Do You Know Part 10

Setelah 2 tahun vakum nulis topik Do You Know, sekarang gua mau nulis lagi beberapa hal yang baru gua temuin setelah tinggal di LA ini…

Do you know…

…kotak kalo kita beli donut atau bakery tuh disini pada umumnya warnanya pink?

pink box

Ini maksudnya kotak polos kalo kita belinya di toko-toko kecil gitu ya. Kalo bakery terkenal kan biasanya kotaknya udah pesen dengan design khusus model kayak Krispy Crème atau Dunkin Donuts. Kalo di Indo biasa kalo kita beli roti atau makanan di toko kecil kan kotaknya warna putih polos gitu kan ya, nah kalo disini warnanya selalu pink.

Aneh kan, kenapa juga kok pink?

Sebenernya udah dari dulu gua wondering kenapa warnanya pink tapi baru kemaren ini pas lagi pergi lunch ama temen-temen kantor gua tanya ke mereka. Dan ternyata walaupun mereka tuh udah tinggal di sini sejak lahir atau udah berpuluh-puluh taun yang lalu, semuanya gak ada yang tau kenapa juga kotaknya warna pink. Gara-gara gua tanya baru pada juga mikir, iya ya kenapa kok warnanya pink ya. Hahaha.

Jadilah pada nge-google jawabannya. Ternyata gak ada jawaban yang pasti. Ada satu yang cerita tentang sejarahnya kalo di tahun 1970-an, para imigran dari Kamboja yang banyak usaha bakery di California merasa kotak warna putih (yang kertas nya di-coated jadi dasarnya halus) itu mahal dan warna putih itu warna duka cita di Kamboja, jadi mereka nyari-nyari pabrik kotak kardus lain dan nemu satu pabrik yang bikin kotak tanpa coated (jadi dasarnya gak halus licin) jadi harganya lebih murah. Nah pabrik ini bikin kotaknya cuma warna pink. Berhubung murah jadi mereka pake kotak pink itu dan keterusan sampe sekarang. Bahkan tradisi pake kotak pink ini juga akhirnya menjalar ke negara-negara bagian lain di Amerika, bukan California doang sekarang.

Ada juga teori yang bilang katanya kalo donut atau roti-roti itu kan biasanya berminyak ya. Kalo kotaknya putih tuh minyaknya bakal rembes dan bikin kotaknya jadi jelek. Sementara kalo kotaknya warna pink, rembes minyak nya gak gitu ketara.

Yah entah yang mana yang bener, gua sampe sekarang belum menemukan jawaban yang pasti kenapa kotak-kotak itu warnanya pink. Gak penting emang sih. Hahaha. 😛

Do you know…

…palang kereta api itu ada yang buat pejalan kaki?

rail road

Belakangan ini di daerah tempat tinggal kita sama kantor gua lagi banyak rel kereta api baru. Harusnya kereta api nya bakal mulai beroperasi bulan Mei. Excited nih kalo ke kantor bisa naik kereta jadi gak kena macet kayak kalo naik bus. 😛

Anyway gua perhatiin palang-palang rel kereta api nya tuh selain buat nyetop mobil, juga buat nyetop pejalan kaki di trotoar. Yah model kayak gambar di atas itu.

Gua gak tau ya di Indo ada begini gak, setau gua sih dulu gak ada. Baru kali ini soalnya gua ngeliat palang buat nyetop pejalan kaki. Lucu aja baru ngeliat palang model begini. 😀 Walaupun kalo orang nya keukeuh ya bisa aja ya jongkok buat ngelewain palang nya. Hahaha.

Do you know…

…AMBER alert?

AMBER (America’s Missing: Broadcast Emergency Response) alert ini diambil dari nama Amber Hagerman, anak umur 9 tahun yang diculik dan dibunuh di Texas tahun 1996. Alert ini emang khusus untuk penculikan anak-anak. Jadi kalo ada anak yang diculik di daerah kita, langsung tuh alert nya di-broadcast ke semua HP di daerah itu dengan informasi ciri-ciri anak yang diculik dan juga informasi penculiknya (biasanya mobil nya tipe apa, tahun berapa, warna apa).

Bagus banget nih sistem alert begini. Jadi inget buku Trio Detektif dimana mereka kalo lagi nyari orang tertentu mereka pake sistem Hubungan Dari Hantu Ke Hantu yang caranya adalah masing-masing dari anggota Trio Detektif bakal telpon 5 temen dengan ngasih tau ciri-ciri orang yang dicari trus 5 temen itu kudu nelpon 5 temen lainnya, begitu terus sampe nyebar informasinya. Nah AMBER alert ini jelas lebih canggih karena gak perlu nelpon-nelpon, semua HP orang di area itu langsung dapet alert nya, jadi kemungkinan ada orang ngeliat si penculik lebih besar.

Alert nya tuh suaranya kayak alarm gitu, kenceng banget. So far rasanya gua cuma pernah dapet AMBER alert 4 atau 5 kali. Yah bagus lah jangan sering-sering, berarti kan gak ada anak diculik di daerah gua. Hahaha. Yang 2 kali kejadiannya di tempat umum. Sekali pas lagi meeting di kantor, sekali lagi pas di restoran. Jadi tiba-tiba semua HP pada bunyi gitu. Hahaha.

Do you know…

…ada yang namanya dog park?

dog park

Gua pernah cerita kan ya dulu kalo orang sini tuh cinta banget sama anjing (klik disini). Apalagi yang gak punya anak, wuiii bener-bener memperlakukan anjing nya itu kayak anak sendiri lho. Makanya yang namanya pet store (selain jual binatang juga jual pernak-pernik buat binatang peliharaan) dan veterinarian itu banyak banget dimana-mana. Bahkan yang namanya pet daycare dan pet hotel juga banyak.

Nah karena itu juga jadi disini ada yang namanya dog park, taman khusus buat anjing. Kalo di taman biasa tuh emang ada peraturan kalo anjing harus selalu diiket, gak boleh dilepas. Orang-orang sini emang disiplin sih, kalo bawa anjing keluar selalu anjingnya dipakein tali. Takut kali ya kalo sampe ntar ngegigit orang bisa di-sue. 😀

Nah kalo di dog park ini anjing-anjing nya boleh dilepas bebas.

Saking spesialnya para anjing-anjing itu, di beberapa tempat publik selain disediain drinking fountain buat orang, juga ada drinking fountain buat anjing lho!

dog fountain

Lucu ya… Hehehe.

Ya udah ah segini dulu edisi Do You Know nya… Sampe ketemu lagi di edisi mendatang! 😀

Related post:
Do You Know Part 9