Berita Yang Luar Biasa!

Gila ya tambah lama kok tambah males banget nge-blog! Ada apa nih dengan gua? Help!!! πŸ˜€

Padahal banyak cerita lho. Udah ada di otak mau cerita ini cerita itu, tapi apa daya kok gak pernah kesampean saking malesnya yang luar biasa. Tapi berhubung hari ini ada berita gembira yang sebenernya gua udah tau dari 2 bulan yang lalu tapi belum boleh ngomong (tau sendiri kan gua orang yang paling suka pengumuman, jadi disuruh diem-diem itu penyiksaan banget :P), jadi hari ini kudu disempet-sempetin untuk woro-woro di sini! πŸ˜€

Jadi awal ceritanya itu di akhir bulan Maret lalu, guru les nyanyi nya Emma ngasih tau kalo Summer ini bakal ada produksi musikal Annie (ada yang tau cerita Annie yang terkenal dengan lagu Tomorrow itu?) di Hollywood Bowl (outdoor theaterΒ terbesar dan terkenal di LA yang berkapasitas 18 ribu penonton) dan lagi buka audisi (open call) untuk peran Annie dan keenam temennya Annie di panti asuhan. Nah dari 6 peran itu, ada 1 karakter yang paling muda yaitu Molly (sahabat nya Annie) yang berumur 6 tahun. Cocok dong buat Emma?

Jadi kita langsung mupeng pengen ikutan audisi. Masalahnya audisi nya cuma buat anak-anak Equity (union untuk para stage performers). Mereka cuma bakal ngeliat anak-anak yang non-Equity kalo masih ada waktu aja. Wuii gak pasti gitu kan males ya kita mau dateng. Ntar kalo udah cape-cape dateng trus gak diliat kan nyebelin banget.

Nah ini gunanya punya manager. Langsung SMS manager nya Emma. Dan manager nya bilang dia udah tau dan dia udah submit-in si Emma langsung ke casting director nya. Ternyata oh ternyata, semua anak mau yang Equity ataupun bukan boleh submit online! Meneketehe! πŸ˜›

Ya udah kita bikin video di rumah. Si Emma disuruh cerita tentang dirinya sendiri, suruh nyanyi salah satu lagu di Annie yang berjudul Hard Knock Life, disuruh ngasih cerita-cerita lucu dan disuruh ngasih video nyanyi lagu yang lain. Sip lah langsung submit. Waktu itu sekitar awal April. Dan sehari setelah kita submit, kita dapet respon dari casting directornya yang bilang begini (ini gua masih nyimpen SMS nya hahaha :P):

“I am calling her to straight into producers. If I am in any jeopardy of losing her let me know, I am in love with this tape.”

Jadi ceritanya setelah submit online, tahap berikutnya adalah disaring oleh casting dan bakal dipanggil dateng audisi in person sama casting nya. Tahap setelah itu baru disaring lagi untuk audisi in person sama producers.Β Wah seneng banget dong ya, tahap pertama udah sukses dan kita bakal skip 1 step pula! πŸ˜€

Untuk producer call back nya, Emma kudu siap nyanyi Hard Knock Life dan 1 lagu bebas dari any Broadway musicals. Selain itu juga ada sepotong script yang harus dihafalin. Wuiii rasanya seru banget! Persiapannya tuh sekitar 2 mingguan seinget gua. Kita latian interview di rumah. Latian nyanyi pake iringan piano (di audisi nya bakal disediain pianis, kita dilarang nyanyi pake CD/iPod). Untuk lagu bebas nya si Emma bakal nyanyi And I Am Telling You I Am Not Going dari Dreamgirls. Lagunya sih udah hafal mati, cuma kan gak pernah dia nyanyi diiringi piano doang. Udah gitu nyanyinya cuma boleh sepotong jadi gua ajarin dia nanti mesti ngomong ke pianis nya mesti mulainya dimana, ending nya gimana (ending nya beda sama piano sheet nya soalnya). Pokoknya mesti siap banget dah karena gak main-main, audisi nya ini bakal di hadapan Michael Arden (sutradara Broadway yang kemaren ini dapet nominasi Tony Awards), konduktor nya LA Philharmonic Orchestra (orkestra terbesar di LA), koreografer nya (yang juga dari Broadway) dan orang-orang penting lainnya.

