Old And New

Udah hari terakhir tahun 2010 nih ya. Bentar lagi tahun 2010 udah tinggal kenangan…

Tahun 2010 ini selain jalannya cepet banget (bener-bener gua masih inget banget lho pas tahun baru 2010 kita pergi makan-makan di Maystar, eh sekarang udah hari terakhir aja), juga tentunya banyak suka dukanya. Ya gak heran lah ya, setiap tahun pasti ada dong kejadian yang menyenangkan maupun yang kurang menyenangkan. Itu yang bikin hidup kita jadi berwarna kan… 🙂

Dan di bulan terakhir 2010 ini selain cerita-cerita menyenangkan yang udah gua posting sebelumnya (yah apalagi kalo bukan berita kehamilan Esther dan acara jalan-jalan kita), ternyata ada juga cerita yang kurang menyenangkan.

Dimulai dari sejak awal kehamilan, Esther ada flek-flek terus. Gak sampe tiap hari sih, tapi tiap 2-3 hari pasti ada. Dokter emang bilang kalo itu normal di trimester pertama. Tapi karena mengingat sejarah kehamilan pas ama Andrew dulu kan jadi serem.

Pas tanggal 17 Desember kemaren, itu kunjungan Esther yang kedua ke Obgyn (dokter kandungan), tapi itu pertama kalinya gua ikut (disini gak asiknya kalo ke Obgyn harus pas jam kerja sih, jadi susah kalo gua mau ikutan). Pertama kalinya gua ngeliat si baby di mesin USG. Masih kecil banget, baru 1.44 cm. Tapi gua bisa liat heartbeat nya. Lucu deh… 🙂

Saat itu juga dicek ama dokter, ternyata ada polip tumbuh lagi! 😦 Menurut dokter, polip nya ini gak akan mempengaruhi kehamilan, cuma dia jadi gak berani nge-remove si polip itu. Tapi di sisi lain, kita juga jadi lega, karena berarti flek-flek nya itu juga berasal dari si polip, bukan karena kehamilannya kenapa-napa.

Jadi everything is ok dong? Ternyata… bad news nya adalah… Esther kena diabetes! 😦

Jadi biasanya kan baru di trimester terakhir tuh orang ditest, apakah diabetes atau gak, karena kadang ada yang kena diabetes karena lagi hamil (gestational diabetic). Tapi karena Esther ada turunan diabetes, jadi dari awal udah ditest. Dan ternyata hasilnya emang kadar gulanya tinggi (hasilnya 152, sementara batas normalnya 140). Jadi dokter nya khawatir (kalo gestational diabetic, harusnya pas trimester pertama begini kadar gulanya belum tinggi).

Tapi karena tingginya bukan yang tinggi banget, jadi sekarang dicoba untuk diet dulu. Selain dikasih panduan diet, Esther juga disuruh ketemu ama nutritionist (mungkin ntar awal Januari baru mau ketemu). Dan dokter nya juga bilang kalo tiap orang itu, badannya beda-beda. Jadi harus nyoba sendiri, makanan apa yang bikin kadar gulanya naik, dan apa yang enggak. Kalo emang bikin kadar gula naik ya harus dihindari. Dan tentunya harus mengurangi banget karbohidrat. Kalo makan nasi harus brown rice, kalo makan roti harus whole grain.

Dan satu lagi… Harus banyak jalan! Ternyata kalo abis makan trus jalan kaki itu bisa membantu untuk menurunkan kadar gula.

Hiks. Sedih ya. Padahal waktu itu si Esther udah mulai gak mual-mual lagi, malah kudu jaga makan. Trus tiap hari harus test darah 4 kali. Sekali pas bangun tidur, trus 3 kali lagi tuh sejam setelah makan pagi, makan siang, dan makan malam.

Sampe sekarang Esther masih berusaha nyari kombinasi makanan yang paling cocok nih. Kadang kadar gula nya bagus, kadang masih tinggi.

Kata dokter, kalo sampe ntar pertengahan Januari masih tinggi, harus dikasih obat. Soalnya takut ntar mempengaruhi bayinya.

Yah jadi begitulah berita kurang menyenangkan di akhir tahun 2010 ini. Semoga kabar kurang asik ini cukup sampe tahun 2010 aja ya.

Dan besok udah tahun baru nih. Tahun 2011. Moga-moga tahun 2011 jadi tahun yang lebih baik dari tahun 2010 buat kita semua. Moga-moga kadar gula Esther udah gak tinggi lagi jadi gak perlu sampe minum obat. Moga-moga kehamilannya Esther baik-baik dan selalu lancar. Moga-moga si bayi selalu sehat dan gak kurang satu apa pun. Moga-moga Andrew juga selalu sehat dan tambah pinter (dan tambah gede! Hehe). Dan moga-moga kerjaan gua pun semuanya lancar (ada project gede nih di kantor di awal 2011 ini) dan gua juga selalu sehat.

Selamat tahun baru ya buat semuanya!! Moga-moga tahun 2011 jadi tahun yang baik dan menyenangkan buat kita semua! 🙂

PS. Kalian pada punya acara apa nih di hari terakhir 2010? Kita kayaknya bakal DVD marathon aja nih di rumah secara kemaren udah pergi seharian dari jam 10 pagi sampe jam 9 malem! 😀

PS lagi. Gua posting ini jam setengah 11 siang disini, di Indo berarti udah lewat tengah malam ya. Kira-kira apa masih ada yang lagi begadang di tahun baru ini sambil blogwalking? Kalo iya ada, coba ngacung…. Pengen tau aja sih… Hehehe.