Tips To Make A Surprise Valentine’s Dinner

Helo helo… Lagi rajin nih, gua posting dalam 3 hari berturut-turut… Semoga gak pada eneg ya… Hehehe.

Gimana nih, udah pada siap-siap menyambut hari Valentine? Nah gua mau ngasih tips lagi nih buat yang pengen ngasih surprise buat pasangan tapi budget pas-pasan. Kalo tahun lalu gua udah ngasih tips gimana ngasih surprise bunga, sekarang biar semakin lengkap gimana kalo kalian ngasih surprise dinner?

Hmmm… dinner di restoran gitu? Tentu tidak!! Kalo di restoran mah itu biasa, gak surprise lagi dong. Udah biasa banget itu kalo dinner di restoran. Belum lagi kalo Valentine kan restoran-restoran pada aji mumpung. Harganya jadi mahal-mahal banget! Ngapain maksain ngasih surprise kalo akhirannya bikin kantong bolong?

Nah jadi tips gua kali ini adalah… gimana kalo kalian yang masak sendiri buat Valentine’s dinner kali ini? Wuiii dijamin dah, selain surprised, pasangan lu juga bakal terharu sekali atas perjuangan lu nyiapin makan malam!

Tapi… kita kan gak bisa masak? Jadi bagaimana mungkin bisa bikin dinner yang spesial… membaca pun aku sulit… (apa coba! :P).

Tenang… tenang… Seperti biasa, gua punya resep jitu yang gampang alias recipe for dummies! And trust me, kalo gua sebagai orang ter-dummiest (doh bahasanya gak karuan banget!) di dunia dalam hal masak-memasak aja bisa berhasil masak makanan ini, pasti semua orang lain pun ditanggung pasti bisa!

Waaaa masakan apakah itu?? Pasti pada penasaran dong ya…. πŸ˜€ Apakah nasi goreng? Tentu tidak! Nasi goreng itu termasuk susah buat gua! Apakah kuah baso? Tentu tidak… Gile aja masa Valentine’s dinner makan kuah baso? Gak afdol dong ya… Masakannya kudu yang gimanaaaaa gitu dong…. Yang gak kalah ama entree di restoran-restoran…

Nama masakannya adalah Chicken with Redcurrant Sauce.

Bahan-bahan:

1. 8 biji fillet paha ayam.

2. 1/2 gelas (sekiatr 125 ml) red wine. Eitttsss jangan keselek dulu denger red wine. Red wine itu gak selalu identik dengan harga mahal kok! Beli di supermarket aja yang murah-murah, gak usah bermerk atau yang vintage gimanaaaa gitu. Cari aja yang semurah mungkin! Toh rasanya ampir sama aja kok (yah menurut gua sih…. soalnya gua gak ngerti juga! Hahaha). Gua sendiri beli yang jenis cabernet sauvignon dan harganya sebotol cuma $5.99 (berarti cuma sekitar 50 ribu rupiah doang dong!). Udah gitu kan itu dapetnya sebotol tuh, padahal dipakenya cuma 1 gelas. Jadi sisanya… bisa buat kalian minum dong pas lagi dinner. Keren kan… makan malem sambil minum wine… Cieeee…. Kalo pasangan lu ngerti jenis-jenis wine yang mahal atau murah, jangan kasih liat botolnya. Langsung tuang ke gelas aja pas minum. Gua jamin gak bakal dimasalahin dah walaupun wine lu itu jenis yang termurah, karena udah kesengsem ama jerih payah lu bikin surprise dinner ini!

3. 1 sendok makan finely chopped thyme.Β  Jangan tanya gua dan gak perlu dipusingin thyme itu apaan! Gak penting banget dah. Lu tinggal ke supermarket, cari di rak bagian rempah-rempah dan cari botolan yang isinya chopped thyme. Botolnya kecil kok dan gak mahal.

4. 1 sendok makan finely chopped rosemary. Sama kayak di atas, tinggal beli aja botolan di supermarket.

