Akhirnya Datang Juga!

Akhirnya datang juga… saatnya menyapih Emma.

Berhubung pengalaman kita menyapih Andrew itu dulu gak gampang (baru berhasil setelah Andrew umur 2 tahun lebih), jadi kita mikir mau nyoba nyapih Emma lebih awal. Iya, gua tau, emang anjurannya ASI itu sampe 2 tahun, tapi kan ASI udah bukan asupan yang utama ya setelah 6 bulan, jadi ya kalo emang udah siap disapih ya mendingan disapih deh. πŸ˜€

Belum lagi ada yang bilang, kalo anak udah bisa ngebuka sendiri baju mamanya waktu dia pengen nenen, itu berarti tanda-tanda saatnya disapih! Huahaha. Dan Emma emang udah begitu sejak sebelum umur setahun. πŸ˜› Anyway, percobaan menyapih pertama, gagal total. Sampe nangis-nangis 2 jam (on off sih, kalo cape ya dia brenti nangis, tapi trus abis itu nangis lagi), akhirnya kita nyerah.

Setelah umur setahun, pelan-pelan Esther mulai ngurangi frekuensi ngasih ASI sampe akhirnya cuma ngasih pas malem doang (sehari-hari Emma minum organic whole milk). Dan… pada suatu hari, hiduplah seekor beruang di tengah hutan… *apa sih* *gak lucu* *biarin* πŸ˜› Jadi pada suatu hari, si Emma gak minta nenen lagi! Tau-tau aja gitu. Jadi ya udah, tersapih dengan sendirinya. πŸ˜€ Malah jatohnya si Esther yang kaget kok tiba-tiba Emma nyapih sendiri dan dia jadi kangen nenenin Emma. Huahaha.

Yang lucu ya, pas awal-awal baru nyapih itu, tiap kali si Emma ngeliat boneka Minnie Mouse nya, dia selalu masukin idung Minnie Mouse nya ke mulut! Selalu lho. Hihihihi. Tau gak kenapa? Yah coba dibayangin deh bentuk idung Minnie Mouse kayak apa… Huahahaha. Tapi kalo boneka Mickey Mouse yang gede, gak muat kalo dia mau masukin idungnya ke mulut dia. πŸ˜€

Akhirnya datang juga… saatnya Emma bisa jalan lancar.

Emang ya gua udah cerita ya kalo Emma udah lancar jalannya. Ternyata dibanding Andrew dulu, si Emma termasuk cepet belajar jalannya. Padahal bulan Juli awal baru bisa berdiri, Juli pertengahan baru mulai jalan 2-3 langkah, eh ternyata gak sampe sebulan kemudian dia udah jalan kemana-mana… πŸ˜€

Nah, kali ini gua mau ngasih liat video nya Emma jalan. Lucu soalnya ngeliat dia jalan itu. Ginak-ginuk kalo orang Jawa bilang. πŸ˜›

Sejak udah lancar jalan, si Emma jadi gak terlalu mau digendong sekarang, kecuali kalo dia ngantuk atau cape. Lagi maruk jalan banget dah. Ini nih contoh video Emma jalan pas lagi sambil mewek karena dia ngantuk dan pengen digendong… πŸ˜€

Ribetnya, karena Emma ini juga suka naik tangga! Naik anak tangga pertama sih dia bisa sambil berdiri, tapi anak tangga berikutnya pake merangkak. Nah masalahnya di depan pintu condo kita itu ada tangga buat naik ke unit condo yang di lantai 2. Repotnya kalo kita pulang rumah abis pergi, kan si Emma gak digendong nih ceritanya, sementara kita lagi ribet buka pintu, nah begitu kita meleng bentar, si Emma tau-tau udah merangkak sampe ke tengah-tengah tangga gitu! Cepet banget dia merangkak naik tangga nya. Gile aje. Gua sih takut aja kalo dia trus gak sengaja ngejeblak ke belakang kan… *parno akut*.

Belum lagi kalo di mal, suka jalan ke arah eskalator kan juga nyeremin… Tapi kalo kita paksa gendong, bakal meronta-ronta gitu…

Akhirnya datang juga… saatnya Emma suka manjat-manjat.

Yah masih nyambung ama acara naik tangga, si Emma ini demen banget manjat emang. Ini salah satu contohnya… Masih inget ama mobil-mobilan ride-on nya? Nah dia suka manjat trus berdiri di atasnya gitu. Nyeremin banget dah, kan itu ada rodanya jadi mobilnya kan gak stabil, bisa jalan!!

Belum lagi segala kursi dan stool dipanjatin semua. Once again, gua cuma takut dia ngejeblak ke belakang aja kalo kita pas gak ngawasin. Model kayak foto di bawah ini nih… Dia manjatin stool ini biar dia bisa buka pintu kamar mandi! (Anyway, gua amazed juga dia kayaknya fasih banget ngebuka pintunya! Hahaha). Ntar kita turunin, ya dia bakal manjat lagi. Cepet pula manjatnya. πŸ˜›

Akhirnya datang juga… saatnya bawa Emma berenang pertama kali.

Sebenernya udah lama Esther pengen bawa Emma berenang. Tapi sebagai orang yang super parno, tentu gua larang-larang. Yah namanya kolam renang umum itu kan sarangnya segala macem virus dan penyakit ya! Jadi gua bilang ke Esther untuk nunggu setelah Emma umur setaun lah. πŸ˜›

Dua minggu yang lalu akhirnya kita bawa juga Emma berenang. Awalnya sih keliatannya dia rada takut, tapi setelah itu demen dia. Ngoceh mulu. Mana kolam renangnya indoor kan jadi suaranya rada menggema. Jadilah hari itu kolam renangnya berisik ama suaranya Emma ber-β€œwawawawawa” gitu. Hahaha. Trus kadang ama Esther dilepas, dan dia cuek-cuek aja tuh. Pake noodle sih emang, cuma kadang sampe miring-miring sampe masuk air kepalanya ya dia diem aja. Paling air kolamnya aja tuh banyak keminum ama Emma. Huahaha.

Ampir sejam waktu itu dia berenang. Kirain abis itu dia bakal cape trus tidur lama gitu ya. Ternyata kagak! Tetep aja cuma bentar tidurnya udah bangun… πŸ˜›

SoΒ far baru sekali sih Emma diajakin berenang… Ntar dah kapan-kapan diajak lagi ya… πŸ™‚

Akhirnya datang juga… saatnya mejengin foto-foto Emma.

Huahaha. Lama-lama blog ini jadi photoblog nya si Emma kayaknya ya… πŸ˜› Anyway, mestinya sih postingan ini mau diposting tanggal 14 ntar, pas Emma ulang bulan ke-14, tapi berhubung gua gak ada bahan postingan lain jadi ya udah lah diposting sekarang aja… πŸ˜€

Iklan