Courageous Caitie

Sekitar bulan Februari lalu beredar artikel di Facebook tentang seorang anak, Caitie, yang meninggal karena rare disease (lupa persisnya namanya apa, kayaknya semacem Leukemia tapi jenis nya langka). Ceritanya very very heart breaking karena Caitie tuh tadinya sehat-sehat aja lho. Anaknya cantik dan periang, tiba-tiba sakit dimulai akhir taun lalu dan akhirnya dipanggil Tuhan bulan Februari.

Ngebaca ceritanya bukan cuma heart breaking tapi juga inspiring karena Caitie, walaupun baru 3 tahun, tapi menjalani semua treatment nya dengan berani dan tabah. Makanya akhirnya hashtag #CourageousCaitie jadi viral di social media. Banyak orang tersentuh dengan keberanian nya Caitie. Dan tentunya ketabahan orang tuanya juga.

Selain artikel nya (btw kalo ada yang belum tau tentang cerita Caitie ini, ini link ke blog ortunya), ada video clip dari funeral nya Caitie yang juga jadi viral di FB. Kita nonton video nya sekeluarga dan kita semua nangis. Kita gak kenal sama Caitie dan keluarganya tapi bener-bener bisa berasa kayak kenal. Gak heran katanya yang dateng ke funeral nya Caitie tuh ribuan orang. Kita semua yang gak kenal bisa jadi jatuh sayang sama Caitie dan respect sama keluarganya.

Berkali-kali nonton videonya, berkali-kali juga nangis. Emma, entah kenapa, jadi minta nonton video nya berulang-ulang. Dia jadi nanya kenapa kok Caitie harus meninggal padahal dia masih kecil. Kenapa kok Caitie kena kanker. Kenapa kok Tuhan mau Caitie pergi dari papa mama nya ke Surga. Malah pernah si Emma pas lagi main sama mainan HP nya, dia pura-pura lagi ngobrol sama Caitie. Dia bilang Caitie itu temennya. Rupanya Emma tersentuh banget sama ceritanya Caitie ini.

Gara-gara nonton video nya berulang kali, si Emma jadi suka nanyiin refrain lagu yang dipake di video itu. Kita gak pernah denger lagu itu sebelumnya tapi emang lagu nya enak didenger jadi akhirnya kita cari tau. Judulnya I Belong, penyanyinya Kathryn Scott.

Belakangan ini Emma bilang dia mau nyanyi lagu I Belong dan mau ngirim video nya ke papa mamanya Caitie. Dia pengen menghibur papa mamanya Caitie. Karena lagunya cukup sederhana, gua tanya dia mau belajar main biola nya juga gak dan dia mau. Malem itu pulang kerja gua tulisin not nya (Emma belum bisa baca not balok jadi nulisnya pake string dan jari apa :D) dan malem itu juga (padahal udah jam tidur dia) si Emma ngotot mau langsung main biolanya. Ajaibnya, sekali main dia langsung bisa! Fyi, Emma belajar biola baru sekitar setengah tahun-an.

Setelah latian beberapa kali (nyanyi sama main biola nya beda tangga nada soalnya), kita bikin video nya. Gua sempet mikir-mikir kalo mau ngirim ke papa mama nya Caitie apa gak bikin mereka jadi tambah sedih ya? Tapi si Emma ini kan niat nya tulus ya, jadi ya udah gua kirim aja. Gua kirim lewat ‘contact us’ di blog mereka. Tapi gak ada balasan, gak tau apa mereka gak ngecek emailnya. Trus gua post di Instagram dan gua tag papa mama nya yang trus dibales sama mamanya begini:

“:) no words 🙂 may you continue to shine for Jesus so Kathryn (dia salah nangkep nama Emma gara-gara gua kasih hashtag Kathryn Scott juga :P) will grow up to love and love her life for the Lord :)”

Trus dia juga posting di FB nya begini (once again, dia ngirain nama Emma itu Kathryn hehe):

courageous caitie

Dia nulis ngeliat video Emma ini a mixture of pain and joy. Nah kan itu yang gua takutin… Tapi at least ada joy nya ya karena emang niat nya Emma adalah tulus untuk menghibur. 🙂

Ini nih videonya… Moga-moga bisa menghibur kalian semua juga ya…

Not angels, nor demons
No power on earth or heaven
Not distance, nor danger
No trouble now or ever

Nothing can take me from Your great love
Forever the truth remains

I belong, I belong to You
I belong, I belong to You

PS. As a bonus, gua kontak si Kathryn Scott dan kirimin link video Emma. Eh sama dia di-tweet dan bahkan ngirim email buat Emma lho! How nice of her!

i belong

PS lagi. Gua bener-bener salut sama papa mamanya Caitie. Walaupun gua gak bisa membayangkan betapa sakit hatinya mereka tapi mereka tetep terus bisa jadi inspirasi. Sekarang ini mereka lagi bikin gerakan “pay it forward” yang detailnya kalian bisa baca di Instagramnya @CourageousCaitie.