Daydreaming

Originally composed by Arman Tjandrawidjaja (Los Angeles, May 10, 2009)

Copyrights, All Rights reserved

If you can’t play the video, just click here.

**********

Siapa sih yang gak suka ngelamun? Apalagi kalo lagi di kantor. Di sela-sela suntuknya kerja, apa lagi yang lebih enak dari ngebayangin lagi main-main ama anak di rumah, dengerin ketawanya mereka, atau ngebayangin lagi berduaan ama istri, atau ngebayangin lagi pergi liburan, jalan-jalan… Apa aja bisa jadi lamunan. Lu gak perlu duit untuk ngelamun pergi ke Paris, gak perlu sayap buat ngelamun terbang ke bulan, gak perlu kapal buat ngelamun menikmati sunset di pulau… Apa pun bisa!

Tujuan Ngelamun

Ngelamun itu penting lho. Terutama buat yang lagi di kantor. Tujuannya jelas untuk menjernihkan pikiran, menghilangkan kebosanan, menghilangkan kebutekan. Intinya, ngelamun itu buat refreshing!

Strategi Ngelamun

Jangan salah, ngelamun tuh jangan dilakukan sembarangan. Perlu ada strategi untuk bisa ngelamun yang baik dan benar. Terutama untuk yang ngelamun di kantor tadi. Tujuan dari strategi ini ya tentunya supaya jangan sampe ketahuan dong! Bayangin kalo lu ngelamun dan ketauan… Ya kalo ketauan temen doang sih masih mending, paling malu doang, tapi kalo ketauan bos? Wah jangan lah… apalagi lagi jaman krisis begini kan…

Nah ini beberapa strategi untuk ngelamun yang baik dan benar:

1. Waktu Yang Tepat
Waktu yang tepat untuk ngelamun tuh di saat-saat orang lain gak liat tentunya. Biasanya pas pagi-pagi pas orang-orang masih belum dateng atau lagi pada sarapan, atau siang-siang menjelang atau sesudah jam makan siang, atau 1 jam sebelum jam pulang kantor dimana orang-orang rata-rata udah pada gak konsen kerja.
Jangan ngelamun di saat-saat lagi sibuk-sibuknya orang kerja, dimana bos lu kemungkinan besar bakal mondar-mandir dan bisa bikin lu ketauan kalo lagi ngelamun!

2. Situasi Kantor
Paling asik tentunya kalo bos lagi gak ada. Aman tentram dah. Tapi kalo ada pun, bukan berarti lu gak bisa ngelamun kan. Cuma lu mesti pinter-pinter liat situasi. Liat dulu kalo bos lu keliatannya lagi sibuk di kantornya, atau dia lagi meeting, atau lagi telpon… Nah aman dah buat ngelamun.
Tapi jangan ngelamun kalo 10 menit yang lalu bos lu baru ngasih lu kerjaan dan dia bilang suruh kelarin kerjaan itu dalam 10 menit! Berarti tiap saat, bos lu bisa tau-tau nongol untuk nanyain kerjaan lu! Atau jangan ngelamun pas lagi detik-detik menjelang go live project dimana bisa aja tiap saat ada user yang dateng untuk minta lu ngelakuin ini atau itu.

3. Kondisi Badan
Sebaiknya ngelamun itu dilakukan waktu badan dalam kondisi yang sehat.
Hindari ngelamun kalo lu lagi ngantuk berat atau lagi ngefly karena abis minum obat keran lu lagi sakit flu. Karena ini bisa bikin lu ketiduran pas lagi ngelamun. Dan ngelamun sampe ketiduran itu sangat-sangat perlu dihindarkan! Apalagi kalo lu model orang yang kalo udah ketiduran jadi ngorok dan susah bangun. Waduh gawat dah!

4. Bahan Lamunan
Perlu lho dipikirin apa yang mau lu lamunkan. Sebaiknya kalo ngelamun tuh ngebayangin hal-hal yang menyenangkan. Kayak contoh-contoh gua di atas itu. Ngelamunin anak, istri, liburan…
Jangan ngelamunin krisis ekonomi, bos yang rese, kerjaan menumpuk, utang-utang… Yang ada ntar abis ngelamun bukannya jadi fresh malah lu jadi stress!
Eh juga jangan ngelamun kosong lho. Serem lah… ntar kalo kesambet malah ribet! πŸ˜›

5. Lamanya Ngelamun
The last but not least, perlu dibatasi lamanya ngelamun.
Namanya juga ngelamun, kan asik ya… Bisa ngebayangin apa aja yang asik-asik. Jadi biasanya orang jadi keterusan kalo lagi ngelamun. Nah ini bahaya! Jangan kelamaan kalo ngelamun! Karena kalo ngelamunnya kelamaan, bisa memperbesar kemungkinan untuk ketahuan! Apalagi ngelamun kelamaan bisa bikin lu jadi ketiduran juga.
Lebih baik ngelamun nya gak lama-lama tapi sering, daripada cuma sekali ngelamun tapi sejam! πŸ˜›
Nah untuk itu perlu ada time keeper nya nih, biar lu gak keterusan ngelamunnya. Jangan pake jam weker ya, soalnya ntar alarm nya bikin panik orang sekantor. Jangan pake alarm HP, soalnya ntar dikira bos lu, lu mainan HP pas lagi jam kerja. Jangan minta tolong temen lu untuk ngingetin lu kalo udah waktunya selesai ngelamunnya, karena jaman gini gak ada orang yang bisa dipercaya, siapa yang tau kalo ternyata ama temen lu malah diaduin ke bos lu kalo lu lagi ngelamun?
Nah solusi yang paling tepat adalah ngedenger lagu! Jadi lu pasang lagu dan lu ngelamun selama 1 lagu itu aja. Pas lagunya kelar ya udah ngelamunnya kelar dulu.
Sekarang masalahnya lagunya kudu gimana? Yang pasti jangan lagu yang ada liriknya. Karena ntar instead of ngelamun, lu jadi karaokean ntar. Lagunya harus instrumental yang sederhana aja, jangan yang rumit kayak lagu klasik atau lagu jazz, ntar yang ada lu malah pusing.

Ok, udah paham semuanya?

Yuk, mari kita ngelamun…. πŸ™‚

PS. Ada yang punya strategi ngelamun yang lebih mantap?? Atau punya pengalaman ngelamun yang memalukan? Hehehe….