti nyampe sebelum jam 6 pagi karena setelah jam 6 jalanan-jalanan udah pada ditutup. Jadilah tahun baru, kudu bangun pagi-pagi buta. Hahaha.

Kita nyampe jam setengah 6 pagi. Masih gelap gulita. Itu pun jalanan udah pada ditutup. Kita mesti nunjukkin pass nya baru dikasih masuk. Emma kita gendong aja masih tidur. Jadi di mobil baru makan, sikat gigi, cuci muka, sisir, ganti baju. Hahaha.

Jam setengah 7 gua ama Andrew udah mesti ke grand stand tempat kita duduk. Kita dikasih duduk di grand stand di area yang utama. Mahal lho tiket nontonnya, $110 per orang. Ya kalo gak mau camping ya satu-satunya cara buat nonton mesti bayar. Untung kita dikasih gratis. Another experience yang kita gak bakal pergi sendiri kalo bukan karena Emma diundang. Hahaha. Esther sendiri ikutan duduk di kendaraan hias nya karena mesti nemenin si Emma.

<baju nya Emma ini di-designed sama designer Indonesia, Rika Sulaiman>

Gua ama Andrew sebenernya ditawarin kalo mau ikutan jalan sama kendaraan hias nya. Tapi gua tolak. Gile aja jalan 8 km selama 2 jam. Gua mendingan duduk aja nonton. Hahaha.

Dan parade nya baguuuussss banget! Duh selalu rasanya gimana gitu ya kalo ngeliat sesuatu yang dulunya gua cuma bisa liat di TV dan sekarang bisa liat secara langsung begini. Apalagi trus si Emma nyanyi pula! Ya seneng, ya bangga! πŸ˜€

Kelar parade, kita pergi makan siang trus pulang deh. Malem nya jam 7 udah tidur bablas sampe jam 7 pagi besokannya! Pingsan! Hahaha.

Berkesan banget tahun baru kali ini. Beda dari tahun baru-tahun baru sebelumnya! πŸ˜€

PS. Another highlight di tahun baru… Pas lagi nunggu parade nya mulai, ada orang yang duduk di sebelah Andrew ngajak Andrew ngobrol. Dan dia nunjuk ke gua sambil tanya ke Andrew β€œis that your big brother?”. Huahaha. πŸ˜€