Hamilton

Ada yang tau Alexander Hamilton itu siapa? Gua juga gak tau kok… πŸ˜€ Familiar aja namanya ya tapi gak tau itu siapa. Tadinya gua kirain itu nama salah satu presiden Amerika jaman dulu tapi ternyata bukan. πŸ˜› Hamilton itu salah satu founder nya Amerika.

Nah beberapa taun lalu pas musikal Broadway yang berjudul Hamilton ini mulai main, langsung heboh banget disini. Katanya bagusnya bukan main. Semua selebriti dan orang-orang penting pada pergi nonton dan muji-muji. Tiket nya langsung ludes dan jadi langka, dan tentunya langsung diperjualbelikan sampe ribuan dollar. Gila kan?

Gua mikir apa bagusnya coba pertunjukan musikal kok tentang sejarah. Gua emang bukan orang yang suka sejarah sih. Kebayang betapa bosennya nonton musikal tentang sejarah. Hahaha. Trus lagi yang terkenal banget dari musikal ini adalah karena lagu-lagunya semuanya pake rap. Gua bukan orang yang suka rap semakin skeptis sama pertunjukan musikal tentang sejarah yang pake rap begini. Again, apa bagusnya?

Tapi kok bisa segitu hebohnya ya? Dapet Tony Awards pula. Dan sampe akhirnya mereka pergi tour dan dateng ke LA pun tiketnya langsung ludes tak bersisa.

Trus ternyata Disney ngumumin kalo bakal nge-release rekaman live nya musikal Hamilton (dengan original cast) nya di streaming service Disney+ awal Juli kemaren. Langsung pada heboh lagi disini.

Gua pun jadi penasaran banget. Dan akhirnya jadi korban iklan. Dengan menjustifikasi kalo emang banyak film-film yang kita pengen nonton di Disney+ anyway (kayak Mandalorian karena baby Yoda nya lucu, HSMTMTS karena judul nya aneh banget… eh karena si Emma yang pengen sih πŸ˜› dan juga pengen nonton live action movie nya Lady and The Tramp) jadi dengan terpaksa kita memutuskan untuk menjadi pelanggan Disney+. Gak tanggung-tanggung kita langsung langganan buat setahun (abis dikasih diskon 2 bulan kalo langsung setaun haha).

Begitu Hamilton keluar, langsung rame social media. Semua orang posting abis nonton Hamilton. Sampe bikin watch party gitu. Gua jadi tambah penasaran parah. Dan biasanya kalo gua udah penasaran banget dan punya ekspektasi tinggi, nantinya gua bakal kecewa.

Akhirnya kita pun nonton… Dan ternyata… bagus banget sodara-sodara!

Bagus juga nonton nya di TV, selain jelas banget, plus karena ada subtitle nya! Hahaha. Abis pegimana dong ya, selain kita gak punya latar belakang ceritanya kayak gimana (kalo orang-orang Amerika kan pasti udah belajar pas sekolah, sementara kita di Indo kan gak pernah belajar sejarah Amerika ya) plus bahasa Inggris gua kan pas-pas-an jadi kalo ngedengerin orang nge-rap itu gak bisa ngerti 100%. Hehehe. Kadang mesti tanya Andrew ama Emma juga. πŸ˜›

Tapi beneran bagus banget lho musikal ini. Walaupun ceritanya tentang sejarah tapi seru. Walaupun mereka tuh bikin latar panggung nya minimalis banget, tapi tetep bisa bikin jadi menarik banget. Koreografi nya luar biasa! Gua paling suka pas mereka bikin adegan flashback dan flash forward gitu. Keren abis! Trus aktor-aktornya juga bagus-bagus banget! Dan lagu-lagunya…. walaupun gua bukan penggemar rap, tapi lagu-lagu di Hamilton ini bagus-bagus banget! Rap nya beda gitu… Berasa lebih berkelas! Cieh! Hahaha.

2 jam 45 menit, lama juga lho, tapi gak ada bosen-bosennya sama sekali. Gak heran ya sampe segitunya banget orang-orang yang udah nonton live. Kebayang kalo nonton live pasti lebih keren lagi rasanya!

Nah sebenernya udah lama gua pengen si Emma belajar lagu rap. Kan gua suka nantangin si Emma untuk belajar macem-macem lagu ya, dari klasikal, jazz, blues, R&B sampe rock, cuma rap (ama dangdut) aja yang si Emma belum pernah nyanyiin rasanya. Tapi susah ya nyari lagu rap yang ok itu. Gua suka sama In The End nya Linkin Park tapi si Emma gak suka. Nyari lagu-lagu rap orang item kok pada gak appropriate semua. Hahaha.

Nah Hamilton ini kan banyak tuh lagu-lagu rap. Bagus-bagus semua. Masalahnya lagunya tuh panjang-panjang, rap nya cepet nya luar biasa dan liriknya panjangnya juga luar biasa!

Tapi si Emma bener-bener yang jatuh cinta banget sama lagu-lagu Hamilton, tiap hari ngedengerin lagu-lagunya Hamilton terus, terutama yang judulnya Satisfied. Dan tiba-tiba cuma dalam 2-3 hari, dia bilang ke gua dia udah bisa nih rap nya Satisfied. Padahal asli itu cepet dan panjang banget lho.Β  Dan bukan bisa doang, dia juga hafal! Hahaha gile juga ini anak. Plus dia tuh ngafalin nya cuma dari denger lho, gak pernah ngebaca liriknya. Kok bisa nangkep ya orang ngomong secepet itu? πŸ˜›

Anyway karena udah bisa ya udah kita rekam aja trus mau bikin video nya. Nah so far ini video yang paling niat yang kita bikin. Gimana gak niat, karena ini tentang Hamilton kan baju nya mesti baju jadul (gaya Victorian gitu) ya baru cocok dan Emma gak punya baju model Victorian. Gua langsung ngontek salah satu designer yang pernah kerja bareng buat minjem gaun Victorian. Hari Jumat siang kemaren kita bela-belain nyetir ke Long Beach yang mana karena macet sampe sejam perjalanan! Untungnya pulangnya sekalian bisa beli-beli makanan enak-enak yang gak ada di daerah kita mumpung udah di daerah sana. Hahaha. Trus Sabtunya kita bikin video nya. Kalo biasa kita bikin cuma modal tembok kamar doang sebagai latar, kali ini dengan niatnya kita bikin di luar juga dong biar video nya beda gitu. Hahaha.

Kita bikin video di depannya Sony Pictures karena gua tau ada pilar-pilar gede dan digantung lampu-lampu model kuno gitu. Ribetnya karena itu jalan umum jadi bentar-bentar ada orang lewat. Kita mesti brenti dulu, pake masker. Hahaha.

Akhirnya jadi juga videonya. Andrew yang ngedit-in nih! Dan kita suka juga sama hasilnya. Ya jangan dibandingin sama profesional ya… Buat kita ini udah bagus! πŸ˜€

Silakan ditonton disini ya…

Udah 2 weekend berturut-turut nih ya kita bebikinan video klip buat si Emma. Seru juga sih! Hahaha. Yah mumpung anak-anak masih pada libur ya, dikaryakan biar produktif… πŸ˜€

Ada yang suka sama musikal Hamilton juga?