#AEAEFranceTrip21 – Day 4: 74th Cannes Film Festival

Day 4 – Rabu, 8 Juli 2021

The big day yang udah ditunggu-tunggu! Gile aje, si Emma kan shooting film ini udah 2 tahun yang lalu ya (klik disini), trus ada pandemik pula, jadi udah long overdue banget nih film ini akhirnya premiere juga. Dan premiere nya di film festival yang paling besar dan paling bergengsi di dunia pula! Exciting banget kan! Bener-bener hari bersejarah ini! πŸ˜€

Pagi abis breakfast kita langsung siap-siap. Kudu ngumpul di lobby jam 10.50 karena photo call nya jam 11. Sebenernya A24 nyediain tukang make up, tapi kita gak mau, berhubung malemnya kita pake anaknya manager nya Emma buat make up, dan buat pagi nya kita pikir kita bisa lah make-up-in sendiri. Hehehe. Esther yang make-up in, gua yang jadi hair stylist. Hahaha.

Jam 10.50 kurang kita udah siap di lobby. Sutradaranya juga udah siap. Tinggal aktor satu lagi yang gak turun-turun. Ternyata dia bilang tukang make-up nya lelet banget (orang Perancis emang lelet ternyata :P) dan hasilnya dia gak suka pula. Untung kita gak pake tukang make-up mereka ya. Hahaha.

Dari situ kita naik mobil ke hotel Marriott karena aktor yang satu lagi dan para produser nya tinggal nya di Marriott. Gua kurang jelas juga kenapa kok hotel nya misah-misah. Trus semua naik mobil ke Palais, kecuali gua dan Andrew. Hahaha. Kasian emang kita yang cuma bagian tim hore. Kita gak boleh masuk ke photo call nya! πŸ˜›

Jadi akhirnya gua ama Andrew sama orangnya A24 jalan trus ngedeprok di depan Palais nungguin yang lagi pada photo call. Hahaha.

Photo call ini intinya ya cuma poto-poto aja gitu. πŸ˜›

Ada banyak banget fotografer nya dari depan belakang. Jadi ntar pada gantian manggil-manggil sambil teriak-teriak ‘lalalalala’ biar aktor nya nengok ke mereka. Ntar tonton deh video nya di bawah ya. Kocak aja. πŸ˜€

CANNES, FRANCE – JULY 08: (L to R) Haley Lu Richardson, Malea Emma Tjandrawidjaja, Jodie Turner-Smith and Director Kogonada attends the “After Yang” photocall during the 74th annual Cannes Film Festival on July 08, 2021 in Cannes, France. (Photo by Daniele Venturelli/WireImage)
CANNES, FRANCE – JULY 08: (L to R) Jodie Turner-Smith, Malea Emma Tjandrawidjaja and Haley Lu Richardson attends the “After Yang” photocall during the 74th annual Cannes Film Festival on July 08, 2021 in Cannes, France. (Photo by Pascal Le Segretain/Getty Images)
CANNES, FRANCE – JULY 08: Haley Lu Richardson, Malea Emma Tjandrawidjaja and Jodie Turner-Smith attend the “After Yang” photocall during the 74th annual Cannes Film Festival on July 08, 2021 in Cannes, France. (Photo by Mike Marsland/WireImage)
CANNES, FRANCE – JULY 08: Malea Emma Tjandrawidjaja attends the “After Yang” photocall during the 74th annual Cannes Film Festival on July 08, 2021 in Cannes, France. (Photo by Mike Marsland/WireImage)
CANNES, FRANCE – JULY 08: Malea Emma Tjandrawidjaja attends the “After Yang” photocall during the 74th annual Cannes Film Festival on July 08, 2021 in Cannes, France. (Photo by Dominique Charriau/WireImage)
CANNES, FRANCE – JULY 08: (L to R) Producer Theresa Park, Producer Andrew Goldman, Producer Caroline Kaplan, Malea Emma Tjandrawidjaja, Haley Lu Richardson, Jodie Turner-Smith, Director Kogonada and Producer Paul Mezey attend the “After Yang” photocall during the 74th annual Cannes Film Festival on July 08, 2021 in Cannes, France. (Photo by Stephane Cardinale – Corbis/Corbis via Getty Images)

Oh ya, ada cerita nih pas mereka masih nunggu giliran photo call, rombongan yang photo call sebelum mereka pas udahan ada salah satu artis nya (yang mana tinggal di Martinez juga dan gua udah merasa dia ini aktris terkenal karena begitu dia turun langsung yang menyambut dan motret banyak banget :P) say hi ke Emma dan tanya boleh gak dia fotoin si Emma. Trus ya dia fotoin Emma pake HP nya gitu. Gak tau juga buat apaan. Hahaha.

