How To…

1. How to make Emma laugh?

Kalo dulu pas masih bayi, cuma Andrew yang bisa bikin Emma ketawa, sekarang semakin gede semakin gampang bikin Emma ketawa. Salah satu caranya tuh kalo kita tiup perutnya yang sampe bunyi β€˜brrroooottttt’ gitu. Pasti dah si Emma ketawa. πŸ˜€

Trus kalo dia kaget juga dia suka ketawa. Misalnya dengan cara kita gendong trus tiba-tiba kayak mau dijatohin gitu, kayak video dibawah ini. Si Emma bakal ketawa kegelian. πŸ˜€

Dan penemuan yang terbaru, ternyata Emma geli banget kalo gua geser-geserin dagu gua yang belum cukuran ke pipinya! Hihihi.

2. How to make Emma shake her head?

Yah biasanya kalo dia gak mau sesuatu ya pasti dia geleng-geleng. Nih anak udah ngerti banget kok, cuma belum bisa ngomong aja.

Tapi kalo pengen ngeliat Emma geleng-geleng dalam situasi apapun, caranya adalah dengan nanya β€œEmma, baju Daddy/Mommy/koko bagus gak?”. Dan dengan jailnya si Emma pasti akan geleng-geleng. Trus biasanya bakal kita sambung bilang β€œEnggak? Hwweeeee *pura-pura nangis maksudnya*”. Dan si Emma bakal ketawa-ketawa kesenengan karena merasa berhasil ngerjain kita. Padahal sebenernya kan kita yang ngerjain dia ya, dia gak tau aja… πŸ˜›

Btw, ngomong soal ngerjain, si Emma ini bisa lho acting pura-pura tidur. Kalo kita bilang ‘ayo tidur’, ntar dia merem trus pura-pura ngorok! Jadi ngeluarin suara ‘ggggrrrrkkk…. gggrrrrkkkk’ gitu. Kalo merem sih emang Esther yang ngajarin, jadi kalo kita bilang ‘tutup mata’ dia bisa merem. Tapi kalo pura-pura ngorok itu entah dia belajar dari mana. Hahaha. πŸ˜›

3. How to make Emma finish her lunch/dinner?

Gua udah sering cerita ya kalo Emma tuh suka makanin barang-barang yang gak sepatutnya dimakan. Tapi kalo untuk makanan yang emang seharusnya dimakan, malah belakangan ini si Emma rada susah! Yah siapa lagi belang keladinya kalo bukan teething yang berkepanjangan (sekarang ini kayaknya gigi bawahnya mau keluar, gusinya udah bengkak banget tapi tetep giginya gak keluar-keluar) yang bikin si Emma jadi suka GTM.

Jadi keluarlah senjata makan sambil nonton. Awalnya dia mau nonton kayak Elmo atau Pocoyo. Tapi lama-lama dia bosen lho. Kagak mau lagi!

Sampe akhirnya, pertengahan bulan lalu, Disney ngeluarin film Sofia The First – Once Upon The Princess yang jadi penyelamat! Ternyata si Emma ini kesengsem banget ama Sofia. Kalo nonton sampe gak berkedip lho. Dan nontonnya tuh yang diulang-ulang gitu. Kalo udah abis pasti minta diputer lagi. Jadi keinget dulu si Andrew demennya nonton Barney dan Cars berulang-ulang. πŸ˜› Tapi kalo dulu si Andrew nontonnya mah ditinggal-tinggal, cuma didengerin aja suaranya, sementara kalo si Emma nontonnya khusyuk dan khidmat banget. Hahaha. πŸ˜€

emma 17 mo1

So far sih kalo makan dipasangin Sofia pasti si Emma makan sampe abis. Moga-moga aja gak bosen-bosen nih anak ama film Sofia ini ya. πŸ˜›

4. How to make Emma eat her breakfast?

Nah kalo urusan makan pagi, beda lagi taktiknya. Gak mungkin dari pagi sampe malem disuruh nonton Sofia terus kan. πŸ˜›

Dulu-dulu si Emma ini gampang lho kalo urusan sarapan. Tinggal disebarin cereal di mejanya atau kita sobek-sobekin roti/bagel dan sebar di mejanya (gua suka bilang mirip-mirip kayak ngasih makan burung :P), ntar pasti dicomot dan dimakan sendiri.

Tapi belakangan ini si Emma rada berulah. Awal-awalnya sih makan, tapi ntar lama-lama makanannya dibuang-buang ke lantai! Nyebelin banget dah.

Ternyata si Emma nih kayaknya udah merasa jadi anak gede. Dia kalo makan gak mau disobek-sobekin lagi roti/bagel nya. Dia maunya megang dan makan sendiri! πŸ˜€ Padahal bagel nya ampir sama gedenya ama ukuran kepalanya. Huahaha.

emma 17 mo2

Sebenernya kalo lagi makan nasi juga dia udah maunya nyuapin sendiri tuh, tapi kita belum ngasih. Males bersihinnya soalnya pasti berantakan! Huahaha πŸ˜›

5. How to make Emma eat a lot?

Jangan bilang dikasih jerami atau pohon cemara ya! Emangnya Emma apaan… πŸ˜›

Belakangan ini kita nyadar kalo ternyata Emma suka banget ama makanan Vietnam! Wuiii kalo kita bawa ke restoran Vietnam ya, dia bisa makan nasi nya sekitar 3/4 porsi lho! Plus daging panggang dan kuah pho! Entah disimpen dimana ya itu makanan secara perut dia cuma seuprit gitu… πŸ˜€

Itu kalo di restoran… Kalo di rumah, so far kita ngeliat dia makannya banyak dan lahap kalo Esther masak nasi ayam hainam dan kalo Esther masak… rawon! Hihihi. Tetep ya darah Jawa nya mengalir. πŸ˜›

6. How to make Emma dance?

Kemaren gua udah cerita ya kalo gua pasang CD pasti si Emma minta diajak dansa. Tapi itu dansanya bareng ama gua. Dia gak mau dansa sendiri.

