21 April

Hari ini tanggal 21 April, hari apa hayoooo…. Pasti pada tau dong ya kalo hari ini hari Kartini… Dan pasti udah pada paham bener dong ya siapa itu Kartini dan kenapa kok kita selalu memperingati hari Kartini??

Nah, ini gua mau kasih trivia quiz nih berkenaan dengan Kartini, simak baik-baik ya…

Siapa nama asli Ibu Kartini?

Jawabannya adalah… Harum! Plok plok plok!!

Huuuuuu… basi!!! Basi!!!

Tenang.. tenang.. itu becanda doang kok. Pemikiran gua gak mungkin sebasi itu dong… Pastinya akan lebih canggih dan fenomenal! πŸ˜›

Ini dia trivia quiz dari gua:

1. Kenapa cuma Kartini satu-satunya pahlawan Indonesia yang hari-nya diperingati pake namanya sendiri? Maksud gua ya itu, kenapa disebutnya hari Kartini. Kenapa bukan disebut hari emansipasi wanita misalnya, sesuai dengan apa yang diperjuangkan. Soalnya kalo pahlawan lain gak ada tuh yang diperingati pake namanya. Misalnya 2 Mei itu hari pendidikan nasional, bukan hari Ki Hajar Dewantara. Atau 10 November hari pahlawan, gak ada disebutin nama pahlawannya siapa. Kenapa cuma Kartini yang dapet privilege itu? Atas dasar apa? Apa dianggap perjuangannya yang paling hebat? Mestinya gak juga dong ya. Banyak pahlawan lain (bahkan yang juga perempuan) yang melawan penjajah. Misalnya Cut Njak Dien. Tapi gak diperingati tuh. Padahal kalo kita masih dijajah, juga susah untuk mau emansipasi kan…

2. Yang diperjuangkan Kartini itu emansipasi wanita kan ya, bukan melestarikan aneka ragam budaya Indonesia. Trus kenapa tiap hari Kartini selalu diperingati dengan memakai baju-baju daerah? Apa hubungannya baju daerah ama emansipasi wanita? Mestinya cara perayaannya tuh ya kalo di sekolah ya anak-anak perempuan yang piket, ngapus papan tulis, menjawab pertanyaan-pertanyaan guru. Anak-anak laki cukup duduk dan mendengarkan aja. Trus kalo di dunia kerja, para karyawan wanita mentraktir karyawan yang laki makan siang. Nah jadi lebih jelas kan emansipasinya. πŸ˜›

Trus lagi kenapa cuma pas hari Kartini yang ada acara di sekolah-sekolah ya. Ada fashion show lah, parade lah… Kenapa pas hari pendidikan nasional dan hari pahlawan gak ada acara? Hayooo kenapa hayooo… gak adil kan… πŸ˜›

3. Pernah merhatiin gak kalo di Jakarta tuh nama jalan yang pake nama pahlawan biasanya selalu jalan gede dan lurus-lurus aja. Kayak Thamrin, Sudirman, Gajah Mada, Hayam Wuruk, Juanda.Β Dan nama-nama itu gak dipake untuk jalan-jalan kecil alias gang-gang di sekitarnya. Coba liat di Gajah Mada, gang-gang nya namanya bukan Gajah Mada lagi, tapi Kemakmuran, Kemurnian, dll. Gitu juga di Juanda, gang-gangnya namanya Veteran 1, Veteran 2, dst. Nah cuma Kartini yang beda sendiri. Udah jalanannya kecil, banyak gang nya pula. Ada Kartini 1, Kartini 2, Kartini 3… Hehehe.

Ibu kita yang satu ini emang sensasional ya… maunya lain dari yang lain! πŸ™‚

*Duh pemikiran gua ini gak penting banget ya! :P*

Selamat hari Kartini!

Iklan