Bus Kota

Pindah kemari emang jadi banyak hal-hal baru dalam hidup gua. Salah satunya adalah gua jadi harus belajar naik bus untuk pergi dan pulang kantor. Gak tiap hari sih, cuma 2-3 kali seminggu, waktu mobilnya dipake Esther.

Sekarang gua jadi paham duka-dukanya (gak ada sukanya kan ya? hehe) sebagai penumpang bus. Tau gimana keselnya nungguin bus yang telat dateng (plus kedinginan kalo pas lagi musim dingin)… Tau gimana deg-deg-annya pas kita udah liat bus nya udah mau nyampe halte padahal kitanya masih rada jauh dari sono, jadi mesti lari-lari takut ditinggal bus… Tau gimana sedihnya pas ketinggalan bus, padahal udah bela-belain lari, eh telat beberapa detik doang… Tau gimana bosennya bengong-bengong di dalem bus kalo pas jalanan lagi macet!

Nah untuk yang terakhir nih, untung ada blackberry ya, jadi masih bisa chatting atau bw. Tapi kadang gak bisa juga, karena kalo kelamaan baca di bus kok jadi mabok ya. Hahaha. Udah gitu gak selalu ada yang bisa dibaca pas jam-jam gua di bus.

Nah kalo udah mati gaya gitu, paling asik ya ngeliat-ngeliatin penumpang lain di bus, ya gak?? Hehehe. Emang sih kebanyakan penumpang bus ya orang kantoran yang biasa-biasa aja, tapi suka ada juga lho penumpang yang ‘gak biasa’.

1. Orang gila.
Ini sih gua udah pernah cerita ya dulu. Nah selain orang gila yang gua udah pernah ceritain waktu itu, pernah sekali pas lagi nunggu bus, ada 1 nenek-nenek. Pertamanya sih dia nanya apa bener bus ini bakal lewat Social Security Office. Trus gua bilang bener. Eh trus dia nerusin obrolannya. Dia bilang dia abis kecopetan, jadi dompetnya ilang termasuk kartu Social Security Number nya. Dia udah lapor polisi dan sekarang harus ke SS office untuk ngurusin supaya gak sampe identitasnya disalahgunain ama si pencuri. Eh gak brenti ceritanya, dia trus nanya gua kerja dimana, asal mana. Trus dia cerita anaknya juga kerja IT, tapi tinggal di San Francisco. Udah gitu trus juga cerita menantunya yang gak suka masak lah, ini lah, itu lah. Yah orangnya sih keliatannya baik jadi ya gua dengerin aja ceritanya. Sampe pas naik bus pun dia tanya lagi ama supirnya bener bakal lewat SS office gak. Trus ya udah di bus gua gak duduk sebelah dia. Tapi gua liat dia beneran turun pas bus nya brenti di SS office.

Setelah beberapa bulan berikutnya, gua ngeliat dia lagi di bus. Gua duduk bukan di sebelahnya tapi di belakangnya, jadi gua bisa denger dia ngomong apa. Ternyata dia lagi tanya ama yang duduk di sebelahnya apa bener bus ini bakal lewat SS office. Trus dia cerita gimana dia abis kecopetan dan lain-lain, sama persis ama cerita yang dia dulu ceritain ke gua! Huehehehe. Aneh gak tuh… πŸ˜› Gua gak tau apa sebenernya si nenek ini gak waras atau pikun ya.Β  Gak ngerti juga sih, tapi setelah itu belum ketemu ama si nenek ini lagi, gak tau kalo dia naik bus yang jam nya beda-beda. Hehehe.

2. Orang yang dandanannya aneh-aneh.
Nah kalo ini terutama biasanya anak-anak sekolahan, terutama lagi orang-orang Jepang. Hehehe. Mereka emang berani-berani kalo dandan. Gak cowok gak cewek. Aneh-aneh. Pernah ada cewek yang atasnya pake jaket tertutup (emang lagi dingin waktu itu) tapi pake celana pendek yang super pendek! Trus dia duduknya di barisan paling depan pula. Nah setelah kursi barisan paling depan itu ada lagi kursi-kursi yang duduknya ngadep samping. Pas di kursi yang ngadep samping itu ada cowok yang duduk. Ini yang lucu, gua perhatiin aja tuh cowok gelisah mulu. Kepalanya muter-muter, ngeliat ke depan ke belakang ke depan ke belakang. Hahaha. Mungkin dia pengen ngeliat tuh cewek tapi takut terlalu obvious ya.

Trus lagi, gua gak tau ya di Indo gimana, tapi disini tuh anak-anak cowok suka banget pake celana yang melorot sampe di paha gitu, trus keliatan boxer nya kotak-kotak. Yah kalo yang pake anak ABG sih masih gak apa ya (walaupun tetep menurut gua gak ada keren-kerennya pake celana model begitu), nah tapi gua perhatiin ada 1 bapak-bapak (bule sekitar 40-an tahun lah) yang selalu pake celananya juga begitu lho! Gile banget gak sih, gak cocok banget ama tampangnya. Hahahaha. Mau sok muda kali ya tuh bapak… πŸ˜›

3. Orang norak.
Pernah sekali pas pulang kantor gua liat di bus ada 1 cowok yang keren banget. Beneran keren lho dari ujung rambut sampe ujung kaki, model kayak rocker gitu gayanya. Tadinya gua pikir jangan-jangan artis, tapi masa artis naik bus ya? πŸ˜› Pas kebetulan waktu itu bus nya brenti rada lama karena kena lampu merah, eh si ‘rocker‘ ini trus berdiri ke depan (sebelah supir) trus ngeluarin kamera, trus motret-motret logo MTV di gedung kantor gua! Sampe ama supirnya diomelin disuruh duduk. Huahahaha. Ternyata ‘rocker’ kampung! πŸ˜› Gak sampe disitu, ini orang bener-bener kampungan, soalnya abis duduk, dia pasang earphone yang lagunya kenceng banget sampe semua orang bisa denger! Entah dia nya budeg atau earphonenya merk nya Sunny atau Sonie kali ya jadi gak kedap suara gitu. πŸ˜› Sampe orang-orang pada sebel ngeliatin ini orang dan dia nya ya cuek aja gitu sambil ngeliat-ngeliat peta. Oooo turis ternyata. Tapi perasaan, sekampung-kampungnya gua, pas pertama kali dateng kemari juga gak sampe motret-motret logo MTV atau logo lainnya di gedung-gedung kantor dah. πŸ˜› Kayak dulu pas gua pindah ke Jakarta dari Surabaya, juga gua gak sampe motret logo RCTI pas lewat gedung kantornya. Hehehe.

4. Orang sakit.
Nah ini nih yang baru belakangan gua perhatiin. Banyak bener orang sakit di dalam bus ya! Sakit dalam arti sesungguhnya. Ya pilek, ya batuk, ya bersin. Ampun dah!

Dan sekarang, gua lagi menderita batuk parah sampe suara ilang. Belum pernah lho gua seumur-umur batuk tuh sampe suara ilang. Dulu gua kalo ngeliat orang yang suaranya ilang karena batuk suka berasa aneh. Masa iya sih beneran bisa ilang gitu suaranya? Hehehe. Nah sekarang gua baru ngalamin dah. Gile tenggorokannya sakit banget pula. Ampun dah!!!

Doaken semoga gua cepet sembuh ya! Kemaren mau makan KFC jadi gak boleh deh ama Esther… πŸ˜›

5. Orang cakep.
Lho ituΒ mah gua dong ya? Hahahaha.

PS. Ada yang juga pernah ketemu orang aneh bin ajaibΒ gak di dalem bus?? πŸ™‚