Nah kalo pengen biar si Emma nari-nari sendiri, senjatanya adalah pasangin Barney! Dia emang gak bakal nonton dengan khidmat kayak pas nonton Sofia, tapi kalo denger lagu-lagunya Barney si Emma bakal nari-nari. Lucu dah suka muter-muter sampe keliyengan sendiri… Hahaha.

7. How to make Emma sing?

Ini lucu banget nih. Dari sejak Thanksgiving tuh si Emma kalo denger lagu suka ikutan nyanyi. Dulu pas masih kecil emang kadang suka ikut nyanyi juga, tapi kalo sekarang udah semakin sering. Hampir setiap kali denger lagu pasti ikutan nyanyi. Tentunya gak bernada dan gak berkata. Cuma lucu aja soalnya kadang ekspresinya bisa serius banget kalo pas lagi nyanyi. πŸ˜›

Nah salah satu lagu yang udah pasti bakal bikin Emma ikutan nyanyi tuh kalo denger lagu The Great Divide yang OST nya Secret Of The Wings itu. So far ini lagu favoritnya Emma. Demen banget dia ama lagu ini. πŸ˜€

Ngomongin si Emma kalo nyanyi gak bernada dan berkata, si Emma emang belum ngomong nih sampe saat ini. Baru manggil-manggil aja yang semakin fasih. Masih pada inget gak, dua bulan lalu gua pernah cerita kalo si Emma manggil gua ‘Maaa’? Ternyata dia tuh manggil ‘Maaannn’! Yah kayaknya gara-gara Esther kalo manggil gua ‘Man’, jadi dia ikutan kali ya. πŸ˜› Nah sekarang akhiran ‘n’ nya udah kedengeran jelas. πŸ˜› Kadang manggilnya ‘Dyyyy’, tapi lebih sering manggil ‘Maaannn’. πŸ˜€

Kalo manggil Esther sih rata-rata ‘Maaaa’. Tapi kalo pas denger gua manggil ‘Ther’, si Emma suka ikutan juga manggil ‘Theeerrrr’! Hehehe. Kocak. πŸ˜€ Dan kalo manggil koko juga udah fasih, udah gak manggil toto lagi.

8. How to make Emma knock you out?

Satu hal yang paling dibenci ama Emma adalah… dikorekin upilnya pake cottonbud! Persis sama kayak Andrew dulu. Masalahnya si Emma ini kecil-kecil begini tenaganya luar biasa. Dulu Andrew kalo dikorekin juga pasti meronta-ronta, tapi bisa kita kunci lah tangan kakinya. Nah kalo si Emma, susah! Tendangannya maut!

Pernah ya sekali waktu, gua sampe jatoh lho dari ranjang gara-gara ditendang Emma pas ngorekin upilnya! Jadi harap ati-ati kalo someday ketemu Emma, jangan coba-coba ngorekin upilnya (siapa juga yang mau ya? :P) kalo gak mau kena tendangan tanpa bayangan! πŸ˜€

9. How to make Emma stay still when we take picture?

Sayangnya yang ini gua belum menemukan jawabannya. Minta ampun ya gua ama si Emma. Tiap kali gua mau poto, pasti dia malah sengaja kabur. Pegimana mau jadi model coba ini anak… πŸ˜›

Tapi kemaren ini gua liat-liat, ternyata kalo kitanya gak lagi mau motret, dia kadang-kadang berpose-pose sendiri lho. Jadi trick nya, motretnya harus candid! Candid, plus lari-larian ngejar si Emma. Pokoknya abis gitu kitanya bakal keringetan aja dah… πŸ˜›

Coba liat yang ini… Pose menanti kekasih yang tak kunjung tiba…

emma 17 mo4

Atau ini, pose pandangan mata menerawang…

emma 17mo4

Atau gaya serasa lagi strike a pose di runway…

emma 17 mo3

Dan juaranya, pose yang ini nih… Asli bikin gua ngakak abis setiap kali ngeliatnya! Gak kuku gayanya… Huahaha. πŸ˜€

emma 17mo5

Disclaimer: Sumpah ya gua ama Esther gak ada yang ngajarin lho si Emma bergaya-gaya begini, entah dari mana dia bisa bergaya kayak begitu… πŸ˜›

10. How to make me stop blogging about Emma every month?

I don’t think I can. Well, at least not now. πŸ™‚

Gua sebenernya bukan orang yang suka nulisin milestone anak dari bulan ke bulan. Jadi tadinya gua mikir mau nulis bulanan tentang Emma nya cuma mentok sampe umur 1 tahun aja (dengan pemikiran pas bayi kan pasti lebih keliatan perkembangan bulanannya). Eh kok ternyata jadi keterusan ya. Hahaha. Abis so far masih ada aja terus cerita-ceritanya sih ya, tentang apa yang Emma suka atau gak suka, sekarang Emma udah bisa apa, cerita kekonyolan Emma, dll… πŸ˜€

Jadilah ini posting bulanan Emma dalam rangka ulang bulannya Emma yang ke-17 yang sebenernya jatohnya tanggal 14 Desember ntar. Tapi berhubung gak ada bahan postingan lain ya gua posting sekarang aja ya! πŸ˜€

Happy 17 month old, Emma bear!

Iklan