EO Gadungan Is Back!

Beberapa hari belakangan ini, gua liat di Blogstats kalo ternyata ada beberapa orang yang nyasar ke blog gua karena searching tentang pesta ulang tahun anak. Pasti akhirnya pada gak menemukan apa-apa yang penting disini karena gua gak membahas detailnya.

Tapi kali ini gua pengen ngasih tips untuk mempersiapkan pesta ulang tahun anak. Khususnya untuk batita ya. Kalau buat anak yang udah gede ya gua belum ngalamin sendiri soalnya. πŸ™‚

Intinya, dalam mempersiapkan pesta ulang tahun ada 3 hal yang harus diperhatikan secara garis besar:

1. Si anak yang berulang tahun harus senang.

2. Si orang tua dari anak yang berulang tahun harus senang (karena kantongnya gak jebol).

3. Tamu-tamu juga semua harus senang.

Ok, sekarang kita bahas satu per satu detail yang harus dipersiapkan ya.

1. Tema Pesta Ulang Tahun

Kenapa harus ada tema? Ini kembali ke inti pesta yang pertama. Si anak yang ulang tahun harus senang. Jadi sebaiknya dibuat tema ulang tahun berdasarkan kesenangan dari si anak. Umumnya yang menjadi tema tuh tokoh-tokoh kartun kegemaran si anak. Tapi gak melulu harus tokoh kartun kok. Apalagi kalo untuk pesta anak umur 1 tahun, belum tentu dia udah punya tokoh kartun favorit kan?

Nah kalo begitu tinggal diliat aja nih anak demen apa. Misalnya mainan favorit dia. Mungkin dia punya boneka kesayangan berbentuk kelinci? Nah kelinci bisa jadi tema pestanya. Atau dia suka sama bola? Atau balon? Semua bisa jadi tema pesta.

Bahkan mungkin bisa dari makanan favoritnya. Mungkin dia suka wortel misalnya… Kita bisa membuat pesta dengan tema wortel. Nanti jadi kue taartnya juga carrot cake dan sebagainya. Atau dilihat dari moment yang dekat dengan tanggal ulang tahunnya. Misalnya berdekatan dengan Halloween, lucu juga kalo tema pestanya tuh Halloween. Tapi mungkin ini lebih cocok untuk anak yang udah lebih besar.

Penentuan tema ini juga berkaitan dengan hal-hal lain. Jadi harus dipikirkan mengenai apakah mudah untuk menyesuaikan hal-hal lainnya seperti dekor, kue taart, dan goody bags dengan tema yang dipilih itu.

Kalo pengalaman kita taon lalu, karena si Andrew nih demen banget ngeliat Thomas, tapi juga punya boneka favorit kelinci, jadi pilihan temanya diantara 2 itu. Dan setelah akhirnya kita survey kue ultah dan menemukan kue ultah Thomas yang kita suka, akhirnya kita putuskan untuk temanya Thomas aja.

Sedangkan untuk tahun ini jauh lebih gampang menentukan tema. Karena Andrew udah lebih gede dan lebih keliatan banget dia seneng apa. Apa lagi kalo bukan mobil. Segala macem mobil. Bahkan dia hafal banget mobil-mobil keluarga gua. Jadi kalo di jalan ngeliat mobil Honda Jazz, dia langsung bilang Daddy. Toyota Yaris – Dou-Dou (koko gua). Mitsubishi Kuda – Oma. Daihatsu Xenia – Opa. Suzuki Escudo – Pho Pho. Dan Suzuki Karimun – Tan Tan (tante tetangga sebelah rumah gua yang rese itu). Hihihihi. Hafal banget tuh anak. Termasuk maniak nonton film CARS dan hobi koleksi brosur-brosur mobil. Jadi ya tema kali ini udah pasti adalah CARS.

2. Jumlah Tamu dan Budget

Selanjutnya, mulai kita bikin daftar tamu yang diundang. Daftarnya kudu itung orangnya ya, jadi harus detail. Misalnya ngundang si A itu terdiri dari A, istrinya, dan 2 anak (1 toddler, 1 bayi). Karena bayi belum makan, jadi itung 3. Trus kira-kira juga bawa suster gak. Tulis juga susternya berapa. Itung deh harus sediakan berapa porsi untuk makanan tamu dan susternya.

