Sponsored Video: Bantu Kami Merayakan Ulang Tahun Ke-5 Setiap Anak

Belakangan ini lagi musim sakit banget ya rasanya. Dimana-mana kedengeran orang lagi batuk lah, bersin lah, ingusan lah… Dan di rumah kita pun sami mawon. Andrew ama Emma udah semingguan ini batuk! Bukan sembarang batuk pula, tapi mereka kena croup!

Jadi croup itu virus yang mana batuknya bunyinya kayak gonggongan anjing laut. Common menyerang anak-anak di bawah 3 tahun. Jadi keliatannya si Andrew kena dari temen sekolahnya, dan berhubung si Andrew udah gede, jadi dia gak terlalu parah kenanya. Batuknya cuma sesekali, tapi suaranya serak banget. Nah masalahnya si Andrew jadi nularin Emma dan Emma kena nya parah! Kasian dah kalo denger suara batuknya. Udah gitu sempet demam juga pula.

Yah walaupun croup ini gak bahaya, tapi tetep yang namanya anak sakit tuh rasanya kasian banget ya. Sekarang sih udah mendingan… Doain ya moga-moga Andrew dan Emma cepet sembuh… 😀

Nah sebenernya apa sih tindakan pencegahan biar gak kena croup?

Cuci tangan!

Simple kan ya? Tapi gua yakin banyak dari kita yang suka lupa. Padahal yang namanya cuci tangan itu sangat berkhasiat lho untuk membasmi kuman-kuman yang secara gak sengaja kita bawa dari sekolah, kantor, park, mall, supermarket, dan lain-lain.

Makanya gua sangat mendukung kampanye yang udah dilakukan Lifebuoy selama 10 tahun belakangan ini yang mengajarkan anak-anak untuk cuci tangan pake sabun. Soalnya walaupun yang namanya cuci tangan itu kedengerannya remeh temeh, tapi sebenernya cuci tangan itu sangat efektif untuk mecegah kematian pada anak-anak lho.

Nih ya… menurut statistik, setiap taun tuh ada 2 juta anak di bawah umur 5 tahun yang meninggal karena infeksi diare dan pneumonia! Bahkan diare itu adalah penyebab kematian yang lebih besar dibanding AIDS lho! Kaget gak lu?

Nah diare dan pneumonia itu bisa dicegah yah dengan… cuci tangan pake sabun itu!

Coba kalian nonton video ini deh…

Video ini menunjukkan gimana seorang bapak di India, yang namanya Gondappa, jalan pake tangan keliling desa demi merayakan ulang tahun anaknya yang kelima! Kenapa pula kok dia sampe segitunya pas anaknya ultah kelima? Soalnya… ini adalah pertama kalinya anaknya bisa bertahan hidup sampe umur 5 tahun! Desa Thesgora tempat si Gondappa tinggal ini emang salah satu desa yang jumlah penderita diare nya tertinggi di seluruh India. Nah, hanya dengan mencuci tangan pake sabun doang, kita bisa menekan resiko dari penyakit diare sebanyak 42-47%!

lifebuoy<Gondappa yang kesenengan anaknya bisa ultah ke-5… tapi abis jalan pake tangan, jangan lupa cuci tangan ya pak! :D>

Jadi… Inga! Inga! Mari kita sama-sama membiasakan diri dan keluarga kita untuk selalu cuci tangan pake sabun. Mari kita sama-sama membantu supaya semakin banyak anak yang bisa merayakan ulang tahun ke-5 nya! 🙂

Disclosure: post sponsored by Lifebuoy.