Recipe For Dummies: Kolenak

kol

Kalo di Bandung ada yang namanya Colenak, nah ini gua kasih resep yang namanya Kolenak! Dijamin ini lebih enak daripada Colenak dan tentunya lebih bergizi dong! πŸ˜› Resep ini tentunya bukan orginally gua yang nyiptain (gua kan gak kreatif!), resep ini terinspirasi (bukan terinspirasi lagi sih sebenernya, tapi emang nyomot) dari menu Thai Sausage nya Typhoon.

Bahan-Bahan:

1. Kol (namanya juga Kolenak, jadi bahan utamanya pasti sayur kol), yang udah dicuci dan dilepas-lepasin kelopaknya dan dipotong-potong dengan ukuran 8,5 cm X 8,5 cm. Ukurannya harus tepat 8,5 cm ya. Kalo berkurang jadi 8 cm aja udah beda rasanya… Buat pembenci sayuran, jangan keder duluan, ikuti dulu semua resepnya, ditanggung enak kok! Gua kan juga gak suka makan sayuran tapi terbukti suka ama Kolenak ini.

2. Sosis goreng, potong serong dengan ketebalan sekitar 1 cm kurang dikit.
Gua gak akan nulis gimana caranya ngegoreng sosis karena ini kan recipe for dummies, dalam artian buat orang yang bener-bener gak bisa masak secara literally ya. Bukan orang yang bilangnya gak bisa masak tapi bisa bikin nasi goreng atau spaghetti, itu namanya bisa masak, mas! πŸ˜› Jadi kalo orang gak bisa masak, artinya dia pasti gak bisa ngegoreng sosis. Makanya bahan Kolenak ini gua tulis sosis goreng instead of sosis, yang artinya mintalah tolong pada istrimu atau siapapun juga untuk ngegorengin sosisnya dulu!
Oh ya, sosisnya jangan yang kecil-kecil kayak sosis hotdog gitu, jadi sosis yang rada gemuk bentuknya. Yang gua rekomendasiin adalah bokwurst nya Solina. Mantep banget ini sosis! Oh kenapa gak ada yang masukin sosis Solina ke sini ya… Disini gak ada sosis yang enak! Huhuhuhu… :((

3. Daun Cilantro (alias daun ketumbar), cuci bersih dan dipotek-potek sekitar 2 daun.

4. Cabe ijo kecil diiris kecil-kecil.

Cara Membuat:

1. Ambil selembar kol, taruh 1 potong sosis di atas kol, trus taruh cilantro di atas sosis, trus taruh cabe ijo (kalo gua sih cuma 1 potong, kalo mau 2 potong ya boleh sih) di atas sosis, trus lipet kol nya supaya nutup. Perhatian: susunannya harus tepat ya! Kol dulu trus sosis trus cilantro baru cabe. Jangan kebalik-balik lho!! Trus dimakan deh!

Gampang banget kan? Step cara membuatnya pun cuma 1 step doang! Dan sumpah enak banget! Padahal cuma gitu doang ya… tapi rasanya mantep!! Sosis dicampur cilantro tuh rasanya jadi sensasional… hehe (rada berlebihan gak apa lah ya). Kol nya nambah sensasi jadi ada yang kres-kres gitu (apa coba… tapi pada ngerti kan maksudnya?). Dan cabe nya biar ada pedes-pedesnya dikit. Nikmat banget dah!!!

Terbukti Andrew pun suka! Tapi Andrew makannya gak pake kol, gak pake cilantro, dan gak pake cabe! Huehehehe… emang dia doyan makan sosis aja sih… πŸ˜›

PS. Motong kol nya gak perlu persis 8,5 cm kok.. Lebih kurang gak apa… Rasanya sama aja! Hehe.

PS lagi. Susunan kol, sosis, cilantro, dan cabe boleh dibulak-balik kok kalo mau. Yang pasti kudu kol dulu. Abis itu mau cilantro dulu baru sosis ya silakan. Yang jangan tuh kalo lu naroh cabe dulu, trus baru sosis trus kol trus cilantro… ribet megangnya. πŸ˜›

Selamat menikmati!

Iklan