Emma dan Esther gak tau dia itu siapa. Sutradaranya Emma yang trus bilang, kalian tau gak itu siapa, dia itu legend lho, namanya Sophie Marceau! Wah, gua tau Sophie Marceau itu terkenal, pernah main di James Bond kan. Gile bener dia fotoin si Emma segala, walaupun gak tau juga mau dibuat apa itu foto si Emma. Hahaha. πŸ˜€

Trus abis photo call ya balik hotel. Kita makan siang dulu di hotel.

Trus mandi-mandi dan langsung siap-siap lagi buat acara premiere. Sebenernya pas masih di LA kita udah nyobain kalo kita yang styling rambutnya Emma sendiri gimana (waktu itu kita gak tau kalo bisa disediain HMU artist) dan ribet ternyata ya secara si Emma maunya begini begitu. Hahaha. Untung anaknya manager nya Emma pinter ngedandanin orang, jadi dia bisa bikin style rambut yang si Emma mau.

Pas udah ready, kita poto keluarga dulu dong ya. Mumpung lagi pada keren-keren begini. Kapan lagi coba pada pake jas dan gaun kayak begini…. πŸ˜€

Trus abis itu kita ngumpul ke Marriott lagi karena mau toast dulu disana. Yang lucu pas ketemu sama Jodie (aktor yang jadi mamanya Emma di film), ternyata dia juga pake gaun warna kuning ombre. Kalo Emma kuning nya di atas trus gradasi jadi putih di bawah, si Jodie kebalikannya. Bisa matching gitu padahal gak janjian! πŸ˜€

Bedanya gaun nya Emma harganya $400 (ini udah gaun termahal yang si Emma pernah dapet haha) sementara gaun nya Jodie itu Gucci dan harganya $1 juta saja. Huahaha. Plus si Jodie pake perhiasan dari Gucci yang harganya $2 juta. Jadi malem itu dia kemana-mana dikawal security. Gile bener ya. πŸ˜€

Abis toast nih rada chaos. Kalo gua ama Andrew emang udah tau gak boleh ikut ke red carpet, katanya ntar kita bakal dibawa ke lounge buat ketemu Emma setelah dia jalan di red carpet. Nah Esther tadinya kita minta buat ikut ngeliatin Emma. Walaupun Esther gak ikutan jalan di red carpet bareng Emma, tapi at least Esther di ujung red carpet biar bisa liatin gitu. Eh ternyata gak boleh. Festival nya katanya strict cuma talent dan producer yang boleh ke area red carpet nya. Jadi Emma bakal pergi bareng producer nya. Kan gimana gitu ya, masa si Emma pergi sendiri. Yah walaupun kita kenal sih ama producer nya dan mereka pasti bisa jagain Emma dan dua aktris yang lain (Haley dan Jodie) juga baik banget dan pasti taking care of Emma, tapi tetep aja rasanya galau.

Jadi semua udah pergi dulu baru kita pergi naik mobil belakangan. Nah ini bener-bener blessing Tuhan ya, somehow mobil kita tuh bisa masuk ke area red carpet dan kita diturunin persis di ujung red carpet nya mulai. Dan kita gak ditanya apa-apa langsung dikasih masuk dan berdiri nunggu di situ. Pas pula timingnya pas si Emma baru dipanggil jalan. Jadi kita bisa ngeliatin si Emma jalan di red carpet! Aduh rasanya bangga nya bukan main. Call me cengeng, tapi mata gua sampe basah ngeliatnya. πŸ˜€

