Indonesia Raya

Kalian udah tau kan ya kalo 2 tahun lalu, Emma viral setelah menyanyikan lagu kebangsaan Amerika, Star Spangled Banner (klik disini)?

Nah setelah itu jadi banyak yang request buat Emma nyanyiin Indonesia Raya karena Emma kan orang Indo. Mau ada request atau gak ada request, kita juga pengen kok si Emma belajar nyanyi Indonesia Raya. Secara kita walaupun tinggal di Amerika tapi tetep cinta Indonesia (inget gak gua pernah nulis kalo nasionalisme itu bukan tergantung tinggal dimana? klik disini kalo gak inget) jadi emang udah pasti kita mau Emma bisa nyanyi lagu kebangsaan Indonesia dong ya.

Sebenernya dari taun lalu udah pengen si Emma bikin video nyanyi Indonesia Raya, tapi ternyata taun lalu kita sibuk banget di bulan-bulan Agustus. Bahkan awal September taun lalu sebenernya Emma diundang nyanyi Indonesia Raya sama Konsulat di San Francisco tapi dengan terpaksa kita tolak karena Emma mesti syuting. Nah taun ini kan gak ada kerjaan apa-apa ya secara lagi pandemik, jadi kita niatin deh buat bikin video Emma nyanyi Indonesia Raya. Pas pula Indonesia lagi mau ulang tahun ke 75 kan! πŸ˜€

Tapi mau nyanyinya pegimana? Kalo di Amerika, kan boleh-boleh aja tuh ya nyanyi lagu kebangsaan nya diubah-ubah aransemennya, dikasih runs and riffs and growls. Tapi kalo di Indo? Takut aku sama netijen nya… Huahaha.

Gak sih, bukan takut ama netijen cuma gua tetep mau menghormati peraturan yang berlaku aja. Menurut PP no. 4 tahun 1958 tentang Indonesia Raya (iya lho ini beneran ada PP nya!), secara teknis lagu kebangsaan tidak boleh diperdengarkan dan/atau dinyanyikan dengan nada nada, irama, kata-kata dan gubahan-gubahan lain dari pada yang tertera dalam lampiran-lampiran peraturan ini. Jadi intinya ya itu gak boleh diubah nadanya, gak boleh pake riffs atau runs, apalagi pake growls. Tidak pake saus, tidak pake sambal, juga tidak pake kol! (Apa kabarnya Melissa ya? *serius nanya ini*)

Okay, sebenernya ya gua yakin pasti banyak musisi yang pada gatel deh ngeliat chord nya Indonesia Raya yang standard banget (ala-ala orkestra yang tayang setiap kali TVRI mulai siaran). Padahal kalo chord nya kita ubah-ubah dikit pasti jadi tambah cakep deh. Gua sempet kepikir pengen bikin rada-rada jazzy gitu. Trus gua tanya ke temen gua yang pinter bikin aransemen… dan dia gak berani dong! Hahaha. Dia bilang jangan deh diubah-ubah, nanti malah kenapa-napa. πŸ˜›

Yah ya udah deh, akhirnya gua suruh Emma latian nyanyinya pake orkestra standard ala TVRI. Trus tiap dia latian, gua berasa gak sreg banget. That’s not her. Anyone can sing Indonesia Raya with that jadul orchestra version. Gua gak mau ah bikin video Emma nyanyi lagu Indonesia Raya pake orkestra jadul. Berasa kayak orang lagi upacara bendera. Penghormatan kan bukan cuma pas lagi denger lagu nya di upacara doang kan? Penghormatan juga boleh sambil dinikmati kan? Dan gua sangat gak menikmati denger lagu Indonesia Raya ala-ala upacara bendera gitu.

Trus jadi mikir lagi mesti diapain ini lagu ya supaya lebih ‘Emma’. Yang pasti emang gak boleh pake riffs and runs and growls. I know that and I respect that rules. Mikir mau pake iringan gamelan tapi 2 tahun lalu udah pernah ada yang bikin iya (dan langsung jadi masalah walaupun akhirnya ada pakar hukum yang bilang kalo mestinya gak apa-apa karena gak ada unsur penghinaan). Trus kepikir mau pake iringan biola aja gitu biar lebih syahdu, tapi si Emma main biola nya masih kurang mumpuni (baru belajar vibrato dia sekarang) jadi kalo dia yang main biola nanti malah gak jadi syahdu. Hahaha.

Menurut pasal 60, Indonesia Raya boleh dinyanyikan dengan alat musik (gak mesti orkestra) atau tanpa alat musik (acapella).

Akhirnya gua pikir nyanyi nya acapella aja. Dengan tempo yang dilambatin sedikit (gua udah cek di PP nya gak ada aturan tentang tempo mesti seberapa). Nyanyi nya straight tapi lebih pelan. Lebih dinikmati dan dihayati gitu. Biar yang denger lebih bisa memproses kata demi kata dari lagu Indonesia Raya.

Trus si Emma belakangan ini lagi suka banget nyanyi harmoni. Apalagi kalo lagi misa gereja, kalo pas bagian nyanyi dia suka nyanyi suara dua nya. Jadi pas lagi mikir suruh dia nyanyi Indonesia Raya acapella gua coba pas bagian tengah nya suruh dia nyanyi suara dua nya juga. Trus bagian akhirnya pake harmoni 3 suara. Kalo udah suara 3 gini dia belum bisa nyari sendiri, jadi gua yang nyariin. Trus pas dicoba rekam eh ok juga. Berasa kayak AB3 (hihihi jangan diketawain ya, tapi jaman dulu tuh gua ngefans sama AB3 lho :P).

Jadi setelah segala pertimbangan dan pemikiran yang masak, biar gak melanggar peraturan yang berlaku, tapi tetep bisa menunjukkan ciri khas Emma sebagai penyanyi, ini dia video Emma menyanyikan lagu Indonesia Raya… Semoga pada suka ya! πŸ˜€

PS. Semalem gua kirim video nya ke Addie MS via DM di Instagram… dan dibales lho! Dia bilang Emma berbakat sekali trus kita jadi message-message-an dah. Dia bilang suruh kontek kalo pulang Jakarta. πŸ˜€ Wah moga-moga aja ya someday Emma bisa nyanyi bareng Twilight Orkestra! πŸ˜€