Tentukan juga berapa kira-kira budget yang mau kita keluarkan untuk pesta ini. Dan mulai bagi-bagi per pos nya. Berapa untuk makanan dan tempat, berapa untuk dekor, berapa untuk acara, berapa untuk kue taart, berapa untuk goody bags. Biasanya budget ini akan membengkak nantinya. Jadi sebaiknya siapkan 20-30% untuk mengantisipasi hal ini.

3. Tempat dan Makanan

Setelah tau budget nya, hal ini bisa membuat kita lebih fokus untuk mencari tempat dan makanan. Ada beberapa kelompok tempat yang bisa dipertimbangkan:

(a). Fast Food

Contoh: McD, KFC, Hokben, Bakmi GM

Kelebihan: Harganya murah, sudah termasuk dekor standard dan MC serta games, lokasi banyak dimana-mana (biasanya ada di Mal sehingga mudah dicari oleh tamu).

Kekurangan: Terutama untuk McD dan KFC makanannya bikin ribet tamu karena harus pake tangan, belum lagi orang-orang tua biasanya gak suka makan fried chicken; tempatnya biasanya kecil-kecil (terutama McD dan Hokben rasanya gak ada yang gede) dan jadi satu dengan tamu-tamu reguler, paling-paling KFC yang ada playland nya yang tempatnya cukup gede dan bisa terpisah dari tamu reguler (contohnya KFC Kemang dan KFC Mal Artha Gading); biasanya disini kebanyakan aturan, termasuk untuk kue taart harus punya sertifikat Halal baru boleh kita bawa, trus gak boleh tuh potong kue dan dibagi-bagi untuk dimakan disana karena prinsipnya tidak boleh ada makanan dari luar.

(b). Restoran/gedung yang bisa dibikin prasmanan

Contoh: Familiria, Gad0-Gado Boplo Wahid Hasyim, 37 Degree, Springhill, Kelapa Gading Sport Club, Function Room dari apartemen-apartemen.

Sebenarnya banyak resto atau cafe yang bisa menyediakan prasmanan. Jadi jangan ragu untuk menanyakan ke resto/cafe yang kita suka ya.

Lalu jangan lupa tanyakan apakah kita boleh membawa makanan dari luar, termasuk makanan untuk suster (kita sebaiknya bawa sendiri kotakan yang lebih murah untuk mengurangi budget).

Kelebihan: kita dan tamu-tamu bisa mingle, suasana bisa lebih akrab dan lebih bebas.

Kekurangan: lebih mahal dari fast food tentu saja dan lokasi harus bener-bener dicari yang pas karena biasanya tidak berada di Mal, juga jangan lupa liat tempat parkirnya gimana… gampang gak buat tamu-tamu.

(c). Restoran makan meja ala carte

Contoh: Happy Day, Tamani, Tomodachi

Kelebihan: Harga bisa disesuaikan budget karena kita bisa membatasi menu yang bisa dipilih oleh tamu kita.

Kekurangan: Biasanya resto-resto ini juga gak memperbolehkan kita untuk bawa makanan dari luar sebagai tambahan walaupun tidak seketat fastfood, trus karena makannya sambil duduk dan makan ala carte berdasarkan pesanan per orangan jadinya semua orang selama acara ya duduk aja dan hanya bisa ngobrol dengan orang yang duduk di dekatnya, dengan kata lain jadi gak bisa mingle.

(d). Restoran makan meja set menu

Contoh: Chinese restaurants seperti Angke, Samudra, dkk.

Kelebihan: makanan nya lebih enak. Hehe.

Kekurangan: so pasti lebih mahal lagi dan kalo ada makanan sisa jadi gak bisa dibawa pulang deh.

(e). Hotel

Contoh: ya semua hotel bisa lah ya… πŸ™‚

Kelebihan: tempat bagus, bergengsi, makanan enak, pasti semuanya beres.