CANNES, FRANCE – JULY 08: Jodie Turner-Smith, Malea Emma Tjandrawidjaja, Haley Lu Richardson and Director Kogonada attend the “Stillwater” screening during the 74th annual Cannes Film Festival on July 08, 2021 in Cannes, France. (Photo by Pascal Le Segretain/Getty Images)
CANNES, FRANCE – JULY 08: Malea Emma Tjandrawidjaja attends the “Stillwater” screening during the 74th annual Cannes Film Festival on July 08, 2021 in Cannes, France. (Photo by Marc Piasecki/FilmMagic)
CANNES, FRANCE – JULY 08: Malea Emma Tjandrawidjaja attends the “Stillwater” screening during the 74th annual Cannes Film Festival on July 08, 2021 in Cannes, France. (Photo by Vittorio Zunino Celotto/Getty Images for Kering)
CANNES, FRANCE – JULY 08: (L to R) Jodie Turner-Smith, Haley Lu Richardson and Malea Emma Tjandrawidjaja attend the “Stillwater” screening during the 74th annual Cannes Film Festival on July 08, 2021 in Cannes, France. (Photo by Andreas Rentz/Getty Images)
08 July 2021, France, Cannes: Haley Lu Richardson (l) and Malea Emma Tjandrawidjaja attend the screening of the film “After Yang” during the 74th Annual Cannes Film Festival at Palais des Festivals. Photo: Stefanie Rex/dpa-Zentralbild/dpa (Photo by Stefanie Rex/picture alliance via Getty Images)

Gila ya red carpet nya asli gede banget dan glamorous sekali. Ada ratusan kali fotografernya di kanan kiri carpet. Jadi mereka di announced namanya trus jalan. Trus bentar-bentar brenti ngadep kanan, ngadep kiri. Trus jalan lagi sampe naik tangga buat masuk ke gedung Palais nya. Lumayan lama juga.

Ini kan pertama kalinya Emma premiere di red carpet gini ya, jadi pada bilangin jangan get used to it ya. Di Cannes doang yang red carpet nya gede dan mewah begini. Red carpet di tempat lain mah cuma pendek doang. Hahaha.

Setelah mereka udah sampe di atas tangga, baru kita yang rakyat jelata dikasih jalan. Kita jalan di red carpet juga dong! Cuma pas kita jalan (rame-rame sama orang-orang lain yang somehow punya akses) dicuekin ama para fotografer nya. Huahaha. Oh ya, mereka strict banget kita gak boleh poto-poto pake HP lho. Padahal kan pengen selfie ya! Hahaha.

Gua jalannya paling belakang. Pas gua udah mau masuk Palais, ditanya ama staff nya (staff nya buanyak banget disana) badge gua mana. Gua bilang gak punya, cuma punya tiket buat nonton. Dia bilang kalo gitu gua gak boleh masuk lewat sana. Gua bilang lha itu anak gua (nunjuk ke Emma), gua papa nya. Orangnya baik sih, dia langsung bilang oh ok kalo gitu, congratulations ya. Hahaha.

Trus kita tunggu di lounge nya. Ada open bar. Tapi lagi-lagi gak ada makanan. Tadinya kita dikasih tau kalo bakal ada makanan ringan pas lagi toast di Marriott sama pas di lounge di Palais ini. Eh ternyata gak ada. Dan dodolnya gua gak bawa makanan pula. Padahal gua dari LA udah siap-siap bawa banyak granola bar karena gua udah mikir bakal kayak begini, makannya ntar telat dan kita semua pada ada maag kan. Eh kok ya pas hari H nya malah lupa dibawa! Ampun dah! πŸ˜›

Trus dipanggil poto-poto lagi. Sebelum akhirnya kita semua (kecuali para aktor dan sutradara) disuruh masuk ke gedung bioskop. Di Palais ini ada banyak gedung bioskop. Yang paling besar adalah Lumiere dengan kapasitas 2000 orang lebih. Nah After Yang mainnya di Debussy, bioskop yang terbesar kedua, kapasitasnya 1000 orang lebih. Pas kita masuk tuh udah penuh bioskopnya. Emang gua liat di Twitter kalo sold out premiere nya After Yang ini.

Kita dikasih duduk di tengah rada depan. Jadi udah ada 2 baris di blok buat kita. Very good seats soalnya pas di deretan ini tuh depannya gak langsung kursi lagi tapi ada jalanannya gitu.

Trus dimulai dengan Thierry Fremaux (direktur nya Cannes Film Festival) ngasih kata sambutan. Pake bahasa Perancis! Yak kita bengong aja ngedengerin dia ngomong, mana lama pula. πŸ˜› Trus dia manggil Haley, Emma, Jodie dan Kogonada (sutradaranya) baru mereka pada masuk.

Ini penampakan dari lantai 2 (bioskopnya 2 lantai). Layarnya gede banget!

