Dream Big

A lot of things are going on with us lately. Like… A LOT! Tapi yang ini kudu disempet-sempetin dah buat diceritain di blog! πŸ˜€

Hari Sabtu kemaren Emma ikutan lomba nyanyi di Riverside County Fair dan menang juara 1 untuk kategori umur 9 tahun ke bawah! Yay!

Seneng banget dah si Emma dapet piala (dia dapet hadiah duit juga $100 tapi kayaknya dia lebih seneng sama pialanya :P). Kita juga jelas bangga banget dong ya. Pertama ya karena si Emma emang nyanyinya bagus banget (biarlah dibilang bias :P). Kedua, si Emma dapet sorak sorai paling heboh dari penonton, selama dia nyanyi aja berapa kali disorakin dan pas kelar nyanyi dong dapet standing ovation! Ketiga, walaupun dia baru 6 tahun tapi dia bisa menang juara 1 dimana juara 2 dan 3 nya anak anak umur 9 tahun yang ya pastinya suaranya udah mateng-mateng juga. Yang juara 2 bahkan nyanyi lagu ciptaan sendiri dan nyanyi sambil main piano pula! Bagus dah yang juara 2 itu. Kita udah mikir yang menang bakal antara si Emma sama ini anak. Jadi pas itu anak dipanggil jadi juara 2, kita udah lega karena berarti si Emma jadi juara 1 nya. Hahaha.

Ini nih videonya. Ayo pada ditonton ya… Dijamin gak bakal nyesel nontonnya! πŸ˜€

Yang bikin jadi lebih seru juga adalah post reaction nya. Yang pasti setelah kompetisi jadi banyak yang nyamperin Emma ngasih pujian. Beberapa bilang kalo mereka sampe merinding denger si Emma nyanyi. MC nya nawarin si Emma untuk nyanyi di acara lain nanti bulan Juni. Ada guru-guru nyanyi yang nyamperin minta dikirimin video Emma nyanyi buat ditunjukin ke murid-muridnya. Di Instagram, ada yang message bilang suka banget Emma nyanyi dan dia mau endorse Emma baju. Instagram nya Coachella Valley repost video nya Emma di Instagram dan Facebook dan so far udah lebih dari 6,000 viewsΒ yang di FB (emang masih jauh banget untuk jadi viral yang jutaan views tapi tetep aja lumayan kan buat exposure :D).

Dan gong nya adalah… gua kirimin video nya Emma nyanyi di Instagram ke account nya Jennifer Holliday (penyanyi asli nya lagu And I Am Telling You ini di original Broadway musical nya Dreamgirls yang mana dia dapet Tony and Grammy awards buat lagu ini) dan…. Jennifer nya bales! Ini silakan dibaca balesannya…

OMG banget gak sih! Cuma sekedar message emang, tapi it really means a lot to Emma (and us!). Moga-moga dah seluruh alam semesta mendukung supaya Emma bisa dapet kesempatan nyanyi duet sama the legendary Jennifer Holliday. That would be insane! Boleh kan ya kita ngimpi… πŸ˜€

Anyway, ada salah satu message yang masuk di Instagram yang tanya begini:

β€œHello Dad of Malea Emma. Do you offer any tips to rising stars? Do you have a blog or your own youtube channel where it talks about this? You are doing a great job, whatever you are doing.”

Hahaha. Berasa tersanjung gak sih? πŸ˜› Berhubung gua males bales panjang-panjang di Instagram (plus mesti pake bahasa Inggris) jadi ya gua bilang aja gak ada tips khusus selain si Emma emang latian nyanyi hampir tiap malem. Gitu aja.

Tapi berhubung emang belakangan ada aja orang-orang yang wondering gimana sih si Emma bisa nyanyi kayak begitu, jadi gua tulis disini ya how hard she has been working all this time… πŸ˜€

Tips #1: Passion

Ini udah paling penting karena passion ini harus ada dari anaknya sendiri, gak bisa disuruh, diajarin ataupun dilatih. Untuk bisa nyanyi bagus emang perlu ada bakat. Tapi menurut gua yang lebih penting dari bakat adalah passion. Gua tau lho ada orang yang bakat nyanyinya pas-pasan tapi setelah latian intensif bisa jadi bagus banget suaranya. Jadi bakat itu masih bisa dikembangkan dan dilatih. Tapi kalo passion? Gak bisa kan.

