Portfolio

At this point, kalian pasti udah pada tau kalo Emma pinter nyanyi kan ya? Gua muji begini bukan karena gua ortunya tapi emang banyak orang yang bilang kalo Emma pinter nyanyi. πŸ˜€

Masalahnya disini tuh gak ada (atau gua gak tau walaupun gua udah berusaha nyari-nyari tau) yang namanya lomba-lomba nyanyi lokal semacam kalo di Indo ada lomba-lomba di mall gitu. Adanya lomba nyanyi nya kelas tinggi model America’s Got Talent. Sebenernya gurunya Emma udah bilang suruh coba masukin Emma ke AGT. Tapi gua takut too much pressure buat dia karena lomba nya terlalu intense. Ntar kalo masuk live show (kejauhan mikirnya :P) kudu nyanyi lagu yang beda tiap minggu kan ribet ya. Hahaha.

Nah sejak tau ada acara Little Big Shots yang mana bukan lombat tapi sekedar talent show tapi disiarin di TV nasional (bahkan internasional), gua udah tertarik banget buat masukin Emma. Masalahnya dari yang gua liat-liat, yang tampil di LBS ini adalah anak-anak yang emang video nya udah viral duluan di social media.

Bulan Desember lalu gua udah submit si Emma pas mereka baru nyari talents buat season 1. Tapi gak ada kabar. Akhirnya bulan Mei kemaren gua submit lagi buat season 2 dan waktu itu gua post disini juga buat naikin views di YouTube. Tapi sayangnya gak berhasil viral. Hahaha.

Klik sini buat baca cerita tentang gua submit si Emma ke LBS

Karena kita subscribe beberapa casting websites, kita jadi liat mereka nyari apa aja. Ternyata buat season 2 ini mereka gak nyari solo singer sama sekali. Mereka nyari duo, band dan acts yang lain, bahkan sampe dikasih warning jangan submit untuk solo singer! Kayaknya karena mereka udah banyak stok buat solo singer! πŸ˜›

Emang susah banget kok kompetisi jadi solo singer di US ini karena banyak sekali anak-anak berbakat. Dari yang gua baca-baca kalo ikutan AGT juga gitu, dari ribuan orang yang ikut tuh 90% adalah solo singer. Jadi kompetisinya bener-bener tough.

Anyway, suatu hari di bulan Juni, guru les nyanyinya Emma ditelpon sama salah satu Casting Director (CD) buat LBS (acara-acara TV begini biasanya hire multiple casting directors) karena mereka nyari solo singer! (Bingung kan? CD yang satu bilang mereka gak nyari solo singer, CD yang ini malah nyari. :P) Dan gurunya suggest si Emma. Kita udah kirimin video nya dan CD nya seneng sama si Emma. Wah good news nih, bisa langsung kontek sama CD nya. Cuma waktu itu dia bilang dia pengen bikin klip si Emma nyanyi macem-macem tipe lagu sementara video yang gua kirim kan si Emma nyanyinya lagu slow semua. Jadi gua dikasih waktu 2 hari (selama weekend) untuk video-in Emma nyanyi 3 lagu upbeat. Yup, bukan 1 lagu tapi 3! Mampus gak? πŸ˜›

By the way, kita tau CD nya legitimate karena dari email address nya udah kita cek sampe ke IMDB account dan social media nya juga. πŸ˜€

Nah nyari lagu upbeat yang Emma suka dan lirik nya appropriate itu susah banget ternyata (tadinya Emma mau nyanyi Dangerous Woman nya Ariana Grande, tapi liriknya aduhai ya… :P). Belum lagi si Emma mesti ngafalin kan. Walaupun emang si Emma ini lumayan cepet hafal lirik tapi ya bukan yang dalam 1 hari doang langsung hafal. Apalagi si Emma kan ngandelin kuping aja secara dia belum bisa baca.

Lagu pertama yang kita pilih adalah Roar nya Katy Perry. Sepanjang Jumat siang sampe malem tuh si Emma belajar. Keliatan banget si Emma ini bener-bener a fighter. Walaupun keliatan cape banget tapi dia keukeuh mau terusin sampe bisa. Biar dia gak lupa lirik, pas lagi videoin, gua sambil kasih signal. Jadi sebelumnya kita udah janjian, kalo gua signal nya begini itu pas liriknya apa. Hahaha. Dan akhirnya Jumat malem itu berhasil dapet 1 video.

Sabtu pagi mulai lagi kita milih lagu. Sepagian nyari gak ada yang cocok. Susah sih karena hati nya Emma emang bukan di upbeat song. Namanya juga anak kecil ya, gak bisa dipaksa mau nyanyi lagu apa. Dia maunya nyanyi yang dia emang suka.

