Online Vs. Offline Shopping

Kemaren ini sempet diwawancara sama website Globe and Bag nya Noni & Febby tentang kegemaran kita berbelanja online. Di luar belanja groceries, emang most of the time kita beli barang nya online. Gimana gak, beli online itu sangat nyaman, praktis, gampang, gak pake ribet nyari parkir atau ngantri kasir. Barang gak cocok? Tinggal balikin atau komplein, ntar juga dikirimin gantinya. πŸ˜€ Pokoknya kita cinta bener dah sama yang namanyaΒ online shopping.

Dunia online shopping ini emang udah jadi fenomena banget sekarang ini ya. Bahkan minggu lalu gua nonton di berita kalo dalam 4 tahun belakangan ini udah lebih dari 2 lusin mall yang ditutup di US sini! Kemaren ini gua juga udah cerita kan betapa sekarang yang namanya toko buku itu udah jadi barang langka disini. Toko-toko offline udah banyak yang pada tutup! Emang terpuruknya kondisi ekonomi US juga berpengaruh, tapi berdasarkan penelitian katanya efek terbesar ya karena maraknya online shopping itu.

Tapi setelah gua pikir-pikir, sebenernya gak semua barang tuh β€˜bisa’ (pake tanda kutip ya karena ini preferensi pribadi :D) dibeli online.

Sabun

Yang pertama kali terlintas dalam otak gua begitu mikir barang apa yang gak banget buat dibeli online adalah sabun! Hehehe.

Gua tuh orang yang suka gonta-ganti sabun. Dan kalo pas ke toko yang jualan sabun, gua paling suka nyiumin bermacam-macam sabun buat nyari yang paling enak wanginya. Hahaha. Ini kayaknya sifat turunan nih soalnya bokap gua juga suka begitu. Emang kadang kebiasaan yang aneh-aneh tuh bisa nurun ya (kayak yang gua pernah ceritain disini), soalnya Andrew ama Emma juga suka lho ngikutin gua nyobain nyiumin sabun-sabun di toko. Hahaha.

Nah kalo beli online, gak bisa kita cium-ciumin dong wanginya sebelum beli. Kalo beli sabun dari merk yang kita udah pernah pake sih emang bisa ya beli online, tapi kan gak seru kalo sabun nya itu itu lagi, itu itu lagi. πŸ˜›

Jeans

Masih inget gak kalo gua ini penggemar celana jeans (klik sini kalo mau baca)? Nah celana jeans ini adalah salah satu barang yang menurut gua impossible buat dibeli online.

Kenapa? Karena sizing nya beda-beda banget dari 1 merk ke merk yang lain. Bahkan untuk merk yang sama aja kadang bisa beda lho. Nomor size nya sama tapi ukuran nyata nya bisa beda. Size jeans gua jadinya bervariasi dari 28 sampe 31! Aneh banget kan? πŸ˜› Jadi jelas banget kalo mau beli jeans harus ke toko karena harus dicoba dulu.

Emang sih kalo beli online bisa dibalikin kalo gak pas. Contohnya kemaren ini gua beli sepatu dan karena gua takut size nya gak pas karena gua belum pernah beli merk ini, gua beli 2 size: 8.5 dan 9. Setelah dateng, gua coba di rumah, pilih yang paling pas dan sepatu satunya tinggal gua taruh di drop-off location buat return. Gampang emang.

Cuma kalo beli jeans masa gua kudu beliΒ  4 biji trus gua balikin 3 yang gak cocok? Hahaha. Ya bisa aja sih sebenernya, tapi ribet ah… Lebih afdol kalo dicoba dulu baru beli. πŸ˜›

Selain jeans, sebenernya kalo beli baju juga gua prefer beli offline sih karena bisa dicoba dulu. Tapi kalo baju rata-rata size nya lebih standar jadi kalo beli online juga biasanya ok. Asal size nya M biasanya masuk ke badan gua (kode buat siapa tau ada yang mau beliin gua baju :P).

Restoran

Walaupun yang namanya pesen makan online buat delivery emang udah lumrahΒ banget, tapi rasanya keberadaan restoran gak mungkin bisa tergantikan ya. Tetep kalo makan nya di restoran itu kan beda rasanya dibanding kalo makanannya dikirim ke rumah ya. Belum lagi kalo lagi mau ngumpul dan hang out ama temen juga pasti lebih enak kalo kita pergi ke restoran dong ya…

Liburan

Waktu itu temen gua ada yang bilang katanya jaman sekarang dimana apa-apa bisa dicari di Youtube, dengan kamera video yang canggih-canggih, dia jadi merasa gak perlu pergi liburan karena apapun bisa diliat di internet sampe kitanya beneran bisa berasa kayak lagi disana. Apalagi nanti ke depannya dengan adanya Oculus dan segala macem alat Virtual Reality yang lain, pasti nonton-nonton begitu bisa semakin berasa nyata banget. (Btw ada yang udah pernah nyobain Oculus? Gua pernah nyoba di kantor dan emang asli keren banget! :D)

Tapi gua kok gak setuju ya. Yang namanya nonton online dibanding ngeliat dan ngerasain sendiri, dengan mata kepala sendiri, itu beda banget rasanya. Ngeliat salju, laut, hutan di Youtube dibanding sama ngeliat sendiri, megang sendiri dan bisa menghirup udaranya itu jelas beda banget. Liat fireworks nya Disneyland aja, di Youtube dibandingin ama ngeliat langsung disana tuh beda banget sensasinya. Rasanya yang namanya liburan itu gak akan pernah bisa digantikan sama dunia online. Ya gak sih? πŸ˜€

Anyway, setelah mikir-mikir banget, rasanya segini doang hal-hal yang gak bisa digantikan sama online shopping. Hal-hal lainnya tuh bisa banget rasanya dibeli online menurut gua.

Kalo menurut kalian, hal apa yang gak bisa/gak afdol dibeli secara online?

IMG_20150906_164715

<yang pasti, mainanΒ offline selalu lebih asikΒ dibanding mainanΒ online ya… :D>

Iklan