American Idol

Happy New Year 2019! Semoga tahun 2019 ini lebih baik dari taun-taun sebelumnya ya… Amin! 🙂

Walaupun sekarang udah 2019, tapi ini gua mau cerita flash back ke 2018 pas Emma viral. Sayang kalo gak didokumentasiin disini… 😀

Jadi setelah Emma viral nyanyi National Anthem di LA Galaxy (klik disini), hari Selasa pagi pas ngecek DM (untung gua ngecek karena ada ratusan DM dan gak bisa kebaca semua) ternyata ada DM dari Patty Rodriguez yang mana adalah team nya Ryan Seacrest di radio talk show nya di KIIS FM. Si Patty bilang boleh gak Ryan telpon si Emma. Ya udah gua bilang boleh aja kalo mau telpon kudu antara jam 7.45-8 pagi karena cuma jam segitu si Emma sempet pas lagi di mobil on the way ke sekolah.

Ya udah akhirnya si Ryan pun telpon buat on air. Silakan liat disini ya interview nya…

Baik sih si Ryan, dia sempet mau telponin Christina Aguilera tapi gak bisa. Ya udah lah toh akhirnya ketemu juga (klik disini). 😀

Siangnya producer nya American Idol telpon gua. Ternyata si Ryan mau si Emma dateng ke audisi American Idol season yang baru. Audisi pertamanya adalah di Denver, hari Minggu tanggl 30 September. Mereka maunya si Emma nyanyi national anthem untuk pembuka audisinya gitu. Tapi kan kita bakal terbang ke NY buat Good Morning America (klik disini) jadi kita bilang gak bisa. Mereka bilang mereka bakal terbangin kita ke Denver trus Senin nya terbangin kita ke NY buat GMA. Waduh kayaknya terlalu padet ya jadwalnya kalo kayak gitu jadi kita tetep gak mau. Kita bilang nanti nunggu pas audisinya ke LA aja. Tapi producer nya keukeuh, dia bilang pas di LA si Ryan belum tau bisa dateng gak dan Ryan pengen ketemu Emma.

Akhirnya kita setuju untuk dateng ke audisi yang kedua yaitu di Coeur D’Alene, Idaho tanggal 14 Oktober. Ini pun tadinya jadwal audisinya tuh hari Senin tanggal 15 Oktober tapi kita bilang kita cuma bisa weekend akhirnya mereka majuin jadwal audisinya ke hari Minggu. Niat ya… 😛

Oh ya ini audisinya bukan audisi tahap pertama dimana ribuan orang ngantri buat audisi gitu ya. Ini udah tahap audisi di depan celebrity judges nya, jadi peserta nya udah disaring. Dan itu berarti Emma bakal nyanyi di depan Katy Perry, Lionel Richie dan Luke Bryan! Woo-hoo! 😀

Karena belum pernah mereka ngundang bintang tamu kayak begini (si Emma jelas terlalu muda untuk jadi kontestan), jadi mereka pun gak tau formatnya nanti bakal gimana. Gua tanya apa nanti si Emma pura-pura jadi kontestan gitu ya masuk ke ruangan audisi? Katanya gak. Nanti Emma bakal nyanyi di hadapan semua peserta dan juri. Tapi mereka juga gak yakin. Pokoknya gak jelas lah bakal gimana. 😛

Kita berangkat hari Sabtu, tanggal 13 Oktober pagi karena pesawat kesana tuh mesti pake transit segala. Berhubung kota kecil ya jadi gak ada direct flight. Kita kudu terbang ke Seattle dulu trus pindah pesawat ke Spokane baru ntar dari sana nyetir ke Coeur D’Alene. Ribet ya? 😛

Mana ternyata pas nyampe Seattle ada penumpang yang sakit jadi mereka mesti ngasih paramedic masuk dulu dan kita gak boleh keluar. Lha kita kan takut ketinggalan pesawat ya soalnya kalo ketinggalan ntar pesawat berikutnya baru adanya malem banget. Jadi kita nekad kabur walaupun sebenernya gak boleh keluar sampe disewotin penumpang lainnya. Tapi apa boleh buat… Eh udah kabur dan lari-larian ternyata nyampe pesawat berikutnya mereka nungguin anyway! Yaela… kenapa mereka gak ngasih pengumuman kalo bakal nunggu, kan tau gitu kita gak perlu kabur-kaburan. 😛

Nyampe Spokane, kita dijemput sama minibus gitu just for the 5 of us! 😀

Anyway, ternyata Coeur D’Alene itu cakep banget! Kota kecil di pinggiran danau gitu. Pemandangannya luar biasa! Cuacanya dingin (sekitar 0 derajat Celcius) tapi matahari nya cerah jadi enak seger gitu.

Foto-foto kita didn’t do any justice dah… Kota nya asli cakep bukan main… 😀

Kita sore itu ya jalan-jalan aja di sekitaran hotel trus makan malem di restoran hotel yang mana full kaca jadi bisa ngeliat sunset di danaunya gitu. Lucu deh di restorannya pas udah mau sunset, lampunya dimatiin semua biar kita bisa bener-bener nikmati sunset nya. Keren banget… 😀

Seneng banget dah sama kota Coeur D’Alene ini. One of the most beautiful city I’ve ever been! Untung kita gak pergi ke audisi yang di Denver. Hehehe.

Besok paginya kita disuruh siap jam 8.30 sementara peserta lainnya yang beneran disuruh siap jam 7 pagi! Rencananya jam 8.30 kita bakal dianterin ke tempat shooting (yang mana tadinya masih dirahasiakan, mereka takut banget kayaknya kalo sampe ketauan lokasinya) trus nanti disana bisa sarapan, hair-make-up, wawancara sama Ryan Seacrest dan audisi dimulai jam 10.30 dimana Emma bakal yang pertama nyanyi. Pokoknya kita kudu cabut paling telat jam 1 karena pesawat kita buat pulang tuh jam 3.