Nah yang kita liat dari Emma emang anaknya itu suka banget nyanyi. Bukan suka lagi tapi udah suka buanggeeeettt dah. Keliatan dari emang keseharian dia ya dia bakal nyanyi all the time. Dimanapun. Sampe kalo gak diomelin juga dia lagi bikin PR pun sambil nyanyi. πŸ˜› Kalo mandi apalagi jangan ditanya. Tetangga kita tuh sampe udah apal dengerin Emma nyanyi pas mandi. Tetangga kita ini tinggalnya di gedung sebrang lho! Huahaha.

Karena passion nya ini jadi walaupun dia mesti kerja keras, tapi dia seneng-seneng aja ngejalaninnya.

Tips #2: Research

Orang-orang kayaknya ngirain kalo Emma nyanyi tuh ya tinggal milih lagu trus dinyanyiin trus kelar. Nope! Walaupun Emma ada bakat, tapi namanya juga masih 6 tahun (baru kelas 1 SD lho! :P) jadi tentu suaranya dan feeling nya belum bisa semateng dan sekuat kalo anak-anak remaja atau orang dewasa yang nyanyi.

Setiap lagu yang Emma nyanyiin itu ngelewatin proses. Ribet banget ya kesannya masa mau nyanyi aja pake research? Tapi emang mesti kalo menurut gua.

Milih lagu itu kayak jodoh-jodohan. Gak semua lagu bisa klop sama suara dan gaya nyanyinya Emma. Si Emma sendiri karena masih kecil juga picky, dia gak mau nyanyi lagu kalo dia gak suka. Jadi gua mesti sering-sering ngasih beberapa lagu yang gua seleksi trus liat mana yang dia suka. Kadang kalo ada lagu yang dia suka tapi kata-katanya gak appropriate juga gak bisa dipake.

Setelah ada lagu yang terpilih, kita mulai dengerin dari versi aslinya. Trus dimulai deh ajang nontonin Youtube dari penyanyi aslinya nyanyiin live sampe versi-versi cover nya. Ini yang gua bilang research. Kita cari gaya nyanyi yang bisa di-adapt. Kita belajarin ekspresi para penyanyi itu buat dapet feel nya. Cara pronunciation nya. Dinamika nya. Aransemen mana yang paling bagus. Penyanyi-penyanyi itu kan punya vocal director ya, nah jadi dengan kita nontonin berbagai macem performance itu kita jadi bisa belajar dari vocal director mereka secara gak langsung kan. Tinggal kita cocokin yang mana yang lebih cocok sama suara dan gaya nya Emma.

Kayak lagu And I Am Telling You ini kita nontonin semua dah dari versi aslinya Jennifer Holliday, versi live nya, versi Jennifer Hudson, versi Jessica Sanchez, versi duet-duetnya, sampe versi cowok nya si Von Smith sama Johnny Manuel. Dan tak terhitung versi cover orang-orang lain yang gak terkenal juga kita tontonin semua. πŸ˜€

Serunya kalo lagi research begini nih karena si Emma ini anaknya juga opinionated. Jadi kita bisa diskusi deh. Yang mana yang bagus, yang mana yang jelek. Dan gak semua si Emma langsung setuju juga. Walaupun masih kecil gini, dia udah mulai ngeliatin kalo dia punya gaya nyanyi nya sendiri.

Tips #3: Practice

Pepatah yang bilang β€˜practice makes perfect’ itu bener banget! Si Emma emang anaknya lumayan cepet untuk belajar lagu baru dan ngafalin kata-katanya. Tapi bisa nyanyiin dan hafal aja gak cukup!

Again karena umurnya yang masih muda banget, kalo nyanyi lagu baru tuh gak langsung berasa mantep. Mesti latian terus-terusan tiap hari baru tambah lama tambah mantep.

Kayak lagu And I Am Telling You ini yang mana lagu ini susah banget kan (Simon Cowell pernah bilang kalo lagu ini adalah salah satu lagu yang paling susah di dunia). Awal-awal Emma baru nyanyi lagu ini ya setiap kali begitu kelar nyanyi langsung ngos-ngosan dia. Lagu nya intense banget emang kan. Nah buat gua, kalo nyanyi lagu sampe ngos-ngosan itu berarti belum mantep. Belum bener pernafasannya. Belum dapet feel nya.