Kekurangan: mahal.. mahal… dan mahal!

Tips untuk mencari tempat yang ok:

1. Jangan ragu untuk banyak bertanya ama orang. Lu gak bakal nyangka dari siapa ide tempat akan datang. Kalo kita bisa nemu tempat yang ok dan gak mahal dan belum pernah dipake orang lain kan asik tuhhhh… Jadi kita jadi trend setter gitu lho… Dan jangan males survey ya! Cari info di internet juga membantu, dan tentu juga rajin-rajin menjelajah muter-muter ya. Naik mobil/motor, jangan jalan kaki. Kalo jalan kaki nyampenya disitu-situ doang soalnya… πŸ˜›

2. Cari lokasi yang mudah dicari orang. Jangan yang beribet, nanti orang males dateng. Tapi juga jangan jauh-jauh dari rumah. Inget lho yang ulang tahun ini masih piyik, jadi jangan sampe dia kecapean di jalan ntar malah di pesta nya dia jadi rewel. Kasian kan.

3. Harus survey secara fisik ya, jangan cuma denger dari cerita orang. Liat restonya ok gak. Cukup gak kapasitasnya. Bersih gak. Penerangannya gimana. Kalo bisa, bawa anaknya ke situ. Karena anak kecil suka sensitif. Kita gak mau kan kalo dia gak betah di tempat ulang tahunnya sendiri? Trus liat juga tempat parkirnya gimana. Muat gak. Kasian tamunya kalo parkirnya susah. Kalo perlu test makanannya juga. Ok gak.

4. Tanya yang detail. Boleh bawa tambahan makanan dari luar gak. Terutama nih kalo bisa kita diperbolehkan bawa nasi kotakan untuk suster. Kalo ternyata gak boleh, ini lumayan signifikan membuat budget bengkak, apalagi kalo makanan yang kita pesan itu mahal. Tanya yang detail peraturannya. Termasuk untuk dekor boleh dari luar atau harus rekanan. Setau gua, Tamani itu harus pake rekanan. Kalo bukan rekanan, kita kena additional charge. Males kan… Tanya juga boleh ditutup untuk public gak, atau kita ada ruangan tersendiri yang gak campur dengan tamu reguler.

5. Jangan sungkan dan ragu untuk menawar! Untuk kelompok (a) dan (c) sih gak bisa ya. Tapi untuk kelompok yang lain biasanya bisa kok. Kalo harga gak boleh turun ya minta gak usah kena pajak. Atau minta bonus. Jangan ragu untuk menukar-nukar menu yang tercantum di paket. Minta harga paket yang murah tapi menunya pake paket yang mahal. Hahahaha.

4. Kue Taart Ulang Tahun

Ok sekarang masalah tempat udah beres. Beralihlah untuk melakukan survey kue ulang tahun. Tentunya kita harus fokus pada tema pesta.

Tentukan apakah kue nya mau pake butter cream atau fondant.

Yang bagus bikin kue pake BC contohnya di Cherry Red. Yang bagus bikin pake fondant contohnya di Pasadena. Tapi dua-duanya ini lumayan mahal. πŸ˜›

Yang lebih murah bisa di Pelangi. Ini pake BC dan mainannya tuh mainan plastik yang ditempel-tempel aja. Kalo gua sih gak suka ya ama kue yang mainannya tuh mainan plastik yang ditempel-tempel. Gua lebih suka pake fondant, termasuk mainannya juga dibuat pake fondant. Jadi intinya seluruhnya itu eatable. Tapi balik lagi ya itu tergantung preferensi masing-masing.

Jangan lupa untuk cari-cari di internet, banyak kok perorangan yang terima pesenan kue taart ultah yang bagus-bagus juga. Taun ini gua mesen ama perorangan untuk kue ultahnya Andrew. Tapi inget-inget ya, kalo perorangan emang jadi gak terlalu bisa ada jaminan kalo hasilnya ok. Kalo hasil kue mungkin bisa liat contoh-contohnya, tapi service?? Jadi sebelum memutuskan untuk memesan kue, harus banyak-banyak survey juga ya. Kalo bisa liat hasil aslinya lebih ok lagi (karena kadang hasil foto tuh keliatan bagus banget, tapi aslinya enggak). Dan tentang service nya ya mau gak mau mesti banyak tanya orang atau baca-baca tulisan dari orang yang pernah mesen ama dia.