Nyampe lokasi shooting yang mana dijaga ketat banget sama polisi yang jumlahnya banyak banget, trus kita dikasih credential yang mana membolehkan kita untuk jalan kemanapun kita mau. Sementara peserta lain cuma boleh nunggu di kapal yang udah disediakan. Kasian lho ya para pesertanya. Mereka udah disuruh nunggu dari jam 7 pagi cuma nongkrong aja disana. Plus kapal nya terbuka gitu dan cuacanya dingin…

Pas kita nyampe, di pinggir danau itu ada tulisan IDOL gede banget gitu. Dan para pesertanya lagi hang out disana karena mereka bakal bikin video-video nari-nari gitu buat footage. Kita bilang ke produser nya kalo pengen fotoin Emma di depan tulisan IDOL itu tapi banyak orang. Eh produser nya langsung pake toa bilang ke semua peserta yang lain suruh pada minggir karena Emma mau foto. Ya ampun… sampe segitunya. Huahaha. Jadi gak enak ati kita semua disuruh pada minggir demi si Emma mau poto… 😛

Trus kita dikasih nunggu di ruang tunggu jurinya yang mana ruangan tertutup dan ada heater nya. Jadi nyaman kita nunggu nya. Trus di situ ada tenda (lengkap dengan meja makan dan heater) yang ada buffet makanan gitu buat para crew nya dan kita boleh makan disana juga. Gua gak tau ya peserta nya pada dikasih makanan apa di kapal soalnya kok gak keliatan mereka pada makan ya… Pokoknya kita di-treat special deh… 😀

Emma sempet sound check juga sih di ruangan audisinya.

Sekitar jam 10-an si Ryan dateng. Begitu dateng, sebelum make-up, dia langsung nyamperin kita dulu. Ngobrol-ngobrol. Baik banget orangnya. Abis itu baru dia make-up trus dia pergi ke para peserta. Trus kita nunggu lagi.

Ternyata walaupun dijadwalin jam 10.30 jurinya dateng tapi para juri nya tukang ngaret semua dan mereka gak bisa ngapa-ngapain! Amsyong dah! Jam 11 gak dateng juga… Jam 11.30 gak dateng juga… Kita kan takut ketinggalan pesawat ya!

Akhirnya sekitar jam 12-an baru dah pada dateng. Langsung si Emma dipasangin mic dan kita dibilangin gak boleh ikut masuk. Kita disuruh nunggu di tenda di luar yang ada TV nya jadi kita bisa liat. Tapi kan kita pengen masuk… Jadi kita nongkrongin terus di depan pintu pas Emma mulai diwawancara sama Ryan. Dan begitu Emma digandeng masuk sama Ryan, kita pun ngintil di belakang cameraman. Huahaha. 😛

Jadi ternyata si Emma pura-pura jadi peserta, buat ngagetin jurinya gitu lho. Walaupun gua yakin jurinya udah pada tau karena gak keliatan kaget juga. Hahaha.

Trus si Emma nyanyi national anthem yang mana si Ryan sampe nangis lho! 😛 Trus jurinya pada nyamperin si Emma mau ngasih golden ticket. Trus Emma bilang kalo dia ada siapin satu lagu lagi (producer nya emang suruh Emma siap 1 lagu just in case jurinya minta dia nyanyi lagi tapi jurinya gak minta, untungnya si Emma langsung bilang kalo dia ada satu lagu lagi :P), jadi akhirnya jurinya duduk lagi.

Buat lagu kedua, si Emma nyanyi Think nya Aretha Franklin. Nyanyinya kan gak pake musik ya, acapella gitu, tapi seru deh karena si Katy Perry nya ngetuk-ngetuk tangannya ke meja buat ngasih beat nya gitu. Dan Emma pun dapet standing ovation dari Katy Perry, Lionel Richie dan Luke Bryan! OMG banget gak tuh! 😀

Trus udah kelar kan si Ryan gandeng Emma buat keluar. Pas ngelewatin kita, kita bilang mau foto ama jurinya dong. Dasar Ryan nya emang baik ya jadi kita diajak masuk lagi buat foto. Katy, Lionel sama Luke keliatan baik-baik banget orangnya, pada bilang thank you udah bawa Emma dateng sambil nyalamin kita. Trus kita poto deh. Tadinya manager kita yang mau motretin eh akhirnya sama Ryan disuruh manager kita ikutan difoto dan malah si Ryan yang motretin kita! Saking semuanya serba cepet kita baru nyadar pas udahan lha kok si Ryan malah gak ikutan di fotonya… 😛

Oh ya, audisi nya Emma disiarin sama American Idol di Facebook Live mereka. Ini videonya…

Trus ya udah kita keluar. Si Ryan sempet selfie dulu sama Emma. Gua rasa peserta yang lain bete kali ya ama kita karena kita lama banget mana mulainya udah telat yang ada mereka gak mulai-mulai. Hahaha. Maap dah… 😛

Trus ya udah gitu aja trus kita pulang deh… American Idol season yang baru ini bakal tayang bulan Maret nanti. Jangan lupa nonton si Emma ya! 😀

Oh ya, buat yang pada bingung, walaupun si Emma dapet golden ticket, bukan berarti Emma bakal ikut kompetisi nya taun ini. Di American Idol season ini, Emma jadi bintang tamu doang. Untuk ikutan American Idol itu harus 16 tahun. Jadi nanti tahun 2027 baru Emma boleh ikut dan bisa langsung lolos ke tahap Hollywood karena udah dapet golden ticket nya. Hahaha. Yah itu pun kalo American Idol nya masih ada ya… 😛