Gua bilang ama Emma, dapet gak dapet gak masalah yang penting dia udah dapet kesempatan untuk nyanyi di depan Michael Arden. Ini kesempatan besar banget! πŸ˜€

Hari yang ditunggu-tunggu tiba. Hari Kamis, tanggal 3 Mei (masih inget banget karena itu sehari sebelum gua ulang tahun :P). Gua bela-belain kerja setengah hari karena siangnya gua mau nganterin Emma pergi audisi. Gua tuh selalu excited banget kalo sama beginian. Hahaha. Lagian just in case kalo dia perlu bantuan buat ngomong sama pianis nya kan gua yang ngerti.

Oh ya dari ribuan anak yang submit, 680 anak diliat sama casting nya dan cuma 54 anak yang dipanggil ke producer call back!

Sambil nunggu giliran, gua sambil nguping anak-anak yang masuk audisi duluan. Jelas semuanya suaranya bagus-bagus banget. Tapi suasanya audisinya sepi-sepi aja, cuma kedengeran suara anak nyanyi doang. Nah pas giliran Emma dong… Awalnya juga sepi-sepi aja pas dia nyanyi Hard Knock Life dan di-interview (gua bahkan gak bisa denger kalo pas bagian interview nya), tapi pas begitu si Emma kelar nyanyi And I Am Telling You dong, langsung heboh banget! Asli itu ruangan langsung gegap gempita, orang-orang pada tepuk tangan pada cheering. Ortu-ortu yang ikutan nguping di depan bareng gua juga sampe pada kaget, nanya itu anak lu umur berapa kok bisa nyanyi kayak begitu. Hahaha.

Setelah kelar ya kita langsung cabut, eh pas jalan keluar dikejar sama orang yang ternyata talent agent. Dia tanya Emma udah punya agent belum yang gua jawab ya udah punya. Dia ngasih kartu nama anyway karena dia kagum banget sama nyanyinya Emma.

Ternyata kata si Emma, gak lama setelah dia mulai nyanyi And I Am Telling You, si Michael Arden dan juga orang-orang lain di ruangan pada ngeluarin HP mereka buat videoin si Emma! WOW banget gak sih! Karena itu bukan bagian dari audisi. Kalo emang mesti direkam buat audisi, mereka bakal rekam nya pake kamera, bukan pake HP. Lagian gua ada nanya anak lain yang audisi dan mereka gak ada yang divideoin. Jadi emang orang-orang itu ngerekam pake HP mereka cuma buat mereka sendiri aja. Berarti mereka suka banget ya kalo sampe niat videoin segala gitu. Sukses dah audisinya! πŸ˜€

Malemnya kita dikabarin kalo Emma lolos ke tahap berikutnya yaitu… dance call!Β Oh ya cuma 17 anak yang lolos ya.

Nah ini yang paling menyeramkan karena Emma ini walaupun suka nari tapi bukan bener-bener penari. Udah setaun dia brenti les ballet. Sementara anak-anak saingannya itu semuanya penari-penari handal banget dah dan pada punya pengalaman ikutan musikal (yang mana rata-rata udah pernah main di musikal Annie di local theater sebelumnya!). Sementara Emma kan gak punya pengalaman ikutan musikal sama sekali. Gua gak punya bayangan sama sekali bakal disuruh nari apa besok!

Hari Jumat, tanggal 4 Mei, tepat di hari ulang tahun gua, gua kerja setengah hari lagi demi bisa nganterin Emma ke dance call back nya. Orang-orang kantor nanya ke gua mau ngerayain ultah dimana, gua jawab nganterin anak pergi audisi. Hahaha. Gak apa ultah gua gak dirayain pake pesta-pestaan, tapi gua seneng nganterin Emma audisi begini. Gua jadi ikutan excited. πŸ˜€

Nyampe sana, anak-anak lain lagi pada warming up. Emma? Gak ngerti dia kudu ngapain. Hahaha. Untungnya ada salah satu anak yang juga klien manager nya Emma yang bantuin si Emma. Dia ngajarin Emma gimana warming up nya. Dia juga nemenin Emma pas si Emma masih pake sepatu nari padahal udah dipanggil masuk. Gua bersyukur banget ketemu anak ini karena dia baik banget dan bikin si Emma jadi lebih comfortable.

Lumayan intense lho dance call back nya. Mereka langsung diajarin koreografi dan harus bisa saat itu juga. Selama sejam mereka mesti nari berulang-ulang dan perform ganti-gantian. Gua gak bisa liat karena mereka di ruangan tertutup. Nervous banget rasanya takut si Emma gak bisa ngikutin. Tapi akhirnya gua sempet ngintip bentar dan gua liat si Emma bisa ngikutin walaupun jelas gerakannya gak semantap anak-anak lain pastinya.