Akhirnya setelah milih lama banget, dia mau belajar Firework nya Katy Perry. Sesiangan ngafalin liriknya. Udah hampir bisa lho, tapi trus karena kecapean tambah lama bukannya tambah hafal tapi tambah lupa. Karena gua yakin dia sebenernya bisa, gua jadi nge-push. Si Emma juga kayaknya antara dia emang pengen masuk LBS dan takut gua marah tapi juga cape akhirnya malah jadi kaco semua.

Si Emma jadi breakdown. Pas malem mau tidur, dia nangis. Dia bilang dia gak bisa tidur karena frustrated for disappointing me. Gua jadi sedih dan merasa bersalah banget. Akhirnya kita nangis berdua. Gua sedih banget karena terlalu maksa. Sebagai orang tua emang kita harus memotivasi anak dan ngasih jalan, tapi gua juga gak mau nyanyi ini jadi beban buat Emma. Selama ini dia nyanyi karena dia suka. Gua mau dia terus nyanyi karena dia emang suka, bukan karena beban.

Gua akhirnya minta maaf ke dia dan gua bilang gak usah worry about LBS, kita submit yang kita punya aja. Kalo emang jalannya ya masuk, kalo gak ya udah. Si Emma awalnya masih frustrated karena dia sendiri juga sebenernya pengen masuk LBS (si Emma keliatannya lumayan ambisius anaknya) tapi lama-lama akhirnya dia bisa let go.

Akhirnya gua bilang ke CD nya, kita cuma berhasil bikin video 1 lagu upbeat dan dia ok aja (tau gitu dari awal aja ya bikin 1, gak usah 3 :P). Trus dia bikinin klip dari video-video Emma, dia tanya-tanyaΒ fun facts tentang Emma dan dia bakal pitch si Emma ke producer nya.

Semua beres. Kita semua berdoa buat Emma. Sampe akhir Juli gak ada kabar. Akhir Agustus gak ada kabar. Gua tau kalo shooting nya tuh akhir Agustus, jadi kalo gak ada kabar ya berarti Emma gak terpilih.

Awal September, CD nya kontek sama gurunya Emma. Dia bilang Emma emang gak terpilih karena ada banyak banget penyanyi anak-anak kayak si Emma jadi once again kompetisi nya berat sekali. Gurunya Emma tanya, ada masukan apa gak buat Emma yang perlu diubah atau diperbaiki. CD nya bilang untuk nyanyinya, gak ada masukan apa-apa. Emma udah bagus sekali, cuma emang belum jalannya aja, jadi gak perlu ada yang diubah. Tapi dia ngasih masukan untuk bikin YouTube channel khusus buat Emma nyanyi buat building portfolio dia. Selama ini kan emang YouTube nya anak-anak tuh isinya campur aduk ya, ya video-video tingkah sehari-hari lah, jadi bukan khusus nyanyi doang.

Jadi, dalam edisi sayang anak dan berusaha untuk jadi supportive parents, kita bikinin lah YouTube channelΒ khusus buat si Emma.

Video pertama di channel ini adalahΒ si Emma nyanyi When You Believe nya Whitney Houston dan Mariah Carey pas Block Party kemaren ini (Emma sampe dapet standing ovation lho! :D). Tapi nantinya bakal kita posting lebih banyak lagi video-video Emma nyanyi ya di channel ini…

Please bantuin klik video ini dong biar views nya banyak! Hehehe. Dan kalo kalian punya YouTube, tolong subscribe juga ya! Thank you! πŸ˜€

Ngomongin lagu When You Believe ini lagunya susah banget lho. Gile range vocal nya dari rendah sampe tinggi banget dan Emma bisa tuh nyanyiin the highest note yang dinyanyiin sama Mariah Carey di bagian belakang lagu ini! Lagu ini yang milihin gurunya karena si Emma disuruh belajar riff (nyanyi yang meliuk-liuk gitu) dan ternyata pas denger lagu ini si Emma langsung suka (apalagi setelah akhirnya dia nonton filmnya juga). Walaupun ini pertama kalinya Emma belajar riff tapi gua bilang dia lumayan dapet lho riff nya! Good job Emma! πŸ˜€

Trus… berhubung kita suka all out, jadi hari Minggu kemaren secara impulsive kita bikinin website buat Emma juga! Hahaha. Dari waktu itu sebenernya gua udah pengen bikinin Emma website tapi males ngerjainnya. Nah akhirnya sekarang terealisasi juga…

Jangan lupa follow website nya Emma ya… http://maleaemma.com

emma-website

Thanks a lot for your supports! πŸ˜€

Iklan