Bulan Juni Ini…

Cerita Tentang Film Like Stars On Earth (Taare Zameen Par)

1. Film Indihe ketiga yang kita tonton so far, setelah Slumdog Millionaire dan 3 Idiots. Well, ada yang bilang sih Slumdog mah gak diitung film Indihe karena udah ter-Hollywood-isasi.

2. Film ini keluaran tahun 2007, tapi kok gak pernah kedengeran ya? Gak heboh kayak pas 3 Idiots keluar dulu. Makanya pas temen kantor gua (orang Indihe juga) merekomendasikan film ini pas kita lagi sama-sama nyari DVD di library kantor, awalnya gua sih skeptis ama film ini. Tapi ya tetep gua pinjem aja abis gak enak ati ama temen gua kan. Eh ternyata setelah gua baca-baca di internet, keliatannya film ini menarik juga.

3. Film ini bercerita tentang seorang anak berusia 8 tahun, Ishaan, yang bener-bener trouble maker banget dah. Sekolahnya gak karuan, males belajar, suka berantem, suka marah-marah, gak mau nurut. You name it. Orang tua nya yang sampe udah gak tau mesti gimana lagi nanganin si Ishaan, akhirnya memutuskan untuk naruh Ishaan di sekolah berasrama dengan tujuan supaya dididik lebih keras.

4. Gua bilang film ini bagus banget ditonton para orang tua, karena film ini sangat menyentil banget. Yah walaupun emang tokoh Ishaan ini sangat ekstrim dan (mudah-mudahan) anak-anak kita ya gak se-ekstrim Ishaan, tapi orang tua mana sih yang gak pernah ngalamin kayak gini… Anak gak bisa diomongin, gak bisa fokus, disuruh belajar malah bengong. Akhirnya kita marah-marah. Trus kalo udah dimarahin, anaknya minta-minta maaf, janji gak akan mengulangi lagi. Tapi pada akhirnya ya diulangi lagi, diulangi lagi. Sound familiar? πŸ˜€

Padahal pernah kepikir gak sih kalo kita marah-marah itu emangnya menyelesaikan masalah? Yah ternyata dengan marah-marah, dengan cara keras, itu emang bikin anak minta maaf, tapi gak membuat mereka gak mengulangi lagi di masa depan. Alias, gak efektif gitu.

Karena sebenernya… yang harus dilakukan orang tua adalah menganalisa, mencari tau, kenapa kok anak kita begitu. Anak jadi males, gak mau nurut, gak mau belajar itu adalah gejalanya doang, bukan akar masalahnya. Sama kayak anak demam, itu gejala, tapi bukan penyakitnya. Nah jadi yang perlu dicari tuh penyakitnya apa, baru bisa diobati. Kalo cuma fokus di gejalanya, ya gak bisa diobati dan gak akan pernah selesai tuntas masalahnya.

Sesuai tag line nya β€˜Every Child Is Special’, emang tiap anak itu beda-beda masalahnya. Jadi ya orang tua nya harus lebih perhatian untuk lebih mengenal masing-masing anak dan nyari cara dan pendekatan yang paling cocok untuk si anak itu.

Asli nonton film ini bagaikan tertampar-tampar. Inspiring banget dah film ini. Dan anak yang main jadi Ishaan itu bagus sekali acting nya. Filmnya juga dikemas nya bagus banget. Sinematografi nya mantap abis. Music score nya juga bagus. Semuanya bagus dah. Yang disayangkan ya cuma bagian nyanyi-nyanyinya yang kepanjangan menurut gua. Hahaha. Tapi yah, what you expect… Namanya juga film Indihe, pasti ada nyanyi-nyanyiannya. πŸ˜› Sebenernya, ada nyanyi-nyanyi menurut gua sih ok ok aja ya. Tapi lagunya itu lho, harusnya gak usah sepanjang itu. πŸ˜›

5. Anyway, gua kasih film ini nilai 8.5. Dan sangat recommended buat para orang tua untuk nonton film ini deh!

Cerita Tentang Pencurian Foto

1. Again? Yup, again!

Belum juga sebulan, ternyata kasus pencurian foto terjadi lagi! Capeeee deeeehhh… πŸ˜›

2. Kali ini fotonya Emma yang diambil tanpa ijin dan dipejeng di wall FB fan page nya salah satu merk diaper ternama (yang namanya pake β€˜peluk-pelukan’ itu lho…). Dan tak lupa dipejeng di Twitter nya juga.Β  By the way, thanks buat Yulia Halim yang udah ngasih tau kita tentang hal ini.

