Father And Son Part 6

Udah lama gua nyadar kalo hubungan antara bapak dan anak itu gak instan. Yang namanya bonding itu harus dibentuk, bukan yang udah tercipta sendiri dari sononya kayak antara ibu dan anak.

Gua masih inget dulu pas Andrew masih kecil ya, kalo dia lagi marah ama gua, larinya ke Esther. Tapi kalo dia lagi marah ama Esther, larinya… ya ke Esther juga! Hahaha. Kayaknya anak kalo mau nyari comfort pasti otomatis lari ke ibunya.

Emang sih hubungan gua ama Andrew dari dulu bisa dibilang deket. Dari bayi dulu gak pernah si Andrew gak mau digendong atau main ama gua. Selalu mau. Tapi ya itu, idealnya kan dia juga harus bisa berasa comfort sama gua anytime. Bukan cuma di saat senang, tapi juga di saat sedih.

Apalagi sekarang Andrew semakin gede ya. Perlu banget kalo gua berusaha untuk lebih deket ke Andrew. Gua pengen Andrew bisa selalu terbuka dan nyaman untuk ngomong apa aja ke gua. Aduh jangan sampe deh kalo si Andrew ntar rahasia-rahasiaan dan gua jadi orang terakhir yang tau. Jangan sampe!

Makanya udah kira-kira setaun belakangan ini gua mencoba untuk menerapkan konsep ‘buddies’ ke Andrew. Terinspirasi dari orang-orang bule yang suka manggil anaknya ‘buddyinstead of ‘son’. Gua pikir, konsep begini ini bagus. Jadi intinya kita pengen supaya anak kita tuh merasa kita ini temen baik mereka. Biasa anak kan kalo ama temen bisa lebih terbuka, lebih percaya, lebih nyaman gitu ya. Nah tujuannya semoga Andrew juga bisa merasa gitu ke gua.

easter card<Easter card buatan Andrew… perhatiin tulisan Happy Easter nya dibikin pop-up… kreatif juga ini anak :D>

We are buddies. Kita suka ngomong gitu satu sama lain. Walaupun kadang bisa tricky juga sih. Kalo pas gua lagi marahin dia, suka dijadiin senjata ama Andrew dengan bilang ‘I thought you are my buddy…’. Huahahaha. Anak-anak emang paling bisa dah memutarbalikkan omongan. 😛 Yah kalo udah begini ya mesti diomong-omongin lagi, justru karena I’m his buddy makanya gua care ama dia, makanya kalo dia bikin salah dikasih tau, biar dia bisa jadi lebih baik ke depannya… 😀

Anyway, sedikit banyak gua merasa konsep buddies ini ada hasilnya. Gua merasa kalo hubungan gua ama Andrew semakin deket.

Bahkan kemaren pas gua pergi ke Vegas, siapa yang paling merasa kehilangan? Andrew! 😀

Tadinya gua khawatir si Emma bakal keilangan, terutama kalo mau tidur malem, soalnya kan gua yang selalu gendong dia kalo mau tidur kan. Ternyata… boro-boro keilangan, nyariin aja kagak lho! 😛

Balik tentang Andrew… Jadi sehari sebelum gua berangkat ke Vegas, Andrew tanya gua bakal pergi jam berapa besok. Gua bilang jam 6 pagi. Dia bilang minta dibangunin biar dia bisa say goodbye ke gua. Yang mana tentu gua tolak, karena takut dia ntar kurang tidur kan.

Eh besokannya, 10 menit sebelum jam 6 pagi, si Andrew bangun sendiri lho! Ya ampun ini anak segitunya ya… Huahaha. Bahkan dia yang akhirnya ngunciin pintu buat gua. Dan setelah gua pergi… gua diceritain Esther kalo dia liat si Andrew ngusap-ngusap matanya, yang mana ternyata dia lagi nangis tapi diem-diem. Katanya dia udah kangen ama gua… Ya ampun!!! Gua sampe ikutan sedih dengernya.