Jangan malu juga untuk tanya dengan temen yang udah pernah menyelenggarakan pesta. Banyak tanya jadi banyak info. Jadi akan lebih memudahkan kita menemukan yang paling sesuai buat kita.

5. Acara Ulang Tahun

Acaranya apa nih? Balik lagi ini tergantung preferensi dan budget. Contoh yang gua lakukan waktu Andrew ultah pertama, kita gak pake acara (gak ada badut/games) karena Andrew belum ngerti. Ini terlihat dari kalo kita bawa Andrew ke acara ultah anak temen (jadi kita harus rajin bawa anak ke acara ultah-ultah ya.. untuk tau behaviour anak kita sendiri), dia belum ngerti ama acara-acara beginian. Jadi kita cuma makan-makan, nyanyi-nyanyi lagu Happy Birthday, tiup lilin, dan foto-foto.

Tapi untuk ultah kedua ini, kita akan ada acaranya karena kita liat Andrew suka banget ngeliat acara games di ultah-ultah anak-anak, walaupun dia belum berani untuk ikutan, tapi dia bisa sampe teriak-teriak seneng kalo ngeliatin. Jadi kita putuskan untuk sewa badut dan MC untuk memandu acara. Juga ada magic balloon, ini sih sekedar buat lucu-lucuan aja sih. Kita gak sewa badut karakter karena Andrew takut ama badut karakter. Kita gak pengen anak yang ulang tahun nangis di acara ulang tahunnya sendiri kan? Lagian kagak ada badut karakter CARS kok… hehehe.

Sebenernya macam acara ultah anak itu banyak. Misalnya nih kita bisa sewa kolam kecil yang ada ikan nya. Nanti anak-anak bisa menjaring ikannya, trus dimasukin toples kecil untuk dibawa pulang. Atau sewa mainan-mainan rumah-rumahan, kolam bola, mobil-mobilan dan sebagainya. Bahkan sampe kereta-keretaan yang bisa dinaikin dan ada relnya, atau carousel juga bisa disewa. Tapi ya tentu ini perlu budget yang lebih besar.

Yang sering ada juga adalah Pinata. Pinata ini terbuat dari karton besar yang dibentuk tokoh karakter, nanti dipukul oleh yang ulang tahun sampe pecah, dan dari dalamnya akan keluar berbagai mainan kecil dan permen-permen untuk diperebutkan tamu-tamu kecilnya. Lucu sih, tapi kalo gua liat kok malah jadi kaco ya. Yang ada pada rebutan. Belum lagi suster-susternya ikut rebutan. Ampun dah…

6. Goody Bags dan Hadiah Games

Goody Bags adalah kantong hadiah yang diberikan untuk tamu-tamu kecil untuk dibawa pulang sebagai kenang-kenangan. Biasanya berisi tas sekolah, kotak pensil, tempat makan, botol minum, atau pernak pernik lain yang sesuai tema ultah. Belinya dimana? Di Asemka atau pasar pagi Mangga Dua. Banyaaaakkk banget macemnya dan harganya pun bisa disesuaikan budget kita. Contoh untuk tas ransel kecil berkisar antara 9.000 – 15.000. Tempat pensil kain bahkan harganya bisa di bawah 5.000, tempat pensil kaleng sekitar 11.000. Banyak banget macemnya. Tinggal dipilih.. dipilih.. mari dipilih.. dipilih… Kita tinggal tentukan apa saja isinya dan nanti mereka akan langsung bungkuskan pake kertas kaca dan dipita. Kita jadi gak ribet kan.

Begitu juga untuk hadiah games bisa dibeli disana juga.

Tapi… goody bags gak selalu harus barang lho. Boleh juga makanan kan? Misalnya cupcake yang dikasih edible sesuai tema pesta, atau cookies. Seperti yang kita pesen untuk kali ini. Cupcake & cookies. Gua mesen ama temen gua, Shinta.

