First Trimester Screening

Tadi siang kita ke rumah sakit untuk first trimester screening ultrasound. Sebelum ini emang tiap ke dokter juga udah USG, tapi gak pernah diliat detail banget. Paling diukur panjangnya sama denger detak jantungnya aja. Dan itupun pake mesin USG yang kuno gitu, gembel dah pokoknya. Hahaha.

Nah tadi ini kita dateng khusus untuk USG aja. Pake mesin yang rada bagusan (padahal gua inget kalo di Indo mah tiap kali ke dokter udah pasti di USG pake mesin yang bagus dah… :P) dan dokternya ngeliatin bayinya lebih detil. Jadi tujuan screening kali ini adalah untuk ngeliat apakah bayinya ada kecenderungan gak normal (down syndrome) atau gak. Dari USG bisa diliat katanya kalo bayinya DS itu gak ada nasal bone dan leher nya lebih tebal dari normal. Selain itu juga disuruh test darah untuk ngeliat DS ini juga. Walaupun test-test ini gak menjamin 100% bener tapi ya at least bisa ngeliat kalo ada tanda-tanda ke arah sana.

Flashback dikit ya… Agenda mau USG ini udah jadi agenda yang kita tunggu-tunggu banget nih. Gak sabar banget pengen liat si dedek. Apalagi si Andrew, wah nih anak excited nya bukan main. Dari kemaren dia udah ngomong ke gurunya kalo besoknya dia bakal ngeliat dedek. Trus udah gitu ya dari kemaren pagi dia udah bingung sendiri… Mikirin apa tau gak? Dia mikirin gimana pengaturan acara jemput-menjemput dan pergi ke rumah sakit! Huahahaha.

Jadi tadi pagi kan Esther ngebantu di sekolah tuh. Sementara gua tetep kerja kan pagi dan siang baru minta ijin pulang. Eh ternyata si Andrew bener-bener mikirin banget seharian buat hari ini mau gimana perginya. Sampe kemaren malem akhirnya dia ngasih ide ke kita. Dia bilang ntar mommy abis bantu di sekolah pulang dulu biar bisa ambil barang (maksudnya ngambil tas kali ya). Trus siang mommy jemput Andrew di sekolah. Daddy dari kantor langsung jemput Andrew dan mommy di sekolah trus sama-sama ke rumah sakit.

Ya emang kita rencananya begitu sih tapi kita gak ngomong ke dia. Eh dia saking kepikirannya mikirin dari pagi sampe malem dia berkesimpulan begitu juga! Huahaha. Aneh aja nih anak, masa begitu aja dipikirin…. πŸ˜› Ini sebenernya calon koko apa calon kakek ya? Kebanyakan mikir kayaknya… πŸ˜›

Trus tadi pagi pun di sekolah kan awal-awal tuh anak-anak boleh tunjuk tangan trus boleh cerita apa aja di kelas. Si Andrew dong langsung tunjuk tangan dan cerita kalo ntar siang dia bakal ke rumah sakit mau liat dedek! Huahahaha.

Ok balik ke USG. Jadi hasil USG nya semuanya bagus. Bayinya ukurannya normal (sekitar 5 cm sekarang ini). Trus tebal leher nya juga normal. Nasal bone nya ada. Dan dokternya bilang bayinya aktif banget, sampe dia mesti nyari-nyari terus soalnya bayinya gerak-gerak mulu. Lucu deh. Si Andrew juga selama ngeliatin USG tuh ngoceh terus. Dia bilang dia liat kepalanya, liat rambutnya (padahal kan belum ada). Hahaha. Oh ya, placenta nya juga bagus. So far gak placenta previa. Moga-moga aja sampe lahir juga gak placenta previa deh.

Keliatan gak tuh bayinya? Itu keliatan dari belakang, jadi paling kanan itu kepalanya, trus punggungnya, dan keliatan sedikit kakinya karena lagi nekuk.

Udah gitu kita dikasih DVD nya juga ama si dokter selain dikasih foto USG nya. Jadi sampe rumah kita bisa nonton lagi, biar lebih jelas ngeliatnya. Trus kita juga kasih liat Andrew mana kepalanya, mana badannya, kakinya, dan tangannya. Lucu banget dah. πŸ˜€

Yang gak asik, belum ketauan nih cowok apa ceweknya. πŸ˜› Padahal gua udah nanya ke dokternya bisa liat gak. Tapi dokternya bilang masih kekecilan, gak reliable. Dia takut disalahin kali ya kalo ternyata hasilnya salah. Hahaha.

Kalo kita ngeliat dari chart yang dari kalender China (kombinasi dari umur ibu dan bulan konsepsi) sih hasilnya bakal cewek. Kita sih sebenernya gak masalah ya mau cowok atau cewek. Tapi kalo ketauan dari sekarang kan kita bisa nyicil beli baju-baju nya gitu. Mumpung sekarang ini lagi sale buat baju-baju Winter… Kan bisa kita bisa nyetok dulu buat Winter berikutnya. Hehehe. πŸ˜›

Yah begitulah cerita USG nya. Moga-moga aja hasil test darahnya juga semuanya normal. Next screening dijadwalin bulan Maret untuk anatomy screening. Katanya sih ntar ini bakal bisa keliatan gender nya. Duh lama banget ya… masih 2 bulan lagi… πŸ˜€

Masih cerita tentang kehamilan, ternyata ya bos gua istrinya juga lagi hamil. Kalo kita due nya akhir Juli, istrinya bos gua bakal awal Agustus. Yang lebih lucu lagi… ternyata temen 1 team gua juga lagi hamil! Temen gua ini due nya awal Juli. Hahaha. Jadi kita bertiga dalam 1 team bakal punya anak dalam waktu yang berdekatan. Padahal ntar Juli itu bakal ada project pula. πŸ˜› Untung dari kita bertiga yang cewek cuma 1. Kalo tiga-tiga nya cewek gimana coba ya. Hahaha.

Yang lucu ya, ternyata orang bule juga suka rahasia-rahasiaan ya. Gua kirain cuma orang Indo yang suka rahasia-rahasiaan kalo lagi hamil. πŸ˜› Eh ternyata bos ama temen gua itu masih maunya dirahasiain lho tentang kehamilannya ini, belum mau ngasih tau orang-orang lain (yang diluar team kita). Bos gua malah tanya ke gua, kalo gua mau ngasih tau gak. Lha gua lagi ditanya. Gua ama Esther mah paling gak bisa lah nyimpen-nyimpen berita-berita bahagia begini. Begitu tau hamil ya langsung tersebar kemana-mana (buktinya sampe ditulis di blog :P). Huahahaha. Di kantor aja walaupun gua cuma cerita ama yang deket-deket, tapi sampe orang-orang Accounting Finance pada tau semua dan nyelametin gua. Gak tau juga mereka tau dari mana. Hahaha.

Tapi buat gua ya gak masalah lah. Namanya juga berita bahagia ya… Kenapa mesti dirahasiain sih? Ya gak sih? πŸ˜€

Jadi pengen cepet-cepet Maret nih… Hehe. πŸ™‚