Anyway, good news nya adalah semua 17 anak bakal dipanggil untuk final call back di hari Minggu dimana mereka bakal audisi buat acting nya dan bakal di mix and match sama anak-anak lain.

Masalahnya… final call back nya yang tadinya jam 9 pagi bakal diganti jadi jam 1 siang padahal jam 1 siang tuh si Emma ada singing show! Gak mungkin juga kita batalin acara nyanyinya karena kita udah komit berbulan-bulan sebelumnya dan lagian ini pertama kalinya Emma bakal pentas solo. Si Emma juga udah latian dan excited banget buat pertunjukan solo nya ini.

Dari 17 anak, cuma Emma doang yang gak bisa. Casting director nya ngerti sih karena mereka yang ganti jadwal last minute (gara-gara si Michael Arden ada acara karena baru dinominasikan untuk Tony Awards :P) jadi dia bilang gak apa gak dateng, si Emma suruh bikin video aja untuk nunjukin acting nya. Masalahnya di emailnya tuh ditulis kalo mereka mau liat anak mana yang bisa ngikutin instruksi. Nah kalo kita cuma ngasih video, gimana bisa ngasih liat kalo Emma itu bisa ngikutin instruksi? Kalo cuma lewat video doang, gimana bisa ngeliatin chemistry nya sama anak-anak lain? Aduh gundah gulana banget dah. Masa udah sampe tahap terakhir gini malah kita gak bisa dateng. Kan sayang banget…

Hari Sabtu nya kita langsung latian dan bikin video nya. Udah langsung ngirim video nya ke casting tapi hati ini tetep gak tenang. Sabtu sore gua baru kepikir kenapa gua gak nyoba tanya EO nya yang pertunjukan nyanyi itu ya buat tanya bisa ganti jadwal gak. Dan pas gua liat di website nya jam 5-7 sore itu kosong. Wuii langsung gua telpon dan EO nya ok buat Emma nyanyinya pindah ke jam 5 sore! Lega banget rasanya. Entah kenapa gua gak kepikir begitu dari tadi-tadi ya. πŸ˜› Kita langsung ngasih tau casting kalo Emma bisa dateng besok! πŸ˜€

Hari Minggu pagi si Emma latian terus. Ya latian nari, latian nyanyi dan latian acting pake script nya. Gua ulang-ulang terus. Salut sih sama si Emma ini kerja kerasnya!

Di final call-back nya, awalnya semua anak dipanggil masuk trus disuruh nari lagi. Trus abis itu dipanggil satu-satu dari yang paling muda… ya si Emma dah jadi yang pertama. Gak enak kan kalo jadi yang pertama, gak bisa tanya-tanya dulu disuruh ngapain. Hahaha. Di dalem disuruh acting ngikutin script nya trus disuruh acting marah. Dari 17 anak itu ada 5 anak yang kecil (7-8 tahun, Emma doang yang 6 tahun). Mereka ini kalo gak audisi buat peran Molly ya peran Kate (salah satu orphan yang umurnya 7 tahun).

Nah setelah satu-satu dipanggil masuk, satu-satu juga ada yang disuruh pulang! Wuiii serem banget gak tuh. Yang disuruh pulang langsung tampangnya gak enak banget dah. At the end, tinggal sisa 9 anak. Nah mereka disuruh acting bareng. Mix and match gitu.

Total disana 2 jam lebih trus ya udah semua disuruh pulang. Dikasih tau kalo mereka butuh beberapa hari untuk mutusin karena ternyata selain audisi terbuka di LA, mereka juga ada audisi-audisi di kota-kota lain termasuk di New York! Yaela…

Penderitaan pun dimulai. Rasanya gak tenang nih pengen banget tau hasilnya! πŸ˜›

Sebenernya lumayan pede sih si Emma bakal dapet soalnya pas lagi mix and match, si Michael Arden ada bilang suruh anak-anak pada mukanya kayak marah gitu karena mereka kan tinggal di panti asuhan dimana ibu panti nya jahat. Trus si Michael Arden bilang kalo Malea udah tau tuh gimana acting marah soalnya udah keliatan pas dia nyanyi And I Am Telling You. Baru ketemu 3 hari lalu si Michael Arden langsung hafal nama Emma itu kan berarti sesuatu banget ya! Oh ya, Emma emang dikenal sebagai Malea (first name nya). Tadinya Emma bilang dia mau ngomong ah kalo dia mau dipanggil Emma aja. Gua bilang udah gak usah, kalo Michael Arden udah ingetnya Malea ya udah tetep pake Malea aja. Hahaha. Lagian gua emang lagi mau mulai memperkenalkan Emma sebagai Malea kalo di entertainment industry biar namanya lebih unik. πŸ˜€ Tapi ya gitu deh, walaupun lumayan pede tetep aja gak ada yang pasti kan. Semua bisa aja terjadi. Apalagi once again, gua takut nya karena si Emma ini dance nya kurang dan gak ada pengalaman di musikal sama sekali!

