Petak Umpet

there’s really nothing quite so sweet

as tiny little baby feet

-anonymous

Sejak Emma semakin lancar jalannya, dia suka banget ngintilin kita kemanapun kita pergi. Dan kemaren ini pas gua abis makan siang, si Emma pun ngintilin gua yang lagi menuju kamar karena mau sikat gigi.

Iseng, gua cepet-cepet masuk kamar trus ngumpet di belakang crib dia. Begitu Emma nyampe di ambang pintu, dia bingung gitu karena gua gak ada. Kocak dah ekspresinya, dia kayak bingung antara mau masuk atau dia mesti kemana. Trus dia nyari gua ke belakang pintu, dan gak ada juga kan. Bingung lagi dia, cuma berdiri diem gitu.

Akhirnya gua panggil-panggil, tapi tetep masih ngumpet. Baru trus dia jalan lagi ngikutin arah suara gua. Pas udah sampe di belakang crib, gua keluar sambil bilang β€œBAAA”! Hihihi. Kaget dah si Emma sambil ketawa-ketawa. Nih anak emang demen banget dikagetin. πŸ˜€

Jadilah gua kepikiran buat ngajakin dia main petak umpet sekalian. This would be Emma’s first hide and seek! πŸ˜€

Kelar sikat gigi, setelah kita sama-sama jalan keluar kamar, gua langsung masuk kamar lagi dan kali ini gua ngumpet di samping ranjang. Kali ini berhubung gua ngumpetnya sambil mau ngintipin Emma, jadi kepala gua rada nongol dan si Emma jadi ngeliat deh.

Langsung Emma cepet-cepet jalan nyamperin gua, dan dia yang bilang β€œBAAA” duluan! Huahaha.

Yang paling kocak, setelah itu kan gua jalan keluar dong ya, ceritanya mau ngumpet ke tempat lain. Eh pas gua nengok ke belakang, si Emma nya udah gak ada! Ternyata… dia lagi ngumpet!

Jadi dia jongkok gitu di samping ranjang, tempat gua ngumpet tadi. Dia jongkok sambil kadang kepalanya ngintip-ngintip ngeliatin gua. Gua pura-pura aja gak liat sambil ngomong β€œEmma mana ya? Emma mana ya?”. Trus pas gua udah deket di tempat dia ngumpet, si Emma keluar sambil teriak β€œBAAA”! Huahaha. Lucu to the max! Ternyata Emma udah bisa diajak main petak umpet. πŸ˜€

Kalo gak inget waktu itu udah ampir jam 1 siang dan gua kudu balik ke kantor sih gua pengennya main petak umpet terus ama Emma. πŸ˜€ Boleh gak ya gua main di rumah aja ama Emma tapi tetep digaji? πŸ˜›

Btw, ngomongin petak umpet, yang juga konyol itu kalo lagi main petak umpet ama Andrew. Kalo bagian dia yang ngumpet sih gak pernah sukses secara si Andrew ini sangat amat gak betah ngumpet. Jadi baru juga gua nyari paling 2 detik, si Andrew udah keluar dari tempat persembunyiannya. πŸ˜›

Nah yang lucu kalo bagian gua yang ngumpet. Ada 1 tempat persembunyian yang si Andrew gak pernah bisa nemuin gua. Walaupun udah berkali-kali gua ngumpet di tempat yang sama, tetep aja dia gak pernah nemu.

Tau gak dimana tempat ngumpetnya? Ngumpetnya adalah dengan cara tidur di ranjang, trus gua tutup seluruh badan gua pake bedcover. Huahaha.

Heran, tiap kali gua ngumpet begitu, si Andrew gak pernah ketemu. Entah dianya lupa, atau gua beda tipis ama guling dan bantal ya jadi dia gak ngeh kalo ada orang di bawah bed cover? πŸ˜›

Anyway ya, tiap kali gua ngumpet dan dia gak bisa nemuin gua, si Andrew ini selalu panik. Dia bisa sampe kalut dan takut banget gitu trus ngadu ke Esther soalnya gua gak ada. Bener-bener yang panik abis gitu, as if gua diculik UFO atau minggat kemana gitu. πŸ˜› Kalo udah gitu, biasa trus gua panggil-panggil dia (kasian lah dia sampe panik gitu), dan pas dia masuk kamar, gua langsung loncat keluar dari bedcover yang mana bisa dipastikan si Andrew kaget setengah mati. Huahahaha. Konyol abis dah. πŸ˜›

Ah, main petak umpet emang selalu seru ya. Actually this was one of my favorite games waktu gua kecil. Dulu paling suka main petak umpet ama sepupu-sepupu gua kalo lagi pada ngumpul. Mana rumah kakek nenek gua dulu kan gede ya, jadi sangat menunjang deh buat main petak umpet. Petak umpet ini juga salah satu permainan yang sangat universal ya. Rasanya dimana-mana pasti pada kenal ama yang namanya petak umpet. Mau di kampung maupun di kota, baik di Indonesia atau di Amerika, semua mengenal petak umpet. Siapa coba yang gak pernah main petak umpet? Gak mungkin ada kan ya… pasti semua pernah! πŸ™‚

Cuma yang gua selalu wondering, kenapa sih di Jakarta dinamain petak umpet? Kalo di Surabaya dulu kita bilangnya dhelik-dhelikan, yang artinya sembunyi-sembunyian. Kalo di sini kan disebutnya hide and seek, yang artinya sembunyi dan mencari. Nah kalo istilah ‘petak umpet’ itu rada aneh gak sih sebenernya? Kalo umpet sih emang artinya sembunyi ya, tapi petak nya itu maksudnya apa ya? Petak itu bukannya ukuran luas ya, misalnya sepetak sawah atau sepetak tanah? Ada yang tau? πŸ˜€