5. 1 sendok makan olive oil. In fact, gua gak punya olive oil dan lupa beli, jadi pake minyak sayur yang ada aja di rumah. Gak efek lah!

6. 1/2 gelas selai redcurrant. Iya, selai… yang biasa buat makan ama roti itu… πŸ™‚

Cara memasak:

1. Taroh ayam nya di tempat plastik yang ada tutupnya, trus masukin semua bahan di atas (red wine, thyme, rosemary, minyak, dan selai). Tinggal dituang aja semuanya. Gak perlu potong (gua emang sangat menghindari acara potong memotong), gak perlu cincang, gak perlu blender. Tuang doang! Gampang kan? Trus tutup dan masukin kulkas selama 2 jam. Menurut gua sih semakin lama semakin bagus. Jadi bisa aja lu udah siapin dari malem sebelumnya. Biar bumbunya lebih ngeresep gitu.

2. Panasin oven dengan suhu 200 derajat C (400 derajat F). Ambil ayam nya dari tempat plastik dan taroh ke tempat yang bisa buat masuk oven (pyrex misalnya). Ayamnya doang ya, gak ama bumbu-bumunya.Β  Dan olesin ayam pake minyak (ini gua lupa lakuin nih, gua rasa sih ini biar penampakannya lebih bagus aja kali ya…. rada mengkilap gitu). Setelah panas, trus masukin ayamnya kedalam oven. Panggang sampe 30 menit. Jangan lupa setelah 15 menit pertama, ayamnya dibalik ya, biar rata panggangannya.

3. Nah karena ayamnya doang yang dimasukin oven, bumbunya kan tersisa tuh, tuang bumbunya ke panci kecil. Taroh panci nya di kompor pake api medium. Diaduk-aduk sampe mendidih. Kalo udah mendidih ya udah, matiin kompor nya.

4. Setelah ayamnya mateng (dicek dulu ya dalemnya udah mateng merata belum, kalo belum ya dioven lagi bentar) tinggal disajiin di piring dan disiram ama bumbunya.

Penampakannya seperti ini:

Tuh menarik kan?? Percaya dah ama gua (Esther juga mengakui) kalo makanan ini enak banget!! Padahal bikinnya gampang banget kan?? Gak perlu motong, gak perlu goreng, gak perlu cincang… Pokoknya sistemnya cuma tuang-tuang-tuang.

Cuciannya pun gak banyak. Cuma gelas ukur, 1 tempat plastik, 1 pyrex, 1 panci kecil, ama sendok doang. Gak ada piso, gak pake telenan, gak pake cobek… πŸ˜€

Tinggal disajiin di meja, pake lilin-lilin, pasang lagu yang slow-slow mengundang (nah lho gimana tuh lagu yang mengundang? :P), dijamin dah pasangan lu klepek-klepek. Trus abis itu minum-minum wine, trus lu ajak slow dance sambil rada-rada mabok, trus selanjutnya ya terserah anda…. Huahahaha…. πŸ˜›

Gimana… Ok banget gak tips dari gua?

Moga-moga Valentine’s day nya bisa jadi hari yang sangat berkesan yaaaaa… πŸ˜€ Good luck!

PS. Oh ya, appetizer nya gimana dong? Jangan dikasih kacang ya… Atau dikasih ubi goreng… Gak nyambung! Mendingan lu bikin Cucumbera Salmonella. Ini juga salah satu ‘recipe for dummies‘ dari gua yang udah pernah gua share dulu. Udah terbukti sangat gampang dan enak!

PS lagi. I’m so proud of me. Akhirnya gua berhasil masak juga! Awalnya tuh gara-gara abis nonton Julie & Julia itu, trus gua jadi terpacu untuk bisa masak. Trus bongkar-bongkar buku resep nya Esther dan nemu resep ini yang keliatannya menggiurkan dan yang penting gampang! And… I really made it! Yay for me! πŸ™‚

Iklan