Trus mulai dengan Kogonada ngasih kata sambutan. Trus kelar dia ngomong harusnya ya udah pada balik duduk buat filmnya di mulai. Eh pas mereka udah siap-siap jalan, si Thierry nanya ke Emma mau ngomong something gak. Hahaha. Untung si Emma langsung sigap, jadilah si Emma juga ngasih kata sambutan dikit! πŸ˜€

Padahal pas pagi si Emma bilang ke gua kalo dia nervous. Gua bilang ngapain nervous orang dia gak bakal disuruh ngomong, gak disuruh nyanyi, cuma poto-poto doang. Eh taunya beneran ditodong suruh ngomong. Untung dia pinter juga ngomongnya. πŸ˜€

Trus abis itu ya filmnya di mulai deh.

Sebenernya bulan Maret kemaren kita udah dikasih nonton (private screening) di LA. Tapi kali ini nonton di layar segede gini, di Cannes Film Festival, plus kita jadi lebih paham ceritanya, gua sampe terharu banget nonton filmnya. Pas adegan terakhir si Mika (karakter nya Emma) saying goodbye ke Yang langsung air mata bercucuran. Huahaha. Ya emang ceritanya sedih, tapi juga ya bangga banget ya.

Kelar film nya semua pada standing ovation. Lama banget. Gua, Esther, aktor-ktornya, dan para producer nya udah pada basah semua matanya. Si Kogonada mau ngomong terima kasih gak bisa-bisa soalnya orang tepuk tangan gak kelar-kelar. Hahaha. Bener-bener bangga nya luar biasa dah! πŸ˜€

Standing Ovation

Trus ya udah balik ke hotel. Udah jam setengah 10 malem tuh. Si Emma ama Esther ganti baju dulu. Gua suruh pada makan dulu. Untung kita ada banyak makanan sisa dari siang. Baru abis itu pergi ke after party nya di beach club deket hotel. Tadinya after party nya mestinya di yacht lho, tapi berhubung lagi covid mereka gak boleh katanya jadi di beach club yang tempat terbuka. Lagian lebih gampang gini, kalo di yacht tadinya kita dikasih tau mesti naik perahu dulu kesana. Ribet aja. πŸ˜›

Nah di party nya ini baru ada makanan. Gile aja jam 10 baru dikasih makan. Enak-enak sih makanannya. Hahaha. Banyak banget yang muji-muji akting nya Emma. Kita disana stay sampe jam 1 pagi. Ini aja setelah kita maksa-maksa si Emma untuk pulang. Ini anak kagak mau pulang coba! Kita udah cape banget rasanya, dia masih kayak Energizer Bunny gitu. Hahaha.

Pas kita pulang jam 1 itu emang pestanya tambah rame. Sampe pagi emang pestanya. Kita nya aja nih yang udah renta ya. Maximum jam 1 udah gak bisa lanjut lagi. Huahaha.

Ini ada video footage buat yang mau liat gimana seru nya pas photocall, red carpet dan kata sambutan si Emma pas premiere ya:

Dan besok-besoknya jadi seru sendiri ngeliatin berita-berita yang masuk. Foto nya Emma ternyata ada dimana-mana, sampe masuk ke website-website fashion ternama kayak Elle, Glamour, Harper’s Bazaar, Vogue, W Magazine, Vanity Fair! Beberapa review film nya juga muji akting nya Emma. Klik sini ya kalo mau liat rangkumannya (ini yang sempet gua dokumentasiin aja nih).

Bangganya luar biasa dah! Bener-bener pengalaman yang gak akan pernah gua lupakan dah. πŸ˜€

Reliving this whole thing is kinda crazy. Gua masih inget pas Emma masih umur 5 tahun kali ya, pas Emma mulai nyanyi-nyanyi di acara-acara lokal, orang-orang yang nonton ada yang bilang ke gua kalo Emma would go places. Dan ternyata bener banget. Sejak dia viral tahun 2018, dia udah bawa kita ke seluruh penjuru US dan sekarang dia bawa kita sampe ke Perancis, ke Cannes Film Festival yang bergengsi banget ini! Rasanya tuh gimana ya… indescribable! πŸ˜€

PS. Selain masuk ke media-media di Indo kayak Kompas, Berita Satu, Line Today, Tribun News, Bobo sampe Dewi Magazine, ternyata juga masuk ke Insert di Trans TV lho! Buat yang ketinggalan nonton, silakan nonton disini ya: