The Lego Movie

Siapa yang gak tau Lego ya? Brand yang udah ada dari tahun 1949 ini tentu udah turun temurun bahkan mungkin dari kakek nenek kita. Makanya gak heran ya kalo akhirnya dilirik juga sama Hollywood untuk dijadiin film layar lebar.

Tapi sebenernya sejak pertama kali nonton trailer nya The Lego Movie ini, gua gak tertarik sama sekali. Keliatannya cuma sekedar film yang ngandelin segala macem karakter (Batman, Superman, Star Wars, sampe NBA stars) tumplek jadi satu. Ceritanya sendiri gak jelas apaan. Tapi ternyata promosinya yang gencar jelas bikin Andrew dan Emma jadi pengen nonton film ini. Bahkan ini adalah film pertama yang si Emma sampe minta nonton lho! Biasanya kan si Emma bagian ngikut aja, kita nonton apa ya dia ikut doang. 😛

Anyway, beberapa hari belakangan ini gua akhirnya jadi tertarik juga sama film ini karena film ini dapet review bagus banget dimana-mana. Dapet nilai A dan masuk nomor 1 di Must List nya Entertainment Weekly. Di RottenTomatoes juga dapet 97% (certified fresh). Buat perbandingan, Frozen yang gua kasih nilai 9 dan Catching Fire yang gua kasih nilai 9.5 itu di RottenTomatoes dapet 89%. Bayangkan film yang dapet 97% itu kayak apa bagusnya? Jadi semakin penasaran lah gua! 😀

Saking napsunya bahkan kita sampe beli tiketnya dari hari Jumat (kita nontonnya hari Sabtu pagi). Itupun ternyata udah sisa tinggal 5 baris di depan! Untung juga kita beli dulu sehari sebelumnya, kalo kita langsung dateng pas Sabtu pagi, gua yakin udah sold out dah.

lego movie

The Synopsis

Tenang… gak ada spoiler kok! 😀

Film ini bercerita tentang dunia Lego yang dipimpin oleh President Business (Will Ferrell). Kehidupan di dunia Lego itu sangat teratur. Semua harus mengikuti buku instruksi. Bangun tidur mesti ngapain, abis itu ngapain, kerja ngapain, pokoknya seharian kudu ngapain tuh semua tinggal ngikutin buku instruksi aja. Film TV dan lagu yang cuma ada satu-satunya juga semua orang kudu suka. Pokoknya semua didoktrin untuk ngikut aja, tanpa kudu mikir. Dan itulah makna kebahagiaan yang ditanamkan oleh President Business ke semua rakyatnya.

Termasuk Emmet (Chris Pratt) yang adalah salah satu pekerja konstruksi biasa. Sebagai orang biasa, kehidupan Emmet ya begitu-begitu aja, tapi ya dia bahagia. At least kebahagiaan yang dia tau ya begitu itu.

Sampe suatu hari secara gak sengaja dia ketemu sama Wyldstyle (Elizabeth Banks). Dari Wyldstyle terungkap kalo sebenernya ada dunia lain yang Emmet gak pernah tau. Dunia persembunyian para Master Builders!

Master Builders adalah penduduk Lego yang kreatif, yang gak mau cuma ngikutin instruksi President Business. Biar mereka gak ditangkep ama President Business, mereka harus sembunyi. Nah mereka ini sedang menanti-nanti kedatangan The Special One yang menurut prophecy akan datang untuk membantu mereka melawan President Business.

Nah Wyldstyle ngirain Emmet adalah The Special One yang dibilang prophecy itu, karena Emmet secara gak sengaja ngambil sebuah benda yang disebut The Piece of Resistance. Benda yang bisa melawan Kargle, senjata yang lagi dibuat oleh President Business untuk membekukan seluruh dunia Lego!