<ini screenshot dari Twitter nya, yang di FB gak gua save screenshot nya>

3. Komplein lewat FB, gak ada tanggapan karena di Indo udah midnight (fyi, fotonya udah banyak yang komen secara follower nya page ini ratusan ribu orang). Yang ada malah ada yang komen balik tanya ke kita β€œfotonya bukan bunda yang kirim sendiri?”. Menurut situuuuuu??? Kalo kita yang ngirim masa kita komplein sih mbak… Nah tapi emang disini semakin terlihat keanehannya. Jadi ternyata banyaaaak lho orang-orang yang ngirim foto anaknya ke FB page tersebut (di Twitter nya juga). Trus pertanyaannya, kenapa gak ngambil foto yang emang dikirim orang-orang itu aja sih? Kenapa masih harus ngambil foto orang lain tanpa ijin? Tanya kenapa!

Akhirnya karena gak ada tanggapan, gua langsung report ke FB. Dan kali ini FB cepet banget tindakannya. Cuma dalam beberapa jam, jebret, itu foto langsung di-removed. Mantap. πŸ˜€

4. Komplein juga dong lewat Twitter secara fotonya juga dipejeng di Twitter. Yang akhirnya ditanggapi juga dengan permintaan maaf dan fotonya di-delete.

5. Mau tau alesannya? Karena dapet fotonya dari Google!

Again? Yup, again! Mari kita pingsan sama-sama!

Please guys, sekali lagi gua ingetin, Google hanyalah mesin pencari! Bukan pemilik foto/tulisan/video yang lu cari! Ngomong β€˜dapet fotonya dari Google’ itu sama aja dengan mempermalukan diri sendiri (karena gak bisa membedakan mana yang cuma ngebantuin nyari dan mana yang beneran pemiliknya). Maap kalo terdengar kasar, tapi emang begitu kenyataannya.

6. Yang lebih konyolnya lagi, di website resmi nya si merkΒ diaper terkenal itu (yang mana link nya ditulis di profile FB dan Twitter yang nyolong foto gua itu), ada tertulis yang intinya dilarang mengambil isi dari website tersebut tanpa ijin tertulis dari mereka. Lha situ bisa ngomong gitu, tapi kok situ malah ngambil isi dari website orang lain tanpa ijin tertulis? Tanya kenapa.

7. Anyway, banyak yang menyarankan gua untuk menuntut si merk diaper terkenal itu. Hmmm… gua sih males lah untuk memperpanjang urusan, secara tau sendiri kan hukum di Indo itu kayak apa. Plus lagi, ngurusin beginian tuh bikin cape ati sendiri. Jadi ya udah lah asal udah dihapus dan udah minta maaf ya gua anggep case closed aja dah ya.

8. Tapi sekali lagi, gua pengen ngingetin para pengguna internet sekalian bahwa seluruh isi di sebuah website (tulisan, foto, video) itu otomatis ada copyright nya lho. Coba baca disini: www.copyright.gov. Semua hasil karya itu langsung terlindungi copyright nya sejak karya itu diterbitkan, tanpa perlu didaftarkan!

Jadi hati-hati sekali lagi, kalo kalian ngambil isi sebuah website yang merupakan hasil karya seseorang tanpa ijin, itu sama saja dengan mencuri. Dan bisa ditindak hukum lho.

Hargailah hasil karya orang lain! Karena kalian juga pengen hasil karya kalian dihargai orang juga kan?

9. Waktu gua berkoar-koar soal ini di Twitter, banyak sekali temen yang menyampaikan perhatiannya. Thanks a lot guys! Tapi, juga balik lagi dapet response yang satu ini β€˜lain kali di-watermark aja’.

Again? Yup, again.