Dan malemnya dong, Esther cerita lagi, pas si Andrew lagi berdoa sebelum tidur, tiba-tiba dia terisak-isak. Pas ditanya Esther kenapa, dia bilang kalo dia kangen ama gua! Huaaaaaaaaaaaa… Denger begitu, gua jadi ikutan sedih… tapi juga seneng. 😀 Kayaknya konsep buddies kita udah semakin tinggi level nya. Hahaha.

Trus pas gua udah pulang, si Andrew bilang kalo dia bikin something buat gua. Ternyata dia bikin tulisan LOVE dari megablocks nya Emma. How sweet was that? 😀

father son

Di lain pihak, gua juga harus menunjukkan ke Andrew kalo gua beneran nganggep dia my buddy. Salah satunya dengan memberikan kepercayaan ke dia. Gak gampang emang, karena si Andrew ini gak selalu bisa dipercaya. Huahaha. Tapi ya dikit-dikit gua harus bisa lebih menunjukkan kalo gua percaya ama dia.

Salah satunya yang gua mau ceritain tuh tentang kelas biolanya. Jadi kelas biola Andrew itu gabungan anak-anak kelas 2 dan 3, yang berarti rata-rata anak-anak lain pada lebih gede badannya dari Andrew. Di kelas itu, cuma Andrew ama 1 anak lagi yang badannya kecil. Emang ukuran badan (khususnya tangan) itu berpengaruh banget dalam main biola. Kalo tangannya kecil, jadi lebih susah mainnya.

Nah menjelang akhir tahun ajaran dimana mereka akan recital, gurunya udah nyiapin beberapa lagu buat mereka pelajari. Salah satunya lagu Looking Through The Eyes Of Love (theme from Ice Castles). Dan seperti yang gua udah tau, gurunya ini sangat memandang Andrew sebelah mata. Jadilah si Andrew ama anak satu lagi yang juga badannya kecil, dikasih part yang gampang. Sementara anak-anak lain main lagunya yang full. Part yang gampang itu mainnya dikit banget, banyakan kosongnya.

Wuiiii denger begini, gak terima dong gua. Masa my buddy dianggep anak bawang! Pelecehan nih! Walaupun si Andrew badannya kecil, tapi gua yakin kalo dia bisa kok. Besokannya gua langsung minta Esther kirim email ke gurunya (cc kepala sekolahnya) bilang kalo kita mau Andrew main yang full part. Kita yakin kalo Andrew bisa. Lagian selama ini juga walaupun emang Andrew struggling di kelas biolanya tapi dia selalu bisa catch up sama temen-temennya yang lain.

Gurunya gak bales (gak tau dia kesel atau apa), tapi kepala sekolahnya bilang boleh aja si Andrew nyoba belajar yang full part kalo emang mau.

Langsung dah gua bilang ke Andrew kalo gua percaya dia pasti bisa. Dan kita mulai belajar bareng. Tiap hari gua suruh dia bacain not nya, biar dia paham. Trus ternyata karena bakal mainnya secara orkestra, jadi bow nya arah naik turunnya harus seragam. Ribet juga lho belajar kapan bow nya mesti naik, kapan mesti turun. Gak boleh seenak jidat. Hahaha. Udah gitu lagu ini banyak not 1/8 nya, yang mana disini Andrew rada susah karena jarinya kecil banget.

Tapi… setelah 2-3 mingguan… Andrew udah lumayan bisa mainnya! Belum sempurna sih (masih ada waktu kok, recital nya masih bulan Mei), tapi waktu di-test yang bagian tengah lagunya dimana banyak not 1/8 nya, justru Andrew yang paling bisa dibanding temen-temennya yang badannya lebih gede-gede! Good job, Andrew! 😀

Bangga dah gua ama Andrew! No one should ever ever under estimate my buddy! 😀

So… here we go… the buddies playing duet Looking Through The Eyes Of Love! Hope you guys enjoy it! 🙂

PS. Kalo mau nonton video nya, jangan lupa soundcloud di paling bawah blog ini dimatiin dulu. 🙂

PS lagi. Kalo ada yang mau baca Father And Son sebelum-sebelumnya, silakan klik disini: part 1, part 2, part 3, part 4, part 5.