Latian ama gua hampir tiap malem, trus latian ama guru vokalnya seminggu sekali. Penting banget punya guru vokal karena selain mereka lebih jago tekniknya, plus lagi berhubung bahasa Inggris gua pas-pasan jadi penting banget buat belajar pronunciation yang baik dan benar dari orang bule ya. πŸ˜›

Jadi latian itu bukan cuma sekedar nyanyi. Mesti latian gimana pengucapannya yang bener (bukan sekedar bener tapi terdengar bener), gimana teknik napasnya, phrasing nya, dinamikanya, ekspresinya, gayanya, the whole performance. Kapan mesti pake head voice, chest voice atau mixed. Kapan saat yang tepat pake growl. Kapan nyanyinya pake vibrato, kapan gak pake. Kapan nyanyinya mesti lebih pelan sedikit tempo nya dibanding musiknya biar gak kayak robot kalo nyanyinya at tempo sepanjang lagu. Pokoknya lagunya bener-bener dibedah abis dah.

Dan gua lumayan strict kalo latian sama Emma. Walaupun cuma sekedar nyanyi di rumah, yang nonton cuma gua doang, tapi setiap latian dia harus perform total. Gak boleh asal-asalan! Kenapa? Karena gua inget yang dulu guru piano gua bilang… Kita kalo perform di publik itu udah pasti bakal turun 10-20% dibanding pas latian (ya karena banyak faktor, terutama karena nervous), jadi make sure kalo tiap kali latian kita harus melakukannya 120%! Iya… 100% is not enough for practice. πŸ˜€

Tips #4: Support

Guru nyanyinya Emma nanya gua kemaren ini gara-gara gua ceritain kalo si Emma bakal sibuk minggu ini karena selain ada audisi-audisi juga mulai rehearsal buat film (iya Emma dapet job untuk short film lho! Ntar ya besok besok gua ceritain. :D), dia bingung kok si Emma ini bisa melakukan banyak hal banget dan kok kita bisa sempet-sempetnya?

Gua bilang ya karena we are a team. Esther yang bagian anter jemput ke sekolah, les dan audisi sepanjang hari plus ngajarin sekolah. Gua yang bagian ngajarin musik (nyanyi, piano dan biola) kalo malem sepulang kantor plus script reading kalo pas ada audisi yang pake dialog. Dan Andrew is her biggest fan. Andrew selalu paling semangat dan excited kalo lagi nontonin si Emma perform! Kayak kemaren pas lomba, pas giliran Emma harus nunggu di pinggir panggung, si Andrew yang nemenin karena gua dan Esther udah siap-siap mau videoin kan. πŸ˜€

Another thing, once in a while gua selalu ngomongin Emma. Kalo ikut lomba atau show itu yang paling penting dia give her best. Kalo ternyata ada yang salah ya gak masalah. Gak perlu jadi takut salah. Karena kalo sampe salah toh juga kenapa, gak bakal bikin ada orang yang sakit atau mati kan. Jadi salah itu gak apa yang penting dia udah coba untuk give her best. Dan kalo emang menang dan dapet pujian (atau nanti someday kalo udah ngetop – amin! :)) gak pernah boleh sombong. Kalo achieve something, harus berasa seneng, bangga dan bersyukur, tapi gak pernah boleh berasa sombong dan merasa udah paling jago, karena selalu ada orang lain yang lebih jago dari kita. Hopefully this can help her to be humble all the time! πŸ˜€

Tips #5: Review

Setelah perform, kita selalu review lagi. Apa yang bagus, apa yang bisa lebih dibagusin. Makanya penting banget buat videoin setiap kali dia performΒ biar bisa di review bareng setelahnya.

Wuiii ternyata panjang juga ya tips nya. Hahaha.

At the end, balik lagi ya si Emma nya emang anaknya very hard worker (gurunya bilang kalo Emma has a crazy work ethic! :D). Kebayang kan ya gimana sibuknya dia pulang sekolah masih pergi audisi, bikin PR, belajar test (jangan lupa sekolah Emma itu pake Inggris dan Mandarin), ngafalin script, latian musik dan latian nyanyi. Setiap hari!

Jadi kalo Emma perform nya bagus, dapet juara, dapet pujian… That’s because she really deserves it! πŸ™‚

And we are very very proud of her! πŸ˜€

 

Iklan