Gua yakin 1000% sih maksudnya baik. Perhatian gitu. I have no doubt at all on their good intention. Tapi rasanya waktu itu gua udah sampe panjang ngomong tentang watermark nya sampe pake analogi-analogi segala ya. Gua udah bingung sekarang mesti gimana lagi jelasinnya kenapa gua gak pake watermark. *deep sigh*

Gini aja deh:

Gimana biar foto gak dicolong? Di-watermark.
Gimana biar foto yang di-watermark gak di-edit dan diilangin watermark nya (karena ini kejadian nyata lho, ada blogger lain yang fotonya udah di-watermark tetep dicolong dengan cara di-edit watermark nya)? Di-watermark di seluruh foto, sampe fotonya gak keliatan lagi. *jadi maksudnya gak usah naruh foto aja gitu?*
Gimana kalo fotonya udah gak dicolong (karena toh gambarnya udah gak keliatan kan karena penuh watermark), trus tulisannya yang di copy paste? Di-password.
Gimana kalo password nya di-hack trus isinya dicolong lagi? Gak usah ngeblog.

Kesimpulannya: biar foto gak dicolong, jangan ngeblog!

Biar uang gak dirampok orang, jangan kerja (jadi gak punya uang yang bisa dirampok)!
Biar gak ditabrak mobil yang disetir orang mabuk, jangan keluar rumah (tidur aja terus)!
Biar gak di-bully temen sekolah, jangan sekolah!

Nah, gimana menurut kalian? Apa bener harus begitu?

Jadi sampai sekarang gua tetep berpendapat bahwa watermark itu gak menyelesaikan masalah. Jadi kalo ada yang nyolong foto gua karena gak gua watermark, gua tetep bukan pihak yang salah. Yang salah ya yang nyolong itu! Karena dilihat dari sudut pandang manapun, yang namanya tindakan mencuri ya jelas salah. Jadi tentu harus ditindak!

Moga-moga semua paham ya ama maksud gua…

10. Ya sudahlah, sekali lagi gua berharap moga-moga kejadian ini gak akan ada lagi di masa depan. Dan kalo sampe masih ada yang nyolong-nyolong foto/tulisan/video di blog gua ini, gua sumpahin dosanya berkali-kali lipet!!!

Cerita Tentang Sakit

1. Tanggal 19 Juni kemaren adalah hari terakhir musim Semi. Dan ternyata peralihan musim Semi ke musim Panas kemaren malah harus gua lewatkan dengan meringkuk kesakitan! 😦

2. Yup kemaren ini gua demam tinggi, plus mual, dan muntah-muntah. Meriang bukan main. Sampe udah pake baju tangan panjang, celana panjang, kaos kaki, selimutan, tetep aja kedinginan. Sengsara banget dah. Untungnya setelah 2 hari, akhirnya udah sembuh total. Moga-moga gak sakit-sakit lagi dah.

3. Yang lucunya, entah sugesti atau apa, pasΒ weekend sebelum sakit itu gua tiba-tiba kepikiran kalo gua pengen bolos kerja. Mau pura-pura sakit aja gitu. Nah berhubung berdasarkan pengalaman yang lalu-lalu, kalo gua sampe bolos kerja dengan pura-pura sakit yang ada malah jadi sakit beneran (atau anak yang sakit), jadi gua berusaha banget menekan pikiran gua sendiri kalo gua gak mau ah bolos kerja pake pura-pura sakit begitu. Daripada ntar ada yang sakit beneran kan.

Tapi entah kenapa, refleks kepikir terus aja tuh selama weekend. Hari Seninnya sih udah lupa tuh, udah gak mikirin. Eh malah trus hari Selasanya jadi sakit beneran! Ampun dah! Jadi serem nih, jangan sampe kepikir-kepikiran begitu lagi… πŸ˜›

Cerita Tentang Bonus

Manaaaaaaaaaaaaa bonus gua!!!! Huhuhu. Udah sampe mau abis gini bulan Juni nya, tapi yang namanya bonus tahunan nya kok gak dateng-dateng juga (taun-taun lalu biasanya dibaginya di awal bulan Juni)… Moga-moga segera dah ya…

Ya udah gitu aja deh ceritanya di bulan Juni. Bulan yang penuh warna warni. Ada yang seru-seru dan bikin seneng, tapi ada juga yang gak asik-gak asik dan bikin sedih… πŸ˜›

Gak sabar udah mau bulan Juli nih… Bokap nyokap ama cici gua mau dateng!!! Yaaaaayyyy!!! Moga-moga semua rencana kita berjalan lancar semua ya… πŸ˜€

Iklan