Kantong berisi permen-permen juga bisa. Lucu juga kalo dimasukin fortune cookies yang message nya bisa kita personalised. Jadi bisa kita tulis yang lucu-lucu yang berhubungan dengan si anak yang ulang tahun. Biar lain daripada yang lain gitu…. πŸ™‚

7. Waktu Pesta

Oya, jangan lupa juga harus dipikirkan waktu yang paling tepat. Bila hari ulang tahun tidak jatuh pada hari Sabtu/Minggu sebaiknya dipikirkan lagi apakah tetap akan dilaksanakan pada harinya atau ditunda ke Sabtu/Minggu.

Kadang ada kepercayaan bahwa untuk ulang tahun pertama, tidak boleh ditunda. Tapi bila pesta diselenggarakan di hari biasa, dengan mengingat kemacetan Jakarta yang tambah parah, takutnya tamu-tamu jadi malas datang. Mungkin bisa disiasati dengan makan-makan keluarga dan tiup lilin di hari ulang tahunnya, lalu pestanya baru di hari Sabtu/Minggu.

Jam juga harus diperhitungkan. Yang penting adalah jangan lakukan pesta di jam tidur si anak. Kasian dia jadi gak bisa ikut menikmati.

Trus apabila hari ulang tahun bertepatan pada libur panjang, sebaiknya undangan dibagikan jauh-jauh hari sebelumnya supaya tamu-tamu bisa menjadwalkan untuk datang. Tapi jangan lupa sekitar seminggu sebelumnya kita harus mengingatkannya lagi ya. Soalnya kalo kelamaan kan orang bisa lupa.

8. Undangan

Kalo mau bagus ya bikin di percetakan undangan ya. Tapi kan mahal… πŸ™‚

Jadi bisa juga kita bikin sendiri pake Photoshop, atau ya minta tolong teman/sodara yang bisa bikinin gitu. Tentunya sesuai tema ultah. Nanti undangannya bisa kita cetak di kertas foto ukuran 4R, masukin amplop (bisa dibeli di Gramedia dengan berbagai warna, kalo gak salah selusin harganya 9.000an), trus dikirim deh.

Atau bisa juga file nya kita kirim via email aja.

Bisa juga undangan kita lakukan melalui sms atau telepon.

Idealnya undangan dibagikan sekitar 2 minggu sebelum acara.

9. Baju Ulang Tahun

Sepele ya? Tapi penting lho. Apalagi kalo kita pengen nyari baju yang bagus dan sesuai dengan tema. Karena kadang kita gak bisa menemukan disini sehingga kita harus pesan dari luar atau bahkan bikin (jait). Karena bajunya ini harus jangan terlalu informal (jangan sampe gak keliatan mana yang ulang tahun mana yang tamu biasa), tapi juga harus nyaman buat si anak.

10. Dokumentasi

Penting banget nih. Foto dan video. Semakin banyak yang moto akan semakin bagus. Karena moment yang diambil akan semakin banyak. Video juga jangan lupa lho ya. Karena ternyata asik dan seru lho ngeliat hasilnya nantinya. Belum lagi si anak sendiri akan ikutan seneng ngeliat hasil videonya (ya at least, si Andrew sih demen banget ngeliat video ultah dia sendiri. Hehe).

Kalo ada budget, kita bisa sewa fotografer dan videografer profesional. Tentunya ini akan sangat bagus. Tapi kalo budget terbatas ya gak apa lah kita foto-foto sendiri.

Ya kira-kira begitu deh tips dari gua. Jangan lupa juga beberapa hari sebelum acara, jaga stamina si anak. Jangan sampe kecapean, jangan sampe pada hari H nya malah dia sakit. Amit-amit deh ya.

Trus ya tinggal berdoa deh… moga-moga pestanya sukses!!! πŸ™‚

Selamat menjadi EO gadungan!!

Psssttt… Kalo mau ngintip salah satu hasilnya EO Gadungan, bisa klik di sini nih!

Iklan