Tanggal 9 Mei hampir tengah malem, manager si Emma SMS ngasih tau kalo Emma dapet peran Molly! Tapi kita gak dikasih tau siapa lagi yang dapet. Nah masalahnya mereka ternyata belum dapet semuanya, termasuk belum dapet yang jadi Annie, jadi kita dikasih tau gak boleh ngomong-ngomong dulu.

Wuiii seneng banget dong ya tentunya Emma dapet peran ini (bonus: bayarannya lumayan! :P). Tapi bagian gak boleh ngomongnya ini lho gak asik. Kan kita pengen pengumuman! Hahaha. Anyway gua ngomong ke beberapa temen kantor gua dan mereka langsung buru-buru beli tiket secara tiket nonton di Hollywood Bowl itu cepet banget abisnya! πŸ˜›

Ternyata selain mereka masih nyari yang bakal jadi Annie, mereka emang mirit-mirit ngumumin aktor-aktor nya. Nah ini seru juga nih ngeliatin pengumuman aktor-aktor dewasanya karena mereka adalah bintang-bintang Broadway terkenal!

Yang pertama diumumin adalah…. Lea Salonga! Wuiii sebagai anak 80-an pasti tau dong Lea Salonga. Yang nyanyi A Whole New World di film Aladdin trus lanjut duet nya sama Brad Kane di lagu We Could Be In Love yang dulu femes banget di Indo! Trus dia juga yang nyanyi lagu Reflection (salah satu lagu favorit gua sepanjang masa) di film Mulan. Dan dia juga penyanyi asli lagu On My Own di Les Miserables dimana dia dapet Tony Awards. Nah taun lalu pas Emma nyanyi di Carnegie Hall (klik disini) tuh kan Emma nyanyiin On My Own, jadi selama beberapa waktu tuh kita nontonin video nya Lea Salonga terus terusan. Dan jelas si Emma seneng banget pas tau nanti dia bakal bisa ketemu Lea Salonga in person! Gua berasa lebih norak lagi… Rasanya gimana gitu ya, anak gua sendiri nanti bakal satu pangguna sama Lea Salonga! Mimpi aja gua gak berani! πŸ˜›

Trus-trus… diumumin kalo aktor lainnya adalah… Megan Hilty! Ya Tuhan, ya ampun! Asli gua noraknya kayak orang kampung. Gua tuh suka banget sama film seri Smash (yang ceritanya tentang mau bikin Broadway musical tentang Marilyn Monroe), suka banget sama film ini sampe gua beberapa taun lalu tuh maksain si Emma suruh belajar nyanyi lagunya yang judulnya Let Me Be The Star. Gua puterin dah itu lagu terus-terusan sampe akhirnya Emma juga suka. Gak terhitung kita nonton video lagu nya yang dinyanyiin oleh Katherine McPhee dan… Megan Hilty! Aktor yang tadinya gua cuma nonton di TV dan di Youtube, nanti bakal sepanggung sama Emma? Huaaaaaa!

Trus masih ada Ana Gasteyer yang adalah pemain Broadway Wicked (yang mana adalah Broadway show pertama yang gua tonton dan gua suka banget) dan aktris di Saturday Night Life, ada Steven Weber yang jadi kepala sekolah di film seri 13 Reasons Why yang mana gua sukaaaa banget dan ada Roger Bart yang dulu main si Desperate Housewives yang adalah film seri favorit gua sama Esther jaman dahulu kala (ternyata Roger Bart ini aktor Broadway kawakan yang udah pernah menang Tony awards)!

Surreal banget gak sih? πŸ˜€

Dan setelah nunggu selama 2 bulan, hari ini pengumumannya keluar. Gak tanggung-tanggung, langsung keluar di website-website terkenal kayak Playbill.com, Broadway.com dan Broadwayworld.com.

Setelah taun lalu Emma membawa nama Tjandrawidjaja masuk IMDb (klik disini) taun ini Emma membawa nama Tjandrawidjaja ke website-website tentang Broadway ini!

Gua. Bangga. Luar. Biasa! πŸ˜€

Minggu depan mulai rehearsal dan show nya bakal dimulai tanggal 27 Juli sampe 29 Juli. Doain semoga semuanya berjalan lancar ya! πŸ˜€