Tapi masalahnya Emmet kan cuma orang biasa yang gak bisa apa-apa. Bahkan karena mereka emang udah didoktrin untuk selalu mengikuti instruksi, si Emmet tuh gak bisa mikir apa-apa. Otaknya sebenernya kosong melompong! Jadi gimana juga Emmet bisa membantu para Master Builders untuk melawan President Business? Para Master Builders yang akhirnya tau kalo Emmet sebenernya cuma orang biasa pun akhirnya juga pada kesel. Belum lagi akhirnya Presdient Business berhasil menemukan tempat persembunyian Master Builders juga gara-gara Emmet. Si Emmet bukannya ngebantu, eh malah bikin tambah runyam!

The Review

Animasinya The Lego Movie ini keren abis! Dengan menggunakan kombinasi antara teknik computer animation dan stop-motion animation, secara keseluruhan film ini dapet banget “Lego” nya. Bener-bener keliatan semuanya terbuat dari Lego beneran. Dan bikinnya bener-bener detil lho. Kayak lautnya atau tetesan air yang juga terbuat dari butiran Lego. Gitu juga kalo ada tabrakan atau ledakan, asap-asap nya juga keliatan kayak dari butiran Lego. Sampe debu-debu kalo kendaraannya lagi ngepot-ngepot pun semuanya detil ngeliatin kalo itu terbuat dari Lego. Keren. Abis.

Film nya juga lucu! Lucunya tuh bukan banyolan konyol yang cuma sekedar buat mancing anak-anak ketawa. Lelucon nya emang beneran lucu buat orang dewasa! Kedengeran dah kalo yang nonton, yang orang dewasa juga pada ngakak pas ada yang lucu-lucu.

Ceritanya sendiri awalnya keliatannya gitu-gitu doang ya. In fact, setelah filmnya jalan separuh, gua rada kecewa sih ama film ini. Masa kayak begini dapet 97% di RottenTomatoes? Masa film yang kayak begini doang bisa jadi nomor 1 di Must List nya Entertainment Weekly? Gua udah berencana bakal ngasih nilai 7 aja only for the sake of animasi nya yang bagus dan leluconnya yang bisa bikin gua ketawa.

Tapi ternyata gua terlalu cepet berkesimpulan! Semakin mendekati ending, film ini jadi semakin bagus dan semakin bagus dan semakin bagus! Jarang kan ya ada film yang ending nya itu bagus banget. Biasa kan film-film tuh ending nya sering berkesan selesai-gak-selesai-dikumpulkan. Nah The Lego Movie ini beda. Ending nya emang klimaks dan bagus. Pake banget!

Asli gua gak nyangka ending nya begitu. For me, the ending was perfect! Ending nya itu ya lucu, menyentuh, dan hikmah nya nyentil. Suka banget dah.

Duo Phil Lord dan Christopher Miller yang menyutradari The Lego Movie ini emang jenius! Buat informasi, mereka ini juga yang menyutradarai film Cloudy With A Chance Of Meatballs, another movie yang dari trailer nya gua gak tertarik sama sekali, tapi ternyata film nya bagus juga!

The Verdict

Gua kasih nilai 9 buat film ini. Sebenernya pengen ngasih 9.5 karena ending nya yang super, tapi berhubung pas di tengah-tengah film ini gua rada bosen, jadi gua kurangi dah nilainya. Hehehe. 😛

Yang pasti film ini bukan cuma bagus buat anak-anak doang, tapi juga bagus buat orang dewasa. Pada nonton gih… And let me know what you think, okay? 😀

P.S. Geng Ungu mau mejeng dulu dong dimari… OOTD kita nih… Hehehe. 😀

lego 5

PS lagi. Buat yang masih mau ikutan Giveaway, masih ditunggu ya! 😀

PS terakhir. Sekarang jadi terngiang-ngiang lagu “everything is awesome!” nih gara-gara Andrew ama Emma nyanyi lagu ini mulu! 😛

Happy Weekend, all!