Campursari Part 2

Wah udah lama ya gua gak ngeliatin search terms di blogstats. Kadang ngeliat sih tapi cuma sekilas.

OK lah demi gak mengecewakan orang yang udah terlanjur masuk ke sini, gua coba ngejawab search terms yang belum pernah dibahas di blog ini ya. Moga-moga bisa ngebantu…

1. apa enaknya clubbing
Enak karena bisa buat tempat hang out ama temen-temen. Mau teriak-teriak bisa, mau ngakak-ngakak bisa, mau nyanyi-nyanyi bisa, mau joget-joget bisa, mau minum-minum bisa… tanpa perlu malu-malu. Coba bayangin kalo lu teriak-teriak di Mal, bisa ditangkep satpam ntar. Atau lu ngakak-ngakak di Gereja, atau nyanyi-nyanyi di kantor, atau joget-joget di perempatan lampu merah… Gak bisa kan?? Gitu juga kalo mau minum-minum tapi di rumah… paling jatohnya adanya cuma air putih atau teh.. πŸ˜›
Jadi ya enak aja clubbing itu. Buat ngilangin stress gitu. Rasanya kalo lagi clubbing tuh semua masalah hilang semua… Yah walaupun cuma sesaat tapi lumayan lah. Hehe.
Tips dari gua: Nyari tempat clubbing nya yang bener. Jangan di diskotik-diskotik kota, banyak yang ngobat. Trus perginya juga ama temen-temen yang bener ya. Intinya jangan salah pergaulan lah. Dan say no to drugs!

2. erp+sap+les
Setau gua gak ada ya les untuk belajar SAP. Kalo mau, kudu ikut trainingnya (eh les ama training itu sama gak ya?). Dan setau gua trainingnya tuh gak ada di Indonesia. Tapi kalo mau ngecek jadwal training class nya untuk Asia, bisa cek disini: http://www.sap.com/asia/services/education/index.epx
Tips dari gua: Kalo mau belajar SAP, sebaiknya coba ngelamar kerja di perusahaan yang udah implementasi SAP atau yang sedang akan mau implementasi SAP. Karena belajar SAP ini lebih ok kalo kita langsung make sendiri. Kalo dari training-training gitu tuh cuma tau kulit-kulitnya doang yang dalam sebulan paling juga udah lupa kalo gak terus dipraktekkin.

3. cara mendapat green card lewat sponsor
Caranya, si sponsor harus masukin petisi dulu buat elu ke kedutaan Amerika (di Jakarta adanya di Jl. Merdeka Selatan, deket Monas situ). Formulir dan syrat-syaratnya bisa dilihat di http://jakarta.usembassy.gov/
Nanti kalo petisinya disetujui, baru elu nya yang ngisi formulir dan ngelengkapi syarat-syaratnya. Formulir dan syarat-syarat bisa dilihat di website yang sama, atau langsung ngambil di kedutaan. Nanti kalo ok baru akan dijadwalin interview. Trus kalo interview nya ok, bakal dikasih immigrant visa yang berlaku selama 6 bulan. Dalam jangka waktu 6 bulan itu, elu harus ke Amerika. Nanti setelah lu udah masuk Amerika (gak mesti langsung tinggal disitu, boleh aja kalo cuma masuk trus balik Indo), baru green card nya akan dikirim ke alamat di Amerika. Mereka gak mau ngirim green card keluar Amerika.

4. pendarahan waktu hamil
Gua gak inget pernah ngebahas ini gak ya di blog. Tapi ya gua bahas sedikit deh disini ya. Yang seinget gua aja ya, maklum udah pikun.
Pendarahan waktu hamil tentu sangat harus diperhatikan dan diwaspadai ya. Soalnya kan bisa menyebabkan keguguran, walaupun tidak selalu bahwa pendarahan waktu hamil itu pasti berakhir dengan keguguran. Yah salah satu survival story ya cerita Esther dan Andrew. πŸ™‚
Nah untuk itu, kita harus nyari tau apa penyebab pendarahan waktu hamil itu.
Ada banyak sekali penyebabnya, di antaranya yaitu:
a. Placenta Previaplacenta yang letaknya di bawah rahim. Placenta yang kayak begini nih kalo tergesek bisa menyebabkan pendarahan. Walaupun tidak selalu, tapi bisa menyebabkan pendarahan. Kalo udah sampe pendarahan, harus bedrest untuk mengurangi gesekan itu. Gak ada yang bisa dilakukan untuk menggeser supaya placenta ini naik. Cuma bisa menunggu waktu dan berdoa supaya bisa naik. Kadang bisa juga orang yang selama hamilnya placentanya di bawah terus. Atau bisa ada yang awalnya di bawah trus naik, atau juga sebaliknya. Jadi sekali lagi harus diwaspadai ya.
b. Placenta abruptioplacenta yang gak nempel ke dinding rahim. Ini juga bisa menyebabkan pendarahan. Sekali lagi gak ada obat atau treatment untuk ini (CMIIW) selain harus bedrest.
c. Cervix incompetent – mulut rahim terbuka dini. Jadi sebelum waktunya (belum 9 bulan) mulut rahim udah terbuka. Tentunya ini bahaya sekali, takut bayinya lahir prematur. Hal ini bisa dideteksi melalui USG 4D dan juga dari alat (semacem kamera video) yang dimasukin dari bawah. Duh gile gua pikun amat ya.. lupa gua istilahnya untuk alat periksa yang ini. Tolong kalo ada yang tau, kasih tau disini ya. Solusi untuk CI ini, mulut rahim nya harus dijahit atau dipasang ring. Sakit tentunya karena gak bisa dibius, karena kalo dibius takut pengaruh ke bayinya kan. Dan nanti pas udah 9 bulan, jahitannya harus dilepas lho… tanpa bius lagi… supaya bayinya bisa keluar. Serem ya.. jadi jangan gampang-gampang percaya kalo divonis CI ama dokter. Tanya ke dokter-dokter yang lain, karena kadang ada dokter yang suka asal memvonis orang.
Menurut pengalaman temen yang CI dan akhirnya dijahit, setelah dijahit pun gak menjamin gak pendarahan lagi lho. Jadi kalo masih pendarahan juga ya berarti harus bedrest.
d. Kelainan pada darah. Misalnya, karena darah terlalu kental, atau ada masalah dengan pembekuan darah. Ini bisa jadi pendarahan juga. Deteksinya ya dari periksa darah. Dan untuk masalah-masalah kelainan darah ini rasanya ada treatment pengobatannya.
Tips dari gua: jangan percaya pada 1 dokter! Banyak-banyak ke dokter-dokter lain (2,3, atau 4 dokter) untuk nyari other opinion. Dokter juga manusia kan, bisa salah diagnosa. Jadi daripada ntar malah salah treatment, mendingan banyak-banyak tanya ke banyak dokter.

5. supaya anak cepet jalan
Ada yang bilang suruh sering bawa si anak jalan di rumput di pagi hari yang masih ada embun-embun pagi tanpa alas kaki. Ntar anaknya bakal cepet jalan. Percaya gak lu? Gua sih kagak.. Hahaha.
Nyantai ajalah… Tiap anak ada waktunya sendiri-sendiri kok. Ntar juga pasti jalan. Ngapain disuruh cepet-cepet? Karena anak seumur dia udah pada bisa jalan? Karena anak temen lu yang umurnya lebih kecil udah bisa jalan sementara anak lu belum? Cuek aja lah… Jangan dipaksa. Toh ntar kalo anak lu udah gede juga gak ada yang bakal ngecek kapan sih anak lu mulai bisa jalan. Toh kalo ntar anak lu masuk sekolah, gak ada persyaratan kalo si anak harus udah bisa jalan dari umur 1 tahun. Gak ada kok. Bahkan gua yakin, elu pun gak tau kan kapan lu mulai bisa jalan? πŸ˜›
So.. itu gak penting banget nyari-nyari cara supaya anak cepet jalan. Tungguin aja. Ntar pasti bisa jalan sendiri. Nikmati dulu masa-masa dia belum bisa jalan. Nikmati dulu masa-masa lu masih bisa gendong-gendong si anak sepuas hati. Ntar kalo dia udah bisa jalan, dia gak sering-sering mau digendong lagi lho… Jadi nikmati dulu tiap tahapan-tahapan pertumbuhan anak itu ya. Gak perlu serba cepet-cepet… Ini bukan perlombaan kok. πŸ™‚

6. gimana jadi orang kaya
Well, siapapun yang nyari term ini, kalo udah nemu jawabannya tolong kasih tau gua ya!! Ditunggu lho…
Thank you!